8 Apr 2012

Threaded Comment Pada Custom Template Blogger

·   25

Setelah share 3 Langkah Mengganti Tulisan PoskanKomentar, kali ini Muro’i El-Barezy akan berbagi sedikit tips untuk menanggapi komentar sobat. Tips ini sebenarnya sudah banyak bertebaran ga keitung jumlahnya. Tapi tidak apa apa yah, buat yang sudah master tinggalin aja hehehe..
Threaded comments pertama kali kita kenal pada blog berbasis wordpress. Namun saat inipun jika sobat punya blog berbasis blogspot, fitur ini sudah tersedia. Fitur ini sudah tersedia tombol reply comment-nya sehingga memudahkan pengunjung atau pembaca dan pemilik blog saling berbalas komentar dengan tampilan daftar komentar berurutan kebawah sesuai yang ditanggapi. Tapi kelemahannya hanya baru mempunyai dua tingkat saja.
Saat ini fitur threaded comment hanya aktif di template resmi blogger sedangkan pada custom templates atau template template yang disediakan oleh pihak ketiga kebanyakannya fitur ini belum berfungsi sehingga harus kita aktifkan dulu. Berikut cara sederhana mengaktifkan threaded comments pada custom templates blogger. Sebelum kita mengaktifkannya pastikan dulu letak pengaturan komentar “embedded” atau “tersemat”

Langkah berikutnya adalah :
1. Sign in ke account blogger sobat
2. Pilih rancangan>> Perancangan template>> Edit HTML>> Centang Expand Template Widget>> Edit HTML>> Lanjutkan>> Centang Expand Template Widget
   Kemudian cari kode berikut  :
   <b:include data='post' name='comments'/> (Untuk memudahkan pencarian silahkan gunakan Ctrl F)
3. Setelah sobat menemukan kode diatas yang bisa jadi terdapat 3 atau 4 kode yang sama, kemudian ganti semua kode itu dengan kode berikut :

<b:if cond='data:post.showThreadedComments'>
<b:include data='post' name='threaded_comments'/>
<b:else/>
<b:include data='post' name='comments'/>
</b:if>

4. Setelah semua kode no 2 diganti dengan kode nomor 3, silahkan save atau simpan template sobat!
Mudah bukan. Untuk yang suka dengan threaded comment dengan CSS silakan googling aja hehe….

Semoga bermanfaat. 




Subscribe to this Blog via Email :