Yang Terbaru

Subscribe Here!

Dapatkan Update Informasi Terbaru dari KANG MUROI Melalui Email

Blog Stats

Kerupuk Apa Krupuk

By On 27.3.13

Muro'i El-Barezy | Kerupuk apa krupuk yah yang  bener. Mungkin keduanya bener, boleh kerupuk boleh juga krupuk, asal jangan keropak saja, soalnya yang ini rasanya keras banget. Itu loh yang ada di masjid buat sumbangan hihi... Tapi yang jelas kerupuk ini jika di makan pasti berbunyi kriuksss..kriuksss bener kan? Siapa yang tidak kenal sama yang namanya krupuk. Dari direktur samapi tukang cukur, dari pak Camat sampai tukang tomat, dari Presiden sampai pak RT mungkin sudah pernah merasakannya. Karena makanan ini bisa didapatkan dengan begitu mudah. Di warung, di toko di mini market bahkan di supermarket juga ada.

Di tempat saya saja beberapa hari sekali lewat si mamang tukang kerupuk dengan container bawa kerupuk, tidak tanggung-tanggung, dua container sekaligus. Tapi bawanya dipikul hehe… Nih lihat si mamang tukang kerupuknya cengar cengir waktu di photo.

tukang kerupuk

Kerupuk atau krupuk adalah makanan ringan yang dibuat dari adonan tepung tapioka dicampur bahan perasa seperti udang atau ikan. Kerupuk dibuat dengan mengukus adonan sebelum dipotong tipis-tipis, dikeringkan di bawah sinar matahari dan digoreng dengan minyak goreng yang banyak. Tapi ada juga loh kerupuk yang di goring pake pasir, namanya kerupuk sangrai.

Kerupuk bertekstur garing dan sering dijadikan pelengkap untuk berbagai makanan Indonesia seperti nasi goreng dan gado-gado. Nah dari makanan yang saya sebutkan tadi rasanya kurang nikmat kalau makannya ga pake kerupuk.

Dari semua jenis kerupuk yang ada, saya sendiri lebih suka sama kerupuk kulit (kerupuk jangek) yaitu kerupuk yang tidak dibuat adonan tepung tapioka, melainkan dari kulit sapi atau kerbau yang dikeringkan. Rasanya kriuks banget, gurih tur enak tenan hehe…

Hati-Hati Kerupuk Plastik
Bicara soal kerupuk, apalagi yang hobi sama kerupuk perlu hati-hati dan waspada jika mengkonsumsi kerupuk. Karena ada juga kerupuk yang mengandung plastik atau digoreng dengan minyak yang mengandung plastik dan zat yang berbahaya lainnya. Tapi kita bisa mewaspadainya dengan melihat ciri fisiknya yaitu di lihat dari warna dan aroma kerupuk.

Kalau kerupuknya kekuningan, tidak putih banget, itu biasanya kerupuk yang alami tapi jika ada kerupuk yang warnanya putih sekali patut dicurigai. Karena bisa jadi kerupuk itu mengandung zat pemutih yang juga berbahaya bagi kesehatan

Apakah Kerupuk Makanan Bergizi?
Sekilas sepertinya kerupuk tidak mengandung gizi karena terbuat dari adonan tepung tapioca belaka. Tapi bisa juga jika kerupuk mengandung campuran udang atau ikan-ikanan maka akan mengandung protein yang menambah nilai gizi makanan tersebut. Nah masih tidak suka sama kerupuk?

Semoga bermanfaat dan happy blogging...



101 komentar

we enak tuh kang buat makan bakso krupuknya apa lagi minumnya KOPI cucu mantaf xixixxixi

Meski ada nilai gizi tapi kyk nya dikit banget yah? klw kandungan ikan dan udangnya banyak rugi dong pabriknya :d

Tapi AkiTakajoJKT48 suka krupuk lho. :v
krupuk apa kerupuk ya ?

Iya sob, makan makso ga pake krupuk kayanya ada yang kurang...ya kurang krupuk :D

Iyalah pasti sedikit gizinya, kalo mo banyak makan ikan atau udangnya aja :-d

Wedeh sobat ini kayanya fans sejatinya JKT48 yah, sampe tahu kesukaannya, kerupuk lagi :d

kerupuk boleh, krupuk juga boleh bang.. yang jelas, kerupuk enak banget buat temen makan nasi bang =p~

sobat tau nggak, kalu krupuk jengek atau krupuk dari kulit sapi mempunya kasiat untuk mengobati sakit maag.hehehehe

ngomong2 soal kerupuk ,jadi kepikiran sayur!klo makan sama sayur, rasa nya tak lengkap jika tidak ada kerupuk atau gorengan

klo makan bakso minum nya kopi.tar malah "sesuatu" mas!

