Diantara Penghalang Pintu Rizki

rezeki tukang becak
Diantara Penghalang Pintu Rizki | Mengawali artikel yang mungkin sedikit bermanfaat ini, simaklah obrolan tukang becak seputar rejeki nomplok karena banyaknya order pengiriman air bersih dari warga karena ada masalah distribusi air bersih. Allah memang Maha Kuasa memberi rejeki dengan cara yang dikehendaki dan tidak diduga-duga.

Pagi itu jam baru menunjuk pukul 06.45,  tapi Muksin salah satu tukang becak sudah mengirim 2 rit / becak berisi 6 derigen air dengan harga Rp 50.000 / rit.  Sungguh limpahan rejeki yang luar biasa bagi Muksin yang masih sibuk mengisi derigen airnya untuk dikirim lagi. Pada hari biasa Muksin biasa mengantongi Rp 20.000 – Rp 25.000 / hari.

“Alhamdulillah masih ada 2 rit lagi yang masih harus saya kirim, mudah-mudahan sore nanti ada yang order lagi” kata Muksin bersemangat. Tapi harapannya kendur setelah temannya nyeletuk ” Gak ada order lagi Sin … pagi ini air sudah nyala”.

Meskipun mulai ragu Muksin tetap yakin air PAM belum mengalir karena baru saja dia terima order, dia menyahut: ” Air menyala dari mana ? Perbaikan pipa akan lama , bisa setengah bulan itu yang saya dengar dari orang-orang”.
“Kalau tidak percaya coba buka kran itu” kata teman Muksin sambil menunjuk halaman salah satu rumah yang ada kran airnya”.

Muksin pun dengan langkah gontai berjalan menuju kran yang ditunjuk oleh temannya, dan josssssss…... air mengalir. Lemaslah dengkul Muksin, rejeki yang sudah di depan mata lenyap sudah. Semoga Allah memberikan jalan rejeki yang lain bagi tukang-tukang becak dan penjual air lainnya..........

Sobat Muro’i El-Barezy, dialaog diatas hanya sebuah gambaran bahwa memang rizki itu sudah ada yang mengatur. Ada istilah lebih tepatnya anekdot dalam bahasa daerah dimana saya tinggal (sunda), “Rezeki mah moal pahili jeung sandal jepit”. Yang artinya rezeki itu tidak akan tertukar dengan sandal jepit. Allah juga sudah menentukan rizki bagi siapa saja yang mau berusaha. Dan kadang tanpa disangka-sangka dan dengan jalan yang tidak terduga pula.

Dan mungkin jika tiba-tiba apa yang sudah ada depan mata, namun tidak kita miliki juga, berarti itu rizki orang lain. Sahabat, bisa jadi Allah menjauhkan rizki dari kita karena beberapa sebab perbuatan kita. Diantara sebab-sebab penghalang rizki adalah sebagai berikut :

1. Melawan Pemberi Rezeki
Maka hendaklah mereka menyembah Tuhan Pemilik rumah Ini (Ka’bah). Yang Telah memberi makanan kepada mereka untuk menghilangkan lapar dan mengamankan mereka dari ketakutan (QS. Quraisy:3-4) Ayat ini memerintahkan untuk memurnikan ibadah hanya kepada Rabb penguasa Ka’bah sehingga Allah akan memberikan dua rezeki sekaligus, yaitu dicukupkan kebutuhan dunianya dan diberi keamanan diakhirat.

2. Berbuat Dosa
Rasulullah bersabda: Malaikat Jibril membisikkan di dalam hatiku, bahwa suatu jiwa tidak akan mati hingga telah sempurna rezekinya. Karena itu, bertakwalah kepada Allah dan carilah rezeki  dengan cara yang baik dan hendaklah tertundanya rezeki tidak mendorong kalian untuk mencarinya dengan kemaksiatan kepada Allah, karena sesungguhnya keridhaan di sisi Allah tidak akan bisa diraih kecuali dengan ketaatan kepada-Nya (HR Abu Nu’aim, al-Baihaqi dan al-Bazar dari Ibn Mas’ud).

3. Mengingkari Nikmat
Dan Allah Telah membuat suatu perumpamaan (dengan) sebuah negeri yang dahulunya aman lagi tenteram, rezkinya datang kepadanya melimpah ruah dari segenap tempat, tetapi (penduduk)nya mengingkari nikmat-nikmat Allah; Karena itu Allah merasakan kepada mereka pakaian kelaparan dan ketakutan, disebabkan apa yang selalu mereka perbuat (QS. AN Nahl: 112)

4. Mengotori diri dengan harta riba
Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman yang artinya :Orang-orang yang makan (mengambil) riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan syaitan lantaran (tekanan) penyakit gila. keadaan mereka yang demikian itu, adalah disebabkan mereka Berkata (berpendapat), Sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba, padahal Allah Telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba.
Ibnu Mas’ud berkata: Pemakan riba, yang memberikan harta riba, penulisnya, dan saksinya dilaknat oleh Muhammad Shalallahu’alaihi wasalam.

