Yang Terbaru

Subscribe Here!

Dapatkan Update Informasi Terbaru dari KANG MUROI Melalui Email

Blog Stats

Jangan Percaya Kalo Tempe Penyebab Hipertensi

By On 12.5.13

tempe
Tempe dan Hipertensi | Setelah kemarin saya posting tentang sayur yang aneh yaitu “Sayur Kutang”, kali ini masih membahas tentang makanan juga yang saya yakin sobat blogger sudah tahu semua dan pasti sudah pernah memakannya, makanan itu namanya tempe. Siapa yang ngga kenal sama makanan yang satu ini. Dari direktur sampai tukang cukur, dari gubernur sampai tukang supir pasti pernah makan yang namanya tempe.

Makanan yang terkenal banyak manfaatnya dan enak ini memang cukup tenar namanya, bahkan dinegara asal pizza dan burger-pun mensejajarkan tempe sebagai makanan pavorit mereka. Yoi, yang belum tahu tempe itu dari apa keterlaluan deh hehe….Tempe itu terbuat dari kacang kedelai yang kemudian fermentasi dengan jamur Rhizopus oligosporus. Kandungan yang ada dalam tempe itu hampir sama dengan kandungan yang dimiliki oleh yougurt.

Menurut dari berbagai sumber yang saya baca, tempe adalah sumber protein nabati yang mengandung serat pangan, vitamin B, kalsium dan zat besi. Selain itu tempe juga memiliki kandungan antibiotika dan antioksidan yang bisa mengatasi infeksi dan mencegah penyakit degeneratif. Perlu diketahui kalau dalam 100 gram tempe itu mengandung 20,8 gram protein, lemak 8,8 gram, 155 miligram kalsium, 326 miligram fosfor, serat 1,4 gram, 4 miligram zat besi, dan karoten 34 gram serta Vitamin B1 0,19 miligram.

Enak atau tidaknya tempe sebenarnya tergantung bagaimana cara memasaknya. Kalo tempe di potong besar-besar terus di goreng tanpa dikasih bumbu ya jelas ngga enak dong. Tapi coba tempe di potong sedemikian rupa, di beri bumbu dan rempah secukupnya pasti enak tuh masakannya. Atau hanya di goreng dengan ketebalan yang sedemikian rupa tapi di beri bumbu, itupun sudah membuat tempe ini lezat rasanya.

Dibalik kelezatan tempe, ternyata banyak mengandung manfaat juga loh tempe ini. Kalo tidak percaya coba simak beberapa manfaat dari makanan khas dan jadi primadonaIndonesia ini.

Beberapa Manfaat Tempe
  • Mampu menyembuhkan diare
  • Menurunkan kadar kolesterol dalam darah
  • Merupakan salah satu manakan anti kanker
  • Mampu mencegah osteoporosis
  • Mencegah anemia
  • Kaya akan antioksidan alami yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh
  • Kaya akan serat yang mampu melancarkan pencernaan
  • Mencegah penyakit jantung
Nah itulah beberapa manfaat dari tempe sob. Dan manfaat yang ada diatas itu hanya sebagian saja yang hingga kali ini kita ketahui, kemungkinan masih banyak lagi manfaat dari tempe ini, dan ingat pengolahan yang benar mempengaruhi kualitas makanan.

Tempe Penyebab Darah Tinggi? 
Nah disamping manfaat tempe seperti yang saya sebutkan diatas, ternyata terlalu sering mengkonsumsi tempe dapat menyebabkan darah tinggi atau dalam istilah kedokteran disebut hipertensi. Beberapa penelitian membuktikan, responden yang mengkonsumsi tempe dan tahu selama 15 hari berturut-turut, maka hasilnya cepat naik darah. Salah satu ciri-cirinya adalah suka menggebrak meja, bermuka merah dan berkata,

“Ini lagi … ini lagi…! Gak ada makanan lain apa?

Hehe….ini hanya guyonan sob, semoga bermanfaat dan happy blogging…..




