6 Jul 2013

Tips Sederhana Agar Lambung Nyaman Saat Berpuasa

Tips Saat Puasa | Alhamdulillah kita akan dipertemukan kembali dengan bula Ramadhan yang penuh berkah dan maghfirah Allah, bulan tarbiyah dan bulan dilipat gandakan pahala. Tentunya sobat semua tidak mau menyia-nyiakan bulan yang istimewa ini bukan? Persiapan yang matang tentunya sudah jauh hari dilakukan, baik itu fisik ataupun mental.

Nah agar puasa tahun ini kita selalu dalam keadaan fit, tentunya kita juga harus memperhatikan adab-adabnya. Baik ketika kita berbuka ataupun saat sahur. Saat berpuasa, hal yang paling berperan adalah lambung. Jadi pada postingan kali ini saya sedikit berbagi tips sehat saat ber puasa agar labung terasa nyaman  yang saya comot dari harian Republika edisi cetak. Semoga bisa menjadi tips yang bermanfaat buat sobat semua.
berpuasa

Tips Sederhana Agar Lambung Tetap Sehat Selama Berpuasa :

  1. Jangan lewatkan sahur dan jangan tunda saat berbuka
  2. Makanlah makanan dengan gizi seimbang dan lengkap selama berpuasa
  3. Saat sahur, tubuh memerlukan makanan yang bergizi dan kaya serat, sedangkan saat berbuka awali dengan minum air dan dan makan yang manis dahulu (misalnya kurma)
  4. Sesudah solat Maghrib, lanjutkan makan besar dan lengkap. Sesudah solat tarawih atau sebelum tidur dapat mengkonsumsi makanan ringan
  5. Perbanyak minum air untuk menghindari dehidrasi
  6. Jika timbul gejala sakit maag, seperti sendawa, mual, mules, nyeri ulu hati dan kembung maka asam lambung dapat di netralkan dengan meminum obat maag sebelum sahur, saat berbuka dan sebelum tidur malam.
Tips Sehat Sahur Puasa Ramadhan :
  • Sahurlah mendekati imsak
  • Makanlah dengan makanan yang mudah dicerna, misalnya sedikit nasi, sayur, telur, tempe atau tahu.
  • Minumlah air hangat atau jus buah segar.
  • Jangan terlalu beraktifitas berat atau kembali tidur setelah sahur beri waktu (30 menit) makanan masuk ke dalam pencernaan dengan sempurna.
Tips Sehat Berbuka Puasa :
  • Ketika masuk waktu berbuka, segeralah berbuka dengan minum air putih terlebih dahulu.
  • Utamakan makan yang manis atau kurma seperti yang dianjurkan Nabi.
  • Satu jam kemudian, makanlah makanan yang padat dan lengkap secukupnya.
  • Perbanyak minum air putih untuk membantu proses pencernaan.
Itulah beberapa tips sederhana yang bisa saya sampaikan pada postingan kali ini. Semoga puasa kita bisa kita lakukan denga sebaik mungkin dan dalam keadaan selalu fit sepanjang puasa.

Semoga bermanfaat dan happy blogging…