Apem Cimanuk, Menu Khas di Bulan Puasa

Apem Cimanuk, Menu Khas di Bulan Puasa

apem cimanuk
Apem Cimanuk | Awal puasa Ramadhan bagi sebagian orang mungkin sesuatu yang penuh cobaan. Rasa lemas dan haus adalah ujian orang yang berpuasa. Namun semoga segala ujian bisa kita lalui untuk mencapai ridho illahi. Seperti biasanya jika pada bulan puasa seperti ini, banyak bermunculan makanan alias kuliner yang tidak ada dalam keseharian. Dan biasanya makanan ini adalah khas untuk menu buka puasa, sebut saja kolak, bubur sumsum, kurma, apem dan lain sebagainya.

Dan jika mungkin ada sobat yang kebetulan sedang traveling dari Jakarta ke Carita atau Labuan di bulan puasa ini, pasti akan melewati pasar Batu Bantar di Cimanuk Pandeglang. Dan ada hal yang unik di pasar Batu Bantar ini yang hanya ada pada bulan Ramadhan, apa itu yah? Yaitu munculnya banyak ibu-ibu yang menjajakan makanan khas Cimanuk. Apalagi kalo bukan apem Cimanuk.

Hayo siapa diantara sobat yang belum pernah makan kue apem? Apem ditelinga masyarakat Pandeglang mungkin sudah tidak asing lagi,  Apem yang merupakan makanan khas pembuka puasa ini biasanya dapat ditemui di sejumlah daerah di Kabupaten Pandeglang. Salah satunya adalah Apem Putih, yang merupakan makanan khas dari Cimanuk dan diproduksi secara sederhana di sebuah rumah di Kampung atau Desa Kadubungbang dan desa sekitarnya di Kecamatan Cimanuk Pandeglang. Apem adalah kue terbuat dari tepung beras hasil fermentasi. Apem biasanya dimakan disertai dengan pemanis atau Kinca yang terbuat dari gula jawa dan santan. Tanpa pemanis ini rasa apem kurang nikmat bila dimakan.

Tadi sudah disinggung kalo cara penjualannya juga khas di bulan puasa, karena pemandangan ini tidak ditemui di hari-hari biasa. Biasa mereka berjualan dipinggir jalan perempatan Batu Bantar Cimanuk. Jumlah ibu-ibu yang menjajakan kueh ini bisa puluhan jumlahnya, ada juga beberapa kaum laki-lakinya. Berjejer di pinggir jalan sembari menawarkan kepada pengguna kendaraan yang kebetulan sedang melewati jalan. Aktifitas ini biasanya dimulai dari sejak menjelang ashar sampai menjelang waktu berbuka tiba.
penjual apem cimanuk
Ibu-ibu penjual apem cimanuk yang berjualan di pinggir jalan sedang
memberhentikan pengendara sepeda motor
Nah barangkali ada sobat yang kebetulan sedang melewati jalan Batu Bantar Cimanuk ini, jangan kaget kalo melihat ibu-ibu yang memberhentikan kendaraan yang lewat. Mereka adalah para penjual apem khas Cimanuk. Makanan khas dari Cimanuk untuk menu berbuka puasa.

Selamat menunaikan ibadah puasa, semoga bermanfaat dan happy blogging….



Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

129 comments

ini kalau ditempat saya namanya jadah yg terbuat dari ketan ...

Balas

aduh jadi ngiler nih gan :D wkwk

Balas

wah keknya ga ada di kotaku nih .. asing deh

Balas

Belum pernah nyobain sih mas :o jadi penasaran sama rasanya :D

Balas

rasanya?? kecut .. ehh -__-
enak an.

