Dongeng Si Kabayan Ngambil Nangka

Dongeng Si Kabayan Ngambil Nangka

Kabayan Ngala Nangka
Dongeng Si Kabayan Ngambil Nangka | Siapa kira-kira dari sobat blogger yang belum kenal dengan tokoh Kabayan. Yah Kabayan merupakan tokoh imajinatif dari budaya Sunda yang juga telah menjadi tokoh imajinatif masyarakat umum di Indonesia. Polahnya dianggap lucu, polos,tetapi sekaligus cerdas. Cerita-cerita lucu mengenai Kabayan di masyarakat Sunda dituturkan turun temurun secara lisan sejak abad ke-19 sampai sekarang. Seluruh cerita Kabayan juga menggambarkan kehidupan sehari-hari masyarakat Sunda yang terus berkembang sesuai zaman. Sehingga sampai sekarangpun cerita si kabayan masih segar untuk disimak.

Tokoh Kabayan juga dapat disepadankan dengan tokoh dari Timur Tengah, seperti  Abunawas  atau Nasrudin sangat popular di telinga kita karena ceritanya sudah mendunia.

Kabayan semakin terkenal ketika muncul film layar lebarnya yang diperankan oleh kang Ibing. Saya rasa jika sobat pernah nonton filmnya, pasti kenal dengan tokoh yang satu ini. Banyak cerita-cerita lucu dari si Kabayan ini. Diantaranya adalah “Kabayan Ngala Nangka” yang tentunya dalam versi bahasa Sunda. Biar sobat blogger mengerti jalan ceritanya, saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, sehingga berjudul “Kabayan Mengambil Nangka”. Yuk disimak ceritanya, buat yang sudah pernah baca, silakan kabur aja yah hehe....

Si Kabayan di suruh mengambil nangka oleh mertuanaya. “Yang tua ngambil nangkanya yah, Kabayan!” kata mertuanya.

Pergilah si Kabayan ke kebun dengan membawa golok untuk mengambil nangka. Setelah sampai di kebun, si Kabayan tengak-tengok kanan-kiri mencari buah nangka yang besar. Akhirnya ia menemukan nangka yang sudah tua dan besar sekali. Diambillah buah nangka tersebut, setelah diangkat beratnya ngga ketulungan.

Wah ngga bakalan ke angkat nih buah nangkanya,” Pikir si Kabayan.
Akhirnya si Kabayan menghanyutkan buah nangka tersebut ke sungai. Hei.. nangka, kamu pulang duluan yah!” Kata si Kabayan kepada buah nangka.
Setelah sampai dirumah, si Kabayan ditanya oleh mertuanya.
“Kabayan, dapat ngga buah nangkanya?”
“Ya dapat lah, sudah tua besar lagi buahnya.” Kata si Kabayan.
“Sekarang mana atuh buah nangkanya?” mertuanya bertanya.
“Aih, belum datang yah? Kan tadi teh di hanyutkan ke sungai, disuruh pulang duluan”, kata si Kabayan.
Ari kamu teh jadi orang bodo pisan Kabayan. Masa ada buah nangka bisa pulang sendirian!” Mertua si Kabayan jadi sewot dibuatnya.
Wah, yang bodo mah buah nangkanya atuh, sudah tua ngga tahu jalan pulang,” Kata si Kabayan sambil ngeloyor pergi.

Tuh kan, siapa atuh yang bodo, buah nangka apa si Kabayan hehehe….semoga terhibur dan happy blogging.



Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

75 comments

ngakak Mas Bro
kabayan pinter, yang tua duluan ya.
xiix

Balas

he...he...menurut saya bodo saja dua duanya atuh,he...he...terhibur kang dasar kabayan-kabayan.

Balas

kabayan waktu taunya sudah didipetet mas...

Balas

Hiburan yang membantu buat hilangkan penat sejenak Mas,,,Kabayan...kabayan :)

Balas

Yah namanya juga kabayan sob :d

Balas

Apan nangka mah ga punya otak kang hehe...

Balas

Iya bener mas, Didi Petet juga pernah jadi peran Kabayan di film, tapi saya lebih suka sama kang Ibing hehe..

Balas

bwahahaaa..kesindir saya...udah tua suka lupa naro kacamata, padahal lagi dipake..

biasanya kalau cerita kabayan, ci ambunya ngomelnya pake "siborokokok' kang...hehehe

Balas

Lucuan ku sunda nya kang :)
btw, naha background lautna dihapus kang, padahal asa sejuk,menurut abdi sih... :)

Balas

apan otaknya udah sayah makan atuh kang

Balas

yang bodo, mertuanya tu ! sudah tahu kabayan oon kok disuruh cari nangka :)

Balas

kirain yang bodo yang nulis
haha...

Balas

lucu dan mengibur kang...hatur nuhun :D

Balas

dari dlu ampe skrng kabayan lucu2 tapi bermanfaat cerita nyaa

Balas

haha..berarti lagu cakra khan terispirasi dari kisah kebaya menganbil nangka dong..:D

Balas

wah pantesan oon tuh nangkanya kang :d

Balas

oke sob, semoga terhibur sedikit...

Balas

ambu sekarang sudah sadar kang, ga ngomong kasar lagi hehe...

