Doa Malam Lailatul Qadar

doa lailatul qadar
Doa Malam Lailatul Qadar | Sobat Muroi El-Barezy yang semoga selalu dirahmati Allah subhanahu wa ta’ala, di antara waktu yang Allah istimewakan dengan karunia dan kemuliaan yang melimpah adalah bulan Ramadhan, Allah memuliakannya daripada yang lain. Allah juga mengutamakan sepuluh hari terakhir daripada hari-hari yang lain dalam bulan tersebut dan Dia mengutamakan malam Al-Qadr dengan tambahan karunia dan kedudukan yang agung di sisi-Nya daripada seribu bulan, memuliakan dan meninggikan kedudukan malam tersebut di sisi-Nya. Allah menurunkan wahyu dan firman-Nya yang mulia pada malam tersebut, sebagai petunjuk bagi orang yang bertakwa, sebagai pembeda baik dan buruk bagi mereka yang beriman, sebagai sinar, cahaya dan rahmat.
Allah ta’ala berfirman:
إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ (١)وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ (٢)لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ (٣)تَنَزَّلُ الْمَلائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ (٤)سَلامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ (٥)
“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Rabb-nya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) keselamatan hingga terbit fajar.” (QS. Al Qadr: 1-5)

Alangkah agungnya (kedudukan) malam tersebut dibandingkan malam yang lain, alangkah mulia kebaikannya, dan alangkah melimpahnya keberkahan di malam tersebut. Malam tersebut lebih baik daripada seribu bulan yang setara dengan 83 tahun dari umur seseorang. Waktu 83 tahun adalah waktu yang lama seandainya seorang muslim menghabiskan waktu tersebut dalam ketaatan kepada Allah ‘azza wa jalla, namun (beribadah pada) malam Al-Qadr lebih baik daripada hal tersebut, inilah (keuntungan) bagi mereka yang menggapai keutamaan dan karunia pada malam tersebut.

Pada malam yang mulia ini, para malaikat akan lebih banyak turun ke dunia dikarenakan melimpahnya berkah pada malam tersebut, karena malaikat akan turun seiring turunnya berkah, yaitu keselamatan (yang ditebarkan) hingga terbitnya fajar, seluruh kebaikan terkandung dalam malam tersebut, tidak ada keburukan hingga terbitnya fajar. Pada malam ini, segala urusan yang penuh hikmah dirinci, maksudnya segala kejadian selama setahun ke depan ditentukan dengan izin Allah yang Maha Kuasa dan Maha Bijaksana. Penentuan takdir pada malam tersebut adalah penentuan takdir tahunan, adapun penentuan takdir secara umum yang tercantum dalam Lauhul Mahfuzh, maka hal tersebut telah tercatat sejak 50.000 tahun sebelum langit dan bumi diciptakan sebagaimana yang tertera dalam sebuah hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Sesungguhnya bersemangat dalam mencari malam yang penuh berkah ini, serta beribadah dan berdoa di dalamnya merupakan ciri orang pilihan dan mereka yang berbakti kepada Allah. Bahkan dalam malam tersebut mereka berdoa dengan penuh kesungguhan kepada Allah Dia memberikan ampunan dan perlindungan bagi mereka, karena segala sesuatu yang akan terjadi pada diri seseorang selama setahun ke depan ditetapkan pada malam tersebut. Di malam inilah mereka berdoa dan memohon kepada Allah, dan mereka bersungguh-sungguh (dalam berbuat kebajikan) selama setahun ke depan penuh, hanya kepada Allah semata mereka memohon pertolongan dan taufik.