73 komentar

ha ha ha..kirain hypertensi beneran, tapi di masak dengan versi apa-pun tempe itu tetap jadi salah satu makanan kesukaanku, jadi tak mungkinlah aku menggebrak meja untuk memprotes kehadiran tempe sebagai menu andalanku... :-)

hahahaha....kasian ya istrinya,niat mau ngirit eh suaminya malah marah2 gara2 tempe,,haha

wkwkwkwk...ane ngakak guling2 baca yang terakhir!
pantes aja jadi drating kalu disunguhin tempe terus tiap hari...hahaha =))

Serius di awal......ngekek di akhir tulisan wkwk... :D
Pokoke tempe the bes...ya mas :)

banyak mengandung hormon esterogen, bikin dada gedhe n titit kecil om :p

aw aw aw :D tempe makanan pokok buat anak kostan bang , wkwkwkwk

Tempe adalah salah satu jenis lauk pauk yg populer di pedesaan.

Tempe mah makanan kesukaanku... bulsyet klo org ngonong tempe penyebab hipertensi... kalo tempe yang lain sih percaya ane hehehe

aku paling doyan ama oreg tempe sob

Tempe memang tidak membosankan bisa dimasak beraneka macam masakan dan ga ngebosenin...

tapi sayangnya patent tempe ini kalo gak salah ada 18 semua berada di luar negeri...

Selain banyak manfaaat, ternyata juga ada kekuangannya yah ... ? :D

iya kang bener soalnya aq juga suka sama tempe heheh. trmksih mas kang infonya

kalimat terakhir menunjukkan bahwa kang El sudah terkontaminasi virus kpk stadium gawat, harus segera minta resep yang baru untuk obat yang dosisnya rada tinggian dikit...kang...;o)

hahha bisa aja .. tadi aku kaget pas baca judulnya smpet mikir,, emng iya apa ada yang bisa tempe penyebab hipertensi . ternyata itu toh maksdnya . hihihi .

iya aku juga suka tempe ,, murah dan bergizi =p~

Yang saya tahu gizi dari tempe banyak dan kalau dikonsumsi secara teratur dan tidak berlebihan malah lebih banyak gizi atau protein yang kita dapatkan :)

itumah kalao yang makan kita - kita gan soalnya kelewat sering ..pagi tempe,siang tempe,malam tempe,bangun tidur tempe...sampe-sampe tempenen sob..heeee

saya juga kurang percaya sob dengan hal tahayul seperti ini. Tempe tetep makanan favorit saya :)

sama...
kering tempe padanannya

tuh yang bicara mata-mata loh

kang hadi yang punya penawarnya

hahaha, yang paragraf terakhir tuh ultimatenya darah tinggi Mas El, hahaha.. asli saya ngakak. gokil abiss

buang aje suaminya ke laut sob hehehe

Tempe itu makanan kesukaan saya. :D

aku kebelet pulang justru karena kangen tempe, om
yang bikin darah tinggi itu terong
buktinya di sini pernah dikasih terong terus beberapa hari trus ada yang gebrak meja makan sambil teriak, terong maning terong maning...

tempe makanan kesukaan saya mas. tiada hari tanpa tempe.. :d

klw mnrt saya justru tempe salah satu makanan yg kaya karbohydrat

hipertensinya karena bosan makan tempe berarti ya mas hehe.........

mampir kang mau nganterin teh poci hangat heheh

saya siap nyaduki mas bud, hehe
kalau saya sepeti mas budi suka tempe dari pada ayam , hehe

saya juga penggemar tempe lho mas, bukan tempe yang lain

demiiiii tempeeeeee :D hehehe

wkwkwk info menarik mas , sekaligus bikin ngakak pagi2 :D baca yang terkhir =p~

pengalaman pribadi y kang eheheh (b)

tempe pas untuk makanan tanggal tua ehhehehe.... itu bagi mamang ndak tau bagi sobat yang lain eheheheh

hehehehehe.. berarti kerupuk juga bisa jadi penyebab hipertensi :P

tempe itu kesukaanku -_-

hipertensi penyebabnya banyak, belum tentu dengan makan tempe
Tapi kalo memang sudah punya riwayat hipertensi terus makan tempe atau krupuk ya bisa saja kambuh karena pada dasarnya ya memang sudah sakit

wah kirain bener berakibat hipertensi, wkk. saya suka tempe + sambel terasi, maknyess...