5. Curang dalam usaha
Abu Hurairah berkata bahwasanya Rasulullah Shalallahu’alaihi wasalam suatu saat melewati seonggok makanan yang dijual di pasar. Lalu Rasulullah memasukkan tangannya ke dalam onggokan makanan itu hingga jari beliau menyentuh makanan yang basah. Rasulullah bertanya, “Apa ini wahai penjual makanan?” Penjual makanan menjawab, “Itu kena hujan wahai Rasulullah!” Rasulullah bersabda: “Mengapa tidak kamu letakkan yang basah itu di atas supaya dapat dilihat orang-orang? Barang siapa berbuat curang maka ia bukan golongan kami “(HR Muslim).

6. Bakhil
Sekali-kali janganlah orang-orang yang bakhil dengan harta yang Allah berikan kepada mereka dari karuniaNya menyangka, bahwa kebakhilan itu baik bagi mereka. Sebenarnya kebakhilan itu adalah buruk bagi mereka. harta yang mereka bakhilkan itu akan dikalungkan kelak di lehernya di hari kiamat. dan kepunyaan Allah-lah segala warisan (yang ada) di langit dan di bumi. dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan (QS. Ali Imran: 180).

7. Bekerja sampai melalaikan kewajiban
Hai orang-orang beriman, janganlah hartamu dan anak-anakmu melalaikan kamu dari mengingat Allah. barangsiapa yang berbuat demikian Maka mereka Itulah orang-orang yang merugi (QS. Al Munafikun: 9)

8. Melalaikan dzikir
Dan barangsiapa berpaling dari mengingat-Ku, Maka Sesungguhnya baginya penghidupan yang sempit, dan kami akan menghimpunkannya pada hari kiamat dalam keadaan buta”.(QS. Thaha: 124)
Ad Dhahak berkata: Yang dimaksud penghidupan yang sempit adalah penghidupan yang dipenuhi amal buruk serta rezeki yang buruk pula. [sumber]

Semoga bermanfaat dan happy blogging…..


88 Responses to "Diantara Penghalang Pintu Rizki"

  1. sumpah terharu dan jadi mikir kenapa aku gak bisa berukur. kayaknya diantara penghalang pintu rejeki poin pertama dan nomer tujuh yang sering aku lakukan. sangat bermanfaat bos. trims telah berbagi. ;-(

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama sob, semoga bisa diambil hikmahnya, trims kunjungannya..

      Delete
    2. naza...sampe bercucuran air mata gituh...semoga kesedihannya dicatet oleh malaikat pencatat yah...aaaaamiiiin

      Delete
  2. artikelnya sangat bermanfaat sekali..
    terima kasih kang :d

    ReplyDelete
  3. manusia kurang mensukuri nikmat karena banyak paktor ya kang,ada yang sibuk hingga melupakan kewajiban,karena uang sampai lupa segalanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju mas, biasanya kesibukan lupa dengan kewajiban...

      Delete
    2. iya kang, kadang memang kesibukan membuat kita lalai, semoga bisa mengingatkan..

      Delete
  4. Artikel si akang selalu berbobot!Rizki yang kita dapatkan belum sepenuh nya milik kita,masih ada hak orang lain(pakir-miskin)klo salah minta koreksi nya!maklum bukan pakar!
    Berusaha ,Do'a,bersukur! :-s

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya bener kang Agus..makasih ya sudah silaturrahim

      Delete
  5. 8 poin di atas berlaku untuk non muslim kang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya menyertakan dalil dari al-Qur'an dan hadits, berarti ini buat muslim sob, saya kurang mengerti ajaran selain Islam, jika mngkin ada kesamaan, saya juga kurang tahu.. :d

      Delete
  6. arikel selalu menarik buat di baca kang , nice banget pokok nyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. trimakasih sob sudah silaturrahim dan baca-baca disini, semoga menfaat..

      Delete
  7. hahahhaha enak banget tuh kang tidur di becak Pekalongan kwkwk. trmksih kang infonya

    ReplyDelete
  8. Artikelnya sangat mengingatkan. Terima kasih sudah berbagi... :)

    ReplyDelete
  9. Semoga kita bisa selalu menghindari 9 penghalang rizki di atas.

    ReplyDelete
  10. Terkadang...kita maunya instan dan ndak sabaran untuk dapatin rezeki ya mas....

    Tanpa kita ndak sadari....ada hal yg ngebuatnya jd terhalang....
    Trima kasih mas mur....bisa jd renungan untuk kita kita :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mas, padahal apa yang kita dapat harus melalui proses yang panjang dan semuanya sudah ada yang mengaturnya..

