25 Jul 2012

Tips Agar Tetap Sehat Selama Berpuasa

·   25

Berpuasa disamping untuk meraih pahala dari Allah SWT, juga ternyata secara klinis menyehatkan tubuh kita. Namun agar puasa kita tetap sehat maka  pola makan kita harus sehat, aktivitaspun harus  disesuaikan. 
Jangan sampai puasa menghalangi kegiatan ibadah kita  sehari-hari. Nah, agar sobat  tetap sehat dan bugar selama berpuasa. Berikut tips tetap sehat selama berpuasa :
  • Saat sahur, makan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti ubi, jagung,  roti dan nasi merah dapat membantu memepertahankan kebugaran sobat selama 6 jam.
  • Protein, buah-buahan, sayuran dan cukup air juga membantu menjaga stamina selama berpuasa.
  • Hindari makanan berminyak, terutama saat sahur. Makanan ini akan membuat sel darah merah menggumpal, menyebabkan aliran oksigen berkurang hingga 20 persen. Akibatnya akan mengantuk dan mudah lelah.
  • Jangan berlebihan mengkonsumsi makanan saat sahur dan buka puasa.
  • Batasi aktivitas fisik sehingga tidak mudah lelah.
  • Makan makanan dan minuman manis yang paling baik dilakukan saat berbuka puasa, agar energi yang hilang selama berpuasa cepat tergantikan. Tapi jangan terlalu banyak minuman manis, terutama jika rasa manis terbuat dari gula.
  • Ganti kopi dan soda dengan jus buah segar.
  • Atur pola tidur. Usahakan untuk melakukan tidur di siang hari. Tidur  singkat namun berkualitas akan membantu memulihkan energi.
Demikian semoga bermanfaat, happy blogging….

Subscribe to this Blog via Email :