Yang Terbaru

Subscribe Here!

Dapatkan Update Informasi Terbaru dari KANG MUROI Melalui Email

Blog Stats

Kenapa Harus Update Postingan

By On 4.1.13

update
Kenapa Harus Update Postingan | Sobat Muro’i El-Barezy, tentunya sudah maklum buat para sobat semuanya bahwa ngeblog itu beresiko menyita waktu, tenaga dan fikiran. Ini dikarenakan dalam ngeblog itu banyak sekali aktifitas yang harus kita lakukan. Mulai dari up date postingan, blogwalking dan mungkin juga me-monetize blognya agar bisa mendatangkan recehan.

Belum lagi kegiatatan yang lainnya seperti memodifikasi template agar tampilannya mengasyikan dan tidak membosankan. Semua kegiatan itu tidak bisa dipisahkan satu sama lainnya, harus berjalan bersamaan. Nah pada postingan kali ini, saya hanya ingin sharing mengenai apa itu keuntungan up date postingan. Mungkin jarang blogger yang membahas ini, namun sekedar coretan dan menambah arsif dan sekaligus sebagai “pepeling” buat saya sendiri maka apa salahnya kalau saya share disini.

Berikut ini beberapa manfaat dari update postingan secara berkala :

Meningkatkan Jumlah Pengunjung
Kenapa hal ini bisa demikian, karena dengan meng up date postingan kita maka blog akan selalu dikunjungi oleh blogger lain. Apalagi yang sudah follow dan tukeran link, ini adalah pengunjung setia biasanya. Maka begitu kita up date biasanya ia akan berkunjung dengan harapan bisa menjalin silaturrahim dan si empunya blog bisa berkunjung kembali. Namun jika kita jarang up date biasanya mereka akan malas berkunjung dan berkomentar pada postingan yang lama.
Disamping itu pengunjung juga bisa datang dari mereka yang mencari artikel atau yang lainnya melaui mesin pencari atau search engine. Asumsinya jika kita semakin banyak meng-up date konten, maka semakin banyak pula artikel kita yang terindeks oleh mesin pencari. Dan otomatis akan banyak peluang artikel kita ditemukan oleh yang memerlukan sehingga siapa tahu ada yang nyasar ke blog kita hihi…

Meningkatkan Page Views
Page views adalah seberapa jumlah halaman yang dibuka pada blog kita oleh pengunjung. Nah up date konten juga sangat berpengaruh terhadap page views. Kenapa bisa demikian? Biasanya pengunjung blog itu mencari artikel yang mereka perlukan saja, namun jika konten blog kita menarik, pengunjung juga biasanya akan tertarik membuka artikel yang lainnya. Nah tentunya hal ini karena kita punya konten yang banyak, konten yang banyak tentunya karena kita sering update bukan?.

Melangsingkan Alexa dan Meningkatkan Page Rank
Nah kalau yang ini buat sobat yang menganggap kedua tool itu penting buat blognya. Page Rank dan Alexa erat hubungannya dengan jumlah back link dan seberapa banyak pengunjung membuka konten blognya.  Dan jumlah pengunjung tidak bisa dipisahkan dengan seberapa sering kita mengupdate konten apalagi dengan keyword yang sedang banyak dicari. Maka Alexa yang semakin langsing dan Page Rank yang makin tinggi adalah akibat dari hal-hal diatas tadi.

Mengasah Kemampuan Menulis
Yang ini sepertinya sudah menjadi hukum alam. Seperti ungkapan ala bisa karena biasa. Semakin kita sering meng-update konten blog, apalagi konten yang original hasil pemikiran kita, maka hal ini secara otomatis akan mengasah kemampuan kita dalam membuat tulisan-tulisan yang berkualitas dan bermanfaat buat pengunjung blog apalagi jika kita ngeblog berangkat dari nol.

Demikian beberapa point mengapa kita harus update postingan blog. Hal ini tentunya disesuaikan dengan waktu luang pemilik blog itu sendiri. Update bisa mungkin sehari sekali, dua hari sekali, tiga hari sekali atau satu minggu sekali. Semakin banyak waktu buat ngeblog tentunya akan semakin sering meng-up date postingannya selama dikepala masih banyak ide yang perlu dituangkan dalam tulisan.

Semoga bermanfaat dan happy blogging….