      Delete
    2. posting yg sarat penuh dg pembelajaran buat kita semua ya mas...
      dan semoga ini...bisa menjadi ladang pahala...amin

      Delete
  11. artikelnya disini sangat bermanfaat, terimakasih kawan..
    lain kali mampir lagi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama sobat, trimakasih sudah mampir disini

      Delete
  12. semoga kita semua terhindar dari sifat dan hal2 yang dapat menghalangi pintu rezeki..
    dankita juga harus bersabar bila rezki belum datang, karena rezki itu sudah diatur dan dijatah oleh Allah..teruslah berdoa dan yakin

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin..bener sob, kita hanya berusaha dan berusaha serta berdoa
      trimakasih silaturrahimnya

      Delete
  13. alhamdulillah adem sekali artikelnya,
    lalu nikmat mana yang kita dustakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mas, semoga bermanfaat...

      Delete
    2. bermanfaat sekali mas, karena sudah mengingaatkan akan penolka rezeki

      Delete
    3. ya mas semoga kita bisa menjauhinya ..amiin.

      Delete
  14. seperti yg jls tertera di ali imron 191 kang iia.. zikir..
    terimakasih buat artikelnya kang :)
    like this ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama kang, trimakasih juga sudah silaturrahim disini

      Delete
    2. memang luar biasa kalau dipikir2.. cuaca panas, rejeki buat tukang es, tapi yg jual pangsit gigit jari, demikian juga sebaliknya.. yang satu ini mengais rejeki juga dari gigit jarinya orang lain saat kekurangan air.. para pembuat batu nisan memperoleh rejeki justru dari kematian orang lain.. ckckckck.. betapa kecilnya manusia di hadapan Nya

      Delete
    3. yah kadang kalo dipikir memang aneh juga ya kang, tapi itulah kehidupan, tak satupun luput dari pengawasan yang Maha Kuasa

      Delete
  15. terkadang kita tidak sadar saat melakukan salah satu dari delapan penghalang rezeki itu...apalagi yang namanya mengingkari nikmat, itulah yang paling sering terjadi...salam :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga ini jug asebagai pengingat, khusunya buat diri saya pribadi mas, trimakasih kunjungannya

      Delete
  16. Malu hati saya bacanya... Saya yang sudah mendapat rejeki saja selalu tidak merasa cukup dan selalu melihat keatas..... Seharusnya saya lebih peka melihat sekitar ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga ini menjadi pengingat, khususnya diri saya pribadi, dan semoga bermanfaat juga buat yang lain, trimakasih silaturrahimnya

      Delete
  17. nah iya tuh, kemaren2 di twitter ada yang minta excuse gak sholat karena sibuk kerja.. ckckck udah ngerasa hebat kali ya tuh orang [-(

    ReplyDelete
  18. Lumayan jadi dapet ilmu yang menyejukan mampir kmari.
    Salam kenal ya, gan :)

    ReplyDelete
  19. Saya juga pernah merasakan yang namanya rezeki tidak terduga, perasaan ketika itu penghasilan cuma didapat dari gaji sebulan aja, tapi taunya Allah membukakan pintu lain. Tapi ketika saya banyak disibukan dan mengurangi aktivitas ibadah, eh langsung aja gitu penghasilan yang tadinya melimpah selain gaji surut malah sekarang cuma gaji saya aja. Tapi saya bersyukur karena berarti Allah cepat memperingatkan saya. Terimakasih sobat, menjadi pengingat yang berharga bagi saya :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga selalau bersyukur, dengan bersyukur Insya Allah akan di tambah lagi nikmatnya

      Delete
  20. waduh,, ane jadi sedih gan, sering melalikan salah satu nya ;((

    ReplyDelete
    Replies
    1. kesalahan bisa diperbaiki dari sekarang sob, semoga manfaat...

      Delete
  21. wah bisa untuk pedoman neh.hohoho

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan mas bro, semoga manfaat, trimakasih kunjungannya

      Delete
  22. jadi tambah wawasan nih..
    makasih mas gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama sob, trimakasih juga sudah mampir dimari

      Delete
  23. Satu lagi Mas Bro kalo boleh nambahin.. he

    Doa restu orang tua. Butuh itu kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener sob, doa orang tua juga sangat berarti, riho Allah adalah ridho orang tua kita, dan murka Allah adalah murkanya juga, agar rizki lebih berkah orang tua kita juga harus ridho dengan usha kita..makasih kunjungnnya sob

      Delete
  24. kang lgi kemanah,ni ko gak keliatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada mas, ga kemana-mana, biasa lah sibut didarat :d

      Delete
  25. Yg no. 7 dan 8 sering ane lalai, kang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga saya dan sobat bisa memperbaiki diri...amiin

      Delete
  26. terimakasih sudah mengingatkan... :)

    ReplyDelete
  27. wah artikel beginian ini gan yang mantap sebagai penyejuk, aku suka.
    Kalau manusia pasti akan berbuat dosa, cara mengatasinya gimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. manusia tidak luput dari dosa sob, karena sudah menjadi sunatullah demikian. Dan orang yang baik adalah bukan orang yang tidak pernah berbuat dosa, tapi ia adalah manakala berbuat dosa, langsung bertaubat menyesali perbuatannya...

