Yang Terbaru

Subscribe Here!

Dapatkan Update Informasi Terbaru dari KANG MUROI Melalui Email

Blog Stats

Polisi Wanita, Tetap Anggun Dengan Jilbab

By On 13.6.13

Polemik pemakaian jilbab bagi korps Polwan semakin banyak menuai dukungan. Dukungan ini terus mengalir dari banyak pihak, bukan hanya perseorangan tapi juga lembaga seperti MUI, Komnas HAM bahkan Kompolnas. Sungguh sangat ironi di Negara yang mayoritasnya adalah muslim, pemakaian jilbab terkesan di halang-halangi dengan dalih melanggar undang-undang.

Di beberapa negara yang mayoritas non-Muslim seperti di Hungaria, Swedia, Inggris, Denmark, Australia, Selandia Baru dan Amerika Serikat (AS), polisi dan Tentara Wanita Muslimah diperbolehkan mengenakan jilbab saat bertugas. Padahal, sebagian besar penduduk di negara-negara tersebut adalah non muslim.

Di Australia dan Selandia Baru banyak Polwan berjilbab yang sibuk mengatur lalu lintas. Pun di Inggris, polwan berjilbab ada yang bertugas di satuan sabhara atau reskrim, tidak hanya ditempatkan di satuan lalu lintas saja. Di Denmark, mengizinkan Muslimah berjilbab untuk mengikuti pendidikan militer. AS bahkan tidak melarang sejumlah tentara wanitanya memakai jilbab ketika bertugas.

Bahkan, sejumlah negara Muslim seperti Malaysia, Pakistan, Irak, Yordania, Mesir, dan sejumlah negara Timur Tengah lainnya sangat bangga dengan semakin banyaknya para prajurit wanita berjilbab, baik dari kalangan militer maupun polisi.

Lalu bagaimana di Negara Indonesia yang tercinta ini. Pemakaian jilbab menjadi sebuah polemik yang di perdebatkan berbagai kalangan. Sebagai negara Muslim terbesar di dunia, sudah selayaknya Indonesia mengizinkan para prajurit wanita dari institusi TNI maupun Polri untuk berjilbab di seluruh wilayah NKRI, tidak hanya di Aceh saja. Dimana rasa kebebasan dan hak asasi manusia untuk menjalankan agama?

Padahal pemakaian jilbab tidak mengahalagi kinerja polwan itu sendiri. Malah justru semakin anggun dan disegani karenanya. Mau tahu anggunnya para polwan itu, berikut beberapa gambar polwan di berbagai Negara dengan berbagai aktifitasnya :

Remaja melintas di samping polwan yang sedang berbaris memegang senjata di Akademi Polisi di Tehran, Iran, 4 Oktober 2003.
Seorang polwan memeriksan wajah perempuan yang menggunakan cadar di di tempat pemilihan suara di Amman, 9 November 2010.
Polwan Bahrain membenarkan seragam kawannya di Manama, Bahrain. 28 Oktober 2010. 
Seorang polwan berdiri di depan mobil patroli di Dubai, 7 Mei 2013. 
Dua orang polisi berjilbab berjaga di sebuah jalan di London, Inggris,
Polwan Kuwait mengarahkan celon pemilih di TPSdi Jahra, Kuwait. 2 Februari 2012.
Polwan Malaysia mengamankan aktivis yang sedang berdemonstrasi di Kuala Lumpur, 1 Agustus 2010.


sumber

85 komentar

Sip banget tuh sob, patut untuk di tiru, biar auratnya tertutupi, heeee
semoga sukses

namanya juga indonesia raya, om
lebih seneng ngurusin bungkus ketimbang isinya
moral dan kesejahteraannya dulu kek yang dibenerin...

Moga saja segera dapat keputusan persetujuan untuk berjilbab di Indonesia,,,,

Kunjungan pagi kawan.
Baru selesai ujian. Hari ini oot dikit. Ngebut blogwalking. Hahaha

Setuju Kang El-, semoga saja kita juga bisa meniru demikian..

Justru polisi wanita akan semakin terlihat anggun dan berwibawa dengan mengganakan jilbab kang...
Semoga Indonesia suatu saat nanti akan bisa mempunyai polwan berjilbab aamiin

Pati jadi polemik karena banyak isi kepala dan juga kepentingan dalam organisasi

gileee...mubil pulisinya keren banget gan!
cocok banget tug buat ngejar pertamax yg dikit lagi melambung :d

susah ya Mas hidup di negara sekuler begini. yang ada hanya ngotot dan kepentingan. susah mencari kemashlahatan yang toleran dan mendamaikan.
semoga jilbab menjadi budaya kita.

mudah2an Indonesia juga bisa cepat mengikuti hal teersebut, malu atuh ya...negara lain yang mayoritas non muslim saja bisa masa Indonesia ndak bisa ya kang...

mudah mudahan di indonesia juga polwan nya pada pake jilbab ya mas,

ia benar-benar anggun
dan tampak santun
walau menjalankan tugar yg ribet minta ampun

hidup jilbab..!!! :-b

Keren-kan.? kata siapa jilbab mengurangi kecantikkan dan ke anggunan... lihatlah dan bandingkan dengan yang tidak berjilbab.. kerenan mana coba...

subhanallah,masih ada disana. disni?

hem, smoga saja. Kerja jadi SPG aja gak boleh kok pake jilbab dan kerudung. pakaian tetap ketat tapi berkerudung.

kayaknya petinggi2 polri blum mengijinkan ya sob.

Dalam hal ini masih menjadi polemik. Diperbolehkan atau tidak ?! Di lingkungan Pemerintah Kab/Kota/Provinsi sudah banyak karyawati yang mengenakan jilbab. Tentu pola atau model pakaiannya disesuaikan dengan aturan yang ada. Inipun ada yang 'protes'. Menurut aturan yang ada 'jilbabnya dimasukkan ke dalam bajunya' (seperti gambar diatas). Yang 'protes' berpendapat 'jilbab harus menjurai menutupi dada' (seperti gambar diatas). Bila di kalangan militer dan kepolisian tidak diperbolehkan karena undang-undang, tentu menjadi tugas pemerintah dan DPR untuk mengkajinya kembali. Apakah UU tersebut tidak bertentangan dengan UUD 1945 ? Apakah tidak sebaiknya bagi yang keberatan untuk mengajukan 'peninjauan kembali' UU tersebut kepada MK.

mobil partoli yang termahal. semoga di negara kita bisa diterapkan.

semoga hal yang terbaik yang dapat menjadi keputusan akhir.. tapi sebagai muslimah,, ya tentunya saya dukung jilbab !!!! :)

waduh, kalo indonesia gtu juga, yang pasti nya (h) lah gan :D

kalau pakae jilbab nantinya para demonstran akan semakin santun dalam berdemo krena ngk ngelihat polisi yg cantik yg bikin panas plus deg degan ya mas... :)

sebenarnya memakai jilbab harus boleh karena selain itu adalah kewajiban seorang muslimah, juga dapat mengurangi kasus seperti kasus Briptu Rani itu. toh juga nggak ada masalah kok kalau pakai jilbab, nggak berkurang kinerjanya

ngomong-ngomong saya kunjung lagi nih, lama nggak kunjung ternyata sudah banyak yang berubah

kok dilarang kenapa ya? di pabrik saja, karyawatinya boleh berhijab kok, walau notabene pabrik yang penuh mesin dan hal-hal berbahaya lainnya, walau harus memenuhi syarat pakaian safety tentunya, tapi tetep menutup aurat. tengok beberapa kawan yang kerja di mill site, baik di laborat maupun divisi yang lain...jilbab tetep diperbolehkan

yang di depan patroli mobil di dubai itu keren gan.. keren orangnya juga keren mobilnya :D

negara tetangga aja udah nerapin :) knapa indo belum ?

bahkan di Inggris yang orang Muslim disana adalah minoritas juga ada polisi berjilbab. Subhanallah.
Kapan yah di Indonesia?

Tetap cantik dan sopan serta nyaman lihatnya walau dengan tugas dinas seperti tampak gambar diatas Mas. :D

Indonesia belum yah Kang,tapi kita tunggu saja mana taw ada perubahan kebijakan bagi kaum perempuan untuk mengenakan jilbab saat bertugas.

Cantik dan gagah kalau dilihat Mas hehe gak kalah sama pria :)

Kalau begini yakni anggun dengan jilbabnya para tawanan pun jadi segan ini Kang :)

Anggun, cantik, ramah dan.. ga suka nilang.. that' my idol kang.. haha..

Kemarin sih saya baca di detik polisi wanita di indonesia ndak boleh pakai jilbab, jika masih maksa harus pensiun. Sayang banget yah .... :-s

padahal yang paling sekulerpun kini sudah ada yang menerapkan jilbab ya mas
hidub berjilbab

tuh kan terbukti tersekuler dari yang paling sekuler

Sebenernya harus di rombak lagi undang-undangnya.

Wah mantep ya, itu baru keren. Tapi lebih keren mobil patroli yang di Dubai sih, wwkwkwkwk

kayanya kalau polwan ga boleh berhijab, ga ada lagi nih muslimin yang mau jadi polwan

Maasyaa Allah. Allahu Akbar!

patut juga tuh diterapkan di kepolisian kita, namun kayaknya kalo baju panjang gitu agak susah dong mas ngejar penjahat, mending dipadankan dengan celana panjang aja.

Kunjungan pagi.hehehe

saya setuju sob.. sebagai muslim saya juga setuju kalau powan memakai jilbab untuk yang muslim.. namun jangan pakai rock panjang sob.. kayaknya susah larinya.. mending pakai celana panjang saja hehehehe

Wah.. wah.. keren2 ya Sob polisi2 berjilbab itu, kalo utk Indonesia, saya belum tahu pasti alasan yang mendasari perdebatan itu.... harusnya bolehlah...

ga ada yg harus di permasalahkan sebenarnya,utk pemakaian jilbab baik dari dep dan instansi manapun..justru yg punya masalh ya..orang2 nya yg buat aturan..ya mas :)

syukur deh mas kalau web nya sudah bisa di buka, kemarin saya kunjungi kok web not found

Kunjungan pagi sob. :D

Paling seneng lihat yang "Seorang polwan berdiri di depan mobil patroli di Dubai, 7 Mei 2013" mobilnya mantab, harganya katanya mahal loh. mobil polisi dubai= lamborgini (klo gak salah). mobil polisi indonesia= honda civic kali ya...

kunjungan lagi nih sob.. wah templatenya baru ya sob.. kemarin belum berubah.. sekarang berubah warna nya hehehe makin keren sob versi mobile nya...

