Batu Baterai

batu baterai
Batu Baterai | Sobat Muro’i El-Barezy, ternyata ada banyak hikmah disekeliling kita jika kita mau mencermati dan mentadaburi apa-apa yang ada. Hikmah adalah sebuah hak bagi kita untuk mendapatkannya. Dan hikmah itu bukan hanya ada di  tempat-tempat tertentu, tapi hikmah ada di mana-mana.

Salah satu benda yang dapat kita ambil hikmahnya adalah dari sebuah batu baterai. Sobat pasti tahu kan seperti apa batu baterai itu. Batu baterai adalah sebuah kapasitor atau sebuah komponen elektronik yang memiliki fungsi menampung listrik. Banyak benda yang menggunakan jasa batu baterai ini, sebut saja mobil-mobilan anak, lampu senter, mouse, jam dinding dan masih banyak lagi.

Lalu hikmah apa yang dapat kita ambil dari sebuah batu baterai ini. Sebelum kita mengetahui hikmah yang terkandung dalam sebuah batu baterai ini, berikut ini adalah ciri atau sifat dari batu baterai :

  • Batu baterai adalah berfungsi untuk menampung listrik dan menyalurkannya kembali.
  • Jika ia tidak menyalurkan atau menampung listrik berlebih maka ia akan membengkak dan rusak, dan;
  • Jika batu baterai di rangkai secara paralel maka akan semakin besar kemampuan menampungnya.
Itulah beberapa sifat atau ciri dari batu baterai yang sering kita pakai untuk keperluan keseharian kita. Dan Masya Allah, ternyata ada hikmah dibalik sifat-sifat tadi. Kita di ibaratkan dengan sebuah batu baterai tadi dan otak kita adalah sebagai penampung daya alias ilmu.

Dan begitulah seharusnya Ilmu diperlakukkan. Jika kita menampung begitu banyak ilmu, tanpa kita berbagi dengan orang lain, maka ilmu itu ternyata tidak akan semakin bertambah tapi sebaliknya. Bukan semakin membuat si pemiliknya berkualitas akan tetapi bisa menjadi rusak. Lihatlah juga bagaimana comberan yang bau dan kotor, itu semua karena ia hanya menampung air tanpa mau mengalirkannya kembali.

Itulah sekelumit hikmah yang ada disekeliling kita. Dari sebuah batu baterai yang kadang teronggok tidak berguna. Ada pelajaran yang mungkin berharga didalamnya.

Dan kita semakin tahu, ternyata banyak hal hikmah yang tercecer di sekitar kita. Semoga ini menjadi pengingat diri saya pribadi untuk selalu belajar dari apa yang kita dengar, kita lihat dan kita rasakan di sekeliling kita agar selalu bersyukur kepada-Nya.

Semoga bermanfaat dan happy blogging…..



Reaksi:
Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui Paypal atau dengan Pulsa Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk operasioanl Blog Kang Muroi - Terima kasih.

you might ALSO LIKE :

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

103 Responses to "Batu Baterai"

  1. iya ya kang...selain ayat-ayat yang memang tertulis dalam kitab suci, ada juga ayat-ayat kauniah yang harus kita pelajari dan renungkan dari berbagai kejadian dan berbagai hal yang ada di dunia ini...
    karena semuanya pasti mengandung hikmah dan pelajaran...
    terima kasih telah mengingatkan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget Kang. top!

      Delete
    2. analisanya tingkat tinggi.. ku malah ru nyadar.. hohohoho

      Delete
    3. @kang wewengkon : bener kang asal kita mau berfikir semua ada hikmah dibaliknya
      @mas Zach : top markotop kali mas :d
      @pasnem : makasih gan

      Delete
    4. udah mau subuh...sementara bilang TOP juga deh kaya kang zach.. b-(

      Delete
    5. wah nyubuh nih kang, makasih kang :)

      Delete
    6. sekarang habis dhuhuran mas

      Delete
    7. sekarang malah mau asaran

      Delete
    8. sekarang mau maghrib mas hehe...

      Delete
    9. kebagian tengah malem nih mas sekalian nonton bukan 4 mata hehehe...

      Delete
  2. ilmu yang dibagikan insya allah akan selalu membawa keberkahan...

    ReplyDelete
  3. analogi yang tepat Mas. asli tepat banget.
    alangkah indah jika baterainya sangat2 tahan lama dan senantiasa bisa membantu menghidupkan mesin, menyalakan lampu,dan sebagainya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. biar awet berarti kita harus sering mencash ya mas, dengan dzikir dan beramal kebaikan

      Delete
    2. hari apa ini ya? ko' yo tumben komentar kang zach sarat dengan makna

      Delete
    3. alhamdulillah ada yang mengingatkan , sejuk lagi

      Delete
  4. sesuatu yang ditahan itu juga tidak baik ya mas lebih baik di keluarkan sebagai penyeimbang antara input dan output. begitu juga ilmu yang disimpan sendiri alangkah baiknya jika diajarkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas itu sudah fitrah manusia memang demikian, ilmu semakin diajarkan akan semakin melekat

      Delete
    2. ndak ada hubungannya dengan semakin berilmu semakin merunduk ya kang

      Delete
    3. ini bisa juga sebagai tambahan mas, disamping ilmunya banyak, ya ilmu padi di pake, klop jadinya

      Delete
    4. saya belajar sama sumber nya ilmu ah, yaitu mas arif dan mas muro'i

      Delete
    5. kalo saya pencari ilmu mas :)

      Delete
    6. saya malah sering kopas mas :>)

      Delete
    7. kopas kan kopi panas mas, ngga apa-apa itu sih :d

      Delete
  5. Banyak belajar dari hikmah batu baterai ini kang...
    Ilmu memang akan semakin banyak manfaatnya bila kita berbagi ilmu tersebut. Karena ilmu tidak akan hilang selama masih ada yang mau belajar dan membaginya kang...
    Tetapi bila ilmu tidak dibagi, disimpan saja untuk kepentingan sendiri lambat laun akan rusak sama halnya dengan batu baterai.
    Jempol buat kang Muroi untuk postingan ini. Singkat padat dan bermakna

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget sob, top banget buat bang Ferry

      Delete
  6. Dari batubateraipun kita bisa mengambil suatu hikmah atau manfaat yang bisa di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sob sesuatu yang jarang terfikirkan oleh kita, makasih sob

      Delete
  7. saiia jadi teringat sama pilem sherlock holmes yang bukan versi layar lebarnya kang.. persis seperti yang akangnya bilang.. tapi saiia ada tambahan,, wadah.. knp gag memperbesar wadah kita masing2 supaya bisa menampung lebih banyak lagi (terutama yang baik2).. hmm... mantep juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah pilem sherlock holmes, saia malah belum pernah melihatnya :d

      Delete
  8. terima kasih artikelnya sangat bermanfaat dan menambah wawasan...

    ReplyDelete
  9. Dari batu baterai saja kita bisa belajar sesuatu hikmah yang baik dan bermanfaat untuk kehidupan kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sob, sederhana memang, tapi ada hikmah didalamnya, maaksih sob

      Delete
  10. Luar biasa..daya nalar mas admin patut diacungi jempol. Jarang banget org2 yg seperti mas admin.

    ReplyDelete
  11. tanpaa batu batre ane gak bisa OL nih mas ;))

    ReplyDelete
  12. Hebat ini Kang bisa ambil inspirasi dari batu baterai,ketemu dimana Kang hehe.

    ReplyDelete
  13. Subhanallah :) follow sukses mas ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih follownya mas, kalo berkenan follow with Google Friend Connect juga yah :d

      Delete
  14. inspiratif sekali mas....memang kita tidak boleh pelit dengan orang disekitar kita yang membutuhkan, sebab bisa busuk bila ilmu itu tidak kita tuang dan bagikan kepada orang2 disekitar kita, seperti parit tadi ya pals....mantap

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mas sudah berkunjung disini kembali, semoga bisa mengispirasi saya pribadi dan juga pengunjung blog ini

      Delete
  15. Ilmu yangbermanfaat adalah ilmu yang bisa kita bagikan kepada orang lain dan bisa digunakan dengan sebaik baik nya..salut buat abang yang satu ini ..inpirasinya tingkat tinggi....dua jempol untuk postingan ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mas buat two thumb-nya :d salam sukse selalu buat mas Mahfid

      Delete
  16. wahhh...ajib sob...emang bener sob..sekecil apaun benda selalu mengandung hikmah dan ilmu bila kita mau merenunginya apalagi ciptaan ALLAH...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener sob, asal kita mau berfikir yah, makasih yah sudah mampir lagi

      Delete
  17. ilmu pengetahuan ini bagus untuk perumpamaan kehidupan manusia ya kang.dari sebuah batre tertanam beberapa makna yang tanpa kita sadari hadir dan tidak terperhatikan oleh kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kang bener apa yang disampaikan, makasih kang sudah hadir kembali

      Delete
  18. sip dech sobat, saya setuju dengan pendapat sobat.. setinggi apapun ilmu seseorang, bila tidak di turunkan maka ilmu tersebut tidak akan bermanfaat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup bener sob, ilmu yang tidak di amalkan bagaikan pohon yang tidak berbuah

      Delete
  19. wow banget.. mario teguh kalahlah.. :D emang kalo kita punya pandangan yg unik.. semua kejadian disekitar walopun kelihatannya sepele justru bisa jadi pelajaran yg berharga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah saya malah banyak mengambil ilmu dari pak Mario Teguh sob :d makasih sob

      Delete
  20. Replies
    1. wah kaya pengamat politik aja sob, pake analisa :d

      Delete
  21. keren juga nih dalam mencari sinonim kalimatnya. Berbagi ilmu memang tidak membuat ilmu kita berkurang, justru semakin bisa berkembang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener sekali sob, trimakasih silaturrahimnya disini...

      Delete
  22. kita memang bisa menjadikan batu baterai sebagai filosofi walaupun untuk yang jarang pulang kaya aku lebih sering itunya jadi batu akik..

    ReplyDelete
  23. contoh yang sangat bagus kak, namun baterainya juga perlu di rawat agar gak cepat soak (o), agar tenaganya gak berkurang

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget tuh, perlu dirawat dan diperbaiki agar awet yah

      Delete
  24. dari isni, maka marilah kita bagikan semua yang ada pada diri kita pada dunia, agar apa yang kita miliki tidak cepat rusak

    ReplyDelete
  25. akang batu bateri yang menampung kopi ada gak kang heheheh. trmksih kang infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada mas, batu baterai yang udah ga kepake, buang dalemnya, cangkangnya buat nampung bubuk sisa ngopi :d

      Delete
  26. sekarang udah jamannya aki kikiki

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya sob bener, tapi jaman dulu aki masih muda, sekarang tudah tua, namanya jug aki-aki :-d

      Delete
  27. Bateray kering atau basah sob...karena mandangnya juga akan beda jika basah ama kering...top banget pemahamannya sob..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo baterai kering sama basah artinya apa mas, loh malah nanya lagi :d makasih mas sudah mampir kembali

      Delete
  28. wah betul mas, walaupun ilmu di bagi ke semua orang nggak bakal habis yang ada malah bertambah :) maaf kang jarang berkunjung ...wkwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener sob, kang apa mas, ngga apa apa ding sob :d , makasih sudah mampir

      Delete
  29. berkunjung di sini waktu asar kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah berarti mau sholat ashar dulu kan mas...

      Delete
  30. ea, bner bnget mas. ilmu itu harus dibagikan...
    stuju bnget, prcuma kalok disimpen utk diri sndiri...

    ReplyDelete
  31. petuahnya simple tapi penuh makna,,

    Bener sob kalau punya ilmu mending disalurkan disebarluaskan biar ilmu itu bisa manfaat,,,
    Seperti baterei ya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke makasih ya sob, salam sukses

      oya saya berkunjung ke blognya kok malah bingung yah nyari postingannya :d, maaf kalo belum berkunjung lagi

      Delete
  32. Betul sekali kang... Top banget

    meskipun ilmu dibagi bagi ndak akan habis malah bisa - bisa bertambak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mang tidak seperti harta yah, kalo di bagi ya abis, makasih mang

      Delete
  33. kunjungan malam sob....kali ada kopi sob..

    ReplyDelete
  34. hehehe.. bisaan si Akang yg satu ini nyari bahan postingannyah.
    abdi mah sangat suka dgn sifat yg ke 3 (sasarengan ngabagi elmu)
    salam baktos

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah bisa bae si akang teh, hatur nuhun kang

      baktos oge kanggo kulawargi kang

      Delete
  35. Sampaikan lah Ilmu walaupun hanya satu ayat. Ilmu yang tidak dibagikan bagai pohon yang tanpa akar. Kunjungan tengah malam Kang, ngajak ngopi ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ilmu yang tidak di ajarkan bagaikan pohon tak berbuah ya mas, makasih mas

      Delete
  36. Benar bang, semakin kita menyalurkan ilmu kita maka semakin paham dengan ilmu tersebut, tapi jika dipendam bagaikan pohon tak berbuah.

    ReplyDelete
  37. selamat Pagi Kang Muroi...ternyata dari sebuah batu baterai kita dapat mengambil pelajaran juga ya Sob...hm makasih atas sharenya Kang...

    ReplyDelete
  38. begitu juga dengan manusia
    Ilmu yang tidak disebarluaskan semakin lama akan semakin lupa si empu ilmu. lain hal kalau diberitahukan ke orang lain, makin ingat makin ingat dan ingat terus

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel