3 May 2013

Dongeng Si Kabayan Ngambil Nangka

Kabayan Ngala Nangka
Dongeng Si Kabayan Ngambil Nangka | Siapa kira-kira dari sobat blogger yang belum kenal dengan tokoh Kabayan. Yah Kabayan merupakan tokoh imajinatif dari budaya Sunda yang juga telah menjadi tokoh imajinatif masyarakat umum di Indonesia. Polahnya dianggap lucu, polos,tetapi sekaligus cerdas. Cerita-cerita lucu mengenai Kabayan di masyarakat Sunda dituturkan turun temurun secara lisan sejak abad ke-19 sampai sekarang. Seluruh cerita Kabayan juga menggambarkan kehidupan sehari-hari masyarakat Sunda yang terus berkembang sesuai zaman. Sehingga sampai sekarangpun cerita si kabayan masih segar untuk disimak.

Tokoh Kabayan juga dapat disepadankan dengan tokoh dari Timur Tengah, seperti  Abunawas  atau Nasrudin sangat popular di telinga kita karena ceritanya sudah mendunia.

Kabayan semakin terkenal ketika muncul film layar lebarnya yang diperankan oleh kang Ibing. Saya rasa jika sobat pernah nonton filmnya, pasti kenal dengan tokoh yang satu ini. Banyak cerita-cerita lucu dari si Kabayan ini. Diantaranya adalah “Kabayan Ngala Nangka” yang tentunya dalam versi bahasa Sunda. Biar sobat blogger mengerti jalan ceritanya, saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, sehingga berjudul “Kabayan Mengambil Nangka”. Yuk disimak ceritanya, buat yang sudah pernah baca, silakan kabur aja yah hehe....

Si Kabayan di suruh mengambil nangka oleh mertuanaya. “Yang tua ngambil nangkanya yah, Kabayan!” kata mertuanya.

Pergilah si Kabayan ke kebun dengan membawa golok untuk mengambil nangka. Setelah sampai di kebun, si Kabayan tengak-tengok kanan-kiri mencari buah nangka yang besar. Akhirnya ia menemukan nangka yang sudah tua dan besar sekali. Diambillah buah nangka tersebut, setelah diangkat beratnya ngga ketulungan.

Wah ngga bakalan ke angkat nih buah nangkanya,” Pikir si Kabayan.
Akhirnya si Kabayan menghanyutkan buah nangka tersebut ke sungai. Hei.. nangka, kamu pulang duluan yah!” Kata si Kabayan kepada buah nangka.
Setelah sampai dirumah, si Kabayan ditanya oleh mertuanya.
“Kabayan, dapat ngga buah nangkanya?”
“Ya dapat lah, sudah tua besar lagi buahnya.” Kata si Kabayan.
“Sekarang mana atuh buah nangkanya?” mertuanya bertanya.
“Aih, belum datang yah? Kan tadi teh di hanyutkan ke sungai, disuruh pulang duluan”, kata si Kabayan.
Ari kamu teh jadi orang bodo pisan Kabayan. Masa ada buah nangka bisa pulang sendirian!” Mertua si Kabayan jadi sewot dibuatnya.
Wah, yang bodo mah buah nangkanya atuh, sudah tua ngga tahu jalan pulang,” Kata si Kabayan sambil ngeloyor pergi.

Tuh kan, siapa atuh yang bodo, buah nangka apa si Kabayan hehehe….semoga terhibur dan happy blogging.