65 komentar

manfaat update postingan memang sangat banyak, dan yang paling akhir untuk meningkatkan kemampuan menulis..itulah yang saya paling rasakan selama ini :)

betul itu sob,namun ya begitulah nulis diblog kalau ga ditata dalam penulisannya atau dirancang dulu suka acak-acakan.

kalo buat mas Hariyanto saya percaya nih, banyak sudah tulisan yang dihasilkan di blognya, slam sukses selalu mas dan trimakaasih atas kunjungannya...

iya gan ane juga bisa latihan nulis apa yang ada dikelapa ane biar bisa tersampaikan dengan jelas

setuju sekali bro, update posting itu perlu karena mempunyai banyak keuntungan meningkatkan optimasi dan pengetahuan kita akan dunia blogging. oh ya, saya sudah menjawab pertanyaan anda pada blogonol. sudi kiranya berkunjung kembali pada link berikut ~ blogonol.blogspot.com/2013/01/author-box-disertai-permalink.htm

salam persahabatan blogger dari blogonol dan seluruh anggota group nongkrong blogger. sukses selalu dan happy blogging

Terima Kasih sudah mengingatkan. Insya Allah saya update secara rutin walau tidak setiap hari di blog kesayangan saya. Karena kadang harus dinas atau Cuti taunan misalnya. Seperti bulan lalu saya cuti 12 hari jadi jarang update. Terima Kasih sudah mengingatkan saya. Salam :)))

met siang met aktivitas sobat. smga hari ini lbih baik hari yang kemarin Amin. oh jdi bgtu'y bang trmksi bang

jangan lupa,kualiatas dari tulisan yang utama. Karena reader adalah raja, sebagai pembaca yang bisa menilai dengan sesuka'a

Yang bagus menurut SEO, per hari berapa post sob?

Jika blogging sudah menjadi gaya hidup, maka tidak ada batasan untuk posting, salam kunjungan balik juga kang, terimakasih untuk pepeling - nya, jumatan dlu.. salam

hihi, mantap mas, skrg ane jarang posting :(

salam kenal mas...

wah tipsnya bagus sekali :) tapi yang pasti yang saya dapat dari hobi blogging adalah saya bisa membuat kalimat dan bisa mengetik 10 jari dengan sangat cepat. Makanya setiap bikin makalah jadi gak masalah bagiku :D

tujuan utama saya update posting dimulai dari:
1. numpang curcol :p
2. mengasah kemampuan menulis
3. meningkatkan traffic dan page rank

gitu bang..

menulis baik di blog ataupun yang lainnya memang harus sesuai dengan kaidah penulisan sob, biar ga acak-acakan...

ya sob, semoga makin lancar nulisnya dengan ide-idenya:}

oke sob langsung ke tekape yah, trims salam persahabatan juga

sama sama mas, trimakasih sudah berkunjung disini lagi:}

met siang juga sob, trimakasih kunjungannya:}

ya itu biasanya otomatis akan demikian sob, dengan semakin sering kita menulis, kita juga terlatih membuat tulisan yang semakin berkualitas tentunya, makasih kunjungannya:}

jumlah update postingan tidak ada hubungannya dengan seo sob, berapapun boleh, masalahnya apakah postingan kita bisa terindeks sama search engine atau tidak...

iya sob mungkin demikian...trimakasih sudah berkunjung disini sob:}

salam kenal juga, trimakasih atas kunjungannya di blog sederhana ini:}

udah jadi kewajiban tak tertulis buat blogger untuk update postingan... :)

semoga makin lancar gan ngetiknya hehe..makasih sudah berkunjung yah

bener sob, ga usah diingetin juga inget sendiri yah hehe...

ya ya ya keren postingannya pengen update mulu tapii tak sering dapet ilham alias wangsit hehee...

emang banyak manfaat dari update postingan sob, tapi terkadang nih jari berat buat mencet keyboard alias nggak ada ide, akhir-akhir ini juga saya kehabisan ide

awalnya buat blog pengen curcol, terus curcol dan sampe sekarang masih tetep curcol, wew ... #gakpunyatujuanngeblogininamanya ...:((

Update kan tidak harus tiap hari, seminggu sekali juga bisa, tergantung mood lah

Mungkin harus rehat dulu sob,biar dapet ide hihi..

Curcol, awas loh ketauan hehehe...

Kadang karena aktivitas offline terlalu padat, update blog jadi keteteran.

HAPPY BLOGGING

Betul sekali Mas,,,inilah hasil positif jika selalu update postingan dan tentunya akan melangsingka alexa kita.

sma2 sob. met mlm met ngeblog'j bang ya

kerja offline kalo buat dapur ngebul itu lebih penting kan sob hihi..