krupuk saja deh mas, ini pelengkap makanan yang populer di indonesia, nggak lengkap rasanya makan tanpa krupuk

iya kang, kerupuk sangrai itu kerupuk aci yah yang tampilannya warna-warni ?? :)
kalau makan tanpa kerupuk memang serasa kurang apalagi makan pas di acara pernikahan. Pasti ada kerupuk udang tuh.. Di daerah saya sih kerupuk udang jadi ciri khas yang lagi hajatan kang.. :d

beuhhh kerupuk mengandung plastik.. baru tau kang saiia nya ;(
tapi emang bener sii.. buat org endonesa.. belum lengkap klu makan gag ada kerupuknya :p

bukan tapi kurang bayar hahahaha... Agus@ kyk lgunya Sahrini sesuatu hahahah

mampir saja dulu lagi kecapean ;-(

salah makan cabe yang benar hahah

siip kakak..
tapi kalau krupuk dari kampung halamanku aman, soalnya gorengnya pake pasir,
krupuk goreng pasir dari Blitar,, (o)

ya dua-duanya sama saja artinya kan? iya apalagi sambil di temenin, cumi bakar, sambal ijo :d

owh gitu ya sob, selama ini saya konsumsi karena enaknya saja :-d

iya itu sih mas BL yang suka cabe, kalo makan juga habis sekilo :d

iya mas, kerupuk itu makanan khas Indonesia kan, di eropa ada ga yah hehe...

iya bener sob, kerupuk udang biasanya kita temui pas hajatan, kayanya harus yah ini krupuk :d

:) suka gan ane makan krupuk... apa lagi sama nasgor(nasi goreng) mmmhhh manteb tuh hehe

gizi gak dizi yang penting renyah di makan. he he he

wah kerupuk,saya paling doyan makan mie ayam pakai kerupuk,wduh mantep banget.

kerupuk cocoknya kalau makan make nasi goreng om
uenakkkk tenan

masih inget dulu kerupuk ini harganya 100 rupiah satunya. sekarang udah 1000 aja.. T_T

lidah orang Indonesia itu kalo ga yg gurih2 krius2 gitu, ya pedas

=p~

Kalau kerupuk sudah menjadi makanan setiap harinya yang bisa ditemukan dimana,selain enak juga harganya cukup terjangkau :)

Apa Kerupuk udah go internasional ? :)

saya suka sampai kapanpun juga. terutama krupuk tengiri Cilacap, Mas

buat temen keripik. mereka kan saudara

Iya sob lidah kita memang aneh-aneh yah, sampe krupuk juga harus kayanya waktu makan :d

Silakan minum dulu sob, itu keringetnya di lap :)

Itu kerupuk sangrai sob, kalo dari daerah asalku namanya krupuk centir, aneh kan hehe..

Nasgor sama kerupuk, hmmm...enak tuh sob

Yang penting enak katanya sob :d

Apalagi mie ayam kang, kayanya ini harus ditemenin sama krupuk, pasti lebih nikmat tuh...

Bener sob, kerupuk memang temennya nasi goreng, cocok tuh :d

kalo makan wajib ada krupuk.. kalo ga gitu serasa kaya pilem india ga pake lagu dan joget hehehehe =))

makan tanpa kerupuk ibarat filem india tanpa musik dan goyangan =))

hwahaha jadi keposting 2 deh.. tadi eror internetnya ternyata muncul semua komennya :)

Muro`i El-Barezy boleh minta tolong kan?

tolong buatkan 'sign' untuk blog sdftyujklvbn pls :)

cth: http://sdftyujklvbn.blogspot.com/p/unikers-eksis.html

'cuma tulis di kertas doang ko'

Makasih yaa brroooh.... (k)

yang benar itu krupuk gan menurutku
Ringan dipegang kriyuk-kriyuk

makan pake kerupuk itu RIBEEETT... :(

Makan tanpa kerupuk terasa kurang lengkap. Saya suka dengan kerupuk warna coklat dari pada warna kuning. Hidup kerupuk.

tiada hari tanpa makan kerupuk, kalau dimeja makan ngga ada, bela belain lumpat kewarung depan, makan tanpa kerupuk bagaikan rumah tangga tak saling mencintai...gituh kirakiranya...hehehe

selamat pagi sob,,,kalau masalah bergizi atau tidaknya kerupuk saya rasa tergantung dari bahan dari kerupuk itu sendiri,,iya nggak sob,,,waaah sepertinya template baru lagi yaa sob...? lebih keren nich dan lebih rapi kelihatannya....

