12 May 2013

Jangan Percaya Kalo Tempe Penyebab Hipertensi

tempe
Tempe dan Hipertensi | Setelah kemarin saya posting tentang sayur yang aneh yaitu “Sayur Kutang”, kali ini masih membahas tentang makanan juga yang saya yakin sobat blogger sudah tahu semua dan pasti sudah pernah memakannya, makanan itu namanya tempe. Siapa yang ngga kenal sama makanan yang satu ini. Dari direktur sampai tukang cukur, dari gubernur sampai tukang supir pasti pernah makan yang namanya tempe.

Makanan yang terkenal banyak manfaatnya dan enak ini memang cukup tenar namanya, bahkan dinegara asal pizza dan burger-pun mensejajarkan tempe sebagai makanan pavorit mereka. Yoi, yang belum tahu tempe itu dari apa keterlaluan deh hehe….Tempe itu terbuat dari kacang kedelai yang kemudian fermentasi dengan jamur Rhizopus oligosporus. Kandungan yang ada dalam tempe itu hampir sama dengan kandungan yang dimiliki oleh yougurt.

Menurut dari berbagai sumber yang saya baca, tempe adalah sumber protein nabati yang mengandung serat pangan, vitamin B, kalsium dan zat besi. Selain itu tempe juga memiliki kandungan antibiotika dan antioksidan yang bisa mengatasi infeksi dan mencegah penyakit degeneratif. Perlu diketahui kalau dalam 100 gram tempe itu mengandung 20,8 gram protein, lemak 8,8 gram, 155 miligram kalsium, 326 miligram fosfor, serat 1,4 gram, 4 miligram zat besi, dan karoten 34 gram serta Vitamin B1 0,19 miligram.

Enak atau tidaknya tempe sebenarnya tergantung bagaimana cara memasaknya. Kalo tempe di potong besar-besar terus di goreng tanpa dikasih bumbu ya jelas ngga enak dong. Tapi coba tempe di potong sedemikian rupa, di beri bumbu dan rempah secukupnya pasti enak tuh masakannya. Atau hanya di goreng dengan ketebalan yang sedemikian rupa tapi di beri bumbu, itupun sudah membuat tempe ini lezat rasanya.

Dibalik kelezatan tempe, ternyata banyak mengandung manfaat juga loh tempe ini. Kalo tidak percaya coba simak beberapa manfaat dari makanan khas dan jadi primadonaIndonesia ini.

Beberapa Manfaat Tempe
  • Mampu menyembuhkan diare
  • Menurunkan kadar kolesterol dalam darah
  • Merupakan salah satu manakan anti kanker
  • Mampu mencegah osteoporosis
  • Mencegah anemia
  • Kaya akan antioksidan alami yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh
  • Kaya akan serat yang mampu melancarkan pencernaan
  • Mencegah penyakit jantung
Nah itulah beberapa manfaat dari tempe sob. Dan manfaat yang ada diatas itu hanya sebagian saja yang hingga kali ini kita ketahui, kemungkinan masih banyak lagi manfaat dari tempe ini, dan ingat pengolahan yang benar mempengaruhi kualitas makanan.

Tempe Penyebab Darah Tinggi? 
Nah disamping manfaat tempe seperti yang saya sebutkan diatas, ternyata terlalu sering mengkonsumsi tempe dapat menyebabkan darah tinggi atau dalam istilah kedokteran disebut hipertensi. Beberapa penelitian membuktikan, responden yang mengkonsumsi tempe dan tahu selama 15 hari berturut-turut, maka hasilnya cepat naik darah. Salah satu ciri-cirinya adalah suka menggebrak meja, bermuka merah dan berkata,

“Ini lagi … ini lagi…! Gak ada makanan lain apa?

Hehe….ini hanya guyonan sob, semoga bermanfaat dan happy blogging…..