Balas

Hadeuh jadi pengen..
Terimakasih infonya :D

Balas

Waduh belum pernah nyoba, dari fotonya terbayang kelezatannya. Bikin ngiler orang puasa dosa gak mas ..? he he

Balas

Wah aneh yah namanya, tapi ga pake haram kan hehe

Balas

Wkwkwk..sabar sob, masih lama bukanya

Balas

Ada kali sob, tapi mungkin beda namanya

Balas

Itu yang di mangkok, saosnya gitu ya,,rasanya gmn tu,,jadi pengen nyobak :)

Balas

jaddaah itu jenang ya mbak

Balas

gak dosa mas, salah sendiri ngiler, hehehehe

Balas

apemnya ibu ibu memang empuk ya mas, hehe
itu kalau ditempat saya namanya gemblong, tetel, jadah sama saja, hehe
filosifi nenek moyang saya yang jawa, apem itu aslinya niru kata 'afwun = mohon ampun kepada Allah

Balas

Saya baru tahu filosofinya mas, pantesan banyaknya pas ramadhan yah

Balas

Apem sama jenang kan beda ya mas

Balas

Rasanya sih ga terlalu nikmat sob, tapi enak sih apalagi buat buka puasa

Balas

Rasa kecut apem biasanya ga kerasa kalo makannya sama air gula

Balas

Silakan cari di situ sob, kali aja ada hehe..

Balas

Jangan dibayangin makan apem siang bolong pas puasa mas hehe..

Balas

Saosnya pake air gula mas jadi ya manis rasanya

Balas

disaya ada cuma apa gitu namanya saya lupa, emang mantap kalo dah ngomongin makanan tradisional, variatif bgt.met ibadah saum ya kang

Balas

Rasane liat nih artikel langsung laperrr .huufftt

Balas
This comment has been removed by the author.

wahaha malahan sy blum pernah lihat yg model begitu... palingan yg model lain aja

Balas

sy lupa namanya yg mirip" dgn ituh

Balas

aa belum pernah nyoba kyakgitu aku

Balas

Ya ga usah pusing-pusing mikirin namanya sob hehe...

Balas

Iya kang apalagi pas ramadhan yah, banyak kuliner yang ngga biasanya pada muncul

Balas

Aduh ... ngiler nih ... :D

Balas

enak banget tuh sob, sambil ngopi lebih nikmat tuh kayaknya,hehee

Balas

selamat menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan,
bila ada salah kata, salah baca, salah tulis dan salah komentar..mohon dimaafkan lahir batin...salam :-)

Balas

jangan batal puasanya lho ..

Balas

Bayangin makanan apa batal puasanya mas Muroi ? he he he

Balas

tapi kira-kira selain di cimanuk bisa didapetin di mana lagi ya mas? hehe

Balas

Ya ga batal mas, cuma kasian aja jadi ngiler hehehe...

Balas

Wah engga lah mas, kalo anak-anak baru belajar puasa mungkin batal hehe...

Balas

Kalo udah maghrib silakan bisa buka sob

Balas

ao gitu,,hehe,,di daerah saya gak ada yang kayak gitu,,kapan-kapan boleh dicoba ni,,hehe

Balas

Wah padahal ini makanan tradisional, mungkin disitu juga ada hehe...

Balas

Ga usah ngiler mas, langsung cari aja apemnya hehe...

Balas

Wah bener kayanya yah,mantep kang

Balas

Sama-sama, saya juga mohon maaf lahir dan batin

Balas

Okelah kalo begitu, makasih sob

Balas

apem jadi jadah...ngeri kali namanya m'ba...(pake logat batak)

Balas

apem cimanuk mah geuningan segi empat ya...setau saya mah yang namanya apem bentuknya bulet lonjong gituh...makanya jaman dulu suka ada istilah ...pem apem..pem apem....gituh masa kang?

Balas

oooh namanya unik ya... jadah... kalau di tempat mamang namanya Apem munu'u eheheh

Balas

kalau sekarang boleh tuh buat sahur

Balas

kalau lihat penjual apem di pinggir jalan jadi teringat jaman kecil pernah main ke sodara di daerah batu bantar pas bulan puasa lagi ... tradisi ini berarti sudah jaman dulu ya mas

Balas

etamah apem tanda kutip nya kang ehhehe... ada juga apem yang sepert katimus di bungkus daun... sama sama munu'u

Balas

bikin sendiri juga boleh

Balas

mas agus ahli filosofi ckckckc

Balas

Apa rasanya Kayak tape gan ? Di madura belum ada yang namanya apem

Balas

eh suer baru liat ada apem putih
biasanya kan pink..

