Apem Cimanuk, Menu Khas di Bulan Puasa

apem cimanuk
Apem Cimanuk | Awal puasa Ramadhan bagi sebagian orang mungkin sesuatu yang penuh cobaan. Rasa lemas dan haus adalah ujian orang yang berpuasa. Namun semoga segala ujian bisa kita lalui untuk mencapai ridho illahi. Seperti biasanya jika pada bulan puasa seperti ini, banyak bermunculan makanan alias kuliner yang tidak ada dalam keseharian. Dan biasanya makanan ini adalah khas untuk menu buka puasa, sebut saja kolak, bubur sumsum, kurma, apem dan lain sebagainya.

Dan jika mungkin ada sobat yang kebetulan sedang traveling dari Jakarta ke Carita atau Labuan di bulan puasa ini, pasti akan melewati pasar Batu Bantar di Cimanuk Pandeglang. Dan ada hal yang unik di pasar Batu Bantar ini yang hanya ada pada bulan Ramadhan, apa itu yah? Yaitu munculnya banyak ibu-ibu yang menjajakan makanan khas Cimanuk. Apalagi kalo bukan apem Cimanuk.

Hayo siapa diantara sobat yang belum pernah makan kue apem? Apem ditelinga masyarakat Pandeglang mungkin sudah tidak asing lagi,  Apem yang merupakan makanan khas pembuka puasa ini biasanya dapat ditemui di sejumlah daerah di Kabupaten Pandeglang. Salah satunya adalah Apem Putih, yang merupakan makanan khas dari Cimanuk dan diproduksi secara sederhana di sebuah rumah di Kampung atau Desa Kadubungbang dan desa sekitarnya di Kecamatan Cimanuk Pandeglang. Apem adalah kue terbuat dari tepung beras hasil fermentasi. Apem biasanya dimakan disertai dengan pemanis atau Kinca yang terbuat dari gula jawa dan santan. Tanpa pemanis ini rasa apem kurang nikmat bila dimakan.

Tadi sudah disinggung kalo cara penjualannya juga khas di bulan puasa, karena pemandangan ini tidak ditemui di hari-hari biasa. Biasa mereka berjualan dipinggir jalan perempatan Batu Bantar Cimanuk. Jumlah ibu-ibu yang menjajakan kueh ini bisa puluhan jumlahnya, ada juga beberapa kaum laki-lakinya. Berjejer di pinggir jalan sembari menawarkan kepada pengguna kendaraan yang kebetulan sedang melewati jalan. Aktifitas ini biasanya dimulai dari sejak menjelang ashar sampai menjelang waktu berbuka tiba.
penjual apem cimanuk
Ibu-ibu penjual apem cimanuk yang berjualan di pinggir jalan sedang
memberhentikan pengendara sepeda motor
Nah barangkali ada sobat yang kebetulan sedang melewati jalan Batu Bantar Cimanuk ini, jangan kaget kalo melihat ibu-ibu yang memberhentikan kendaraan yang lewat. Mereka adalah para penjual apem khas Cimanuk. Makanan khas dari Cimanuk untuk menu berbuka puasa.

Selamat menunaikan ibadah puasa, semoga bermanfaat dan happy blogging….



Share this

Catatan Kang Muroi, adalah blog yang menyajikan berbagai macam info menarik, Kolom Tutorial, Blogger Template, Motivasi, Otomotif, Rubrik Islam, Tips dan Trik dan berbagai macam hal menarik lainnya

Related Posts

Previous
Next Post »