Ada beberapa jenis krupuk yang diproduksi menggunakan bahan plastik dan tentunya ini berbahaya bagi kesehatan kita semuanya bila dkonsumsi.
Cuma kita tidak bisa membedakannya dengan krupuk yang benar-benar 'krupuk'

oke deh tadi udah intip linknya..tak cobain dulu yah bikin gambarnya :)

iya lah ribet, ada juga makan pake sendok, kalo ga ya pake tangan :-d

hidup mas :-d, awas jangan tiap hari nanti bisa terbang hehe..

wedeh sampai segitunya perumpamaannya kang :d

saya kurang tahu sob, tap coba sobat pergi ke Eropa, ada ga krupuk, kalo ada berarti sudah go internasional tuh :-d

iya mas, tapi ga tiap hari kan, bosen juga kalo tiap hari makan krupuk....

wah pas bnget,ni mau sarapan pgi krupuknya mash ada hehe.

wah berarti fans berat kerupuk tuh....

bener sob, ga kerasa yah, tahu-tahu udah segitu harganya....

Datang berkunjung kembali di rumah sahabat

Iya sob, semua tergantung bahannya juga yah, kalo bahannya ikan kayanya ada gizinya...
Ini udah lama sob templatenya....

Makasih sob udah absen disini :)

kaya pernah lihat tuh paman kerupuk

sore kang!kopi nya d mimum dulu biar ga ngantuk he he...

makan gak lengkap tanpa kerupuk..

ayoo, lomba lari makan kerupuk... ;)

menyapa dimalam jum'at, jangan lupa tengah malem nanti melaksanakan tugas mulia y kang....tapi sebelumnya mendingan kita (c) dulu yu

Saya paling suka krupuk mie mas..
Dari kecil sampe skrng...apalagi sambelnya ...sambel kacang...hmm enakkk banget deh...hehe :)

Bagi saya sih nggak penting sebutannya itu krupuk atau kerupuk, yang terpenting kalau makan ya wajib ada kerupuk biar lebih menggigit..

makan kerupuk saja dulu lah :-)

kerupuk sebenarnya bergizi, cuma kandungan gizinya setiap kerupuk itu berbeda-beda, ada yang sangat sangat sangat sedikit, dan ada juga yang lumayan banyak seperti kerupuk ikan tenggiri...
tapi bagaimanapun kandungan gizinya..krupuk tetap menjadi santapan favorit :-)

banyak sekali kerupuk yg digendong si mamang, hahaa
sama kang, saya juga suka kerupuk jangek :D ..

ya itu tadi sob, dengan melihat warnanya sedikit bisa tahu mana kerupuk yang mengandung plastik atau tidak, juga jika di bakar, kerupuk yang mengandung minyak baunya biasanya lebih tajam

Silakan mas, tuh masih ada dua karung :-d

Trimakasih sobat sudah mampir lagi disini, semoga kesuksesan bersama kita semua

Pernah liat dimana sob, pernah lewat juga yah deket rumahnya :d

Tara ngopi kang, paling ge jarang-jarang hehe...trimakasih kang Agus udah mampir lagi

Iya mas, tapi kalo tiap hari pake kerupuk bosen juga yah, tapi kalo nasi kok ga bosen, aneh yah

:-d , tara ngopi weungi mah kang, bisi teu tiasa sare...

maaf ya baru bisa kesini, situs ku mengalami kerusakan database.. jadi mesti repair dulu.. :D

Krupuk mie, wah yang gimana ya mas, kayanya enak tuh :d

Ya sob nama bukan masalah, yang masalah itu enak apa tidaknya yah :)

maag jarang berkunjung karena koneksi sob

Ya mas, selama ini juga saya mengkonsumsi kerupuk bukan karena melihat gizinya, tapi melihat kriuk gurihnya dan pas buat teman makan... :)

Ya memang melihat krupuk, ngrasain, kalo dah tau rasanya lezat, langsung dihabisin semua..

saya suka kerupuk ketika makan ditemani sayur asem, seger

sy juga seneng kerupuk, walaupun gk terlalu sering, karena gizinya sangat sedikit, hehehe

Kayaknya kalo dah mlempem gak kriyuk kriyuk lagi mas... Itu segitu si mamangnya bisa abis kejual. Ebat.

hehe...hidangan makan tanpa kerupuk pasti kurang renyah dilidahku bang,,,,hahayyy

renyah dan kriuk kriuk pastinya...hehe

Kalau di sy mas kurupuk ,, renyah..kriuk kriuk n.rasanya nampool abiess.. lam kenal buat semuanya

Wah baru tahu bos.. tapi kalau kurupuk seuhah banyak manfaatnya buat kesehatan tubuh mas ..coba aja di klik..