Yang Terbaru

Subscribe Here!

Dapatkan Update Informasi Terbaru dari KANG MUROI Melalui Email

Blog Stats

Apem Cimanuk, Menu Khas di Bulan Puasa

By On 11.7.13

apem cimanuk
Apem Cimanuk | Awal puasa Ramadhan bagi sebagian orang mungkin sesuatu yang penuh cobaan. Rasa lemas dan haus adalah ujian orang yang berpuasa. Namun semoga segala ujian bisa kita lalui untuk mencapai ridho illahi. Seperti biasanya jika pada bulan puasa seperti ini, banyak bermunculan makanan alias kuliner yang tidak ada dalam keseharian. Dan biasanya makanan ini adalah khas untuk menu buka puasa, sebut saja kolak, bubur sumsum, kurma, apem dan lain sebagainya.

Dan jika mungkin ada sobat yang kebetulan sedang traveling dari Jakarta ke Carita atau Labuan di bulan puasa ini, pasti akan melewati pasar Batu Bantar di Cimanuk Pandeglang. Dan ada hal yang unik di pasar Batu Bantar ini yang hanya ada pada bulan Ramadhan, apa itu yah? Yaitu munculnya banyak ibu-ibu yang menjajakan makanan khas Cimanuk. Apalagi kalo bukan apem Cimanuk.

Hayo siapa diantara sobat yang belum pernah makan kue apem? Apem ditelinga masyarakat Pandeglang mungkin sudah tidak asing lagi,  Apem yang merupakan makanan khas pembuka puasa ini biasanya dapat ditemui di sejumlah daerah di Kabupaten Pandeglang. Salah satunya adalah Apem Putih, yang merupakan makanan khas dari Cimanuk dan diproduksi secara sederhana di sebuah rumah di Kampung atau Desa Kadubungbang dan desa sekitarnya di Kecamatan Cimanuk Pandeglang. Apem adalah kue terbuat dari tepung beras hasil fermentasi. Apem biasanya dimakan disertai dengan pemanis atau Kinca yang terbuat dari gula jawa dan santan. Tanpa pemanis ini rasa apem kurang nikmat bila dimakan.

Tadi sudah disinggung kalo cara penjualannya juga khas di bulan puasa, karena pemandangan ini tidak ditemui di hari-hari biasa. Biasa mereka berjualan dipinggir jalan perempatan Batu Bantar Cimanuk. Jumlah ibu-ibu yang menjajakan kueh ini bisa puluhan jumlahnya, ada juga beberapa kaum laki-lakinya. Berjejer di pinggir jalan sembari menawarkan kepada pengguna kendaraan yang kebetulan sedang melewati jalan. Aktifitas ini biasanya dimulai dari sejak menjelang ashar sampai menjelang waktu berbuka tiba.
penjual apem cimanuk
Ibu-ibu penjual apem cimanuk yang berjualan di pinggir jalan sedang
memberhentikan pengendara sepeda motor
Nah barangkali ada sobat yang kebetulan sedang melewati jalan Batu Bantar Cimanuk ini, jangan kaget kalo melihat ibu-ibu yang memberhentikan kendaraan yang lewat. Mereka adalah para penjual apem khas Cimanuk. Makanan khas dari Cimanuk untuk menu berbuka puasa.

Selamat menunaikan ibadah puasa, semoga bermanfaat dan happy blogging….



129 komentar

ini kalau ditempat saya namanya jadah yg terbuat dari ketan ...

aduh jadi ngiler nih gan :D wkwk

wah keknya ga ada di kotaku nih .. asing deh

Belum pernah nyobain sih mas :o jadi penasaran sama rasanya :D

rasanya?? kecut .. ehh -__-
enak an.

Hadeuh jadi pengen..
Terimakasih infonya :D

Waduh belum pernah nyoba, dari fotonya terbayang kelezatannya. Bikin ngiler orang puasa dosa gak mas ..? he he

Wah aneh yah namanya, tapi ga pake haram kan hehe

Wkwkwk..sabar sob, masih lama bukanya

Ada kali sob, tapi mungkin beda namanya

Itu yang di mangkok, saosnya gitu ya,,rasanya gmn tu,,jadi pengen nyobak :)

jaddaah itu jenang ya mbak

gak dosa mas, salah sendiri ngiler, hehehehe

apemnya ibu ibu memang empuk ya mas, hehe
itu kalau ditempat saya namanya gemblong, tetel, jadah sama saja, hehe
filosifi nenek moyang saya yang jawa, apem itu aslinya niru kata 'afwun = mohon ampun kepada Allah

Saya baru tahu filosofinya mas, pantesan banyaknya pas ramadhan yah

Apem sama jenang kan beda ya mas

Rasanya sih ga terlalu nikmat sob, tapi enak sih apalagi buat buka puasa

Rasa kecut apem biasanya ga kerasa kalo makannya sama air gula

Silakan cari di situ sob, kali aja ada hehe..