banget kang... makan tanpa tempe ibarat pacaran tanpa pasangan kang.. hehehe

Low karbohidrat non.. tapi kaya akan protein dengan asam amino essensial yang bisa menjadi antioksidan untuk mengurangi radikal2 bebas di tubuh kita hehehe

Itu sih marah karena bosan sama tempe. :3

hehehe betul sekali mas budi, apalagi tempe goreng yang dijual pinggir jalan anget2, cihuy...

baru bisa datang lagi nih kang,maklum kemarin saya lagi keluar kota selama 2,3 hari.oh ya benerb juga yah tempe bisa juga bikin darajh tinggi ,kalau terlalu sering,hi...hi....

Banyak juga manfaat tempe, ane kira yang darah tinggi beneran tau nya darah tinggi karena tempe lagi menu nya =))
Silahturahmi yang masih semangat ngeblog :D

kirain benaran nih penyebab darah tinggi, ? =)) :d kalo lauknya tempe terus selama 2 minggu, ya jelas tensian lah...hahahahha

tempe makanan vavorit keluarga kami..murah meriah oiiiiiiiiii
ternyata banyak sekali manfaatnya juga bisa bikin irit kantong..hehee

Suka sekali Mas sama Tempe goreng, sambel tempe, tempe penyet, makanan yang banyak mengandung protein.

tul sob makanan turunan kedelai ini memang tinggi protein dan asam aminonya

kurang satu bang .. nasi + krupuknya *ehh

aku suka tempe.. :)
tapi iya juga sih kalau 2 minggu makannya tempe mulu bisa ngacak-ngacak dapur nih... :d

penangkalnya mah cuman satu kang Zach... kang ubi sendiri yang nyembuhi... karena penyakitnya akan dipindah langsung ke tubuh kang ubi hihihihi

waduh mantap kali itu kang... ditambah petis ama sambal ato lombok... cespleng deh...

tempe memang banyak manfaatnya mas..(seperti poin diatas) yg menyebabkan hipertensi justru dari rokok. Bukankah sudah jelas dibungkus rokoknya ada peringatan..? :D

waduh ..

aku jadi kangen pengen makan tempe bacem

dimakan dg nasi lembek dan anget hmmm

hehe

klo makannya temple mulu jelas bs bikin darah tinggi..,soalx yg makan bosan dan naik darahnya (emosi) heehheh...

kerupuk darah gendruwo tuh Mbak

itu bukan darah tinggi tapi darah muntah

yang jelas tidak akan menyebabkan anemia, karena akan selalu ingat akan nasibnya yang selalu miskin...hehehe..

al hasil tempku.tempemu ,tempe kita semua...pak zach

mampir pagi, sambil nunggu tukang gorengan tempe :-d

Hadir lagi mas....masih adakah gorengan tempe buat sarapan :)

Mampir sini sob.. hehe wah kalo tempe mendoan enak banget itu .. =p~

gak usah hidup ajah.. ntar juga mati lagi.... heheheheheh peace bos... :d

Saya sekeluarga penggemar tempe sudah puluhan tahun, dan selama ini tidak ada masalah dengan TEMPE. TEMPE adalah menu wajib bagi kami sekeluaga hingga kini

ya nggak lah,,,ane makan tempe dari orok masih aman aja ini ,,kwkw

TEMPE: karunia ajaib dari Tuhan Sang Pemelihara bagi bangsa Indonesia.. Viva tempe.... Viva Indonesia