27 Mar 2013

Kerupuk Apa Krupuk

Muro'i El-Barezy | Kerupuk apa krupuk yah yang  bener. Mungkin keduanya bener, boleh kerupuk boleh juga krupuk, asal jangan keropak saja, soalnya yang ini rasanya keras banget. Itu loh yang ada di masjid buat sumbangan hihi... Tapi yang jelas kerupuk ini jika di makan pasti berbunyi kriuksss..kriuksss bener kan? Siapa yang tidak kenal sama yang namanya krupuk. Dari direktur samapi tukang cukur, dari pak Camat sampai tukang tomat, dari Presiden sampai pak RT mungkin sudah pernah merasakannya. Karena makanan ini bisa didapatkan dengan begitu mudah. Di warung, di toko di mini market bahkan di supermarket juga ada.

Di tempat saya saja beberapa hari sekali lewat si mamang tukang kerupuk dengan container bawa kerupuk, tidak tanggung-tanggung, dua container sekaligus. Tapi bawanya dipikul hehe… Nih lihat si mamang tukang kerupuknya cengar cengir waktu di photo.

tukang kerupuk

Kerupuk atau krupuk adalah makanan ringan yang dibuat dari adonan tepung tapioka dicampur bahan perasa seperti udang atau ikan. Kerupuk dibuat dengan mengukus adonan sebelum dipotong tipis-tipis, dikeringkan di bawah sinar matahari dan digoreng dengan minyak goreng yang banyak. Tapi ada juga loh kerupuk yang di goring pake pasir, namanya kerupuk sangrai.

Kerupuk bertekstur garing dan sering dijadikan pelengkap untuk berbagai makanan Indonesia seperti nasi goreng dan gado-gado. Nah dari makanan yang saya sebutkan tadi rasanya kurang nikmat kalau makannya ga pake kerupuk.

Dari semua jenis kerupuk yang ada, saya sendiri lebih suka sama kerupuk kulit (kerupuk jangek) yaitu kerupuk yang tidak dibuat adonan tepung tapioka, melainkan dari kulit sapi atau kerbau yang dikeringkan. Rasanya kriuks banget, gurih tur enak tenan hehe…

Hati-Hati Kerupuk Plastik
Bicara soal kerupuk, apalagi yang hobi sama kerupuk perlu hati-hati dan waspada jika mengkonsumsi kerupuk. Karena ada juga kerupuk yang mengandung plastik atau digoreng dengan minyak yang mengandung plastik dan zat yang berbahaya lainnya. Tapi kita bisa mewaspadainya dengan melihat ciri fisiknya yaitu di lihat dari warna dan aroma kerupuk.

Kalau kerupuknya kekuningan, tidak putih banget, itu biasanya kerupuk yang alami tapi jika ada kerupuk yang warnanya putih sekali patut dicurigai. Karena bisa jadi kerupuk itu mengandung zat pemutih yang juga berbahaya bagi kesehatan

Apakah Kerupuk Makanan Bergizi?
Sekilas sepertinya kerupuk tidak mengandung gizi karena terbuat dari adonan tepung tapioca belaka. Tapi bisa juga jika kerupuk mengandung campuran udang atau ikan-ikanan maka akan mengandung protein yang menambah nilai gizi makanan tersebut. Nah masih tidak suka sama kerupuk?

Semoga bermanfaat dan happy blogging...