Balas

iya kang, pertama kali saya baca versi sunda sampe sakit perut...

buat saya kurang pas kang, terlalu rame, saya suka yang minimalis gitu kang :)

Balas

yah seoon-nya orang kalo di suruh cari nangka bisa kali yah hehe..

yah namanya juga humor sob, buat hiburan :)

Balas

ya ngga papa mas, makasih ya mas sudah memuji saya

Balas

iya sob, tetep seger buat disimak, makasih sob

Balas

cakra khan yang gimana sob, belum pernah denger tuh hehe...

Balas

ijin menyimak dulu ya

Balas

Ngakak sob. Bener2 kreatif. . :v

Balas

laptop'nya ditaro dimana bapake? :D

Balas

:d =)) :) lucu..tersenyum dipagi hari,

Balas

stupid but smart...

Balas

hahahaha. lucu lucu sobat. bisa membuat saya "sambut pagi dengan senyuman" lebar nih hehehehe

Balas

silakan disimak, trimakasih kunjungannya

Balas

awas jangan keterusan ngakaknya sob hehe...

Balas

si iteng nggak ikut marah kang

Balas

semoga terhibur sob, trims kunjungannya

Balas

tokoh kebayang sya sngat suka dgn bahasa dan loga dia, enak didengr gtu :D haha

Maaf mas bru bsa bersilahturahmi ge (y) sukses sllu buat blog'a

Balas

Kunjungan siang dan [m̲̅][a̲̅][u̲̅] bilangin Kabayan kalo nangkanya belum diambil heheheh...:) lucu Kang EL ceritannya.

Balas

hehe..semoga bisa menghibur sob, happy blogging

Balas

nyi Iteung lagi kesumur mas, jadi ga tahu Kabayan sudah pulang :d

Balas

Seru juga bacanya.Lucuu hehee

Balas

kebayan itu yang digunakan perempuan yah =))

Balas

hehe cerita ini dulu ada di buku pelajaran saya pas waktu masih di jawa barat,,,

Balas

kabayan keliatan gobloknya ... Hehehehee

(silahkan mampir di blog saya bang)

Balas

hahahahah...asli ngakak, bener tuh si kabayan.. kan udah tua jadi lupa jln pulangnya :d

Balas

Wekekek.. pagi2 dah ngakak nih... htr nuhun kang.. cukup menghibur nih...

Balas

Huahaaa dasar kabayan dari dulu oon terus.. padahal dah jaman IT ya..

Balas

dasar si kabayan :D .. hahha

Balas

carita si kabayan ngala nangka mah nu pangpopulerna dina carita si Kabayan nya kang... :)

Balas

itu acara tv favorit ku kang dulu, hehe

Balas

Dasak kabayan siborokokok he,,, :d

Balas

mntap mas ceritanya
idzin follow mas
dtunggu follow back-nya mas

Balas

wah kabayan dulu yang meranin kang Ibing ya?selalu rindu dengan film2 seperti itu.

Balas

TOKO HANDPHONE TERBESAR TERLENGKAP TERMURAH TERPERCAYA NABILA SHOP Produk dijamin asli orginal.Dapatkan harga promo Nabila Shop Barang yang Kami Tawarkan Semuanya Barang ASLI ORGINAL Ada Garansi Resmi Distributor dan Garansi TAM 2 bebas resiko bebas penipuan.
Semua Produk Kami Baru dan Msh Tersegel dLm BOX_nya.
BERMINAT HUB-SMS 085-757-299-675 ATAU KLIK WEBSET RESMI KAMI http://nabilashop77.blogspot.com
Ready Stock! Samsung Galaxy S4 Mini Rp.2,500.000
Ready Stock! Apple iPhone 5 Rp.2,700.000
Ready Stock! BlackBerry 9380 Orlando - Black.Rp.900.000,-
Ready Stock! BlackBerry Curve 8520 Gemini.Rp.500.000,-
Ready Stock! BlackBerry Bold 9780 Onyx 2.Rp.800.000,-
Ready Stock! Blackberry Curve 9320.Rp.700.000,-
Ready Stock! Samsung Galaxy Note 10.1.Rp.2,500.000.
Ready Stock! Samsung Galaxy Tab 2 (7.0).Rp. 1.000.000
Ready Stock! Samsung Galaxy S III Mini.Rp.1.800.000.
Ready Stock! Samsung Galaxy Nexus I9250 - Titanium Si.Rp.1.500.000,-
Ready Stock! Samsung Galaxy Note N7100.Rp.2.500.000.
Ready Stock! Samsung Galaxy Note N7000 - Pink.Rp.1.700.000.
Ready Stock! Samsung Galaxy Y S5360 GSM - Pure White.Rp.500.000

Balas

si kabayan ini saya selalu nonton filem nya. Ada banyak pelajaran dari cerita si kabayan :)

Balas

Inget waktu dulu nonton film kabayan.yg kaya gini kang. "Goal Geol Gutak Gitek"
Ari si kabayan..hahaha

Balas

wkwkwk , kabayan teah atuh! :D

Balas

The you have is very useful. The sites you have referred was good. Thanks for sharing..

Balas

saya harus mengatakan bahwa secara keseluruhan saya benar-benar terkesan dengan blog ini.

Balas

blog yang bagus dan informatif, yang berisi semua informasi dan juga memiliki dampak yang positif

Balas

Postingan yang sangat bagus, saya setuju dengan Anda 100%!

Balas

Sangat jarang saya menemukan sebuah blog yang informatif dan menghibur seperti ini.

Balas