Tirmidzi, Ibnu Majah dan selainnya meriwayatkan dari Ummul Mukminin ‘Aisyah radliallahu ‘anha, beliau berkata,
قلت يا رسول الله أرأيت إن علمت أي ليلة ليلة القدر ما أقول فيها ؟ قال قولي اللهم إنك عفو كريم تحب العفو فاعف عني
Aku berkata kepada Rasulullah, “Wahai Rasulullah, apabila aku mengetahui waktu malam Al Qadr, apakah yang mesti aku ucapkan pada saat itu?” Beliau menjawab, “Katakanlah, Allahumma innaka ‘afuwwun, tuhibbul ‘afwa, fa’fu’anni (Yaa Allah sesungguhnya engkau Maha pemberi ampunan, suka memberi pengampunan, maka ampunilah diriku ini).” (HR. Tirmidzi nomor 3513, Ibnu Majah nomor 3850 dan dishahihkan oleh Al Albani rahimahullah dalam Shahih Ibnu Majah nomor 3105)

Doa yang penuh berkah ini memiliki kandungan makna yang agung, indikasi yang mendalam, manfaat dan pengaruh yang besar serta sangat selaras dengan malam yang mulia ini. (Bagaimana tidak?) Bukankah pada malam tersebut akan di rinci segala urusan yang penuh hikmah, yaitu segala amalan para hamba ditentukan untuk setahun yang akan datang hingga malam Al Qadr berikutnya. Maka barang siapa yang diberi rezeki pada malam itu berupa perlindungan dan pengampunan dari Rabb-nya pada malam tersebut, maka sungguh dirinya telah beruntung dan mendapatkan laba yang teramat besar. Barang siapa yang diberikan perlindungan di dunia dan akhirat, sungguh dirinya telah memperoleh seluruh kebaikan, karena tidak ada yang setara dengan perlindungan dari Allah.

Semoga kita bisa mendapatkan malam yang agung ini dengan memaksimalkan ibadah kita di sepuluh hari bulan Ramadhan ini. Semoga bermanfaat dan happy blogging… [ sumber ]


89 Responses to "Doa Malam Lailatul Qadar"

  1. akankah saya termasuk pada orang orang yang mendapatkan keberkahan ramadhan dan keistimewaan malam lailatul qadar...?!
    semoga saja harapan itu bukan jauh langit ke bumi....aaaaamiiiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang mendapat lailatul qadar itu rahasia Allah kang, siapapun bisa mendapatkannya, semoga kita bisa mendapatkan lailatul qadar ya kang..

      Delete
    2. kayaknya aku doang yang langsung teriak panaaaaas... haha

      Delete
    3. amien ya Rabbal alamin gan :D

      Delete
    4. Mas Rawin : Masuk kulkas aja mas biar adem..

      Delete
    5. mas eko suruh ngeloni kulkas aja

      Delete
    6. Owh..namanya mas Eko Nugroho yah :)

      Delete
  2. semoga apa yang kita harapkan dan inginkan di malam lailatul qadr bisa di kabulkan tuhan

    ReplyDelete
  3. kenapa saya jadi minder kalo bicara lailatul qadar ya Mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. minder?yuk kita optimiskan kembali dengan istighfar di kereta api

      Delete
    2. Lailatul qadar itu kan rahasia Allah mas, siapa saja bisa mendapatkannya asal bersungguh-sungguh mengejarnya..

      Delete
  4. Amiin ya Allah :)
    makasih ya kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama sob, makasih juga sudah berkunjung lagi disini

      Delete
  5. mudah mudahan saya di malam lailatul qadar mendapat berkah... dan segala keinginan dikabulkan... Amiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin ya robbal alamin, insya Allah mang asal bersungguh-sungguh

      Delete
    2. iya mang Yono asal mau bersungguh-sungguh mudah-mudahan dapet mang :)

      Delete
    3. amiin ...mudah - mudahan ya

      Delete
  6. doa itu menjadi bacaan rutin selama bulan ramadhan menunggu waktu sholat selepas adzan mas, apa di tempat mas juga begitu ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, dan ini adalah doa yang diajarkan rosulullah pada malam lailatul qadar, dan karena malam itu rahasia Allah, jadi ya dibaca tiap hari lebih baik

      Delete
  7. met sore kang wah trmksih banyak kang infonya sangat top markotop kang

    ReplyDelete
  8. Malam yang paling di tunggu2!Semoga do'a2 kita di kabulkan.Amin...