      Delete
  28. delapan poin yang wajib saya camkan dalamhati, soalnya saya sedang giat giatnya cari rezeki yang berkah ni.
    tengkyuperimach yah sharenya

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan kang, semoga bermanfaat..
      yuwarwelkam yah :-d

      Delete
  29. no 7 itu sob yang sering di lakukan oleh manusia modern sekarang ini, termasuk saya, kita terlalu di kekang oleh pekerjaan, sampai meninggalkan kewajiban, mulai sekarang harus di perbaiki nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah itu manusiawi sob, semoga bisa memperbaiki diri, khusunya diri saya pribadi sob, trimakasih kunjungannya

      Delete
  30. Amin dari tadi blogwalking banyak yg share artikel bertajuk islami. Lumayan dah jarang2 di sirami rohani.. makasih kang muroi b-(

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama sob, kita kan harus saling nasehat-menasehati sob :)

      Delete
    2. mas boss kalo yg buat kerja malem, kan butuh waktu istirahat pagi. itu bagaimana mas boss? b-(

      Delete
    3. kerja malam boleh saja sob, yang tidak boleh ya meninggalkan kewajiban, misalnya tidak sholat subuh, tidur setelah solat subuh akan lebih baik sepertinya...

      Delete
  31. Tapi kasian juga ya pak muksin. . :(

    ReplyDelete
  32. Jadi renungan ini Kang,,karena memang rezeki yang Atas yang mengatur setidaknya apa pun kita selalu panjatkan syukur :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya sob, kita hanya berusaha dan berdoa saja, semuanya sudah ada yang ngatur, trimakasih kunjungannya...

      Delete
  33. saya masih berlumuran dengan Dosa Sob,,,mungkin inilah yang menjadi penyebab terhalangnya rezeki saya Sob,,,semoga setelah membaca Artikel di atas saya bisa menjadi manusia yang lebih baik lagi Kang Muroi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga kita bisa memperbaiki diri kita masing-masing sob..trimakasih kunjungannya

      Delete
  34. itulah kuasa Alloh, yang Maha Mengerti keadaan kita bahkan hingga lubuk hati yang paling dalam

    paling ngerti kapan kita mendapatkan rizki berlimpah, dan paling ngerti kapan kita harus kehilangan

    intinya: rizki kita adalah Dia Dzat yang Maha Kaya yang mengaturnya.

    ReplyDelete
  35. jangan bakhil yang menjadi pedoman saya, mencoba untuk beramal semampu dan sebisanya. Rasanya bahagia bila berbagi dengan sesama.

    ReplyDelete
  36. Mudah2an saya tidak lepas dari tips di atas. dan semoga Allah selalu memberikan RizqiNya kepada saya. aaminnn

    ReplyDelete
  37. makasih sob,jadi sejuk hati ini setalah selesai baca.
    salam kenal

    ReplyDelete
  38. saya ngeri yang riba itu Mas. semoga kita terhindar atas itu ya, juga semua faktor yang menghalangi rejeki.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener mas saat ini khususnya systim perbankkan di Indonesiapun sudah tidak bisa lepas dari yang namanya riba yang telah dilegalkan

      Delete
  39. bener banget mas.. saya sangat setuju :)

    ReplyDelete
  40. terimakasih untuk artikel ini :)

    ReplyDelete
  41. Peluang Bisnis Dahsyat Yusuf Mansur. "Orang islam harus KAYA"
    dan "Beli Kembali Aset Indonesia" dengan INDONESIA BERJAMAAH
    Segera Amankan Posisi Anda, Segera JOIN bersama
    Komunitas Paytren , bisnis terbaru Ustadz Yusuf Mansur
    Dengan Produk V-pay ( Virtual Payment ) Anda akan
    dimudahkan dalam hal urusan pembayaran listrik,
    telpon, pulsa, PDAM, TV Berbayar, Internet, cukup dari genggaman anda saja . Transaksi dapat dilakukan
    melalui Website, SMS, Android, BlackBerry, iPhone dan YM dan anda mendapatkan casback disetiap transaksi anda dan mitra di jaringan anda.
    Penasaran Dengan Bisnis
    Ustd. Yusuf Mansur ini Kunjungi Website: http://suksespaytren.com/wan-vsi

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel