Tips Agar Tetap Sehat Selama Berpuasa

Tips Agar Tetap Sehat Selama Berpuasa

Berpuasa disamping untuk meraih pahala dari Allah SWT, juga ternyata secara klinis menyehatkan tubuh kita. Namun agar puasa kita tetap sehat maka  pola makan kita harus sehat, aktivitaspun harus  disesuaikan. 
Jangan sampai puasa menghalangi kegiatan ibadah kita  sehari-hari. Nah, agar sobat  tetap sehat dan bugar selama berpuasa. Berikut tips tetap sehat selama berpuasa :
  • Saat sahur, makan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti ubi, jagung,  roti dan nasi merah dapat membantu memepertahankan kebugaran sobat selama 6 jam.
  • Protein, buah-buahan, sayuran dan cukup air juga membantu menjaga stamina selama berpuasa.
  • Hindari makanan berminyak, terutama saat sahur. Makanan ini akan membuat sel darah merah menggumpal, menyebabkan aliran oksigen berkurang hingga 20 persen. Akibatnya akan mengantuk dan mudah lelah.
  • Jangan berlebihan mengkonsumsi makanan saat sahur dan buka puasa.
  • Batasi aktivitas fisik sehingga tidak mudah lelah.
  • Makan makanan dan minuman manis yang paling baik dilakukan saat berbuka puasa, agar energi yang hilang selama berpuasa cepat tergantikan. Tapi jangan terlalu banyak minuman manis, terutama jika rasa manis terbuat dari gula.
  • Ganti kopi dan soda dengan jus buah segar.
  • Atur pola tidur. Usahakan untuk melakukan tidur di siang hari. Tidur  singkat namun berkualitas akan membantu memulihkan energi.
Demikian semoga bermanfaat, happy blogging….
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

25 comments

mgkn baikx jgn terlalu kelamaan tidurx cz malah tambah membuat badan terasa lemas.., ;)

thx ya tips2 sob...

Balas

terima kaish banyak untuk tips sehat berpuasanya sobat...

Balas

Sungguh sngat bermanfaaat

Balas

Wah, kalo saya kopi malah tiap sore sob. Hehehe.

Balas

atur pola tidur :3 susah nih hehe

Balas

Ijin share tipsnya ke Fb n Twitter ya.

Balas

tips biar gak males pas bangun saur gimana sob ?? hehehe

Balas

untuk muslim yang berpuasa sepertinya harus tahu ini dan melakukannya. nice share sobat hebat

Balas

mampir lagi sobat, mencoba menyimak cara sehat berpuasanya sobat, sepertinya masih ada yang terlupan kemarin waktu membacanya sobat,, hehehhe

Balas

weiiii... tips sehat, tapi ini untuk orang rumahan sepertinya ya gan. anak kost mah sehatnya karena gratisan. hehehehe

Balas

jujur yah saya malah sehabis hsolat subuh jadi ngantuk saya bersaha tidak tdur menonton acara islam ttg mekkah di tv eh malah ketiduran hehe bangun2 langsung kerja tapi sorenya tnggal nunggu bedug dan tadarusan.

Balas

bener sob, tidur kelamaan juga malah tambah lemes kan:}

Balas

sama sama sobat, trims silaturrahimnya

Balas

yah blogger emang banyak begadang yah hehe...

Balas

silakan sobat, dengan senang hati

Balas

ang jelas menu sahur yang lezat sob,sahur juga ibadah sunnah kan dapt pahala juga, tmabah lagi sob bayangin kalo ga sahur pasti lemes puasanya...

Balas

makasih sob, happy fasting:}

Balas

yah buat anak kost nyesuakan aja gan hehe...

Balas

Tipsnya bagus patut di coba... heheee

Balas

yang penting tetap menjaga pola makan yang sehat ya gan...

tips yang patut di praktekkan ..

Balas

Cuma 2 sob, yg kayaknya buat gue gagal dipenuhi: kopi dan tidur siang! Pertama kalo malem abis traweh, biasanya gue ngopi. Kalo gak, brasa gimana geeto?
Kedua, gak bisa tidur siang! Kerja gue dari pagi ampe sore. Istirahat siang paling cuma buat sholat ajah. Tapi semoga puasa gue sehat juga!

Balas

bagus ni tipsnya sob,,,


sangat bermanfaat pada bulan Penuh Berkah ini :)

Balas