Yang Terbaru

Subscribe Here!

Dapatkan Update Informasi Terbaru dari KANG MUROI Melalui Email

Blog Stats

Mengapa Tidak Komentar Balik

By On 9.4.13

comment
Mengapa Tidak Komentar Balik | Sekedar sebuah catatan ngeblog, saya angkat artikel ini seperti judul diatas. Pertanyaan ini mungkin pernah muncul pada saya atau juga sobat blogger. Karena tidak dipungkiri lagi, salah satu aktifitas ngeblog adalah blog walking atau silaturrahim saling berkomentar antara satu blog dan yang lainnya. Tentunya dengan harapan bahwa blog yang kita kunjungi dan kita meninggalkan jejak dengan berkomentar, adminnya akan berkomentar pula di blog kita. Sehingga timbullah yang namanya simbiosis mutualisme, hadeh... kok nyrempet-nyrempet pelajaran biologi. Bagi yang ngga tahu artinya silakan tanya guru biologi atau tanya sama mbah google hehehe…

Kembali ke pokok masalah komentar tadi. Jadi diantara tujuan kita blog walking adalah agar blog yang kita kunjungi juga berkunjung kembali. Namun kadang-kadang harapan tinggal harapan, bagaikan pungguk merindukan bulan hehe…. Sang admin yang kita kunjungi tidak juga berkunjung balik dan komeng-komeng di postingan kita. Tanya kenapa? Ya saya ngga tahu hehehe….

Tapi dari pengalaman, kemungkinan sang admin tidak ada datang berkunjung balik juga, ada beberapa kemungkinan. Yang jelas kita kita jangan berburuk sangka, negative thinking atau berhusnudzan dahulu kenapa tidak dikunjungi balik. Diantara kemungkinannya adalah :

Komentar di postingan lama
Kalo sobat berkomentar, saya sarankan berkomentarlah pada postingan yang terbaru di samping berkomentar pada postingan lama yang mungkin kita nyasar menemukannya.  Apalagi blognya tidak memasang recent comment di blognya. Nah, jika ragu apakah itu postingan lama atau baru bisa dilihat pada tanggal di terbitkannya artikel atau bisa dilihat di menu home. Dari situ bisa ketahuan mana postingan barunya. Berkomentarlah disitu, insya Allah admin juga akan cepat merespon…

Admin sibuk menjawab komentar di blognya sendiri
Kalau yang ini mungkin buat blogger yang sudah bejibun pengunjungnya. Jangankan buat berkunjung balik, melayani dan menjawab pengunjungpun mungkin kerepotan dibuatnya. Sehingga maklumlah jika tidak langsung berkunjung balik. Tapi masih ada juga blogger yang sesibuk apapun masih bisa blog waking-an walaupun mungkin tidak rutin. Yang ini namanya blogger baik hati hehe….

Koneksi lagi lemot alias lola
Nah ini mungkin menjadi banyak alasan dari para blogger kenapa tidak segera berkunjung balik ketika ada komentar yang masuk. Boro-boro bisa berkunjung balik, buka blognya sendiri juga sampe bikin sakit perut saking leletnya hehe…dan kalo yang ini mungkin maklum yah jika sekiranya tidak berkunjung untuk berkomentar. Sambil menunggu keajaiban datang agar koneksi lencar kembali.

Mendadak sibuk off line
Alasan yang lain adalah sang admin mendadak sibuk dengan kegiatan darat alias off line. Karena tidak dipungkiri buat sebagian blogger, ngeblog hanyalah sekedar hoby dan bukan untuk mencari recehan agar dapurnya tetap ngebul. Makanya jika ada kesibukan di luar ngeblog itulah yang lebih di utamakan daripada ngeblog. Kecuali pengunjung mau pada nyumbang buat adminnya, jadi lain masalahnya hehe….

Mungkin masuk komentar spam
Ini yang mungkin tanpa kita sadari, kadang komentar kita masuk kotak spam. Padahal sebenarnya tidak ada maksud untuk nyepam. Untuk kasus ini admin mungkin tidak mendeteksi kita sudah berkomentar di blognya. Apalagi kita buru-buru kabur setelah koment.

Komentar tidak sopan
Pernah ngga di blog sobat ada yang komentar nyleneh dan tidak sopan, bahkan mungkin menyinggung sang admin? Jika pernah saya rasa sobat juga enggan akan berkunjung balik kepada blog sang komentar nyleneh tadi. Maka dari itu berkomentarlah yang sopan. Termasuk juga tidak nyepam dengan sengaja. Misalnya meninggalkan link hidup pada komentar dan lain sebaginya.

Admin punya mainan baru
Mainan baru, mainan apaan yah? Ya mungkin bisa saja admin sedang meniti karir di bisnis online. Entah itu forex, afiliasi, PPC dan entah itu namanya. Jadi mungkin boro-boro bisa blog walking, ngurusi yang satu ini juga mungkin sibuknya setengah mati.

Sibuk up date postingan
Ini juga mungkin salah satu penyebab kenapa admin tidak berkunjung balik kepada yang sudah berkomentar di blognya. Sibuk dengan up date postingan. Sehari bisa jadi 5 sampai 10 postingan. Sehingga waktunya habis hanya untuk posting saja. Bisa jadi ia menganggap BW itu tidak penting, yang penting adalah up date dan up date saja hehe...