Itulah anehnya Indonesia. Atau mungkin memang diciptakan polemik, sehingga nanti ada pihak yang berusaha jadi pahlawan, buat akomodasi 2014 ... he he

selak pingin komen ya mas Agus ... he he

laborgininya dipakai polisi yang pundaknya ada bintange mungkin mas .. he he

saya belum nerapin
tapi udah dalam batin

indonesia kenapa gak nerapin kaya gitu :(

wow its great post......

kalo polisi wanita di indonesia dilarang memakai jilbab bagi yang muslimah..berarti kapolri-nya dan juga presiden-nya wajib dipertanyakan ke-Islam-an-nya

xixixi.. bungkus dan isinya

susah ya aturan di negara kita ini. apa-apa pasti pro kontra.

selamat malam Kang Muroi,,,waah hebat yaa di negara lain banyak Polisi wanita yang pakai Jilbab, kalau di negara kita sepertinya masih sangat Jarang atau mungkin belum ada sama sekali yaa Kang ?

TUMBEN kang raw...pasti obatnya pas

no komen ah kalau yang beginian...baru kemarin pilkades..pihak lawan bawa2 islam dalam tiap kampanyenya...sayang lawan belum beruntung.

memang sudah sepatutnya wanita muslim itu berjilbab mskipun seorang polisi. Dijaman skrg mungkin karena faktor modis, jilbab dikesampingkan padahal memakai jilbab jg modis lho.

lawannya memang kurang hebat

lain misalnya yang jadi lawan Zach

"...Bahkan, sejumlah negara Muslim seperti Malaysia, Pakistan, Irak, Yordania, Mesir, dan sejumlah negara Timur Tengah lainnya sangat bangga dengan semakin banyaknya para prajurit wanita berjilbab, baik dari kalangan militer maupun polisi..."

DI Indonesia ini apakah termasuk engara Muslim min??? Lalu dasar Negara Indonesia ini apa??

"...Sebagai negara Muslim terbesar di dunia, sudah selayaknya Indonesia mengizinkan para prajurit wanita dari institusi TNI maupun Polri untuk berjilbab di seluruh wilayah NKRI, tidak hanya di Aceh saja. Dimana rasa kebebasan dan hak asasi manusia untuk menjalankan agama?..."

Dari Tulisan anda, seakan-akan mendorong Indonesia untuk menerbangkan PANCASILA sebagai dasar negara Indonesia, yang mendasar bersantunya wilayah Indonesia dari sabang sampai Mereuke...kalau sampai Pancasila tidak digunakan, siap-siap saja kembali ke masa PERUNDINGAN LINGGARJADI yang memutuskan Wilayah Indonesia mencangkup hanya JAWA, SUMATRA, dan MADURA.... haahaa Udah dikasih wilayah LUAS, malah di obrak abrik sistem Vital negara ini..

Akhirnya bisa juga saya berkunjung, setelah kemarin hampir 4 hari di blok.thks infonya kang.

mobil patrolinya dijual ngga yah?...keren banget kalau dipake buat keliling desa...pasti para janda bakal melirik pasti...hehehe

Masa di Indonesia akan tidak dibolehkan???
hmmm..

whahaha indonesia kalah :D

yang keren itu polwan Bahrain , lebih elegan :)

menurut saya memang lebih anggun dan lebih sejuk dipandang jika memakai jilbab. :)

mayoritas islam tapi undang2nya tidak islami

ini polisi arab. pastes pakek kerudung. kalau polisi indo mah pamer rambut. tapi saya menikmati. cantik sich soalnya. hhhehe

alhamdulillah ya allah, untuk menjadi seorang polwan sdh di perbolehkan untuk berhijab :) dukungan ini sngat brmanfaat krna membuka kesempatan bagi wanita-wanita berhijab diindonesia untuk mnjadi seorang polwan.

elvina mohammad al'habsy delete 27 January 2014 at 12:31

setuju :)

elvina mohammad al'habsy delete 27 January 2014 at 12:31

benar bngat :)

elvina mohammad al'habsy delete 27 January 2014 at 12:35

insya allah praturan ini diwajibkan diindonesia. :) agar kami para wanita-wanita berjilbab dapat mewujudkan keinginan dan cita-cita kami untuk menjadi POLWAN :)

elvina mohammad al'habsy delete 27 January 2014 at 12:40

amin ya allah :)

Justru saya bilang dengan memakai jilbab maka polwan akan lebih disegani dan tentunya itu bagus untuk mereka dalam menjalankan tugasnya :)

Saya perhatikan polwan berkerudung tampak lebih cantik dan berwibawa.