Jangan dibayangin makan apem siang bolong pas puasa mas hehe..

Saosnya pake air gula mas jadi ya manis rasanya

disaya ada cuma apa gitu namanya saya lupa, emang mantap kalo dah ngomongin makanan tradisional, variatif bgt.met ibadah saum ya kang

Rasane liat nih artikel langsung laperrr .huufftt

This comment has been removed by the author.

wahaha malahan sy blum pernah lihat yg model begitu... palingan yg model lain aja

sy lupa namanya yg mirip" dgn ituh

aa belum pernah nyoba kyakgitu aku

Ya ga usah pusing-pusing mikirin namanya sob hehe...

Iya kang apalagi pas ramadhan yah, banyak kuliner yang ngga biasanya pada muncul

Aduh ... ngiler nih ... :D

enak banget tuh sob, sambil ngopi lebih nikmat tuh kayaknya,hehee

selamat menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan,
bila ada salah kata, salah baca, salah tulis dan salah komentar..mohon dimaafkan lahir batin...salam :-)

jangan batal puasanya lho ..

Bayangin makanan apa batal puasanya mas Muroi ? he he he

tapi kira-kira selain di cimanuk bisa didapetin di mana lagi ya mas? hehe

Ya ga batal mas, cuma kasian aja jadi ngiler hehehe...

Wah engga lah mas, kalo anak-anak baru belajar puasa mungkin batal hehe...

Kalo udah maghrib silakan bisa buka sob

ao gitu,,hehe,,di daerah saya gak ada yang kayak gitu,,kapan-kapan boleh dicoba ni,,hehe

Wah padahal ini makanan tradisional, mungkin disitu juga ada hehe...

Ga usah ngiler mas, langsung cari aja apemnya hehe...

Wah bener kayanya yah,mantep kang

Sama-sama, saya juga mohon maaf lahir dan batin

Okelah kalo begitu, makasih sob

apem jadi jadah...ngeri kali namanya m'ba...(pake logat batak)

apem cimanuk mah geuningan segi empat ya...setau saya mah yang namanya apem bentuknya bulet lonjong gituh...makanya jaman dulu suka ada istilah ...pem apem..pem apem....gituh masa kang?

oooh namanya unik ya... jadah... kalau di tempat mamang namanya Apem munu'u eheheh

kalau sekarang boleh tuh buat sahur

kalau lihat penjual apem di pinggir jalan jadi teringat jaman kecil pernah main ke sodara di daerah batu bantar pas bulan puasa lagi ... tradisi ini berarti sudah jaman dulu ya mas

etamah apem tanda kutip nya kang ehhehe... ada juga apem yang sepert katimus di bungkus daun... sama sama munu'u

mas agus ahli filosofi ckckckc

Apa rasanya Kayak tape gan ? Di madura belum ada yang namanya apem

eh suer baru liat ada apem putih
biasanya kan pink..

Sahur dulu mang, ulah ngaggo apem bisi nyeuri patuangan hehe...

Wah lebih unik lagi di tempat mang yono, ada manu'u segala, apa artinya mang...

aih sok kaditu wae kang Hadi mah hehehe...

waaah, jd pgen beli. tp, didaerahku di lombok jarang bnget nemu ini...

makanan dari bahan apa nih gan??

tempat ane gak ada,.

Itu apem, tapi bentuknya benar-benar mirip sama Tetelan, keren dah.
Itu saus pendampinganya apa ya mas?
hemm jadi pengen nih :D

Dari tepung beras sob, difermentasi kaya bikin tapai...
Ah ada kali sob, tapi mungkin beda nama aja...

Nah itu yang kreatif mang, bikin sendiri, untuk caranya cari aja di mbah gugel hehe...

Iya mang sekarang juga masih ada, ga ada yang berubah mang, main lagi kesini atuh mang...

Rasanya hampir mirip tape sob, karna sama-sama hasil fermentasi...

Iya mas, ciri khas dari apem cimanuk ya putih warnanya..

lama gak kesini.
maaf kawan, hari libur malah makin sibuk. hahaha

meski terlambat, saya ucapkan selamat puasa. :)

Order aja kesini sob bhehehe...kirain dari jogja sob, eh dari Lombok yah

Tetelan apa yah hehe..
Sausnya dari gula merah, kadang juga bisa pake syrup..

Wah iya sob, libur kan waktunya beraktifitas yang lain jadi ya wajar kalo sibuk sih..

Selamat menjalankan ibadah puasa juga yah..

kalo di Cilacap namanya gemblong, Mas. bener ya Kang Raw/Mas Is?

