5 Nov 2012

Bulan Haji, Bulan Musim Nikah

·   31

janur
Bulan Haji, Bulan Musim Nikah | Sobat Muro’i El-Barezy, Jika bulan haji begini  peristiwa apa yang terjadi didalamnya? Orang naik haji? Yah tentu saja, bulan ini adalah dimana bulan orang Islam menunaikan rukun islam yang kelima yaitu menunaikan ibadah haji bagi yang mampu.
Terus peristiwa apalagi yah? Yang pasti adalah hari raya Idul qurban atawa Idul Adha yang kemudian diikuti oleh penyembelihan hewan kurban. Yang tahun inipun di tempat saya sampai berjumlah 205 ekor banyaknya.

Selain dua peristiwa diatas, kira-kira apalagi yang terjadi di bulan haji ini? Apakah ada sobat blogger yang bisa menjawabnya?
Ya betul…bulan ini adalah bulan musim nikah hehe…bagi yang belum nikah cepetan mumpung masih bulan haji. Nah karena bulan ini bulan musim nikah, begitupun yang saya alami dalam seminggu ini. Sudah 3 kali saya menghadiri resepsi pernikahan, baik yang dekat maupun yang jauh.

Sepanjang perjalanan saya menghadiri resepsi pernikahan, banyak saya temui janur kuning melengkung dipinggir jalan. Kalo tidak salah hitung sih mungkin berjumlah sekitar 15 janur pada hari yang sama. Wah banyak juga yah. Kenapa orang banyak menikah pada bulan haji saya sendiri belum tahu jawabannya. Mungkin ada sobat yang tahu silakan sharing disini yah.

Hukum Menghadiri Undangan Walimatul ‘Ursy (Resepsi Pernikahan)

Karena saya diundang maka harus hadir walaupun jauh kecuali mungkin ada halangan. Karena menghadiri undangan pernikahan hukumnya adalah wajib.
Sebgaimana  Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda yang artinya,”Apabila seseorang di antara kalian diundang untuk menghadiri walimatul ’ursy (resepsi pernikahan), penuhilah.” (HR. Muslim) dan Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam juga bersabda yang artinya,”Barangsiapa yang tidak menghadiri undangan walimah/pernikahan, sungguh dia telah durhaka pada Allah dan Rasul-Nya.” (HR. Muslim).

Dari hadits diatas terlihat jelas bahwasanya hukum memenuhi undangan walimahan adalah wajib. Undangan tersebut juga wajib dipenuhi jika undangan tersebut adalah undangan pertama­ danpada hari pertama (jika walimahannya lebih dari sehari, yang wajib dipenuhi hanya hari pertama saja,). (Lihat Tawdihul Ahkam, Syaikh Ali Basam dan Al Qoulul Mufid ’ala Kitabit Tauhid, Syaikh Ibnu Utsaimin) 

Doa Untuk Pengantin

Tidak lupa juga jika kita menghadiri walimatul ‘ursy atau pernikahan, kita hendaknya memberikan doa untuk kedua mempelai. Berikut ini doanya :

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِيْ خَيْرٍ
“Semoga Allah memberi berkah kepadamu dan atasmu serta mengum-pulkan kamu berdua (pengantin laki-laki dan perempuan) dalam kebaikan.” 
(HR. Penyusun-penyusun kitab Sunan, kecuali An-Nasai dan lihat Shahih At-Tirmidzi 1/316)


Udah yah sekian dulu celotehan yang semoga sedikit bermanfaat buat sobat semuanya. Barangkali hari ini ada yang mau menghadiri undangan jangan lupa yah hehe….



Subscribe to this Blog via Email :