Balas

Sahur dulu mang, ulah ngaggo apem bisi nyeuri patuangan hehe...

Balas

Wah lebih unik lagi di tempat mang yono, ada manu'u segala, apa artinya mang...

Balas

aih sok kaditu wae kang Hadi mah hehehe...

Balas

waaah, jd pgen beli. tp, didaerahku di lombok jarang bnget nemu ini...

Balas

makanan dari bahan apa nih gan??

tempat ane gak ada,.

Balas

Itu apem, tapi bentuknya benar-benar mirip sama Tetelan, keren dah.
Itu saus pendampinganya apa ya mas?
hemm jadi pengen nih :D

Balas

Dari tepung beras sob, difermentasi kaya bikin tapai...
Ah ada kali sob, tapi mungkin beda nama aja...

Balas

Nah itu yang kreatif mang, bikin sendiri, untuk caranya cari aja di mbah gugel hehe...

Balas

Iya mang sekarang juga masih ada, ga ada yang berubah mang, main lagi kesini atuh mang...

Balas

Rasanya hampir mirip tape sob, karna sama-sama hasil fermentasi...

Balas

Iya mas, ciri khas dari apem cimanuk ya putih warnanya..

Balas

lama gak kesini.
maaf kawan, hari libur malah makin sibuk. hahaha

meski terlambat, saya ucapkan selamat puasa. :)

Balas

Order aja kesini sob bhehehe...kirain dari jogja sob, eh dari Lombok yah

Balas

Tetelan apa yah hehe..
Sausnya dari gula merah, kadang juga bisa pake syrup..

Balas

Wah iya sob, libur kan waktunya beraktifitas yang lain jadi ya wajar kalo sibuk sih..

Selamat menjalankan ibadah puasa juga yah..

Balas

kalo di Cilacap namanya gemblong, Mas. bener ya Kang Raw/Mas Is?

Balas

Duh udah lama gak mampir disini udah ngomongin makanan aja nih bang :v

Balas

tapi yang itu kayaknya kuahnya cuma air gula jawa aja ya mas, gak pakai santan,
kalau pakai kan agak kental dan putih gtu warnanya,
tapi kalo dilihat jam segini, jadi ngiler, hayo, tanggung jawab mas..

o ya, blognya udah saya follow, ditunggu follback ya..

Balas

kalo disini gemblong ya gemblong, apem ya apem, beda loh mas...

Balas

iya sob, menu khas buat buka puasa nih hehe...

Balas

ya sob cuma pake air gula saja kok, tapi sudah enak rasanya kalo buat cocol apem sih hehe..

makasih sudah follow blognya sob

Balas

apem makanan kesukaanku
karena empuk dan enak dililahku

tp apem cimanuk belum pernah makan

Balas

kalo apem sama gula terus yang sama santan namanya apa ya.

Balas

Kok nggak terlihat seperti apem? Di tempat saya apem itu pakai kelapa serut. Kalau dari ketan begitu apa ya namanya... uli? Tapi uli biasanya pakai tape ketan. Hmm, jadi penasaran :D

Balas

iya mas dan mang, saya hanya mengelus dada ada orang yang bilang bancakan ini dan itu bidah, hehehe

Balas

kalo rasa mungkin ga jauh beda dengan apem daerah lain mba

Balas

yang sama santan apa yah namanya...wah embuh, akeh tapine hehe...

Balas

Kelihatannya makanan khas yang sedap saat akan berbuka puasa ini yah Mas :)

Balas

Apapun makanannya yang penting puasa tetap lancar dan baik :)

Dilihat dari segi makanannya di kota saya sepertinya banyak yang mirip khas makanan seperti ini Mas :)

Balas

selamat malam gan :)
hanya sekedar berkunjung dimalam hari :D hehe

Balas

asalamualaikum
wah jadi pengin apem Cimanuknya
tapi jauh belinya he.he

Balas

wuih... mantab nih mas.wkwkwk

Balas

gorengan mungkin mbak..wkwkwkwkk

Balas

wah ketinggalan info nih kang, siang-siamg negina melihat apem serasa bagaimana gitu kang. bangun nikmat apemnya...

Balas

namanya apem, tapi inikhas dari cimanuk jadi warnanya putih kotak-kotak hehe..

Balas

iya sob, awas jangan giler yah hehe...

Balas

ya mungkin ada sob, tapi kayanya beda nama saja

Balas

sama-sama sob...selamat puasa juga

Balas

trimakasih buat kunjungannya sob

Balas

wa'alaikum salam..iya ngliatin aja mba hehe...

Balas

silakan ngiler sob hehehe....

Balas

Kalau jadah setau saya uli atau gemlong yang pakai parutan kelapa hehe

Balas

belum pernah nyobain apem yg seperti ini..

thx sharingnya !

Balas

tapi rasanya sama engga dengan apem di jawa..?

Balas

gemblong bukannya ketan..?

Balas

saya waktu dijawa pernah makan apem juga mas, ya sama lah rasanya...cuma ini lebih enak kayanya

Balas

iya mas gemblong itu kalo disini pake ketan, kalo apem ini pake tepung beras...

Balas

yang sama santan biasanya bubur kacang sob hehe....

Balas

wah saya baru dengar tu om ada nama makanan namanya apem cimanuk soalnya di tempat saya kagak ada nama makanan yang seperti itu

Balas

kalo di sini warnanya coklat karena dalam pembuatannya udah campur ama gula merah, tapi tetep pakai gula merah cair. kalo bahan yg sama seperti apem cimanuk itu di sini namanya serabi.. emang enak kalo jadi hidangan berbuka... selamat menikmati semuanya

Balas

ya kalo pakai ketan emang lebih enak pakai parutan kelapa. di sini juga begitu soalnya. makanan pasar gini biasa lebih sehat

Balas

sahur juga masih lama di sini, masih kenyang soalnya, he

Balas

ane juga jadi ikut ngiler nih ^_^

Balas

dulu ane jualan apem sob ^_^

Balas

hohoho.. di kampung saya pun ada apem mas :D

Balas

Waduh mantap kang... jadi ngliler nih ...hehehe... met weekend kang...

Balas

jadah = tetel = apem cimanuk = 98

Balas

waduh kolom nih banyak yang nafsu ya hihihihi

Balas

Jadi pengen apem nich...sudah lama saya tidak menemukan makanan ini ditempat saya. Kalo ditempat saya apem kadang dibuat saat ada acara tujuh harian, atau sykuran lainnya.

Balas

eta apem munu'u... :>) lamun di tempat sayamah asana sok dikukus. bener teu?hehe..

Balas

unik juga wujud dari apem cimanuk ini, beda dengan kue apem yang biasa saya temui :-)

Balas

tampilan barunya fresh banget omm
sukses selalu

Balas

enak tuh mas buat buka puasa

Balas

wah belum nyoba kang hehe...

Balas

wah cobain sob kalo ada disitu hehe...makasih kunjungannya

Balas

wah mas sob, di daerahman tuh kok ga ada apem :)

Balas

tiap daerah memang beda resep sob, tapi masih satu marga hehe...

Balas

jujur saya kurang suka dengan kue apem mas. nggak tau kenapa. doyan sih doyan, tapi kurang begitu suka. mungkin karena kurang manis saja kali ya.? hehehehe

Balas

kalau di campur dengan kuah manis enak ya mas ?

Balas

Ini apem apa ketan mas.
Kalau apem yang bikin seret kaan.

Balas