Mungkin sya dan blogger lain smuanya pd stuju

Alasan yg paling terakhir itu yg paling ane rasakan Mas, hehehe.... Dengan meng-update postingan, kreatifitas dalam menulis semakin bertambah, namun seperti yg sudah Mas katakan diawal postingan bahwa meng-update post itu butuh banyak pengorbanan, ditambah dengan koneksi yg tidak mendukung, ane sempat "vakum besar" dari Juni 2012 hingga baru sekarang ane mulai aktif lagi ngeblog, awalnya ane sempet nyerah dan enggan untuk update postingan lagi... dan penyakit malas itu semakin menjadi-jadi, hingga pada malam tahun baru ane bertekad sepenuh hati untuk melanjutkan blog ane yg sudah bangkotan ditinggal adminnya tersebut, fiiuuhh... benar2 perjuangan yg melelahkan, mana alexa dan page rank semakin terpuruk... Seakan-akan meng-update postingan itu tidak berpengaruh terhadap alexa maupun pagerank, dan Alhamdulillah, sekarang ane sudah mulai semangat ngeblog lagi, dibantu oleh dorongan diri sendiri dan salah seorang sahabat, akhirnya ane melanjutkan blog ane tsb... Aduuhh, kok malah jadi curhat di sini ya? Hehehe, maaf ya Mas, jadi panjang nih komentar, ntar malah kayak postingan lagiii... Sekali lagi, terima kasih sudah memberi alasan yg baik "mengapa kita harus update postingan?", sangat bermanfaat bagi ane...

iya sob, makasih yah sudsh berkunjung disini, happy blogging

ya sob dan sudah maklumlah seperti ini hehe..makasih sob silaturahimnya

wah jadi curcol nih hehe...
tapi saya salut sama semangatnya sob, semoga terus semangat yah:}

Saya akhir2 ini udah jarang update mas... paling 1x dalam 1 minggu! itu gpp kan mas masih termasuk up to date hehe!

trims tutorny mas sangat bermanfaat :)

siip Mas, bener banget soal itu. alexa, pagerank, pageview, mungkin saya masih nggak mempertimbangkan itu sebagai prioritas. yang penting nulis dan bisa berekspresi. saya memang payah ya Mas, hehe.. berproses untuk lebih ngerti soal non teknis yang seperti Mas Muroi tulis diatas itu, adalah keinginan saya pada step berikutnya.

siip juga mas, kita memang perlu banyak belajar, apalagi saya

sama sama sob, trimakasih sudah sudi berkunjung disini

Patinyalah sob... diupayakan setiap harilah hehe agar silaturahmi tetap terjaga sesama blogger indonesia

Salam sukses

tambahan dikit kang Muroi,,sepertinya google sekarang lebih menyukai yang fresh fresh, jadi itulah kenapa kita harus update postingan...

saya baru 1 bulan absen, eh malah jeblok semua. PR 3 ke PR 2,alexa naik drastis :(

ditunggu kunjungan baliknya gan

saya ikut komentarnya Fahri Samudra saja ya kang

tambahan sob,,berbagi info yang bermanfaat dari tulisan kita sendiri bukan hasil copas,,mantab sob,,thanks.

@Muro'i: Hehehe, sorry2, ok Mas, thanks, insya Allah konsisten

@Thanjawa Arif: Hehehe, silahkan sob, sobat sibuk juga?

ya saya juga setuju.. selama ini males klo ngetik, apalagi klo panjang-panjang.. selain meningkatkan kemampuan menulis, juga bisa menguraikan isi pikiran dan share ilmu yang di fahami

Yang jelas Tips ini sangat bermanfaat sekali sobat, saya menyukainya
sepertinya sangat besar manfaatnya
terima kasih info tipsnya sobat
salam sukses

bener nih sob, saya aja udh mulai bolong bolong dan hasilnya pengunjung berkurang dan alexanya ga stabil
thx sob tipsnya :D

ya bener sob sepertinya, makasih kunjungannya

ya itulah manfaat update sob, oke langsung ke tekape sob

ya itu lebih baik jika bisa sob:}

trimakasih sobat, dan salam sukses juga dunia akhirat yah

oke makasih sob, ditunggu lagi kunjungannya hihi....

bikin postingan yang orisinil itu yang susah gan....gara2 ngejar rank jadinya banyak yang asal Copas...

tentunya kontent berkualitas dan bermanfaat bagi pembacanya ,tanks infonya mas

Gimana kalo misalnya ngupdatenya tiap hari, tapi tidak teratur jumlahnya postingannya tiap hari. Misal, hari ini publish 1 artikel, besok 2, besoknya lagi 1. Tambah untung/tambah rugi? Thanks buat artikelnya, benar2 bermanfaat untuk seorang blogger amatir :)

ini baru cara meningkatkan trafik yang saya anggap paling efektif, makasih bro