21 May 2013

Dosa Berjamaah

·   110

dosa
Dosa Berjamaah | Kita barangkali tidak asing dengan kata yang satu ini, berjamaah. Berjamaah identik dengan sholat berjamaah. Tapi sebenarnya apapun perbuatan yang dilakukan bersama-sama bisa dikatakan berjamaah juga. Berjamaah dalam hal yang postif sangatlah penting karena bisa mendatangkan manfaat dan nilai yang tinggi, diantaranya adalah nilai sosial yang dan juga nilai persatuan.

Tapi akhir-akhir ini kata berjamaah sudah disalah tafsirkan oleh sebagian kelompok tertentu. Mereka berjamaah dalam hal yang negative dan mendatangkan kerugian di berbagai pihak. Sudah sering kita menyaksikan bagaimana kelompok-kelompok itu berbuat dosa secara berjamaah sehingga sangatlah merugikan. Contohnya penganiyayaan berkelompok, pencurian berkelompok, pembunuhan bekelompok dan tindak kriminal lainnya yang dilakukan secara berjamaah.

Yang paling meresahkan masyarakat saat ini adalah geng motor, yang melakukan tindak kriminal. Mulai dari memeras korban, memperkosa bahkan sampai membuhuh korbannya. Banyak penafsiran mengenai masalah ini, ada yang mengatakan bahwa tidak ada itu namanya geng motor, yang ada adalah tindakan kriminal yang menggunakan motor, atau juga penafsiran-penafsiran yang lainnya. Menurut kriminolog juga ada yang mengatakan bahwa ini semua adalah disebabkan karena krisis sosial yang ditimbulkan oleh kesenjangan ekonomi yang semakin meruncing.

Ada juga contoh lain dari dosa berjamaah. Yaitu penggiringan opini oleh media, baik cetak maupun elektronik. Dengan mendiskreditkan sesorang atau kelompok yang belum tentu bersalah tapi oleh media dengan begitu gencarnya di beritakan miring dan cenderung hal yang sangat negatif. Sadar atau tidak ini juga dikatakan sebagai dosa berjamaah, bahkan efeknya sungguh sangat luar biasa. Dusta-dusta yang dilakukan oleh media secara berulang-ulang seolah-olah menjadi kebenaran, sehingga menjadi mainstream dan akan melekat pada benak-benak yang sudah terkontaminasi berita-berita pembohongan publik sebelumnya.

Hal yang saya sampaikan diatas hanyalah contoh kecil dari dosa berjamaah. Masih banyak dosa-dosa yang dilakukan oleh anak manusia dimuka bumi ini yang dengan terang-terangan dilakukan secara berjamah. Yang menjadi pertanyaanya adalah, mengapa bisa terjadi demikian?

Mungkin salah satu kunci permasalahan yang menyebabkan banyaknya dosa berjamaah sekarang ini, yaitu kita sudah jauh dari tuntunan Allah, kita sudah tidak akrab lagi dengan sang pencipta kita, kita sudah tidak mengikuti lagi petunjuk yang telah diberikan sang pembuat manusia. Kesibukan dunia kadang banyak melalaikan manusia, sehingga komunikasi dengan Allah sang pencipta sudah tidak efektif lagi.

Dan barangkali orang-orang yang berbuat dosa secara terang-terangan, mereka tidak yakin dengan adanya akhirat dan kehidupan yang kekal nanti. Mereka tidak menyadari bahwa hukum Allah akan berlaku baik didunia maupun diakhirat, kalau mereka tidak dapat didunia, tunggu saja dihari kemudian. Ini yang tidak disadari oleh mereka yang berbuat dosa apalagi secara berjamaah. Tuhan sepertinya sekarang sudah banyak yang melupakan, tak malu lagi mereka berbuat dosa beramai-ramai. Naudzubillah, semoga ini dijadikan instrospeksi buat diri saya pribadi dan semoga bermanfaat buat sobat semua.

Dan perlu diingat bahwa bencana atau azab Allah itu diturunkan tidak hanya kepada orang yang berbuat salah saja, tapi kepada semua kaum yang ada disekelilingnya termasuk yang tidak berbuat dosa, sehingga  mari kita taubat berjamaah, kembali kepada Allah secara berjamaah. Wallahu 'alam.

Semoga bermanfaat dan happy blogging….



Subscribe to this Blog via Email :