Bulan Haji, Bulan Musim Nikah

janur
Bulan Haji, Bulan Musim Nikah | Sobat Muro’i El-Barezy, Jika bulan haji begini  peristiwa apa yang terjadi didalamnya? Orang naik haji? Yah tentu saja, bulan ini adalah dimana bulan orang Islam menunaikan rukun islam yang kelima yaitu menunaikan ibadah haji bagi yang mampu.
Terus peristiwa apalagi yah? Yang pasti adalah hari raya Idul qurban atawa Idul Adha yang kemudian diikuti oleh penyembelihan hewan kurban. Yang tahun inipun di tempat saya sampai berjumlah 205 ekor banyaknya.

Selain dua peristiwa diatas, kira-kira apalagi yang terjadi di bulan haji ini? Apakah ada sobat blogger yang bisa menjawabnya?
Ya betul…bulan ini adalah bulan musim nikah hehe…bagi yang belum nikah cepetan mumpung masih bulan haji. Nah karena bulan ini bulan musim nikah, begitupun yang saya alami dalam seminggu ini. Sudah 3 kali saya menghadiri resepsi pernikahan, baik yang dekat maupun yang jauh.

Sepanjang perjalanan saya menghadiri resepsi pernikahan, banyak saya temui janur kuning melengkung dipinggir jalan. Kalo tidak salah hitung sih mungkin berjumlah sekitar 15 janur pada hari yang sama. Wah banyak juga yah. Kenapa orang banyak menikah pada bulan haji saya sendiri belum tahu jawabannya. Mungkin ada sobat yang tahu silakan sharing disini yah.

Hukum Menghadiri Undangan Walimatul ‘Ursy (Resepsi Pernikahan)

Karena saya diundang maka harus hadir walaupun jauh kecuali mungkin ada halangan. Karena menghadiri undangan pernikahan hukumnya adalah wajib.
Sebgaimana  Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda yang artinya,”Apabila seseorang di antara kalian diundang untuk menghadiri walimatul ’ursy (resepsi pernikahan), penuhilah.” (HR. Muslim) dan Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam juga bersabda yang artinya,”Barangsiapa yang tidak menghadiri undangan walimah/pernikahan, sungguh dia telah durhaka pada Allah dan Rasul-Nya.” (HR. Muslim).

Dari hadits diatas terlihat jelas bahwasanya hukum memenuhi undangan walimahan adalah wajib. Undangan tersebut juga wajib dipenuhi jika undangan tersebut adalah undangan pertama­ danpada hari pertama (jika walimahannya lebih dari sehari, yang wajib dipenuhi hanya hari pertama saja,). (Lihat Tawdihul Ahkam, Syaikh Ali Basam dan Al Qoulul Mufid ’ala Kitabit Tauhid, Syaikh Ibnu Utsaimin) 

Doa Untuk Pengantin

Tidak lupa juga jika kita menghadiri walimatul ‘ursy atau pernikahan, kita hendaknya memberikan doa untuk kedua mempelai. Berikut ini doanya :

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِيْ خَيْرٍ
“Semoga Allah memberi berkah kepadamu dan atasmu serta mengum-pulkan kamu berdua (pengantin laki-laki dan perempuan) dalam kebaikan.” 
(HR. Penyusun-penyusun kitab Sunan, kecuali An-Nasai dan lihat Shahih At-Tirmidzi 1/316)


Udah yah sekian dulu celotehan yang semoga sedikit bermanfaat buat sobat semuanya. Barangkali hari ini ada yang mau menghadiri undangan jangan lupa yah hehe….



Post a Comment

30 Comments

  1. betul sob bulan haji ini di tempat saya juga banyak yang menikah bahkan jalan2 yang sering saya lewati juga pasti ada yang lagi menikah.

    ReplyDelete
  2. iya nih Mas. musim kondangan. harus siapin budget ekstra buat ngado dan nyumbang, hehe... jaman saya nikah dulu, nggak nunggu musim nikah begini. salah strategi menurut saya. kalo nyarinya pas bulan sepi nikah, para undangan nyumbangnya banyak. percaya? haha..

    ReplyDelete
  3. haha... teman sekelas dulu di SMK kemarin baru aja nikah.. :p

    ReplyDelete
  4. mlm genk. trmksih bnet genk dah mau berbagi.

    ReplyDelete
  5. memang benar juga sobat, dibulan haji ini saya melihat banyak orang menikah, postingan yg bagus menambah pengetahuan saya sobat
    terima kasih sudah berbagi

    ReplyDelete
  6. wahhh, muusim nikah yah bang :D hehe, tapi saya belum keburu nikah bang,,, belum nyampe sana...

    wahh, wajib yah menghadiri undangan resepsi pernikahan, wah wah baru tahu saya kaya ginian :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya sob belajar aja dulu entar juga sampe hehe...

      Delete
  7. Betul gan Bulan haji bulan yang banyak undangan terutama undangan hajatan nikah.

    ReplyDelete
  8. Wah, baru tau kalo menghadiri pernikahan hukum nya wajib. Hehehe

    ReplyDelete
  9. Bener, banyak banget yg nikahan. apalagi bentar lagi ketemu tanggal cantik, 10.11.12.. bejibunnn yg nikah

    ReplyDelete
  10. kenapa ya dibulan haji ini banyak yg walimahan? ada alasan yg bisa dijelaskan nggak ya? penasaran jadinya saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah itu juga yang saya ga tahu sob hehe..monggo sharingnya

      Delete
  11. smg yg baca dan kebetulan blom nikah jd semangat pengen cepat2 nikah... *smile

    ReplyDelete
  12. pastinya karena hari baik ya mas, saya kurang tau masalah hari pernikahan, kalau yang kira - kira hari yang tidak baik untuk melaksanakan nikah ada nggak ya?

    ReplyDelete
  13. hampir dua jam saya berusaha BW malam ini, tapi modem yang baru diisi pulsa begitu menjengkelkan, pokoknya musim kawin ini, usaha saya banyak dapet order kang, orang lain kawin, saya yang dapet duitnya....hehee
    salam sehat selalu yah

    ReplyDelete
  14. saya belum siap lahir batin buat haji sob,tapi dalam hati pengen banget,,semoga terlaksana suatu saat nanti,,amin...
    mohon do'anya sob,, :)

    oya sob,,kalo mau gabung di grup FB saya ayo sob,,banyak keuntungan disana khusus buat blogger loh,,berhubung grup itu tertutup, jadi harus di add dulu FB nya sob,,kebetulan saya blm bisa add FB sobat blogger, karena dalam masa pemblokiran add teman selama 1 bulan,,wkwkwkw,,di tunggu sob partsipasinya,,thanks...

    ReplyDelete
  15. di tempatku aja ada puluhan rumah yang punya hajat nikahan.

    ReplyDelete