15 Sep 2014

Ubah Tampilan Antarmuka Nokia X Series dengan Holo Launcher

·   33

Holo Launcher
Ubah Tampilan Antarmuka Nokia X Series dengan Holo Launcher | Setelah kemarin posting tentang ISIS, kali ini blog Kang Muro'i mencoba berbagi trik aplikasi untuk Nokia X series, karena blog ini blog gado-gado ya apa saja saya posting yang penting bisa sedikit bermanfaat buat yang memerlukannya. Kali ini saya sedikit berbagi tentang Launcher yang bisa mempercantik tampilan Nokia X series sobat dan tentunya agar tidak bosan dengan tampilan antarmuka Nokia Android ini.

Bagi sobat yang sudah pernah mencicipi Nokia X series tentunya sudah tidak asing lagi dengan tampilan dan isi dari ponsel pintar ini. Seperti diketahui Nokia X series ini memang bersistem operasi Android namun berbeda dengan Andorid pada umumnya karena Nokia X tidak menggunakan layanan dari Google. Terutama untuk tampilan antarmuka dari Nokia X ini menggunakan FastLane UI yang sekilas tampak seperti tampilan dari Modern UI yang memiliki bentuk icon kotak sederhana seperti yang terdapat pada Modern UI pada Nokia Lumia, icon pada Nokia X series ini pun dapat dirubah menjadi besar atau kecil dengan hanya menahan icon dan selanjutnya memilih tanda panah miring.

Untuk mengakses aplikasi-aplikasi yang telah dibuka pada Nokia X series ini cukup mengusapkan jari di layar ke kanan atau kiri untuk memunculkan daftar aplikasi yang sudah dibuka. Hal ini cukup berbeda dibandingkan ponsel Android pada umumnya yang cukup memencet satu tombol untuk mengakses aplikasi-aplikasi terbaru. Berikut perbedaan tampilan antarmuka Nokia X Series dan Android pada umumnya.

Modern UI vs Android Biasa

Namun buat sobat yang bosan dengan tampilan Modern UI dari Nokia ini bisa juga menggantinya dengan tampilan antarmuka android pada umumnya seperti yang terdapat dalam android ponsel pintar Samsung dan yang lainnya. Caranyapun sangat mudah alias simple, yaitu kita hanya perlu menginsall salah satu Launcher yang menurut saya cocok dan sederhana karena tidak ribet mengcustomnya, sehingga saya merekomendasikan aplikasi ini yaitu Holo Launcher.

Kenapa Holo Launcher?

Sebenarnya banyak sekali betebaran Launcher untuk memperindah tampilan Android kita, namun Launcher yang satu ini memang memiliki keunggulan tersendiri dari pada launcher yang lain karena launcher ini memakai tema yang bergaya OS ICS 4.0.4, nama launcher ini adalah Holo Launcher yang di garap oleh Developer Mobint Software. Nah jika ponsel sobat ketinggalan jaman karena masih menggunakan 2.2 pakai lah launcher yang satu ini karena bukan hanya ringan saat di gunakan tetapi semua tampilan yang di berikan adalah OS 4.0.4, jadi ponsel Android sobat bisa mencicipi OS ICS.

Walaupun memakai OS 2.2. Kelebihan Holo Launcher bukan hanya tampilan yang menggunakan ICS namun RAM yang di gunakan sedikit sehingga bisa membuat ponsel Android ringan saat di gunakan, namun untuk membuat kategori aplikasinya harus membuat sendiri karena tidak otomatis tersedia di dalam launcher yang satu ini. Untuk memindahkan aplikasi tinggal menekan dan menggeser sesuai keinginan, di dalam aplikasi ini juga bisa membuat custom icon, folder dan support nya pack ADW icon, dan adanya fasilitas backup dan restore dimana sobat bisa menyimpan settingan launcher dan mengembalikan lagi ke settingan yang telah di simpan apabila ponsel sobat ingin di install ulang.

Jika tertarik dengan launcher ICS ini sobat bisa mendapatkannya dengan mudah dengan cara :
  • Buka aplikasi 1Mobile Market yang terdapat di ponsel Nokia X Series
  • Ketik atau cari aplikasi yang dicari yaitu Holo Launcer
  • Setelah ketemu silakan install seperti biasa dan tunggu sampai proses installasi selesai
  • Dengan hanya menekan tombol buka atau pasang, Holo Launcher sudah terpasang di Nokia X series dan tampilan antar mukanya seperti tampilan Android pada umumnya.
Nah sampai disini tampilan Nokia X series sobat sudah berubah, namun jika ingin kembali menggunakan tampilan antarmuka Modern UI maka tinggal klik Nokia Launcher di deretan aplikasi yang terdapat di ponsel sobat. Apalagi jika sobat menggunakan aplikasi WhatsApp yang kadang error, caranya adalah harus kembali dahulu ke Nokia Launcher dan buka pesan WhatsAPP dari Fastline. Namun demikian semua tergantung selera masing-masing dalam memilih Launcher sehingga bisa saja Holo Launcher ini tidak cocok dengan selera sobat.

Semoga bermanfaat dan happy blogging….




Subscribe to this Blog via Email :