Duh udah lama gak mampir disini udah ngomongin makanan aja nih bang :v

tapi yang itu kayaknya kuahnya cuma air gula jawa aja ya mas, gak pakai santan,
kalau pakai kan agak kental dan putih gtu warnanya,
tapi kalo dilihat jam segini, jadi ngiler, hayo, tanggung jawab mas..

o ya, blognya udah saya follow, ditunggu follback ya..

kalo disini gemblong ya gemblong, apem ya apem, beda loh mas...

iya sob, menu khas buat buka puasa nih hehe...

ya sob cuma pake air gula saja kok, tapi sudah enak rasanya kalo buat cocol apem sih hehe..

makasih sudah follow blognya sob

apem makanan kesukaanku
karena empuk dan enak dililahku

tp apem cimanuk belum pernah makan

kalo apem sama gula terus yang sama santan namanya apa ya.

Kok nggak terlihat seperti apem? Di tempat saya apem itu pakai kelapa serut. Kalau dari ketan begitu apa ya namanya... uli? Tapi uli biasanya pakai tape ketan. Hmm, jadi penasaran :D

iya mas dan mang, saya hanya mengelus dada ada orang yang bilang bancakan ini dan itu bidah, hehehe

kalo rasa mungkin ga jauh beda dengan apem daerah lain mba

yang sama santan apa yah namanya...wah embuh, akeh tapine hehe...

Kelihatannya makanan khas yang sedap saat akan berbuka puasa ini yah Mas :)

Apapun makanannya yang penting puasa tetap lancar dan baik :)

Dilihat dari segi makanannya di kota saya sepertinya banyak yang mirip khas makanan seperti ini Mas :)

selamat malam gan :)
hanya sekedar berkunjung dimalam hari :D hehe

asalamualaikum
wah jadi pengin apem Cimanuknya
tapi jauh belinya he.he

wuih... mantab nih mas.wkwkwk

gorengan mungkin mbak..wkwkwkwkk

wah ketinggalan info nih kang, siang-siamg negina melihat apem serasa bagaimana gitu kang. bangun nikmat apemnya...

namanya apem, tapi inikhas dari cimanuk jadi warnanya putih kotak-kotak hehe..

iya sob, awas jangan giler yah hehe...

ya mungkin ada sob, tapi kayanya beda nama saja

sama-sama sob...selamat puasa juga

trimakasih buat kunjungannya sob

wa'alaikum salam..iya ngliatin aja mba hehe...

silakan ngiler sob hehehe....

Kalau jadah setau saya uli atau gemlong yang pakai parutan kelapa hehe

belum pernah nyobain apem yg seperti ini..

thx sharingnya !

tapi rasanya sama engga dengan apem di jawa..?

gemblong bukannya ketan..?

saya waktu dijawa pernah makan apem juga mas, ya sama lah rasanya...cuma ini lebih enak kayanya

iya mas gemblong itu kalo disini pake ketan, kalo apem ini pake tepung beras...

yang sama santan biasanya bubur kacang sob hehe....

wah saya baru dengar tu om ada nama makanan namanya apem cimanuk soalnya di tempat saya kagak ada nama makanan yang seperti itu

kalo di sini warnanya coklat karena dalam pembuatannya udah campur ama gula merah, tapi tetep pakai gula merah cair. kalo bahan yg sama seperti apem cimanuk itu di sini namanya serabi.. emang enak kalo jadi hidangan berbuka... selamat menikmati semuanya

ya kalo pakai ketan emang lebih enak pakai parutan kelapa. di sini juga begitu soalnya. makanan pasar gini biasa lebih sehat

sahur juga masih lama di sini, masih kenyang soalnya, he

ane juga jadi ikut ngiler nih ^_^

dulu ane jualan apem sob ^_^

hohoho.. di kampung saya pun ada apem mas :D

Waduh mantap kang... jadi ngliler nih ...hehehe... met weekend kang...

jadah = tetel = apem cimanuk = 98

waduh kolom nih banyak yang nafsu ya hihihihi

Jadi pengen apem nich...sudah lama saya tidak menemukan makanan ini ditempat saya. Kalo ditempat saya apem kadang dibuat saat ada acara tujuh harian, atau sykuran lainnya.

eta apem munu'u... :>) lamun di tempat sayamah asana sok dikukus. bener teu?hehe..

unik juga wujud dari apem cimanuk ini, beda dengan kue apem yang biasa saya temui :-)

tampilan barunya fresh banget omm
sukses selalu

enak tuh mas buat buka puasa

wah belum nyoba kang hehe...

wah cobain sob kalo ada disitu hehe...makasih kunjungannya

wah mas sob, di daerahman tuh kok ga ada apem :)

tiap daerah memang beda resep sob, tapi masih satu marga hehe...

jujur saya kurang suka dengan kue apem mas. nggak tau kenapa. doyan sih doyan, tapi kurang begitu suka. mungkin karena kurang manis saja kali ya.? hehehehe

kalau di campur dengan kuah manis enak ya mas ?

Ini apem apa ketan mas.
Kalau apem yang bikin seret kaan.