    ReplyDelete
  9. semoga kita semua mendapatkan ampunan dai alloh swt...

    ReplyDelete
  10. saya gak pernah dpet lailatul qadar, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Secara kasat mata lailatul qadar tidak kelihatan sob, jadi setiap orang tidak akan merasa mendapat lailatul qadar. Yang penting bagaimana kita memperbanyak ibadah pada malam2 ramadhan

      Trimakasih kunjungannya sob..

      Delete
  11. kunjungan rutin di blog om muro

    ReplyDelete
  12. amin, semoga kita semua bisa mendapatkan lailatul qadar ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin ya robbal 'alamiin... semoga aja yah mas :)

      Delete
  13. amin, semoga kita semua bisa mendapatkan lailatul qadar ;)

    ReplyDelete
  14. mari kita perbanyak baca alquran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mari sob, karena kita tidak tahu kapan datangnya malam lailatul qadar itu

      Delete
  15. 10 malam terakhir waktunya itikaf,muhad mudahan bisa dapet mlm LQ...thx kang muroi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ammiin ya robbal 'alamin, makasih juga kang. Semoga kita mendapatkan lailatul qadar

      Delete
  16. Amien ya Allah, semoga pada Ramadhan ini. Amienn.

    ReplyDelete
  17. semoga tahun dapat ya mas.., aamiin...

    ReplyDelete
  18. amin ya robal'alamin mas,,

    ReplyDelete
  19. selamat malam mas.. selamat beristirahat :)
    ditunggu kunjungan baliknya ya :p

    salam http://nandarious.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. malam juga sob, trimakasih sudah berkunjung kembali disini

      Delete
  20. sangat bermanfaat kang , tutama bagi umat islam yang belum tahu doa ini.er

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga demikian kang, trimakasih kunjungannya

      Delete
  21. kunjungan rutin om..blogwalking malam :D

    ReplyDelete
  22. Blogwalking malam sambil menunggu berkah di bulan Ramadhan...

    ReplyDelete
  23. Semoga kita bertemu dan mendapatkan malam kemulian itu ya mas :)
    Amin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin ya robbal 'alamiin... semoga yah mas Budi :)

      Delete
    2. Ikut Aamiin juga mas, makasih kunjungannya

      Delete
  24. semoga kita dapat lailatul qadar
    dan terampuni doa kitat semua yang beribadah karena Allah Yang Maha Besar

    ReplyDelete
  25. pang salam keun kang ka si laila, hehehe

    rame euy blog na

    ReplyDelete
  26. amiien ya allah, bermanfaat banget nih sob postingannya. ^_^

    ReplyDelete
  27. amin yaarobbal'alamin,,,,,,
    mudah"an kita semua mendapatkan malam seribu bulan,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin... mudah-mudahan yah mbak Maya :)

      Delete
  28. Blogwalking siang hari ni om,
    ditunggu updatannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih sob sudah bw lagi..
      Oke deh tunggu aja, lagi nyari waktu lowong :)

      Delete
  29. Marhaban ya Ramadhan Mohong Maaf Lahir dan batin Mas :)

    ReplyDelete
  30. cocok buat mlm ganjil, dan semoga kt mendapatkan L.Q

    ReplyDelete
  31. wah,.

    ada apa nih??

    banyak banget yang manggil ane ?? :D

    ReplyDelete
  32. saya tidak pernah i'tikaf je mas, apa ada kemungkinan dapat lailatur qodr dari jalan lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. I'tikaf hanya salah satu cara mendekatkan diri di 10 hari terakhir di bulan Ramadhan, ini sangat dianjurkan karena ibadah kita lebih optimal dengan meninggalkan segala urusan dunia. Namun tidak menutup kemungkinan dengan cara lainpun kita bisa mendapatkan LQ dengan mengoptimalkan ibadah pada malam2nya walau tidak dimasjid mas. Wallahu 'alam.

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel