8 May 2012

Tips Mudah Mendapat Google Sitelink

Berawal dari sebuah postingan “Google Sitelink;Hadiah Istimewa Bulan Mei” dan ada sobat yang menanyakan bagaimana bisa mendapatkannya, maka postingan ini berani di publikasikan. Walaupun tidak 100% benar, tapi apa salahnya kalo dicoba. Namun sebelum lebih lanjut, perlu dijelaskan juga apa itu sitelink.

Sitelink adalah kumpulan link yang muncul di hasil pencarian di bawah suatu blog saat kata kuncinya di Search terutama pada google. Sitelink membantu memberi penjelasan lebih tentang suatu blog. Sitelink biasanya muncul ketika kita mengetikkan sebuah keyword. Misalnya ‘Muro’i El-Barezy”.  Seperti gambar Berikut:
Lalu apa kegunaan Sitelink? Sitelink menunjukkan bahwa Google semakin mengakui kita, berarti tingkat kepentingan blog kita di mata Google semakin meningkat. Sitelink menjadi gengsi tersendiri bagi seorang blogger atau webmaster karena google tidak menjelaskan pemberian sitelink itu sendiri. Sitelink juga mengukuhkan kita akan dominasi keyword tertentu sehingga sulit tergeser tidak seperti page rank yang kadang naik dan kadang juga turun.

Banyak teori yang bertebaran bagaimana cara mendapatkan sitelink. Namun semoga teori ini bisa sedikit bermanfaat. Syukur-syukur bisa dicoba oleh sobat. Oke ikuti trik berikut ini :

Pertama, Buat Nama Blog, Kata Kunci Blog dan Alamat Blog tidak jauh berbeda.Ketiga hal ini sangat mendukung untuk memperoleh Sitelink, sebagai contoh blog ini :
Nama Blog : Muro’i El-Barezy, Key : Muro’i El-Barezy, Alamat : http://muroi-elbarezy.blogspot.com

Kedua, Buat navigasi blog sejelas dan sesederhana mungkin seperti daftar isi, artikel terkait, sehingga pengunjung dan laba-laba Google mudah menjelajahi isi blog.

Ketiga,Buat konten yang unik dan original, juga bermanfaat bagi pengunjung. Bermanfaat artinya banyak pengunjung yang berlama lama melototin blog kita. Kalupun kita mengcopy, usahkan jangan 100%, kita bisa mengeditnya setengahnya atau 70% dari artikel yang kita copy tadi.

Keempat, Buat meta tag alias tagline blog (yang berisi kata kunci yang dibidik) dan deskripsi blog. Silakan googling cara pasangnya buat yang belum pasang. Jika sudah terpasang dan sering ganti template,usahkan tidak dirubah meta tag-nya karena google akan kebingungan meng-crawl kata kuncinya.

Kelima, Buat Sitemaps Blog dan daftarkan ke Google. Ini berfungsi memberitahukan update blog kepada Google. Jika Anda pengguna wordpress.org, Anda bisa membuatnya dengan plugin Google XML Sitemaps. Silakan googling dengan kata kunci " Cara submit sitemap di google "

Keenam, Jika blog sobat sepi dari pengunjung, cobalah untuk sering membuka blog dan berlama-lama alias biarkan ia terbuka. Karena ada teori yang mengatakan bahwa sitelink akan didapat jika page view salah satu halaman posting kita mencapai angka 300 atau lebih.

Sekali lagi ini hanyalah sebuah teori. Buat sobat yang sudah menerpakan teori diatas dan belum juga mendapatkannya. Bersabar adalah kuncinya sambil terus berusaha. hehe..
Semoga bermanfaat, happy blogging….