6 Dec 2015

Pancaroba Tiba, Inilah Tips Sehat Untuk Mengahadapinya

·   22

musim pancaroba
Tips Sehat Mengahadapi Pancaroba | Musim kemarau yang panjang akhirnya berakhir dengan datangnya hujan yang memberikan kesejukan dan menyuburkan bumi yang gersang. Pohon dan tanaman yang mongering sedikit demisedikit mulai menghijau bersemi membuat semakin indah bumi ini.

Pergantian musim dari kemaru ke penghujan tentunya sedikit banyak akan berpengaruh terhadap manusia terutama masalah kesehatan. Banyak penyakit yang ditimbulkan dari adanya pergantian musim ini, mulai dari batuk pilek, demam, batuk dan lain sebagainya.

Ada pepatah mengatakan “Sedia payung sebelum hujan” yanga artinya kita lebih baik bersiap-siap dahulu sebelum datannya penyakit atau musibah yang tidak kita inginkan. Mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Dan pada kesempatan kali ini Kang Muroi akan sedikit berbagi tips mengenai bagaimana kita menghadapi pergantian musim atau pancaroba ini. Berikut tipsnya :

1. Menjaga Kelengkapan Nutrisi Makanan

Satu hal ini adalah menjadi prioritas karena banyak penyakit yang ditimbulkan karena asupan makanan yang salah dalam tubuh kita. Sehingga asupan nutrisi makanan sehari-hari adalah kunci utama dari kesehatan yang prima. Konsumsilah berbagai variasi makanan. Diet Pelangi mengajarkan bahwa aneka warna sayuran dan buah lebih kurang menggambarkan aneka vitamin dan mineral yang dikandungnya.

Vitamin C berfungsi untuk mempertahankan kekebalan tubuh, sehingga anak tidak mudah sakit. Vitamin C ini bisa berupa buah-buahan yang banyak mengandung vitamin atau dari suplemen makanan yang banyak dijual di apotek yang tentunya harus berhati-hati dalam mengkonsumsinya.

2. Membiasakan Selelu Mencuci Tangan

Cucilah tangan Anda dan buah hati secara teratur dengan sabun. Memang tips kesehatan ini terdengar kuno dan terdengar remeh-temeh, akan  tetapi seberapa sering Anda lupa mencuci tangan setelah mengganti diaper atau memegang sepatu anak? Karna tanpa kita sadari hal ini adalah banyak menimbulkan penyakit karena kuman yang berada dalam tangan kita akan masuk ke dalam makanan yang kita konsumsi.

3. Menjaga Kebersihan dan Kerapian Rumah dan Lingkungan Tempat Tinggal

Barang bekas yang menumpuk bisa menjadi sarang nyamuk. Remah makanan yang berserakan dapat mengundang cicak. Sesekali geser furnitur besar di rumah , dan lihatlah betapa kotor lantai di bawahnya. Dengan selalu menjaga kerapian dan kebersihan di rubah tentunya akan menjaga datangnya penyakit apalagi jika musim hujan yang bisa menyebkan kelembaban di lantai tempa tinggal kita.

4. Minum multivitamin bila diperlukan

Kita juga bisa meminum suplemen atau multivitamin bila dirasa perlu. Misalnya, bila anak sangat pilih-pilih makanan. Minumlah multivitamin yang sudah terjamin kualitasnya dan diproduksi oleh produsen terpercaya. Multivitamin ini baik jika tidak dikonsumsi secara berlebihan karena kuran baik bagi tubuh.

5. Istirahat Yang Cukup

Kurang tidur membuat imun tubuh menjadi lemah. Orang dewasa membutuhkan 7-8 jam tidur sehari, sedangkan anak-anak tergantung usianya. Biasanya mereka membutuhkan sekitar 10-12 jam tidur dalam sehari. Kurang tidur membuat daya tahan tubuh kita menjadi melemah dan mudah terserang penyakit. Maka dari itu istirahatlah yang cukup apalagi di pergantian musim ini.

Demikian mengenai beberapa tips menjaga agar di pergantian musim ini tubuh kita tetap prima dan terhindar dari penyakit yang di timbulkan dari pergantian musim ini. Ingat sekali lagi bahwa mencegah itu akan lebih baik daripada mengobati. Maka berusahalah untuk selalu menjaga hal-hal yang sekurangnya lima hal yang saya sampaikan diatas disamping tentunya masih banyak hal lain yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan kita.

Semoga bermanfaat dan happy blogging….


Subscribe to this Blog via Email :