6 Nov 2013

Mesin Faks Yang Mulai Langka

mesin faks
Mesin Faks Kantor
Mesin Faks Yang Mulai Langka | Mesin Faks kini keberadaannya semakin langka. Keberadaannya semakin terpinggirkan oleh alat yang lebih canggih, sebut saja misalnya surat elektronik atau email. Namun meskipun saat ini orang-orang sudah banyak yang menggunakan email untuk berkirim pesan, kehadiran mesin fax ini tetaplah dibutuhkan untuk mengirim salinan dokumen dalam bentuk ‘fisik’ untuk keperluan bisnis dan perkantoran. Namun volumenya tidak seperti awal-awal mesin ini muncul.

Faksimile atau biasa dikenal dengan faks adalah teknologi telekomunikasi yang digunakan untuk menyalin dan mengirimkan dokumen yang serupa dengan aslinya, menggunakan jaringan telepon ke mesin fax penerima yang kemudian bisa dicetak dikertas. Kata faksimile menurut hasil searching berasal dari bahasa latin yaitu ‘fac simile’ (make similar), yang artinya membuat salinan yang sama dengan aslinya. Di berbagai tempat, mesin faks juga dikenal sebagai telecopier, disebut demikian karena mesin ini bisa mengkopi dokumen dari jarak jauh.

Pada awal munculnya mesin ini mungkin orang dan termasuk saya juga akan dibuat takjub dan terheran-heran. Kok kita mengirim kertas dari sini, keluar sama persis tapi dengan jarak yang jauh. Keberadaan mesin faks ini sungguh sangat membantu dalam pengirimna dokumen dengan efesinesi tenaga, biaya dan waktu karena kita tidak usah mengirim dokumen secara langsung, cukup menggunakan mesin ini saja.

Namun saat ini kita sedikit sulit menemui mesin seperti ini. Beberapa tahun yang lalu saya dengan mudah bisa menemuinya di wartel-wartel atau kantor pelayanan Telkom. Namun sekarang hanya satu atau dua saja yang bisa kita temui. Di kantor dimana saya kuli sebenarnya ada juga mesin faks ini, tapi volumenya tidak menentu, kadang sebulan sekalipun tidak ada faks yang masuk. Para wali santri atau instansi yang lain biasanya lebih memilih untuk mengirimkan dokumen lewat email sekolah atau saya pribadi.

Untuk tahu lebih jauh dan melengkapi catatan ini, apa sebenarnya mesin faks ini dan siapa penemunya, sedikit saya jelaskan yang saya dapatkan dari berbagai sumber. Mesin faks pertama kali dibuat dan dipatenkan pada tahun 1843 oleh Alexander Bain, seorang fisikawan Skotlandia. Awalnya Alexander Bain tengah mengembangkan alat komunikasi yang disebut telegraf. Penemuan inilah yang menjadi bentuk awal dari mesin faks. Mesin faks buatan Bain ini berdasarkan prinsip kerja jam elektrik yang sebelumnya ia temukan.

Hampir selama bertahun-tahun, mesin faksimili susah untuk digunakan dan dengan biaya yang mahal, namun pada tahun 1966 Xerox memperkenalkan telecopier Magnafax, mesin, lebih kecil faksimili 46-pon yang lebih mudah digunakan dan dapat dihubungkan ke saluran telepon. Dengan menggunakan mesin ini, dokumen surat berukuran waktu sekitar enam menit untuk mengirimkan. Proses yang terbilang lambat namun itu merupakan langkah teknologi besar. Dan sampai saat ini mesin faks generasi baru telah dikembangkan oleh Negara Jepang dengan teknologi yang mutakhir.

Tapi benarkah mesih faks sudah benar-benar ditinggalkan? Jawabannya tentulah tidak, karena sampai saat inipun masih ada orang-orang yang menggunakan jasa mesin faks ini, baik untuk kepentingan pribadi ataupun untuk kepentingan kantor walaupun tidak seperti dulu. Nasibnya sama seperti wartel-wartel yang dulu pernah menjamur bak jamur dimusim hujan. Bagaimana dengan sobat, apakah di kantor atau sekitar tempat tinggal sobat masih ditemukan mesin faks ini?

Semoga bermanfaat dan happy blogging…..