Kira-kira apalagi yah yang membuat admin tidak kunjung balik komentar. Masih banyak sebenarnya sebab-sebab dari mengapa jika kita berkomentar di blog tidak segera direspon oleh admin blog. Saya juga merasa demikian. Ada beberapa sobat yang mungkin sudah komentar di blog ini tapi tidak atau belum juga saya berkunjung balik. Mungkin ada salah satu sebab-sebab yang diatas tadi. Mengenai sebab-sebab yang lain bisa sobat rasakan dan cari sendiri hehehe…… Jadi jangan su’udzan dahulu yah.

Semoga manfaat dan happy blogging……


105 komentar

memang betul kang,masalah di atas semuanya benar.apalagi kalau kita komentarnya di blog yang sudah mati atau blog yang sudah lama nggak dibuka adminnya.he...he...

kalo aku belum kunjung balik, atau belum balas komen itu karena waktunya tidak cukup buat menjawab semuanya atau berkunjung.. Dan yang paling amat sangat sering saya alami adalah JARINGAN LALOAD..

Oh my god.. Ampun!

saya sendiri mengalami betapa lamanya mengejar antara komen di blog pribadi berpacu dengan kecepatan internet yang lambat, baru bisa komen ke blog sahabat dalam waktu yang lama bisa juga sudah lupa komen karena ada aktivitas baru

aku mah ga pernah mikirin mau dikomentarin balik apa engga
karena yang komentar juga belum tentu aku samperin balik
haha...

aku malah lebih suka komentar ga dikomentarin balik
daripada komentar tapi ga dibales
apalagi kalo yang sifatnya pertanyaan

iya bener, kalo saya mah bukan nya ga mau berkunjung balik tapi sibuk sama urusan kuliah dan bisnis, jadi mau posting juga di sempet2in , padahal saya pengen banget ada waktu buat silaturahmi sama sobat2 blogger

jika ada waktu saya InsyaAllah komentar balik sob ke blog2 sahabat. tapi kadang mungkin lagi sibuk atau ada urusan lain. benar itu kita jangan berburuk sangka dulu.
saya nggak masalah jika tak dikomen balik, positive thinking aja :))

Terimakasih atas sharenya Mas, kalau saya sih sibuk punya mainan baru kali Mas, dikantor tapi, maklum jadi tukang corat coret dengan CAD, dan kadang ingin posting karena lama gak ngeblog 5 posting sekalian,..
Yachh betuk juga yang diutarakan mas dalam postingan ini

hmm..mau koment apa yah? saya bingung sendiri. hahahh
pokoknya sampai saat saya masih belajar ngeblog. jika saya masih blm berkunjung dan tidak memberikan komentar itu khilaf saya. jujur saya hanya manusia yg banyak kekurangan dan kesalahan.
Dan apabila saya tidak membalas komentar di blog saya, saya minta maaf kpd siapapun yg pernah saya cuekin. Berkomentar di blog saya bukanlah suatu keharusan atau peraturan di blog saya, tp saya akan berusaha menjadi tuan rumah yg baik. entah itu komentar dalam bentuk say hello ajah. bagiku itu penghargaan buat saya pribadi.

Jadi inti nya kita jangan berburuk sangka ya kang!?bener2 mantab nh artikel!top markonah dh!Komen balik atau nggak yang penting niat kita silaturahmi!

Tambahan pengalaman pribadi kang :

MALES
Penyakit males datang, membalas komentar atau komentar balik.

TIDAK MENEMUKAN LINK
Komentator menggunakan GooglePlus, tapi di google plus nya tidak ada link apapun (tidak berbagi)

MENGGUNAKAN KOMENTAR FACEBOOK
Jujur, saya males berkomentar pada blog yang menggunakan fb comment

BINGUNG KOMENTAR
kebingungan ini terjadi apabila mengunjungi blog yang diluar pemahaman kita, misal tentang VisualBasic, Linux dll... kayaknya basi kalau cuma komen NICE POST BRO :-)

apa lagi ya....

Wow ^^ intinya berbaik sangka. Mantap! Masya Allah :)

kalo saya, lahh nyantai aja.
wong ngeblog kan perbuatan iseng ya to mas..
nggak harus komen atau dikomenin. yang penting asiik.
cuma misi silaturahim deh yang ngangenin

lgi ngopi kang dadine ora komentar balik heheh

Point yang terakhir itu bener banget! Komen yang cuman sebaris kalimat sebangsa "Nice posting, Bro!" itu nggak pernah saya approve, apalagi saya kunjungin balik, apalagi saya komen balik..!

Menarik sekali sobat artikelnya, selama aku blogwalking jarang ada yang posting hal ini, kenapa tidak berkomentar balik. Kalau aku pribadi sih karena koneksinya lemot banget, jadi kelamaan membukanya. Akibatnya ditinggalin deh.

Blogwalking memang perlu, selain untuk menambah ilmu, juga akan meningkatkan lalu lintas pada blog kita.

kalo saya selalu telat, karena saya suka nyantey kaya dipantay terlebih dulu kang.

pantesan komentar saya ngga pernah dibalikkin saman de' Vicky ...halaah b-(

sabodo ah...gituh maksude' ya?

iya kang berkomentar bukan keharusan kecuali memang pembaca ingin memberi apresiasi atau sekedar pertanyaan atau penyangkalan, sunnah barangkali hehehe....,
tapi tidak mejawab komentar sepertinya salah apalagi jika komentarnya menginginkan jawaban, kesannya bagaimana begitu
kang ngomong-ngomong kedahuluan ini saya

kalau saya sih udah pasti gangguan koneksi sob, namun jika koneksi lancar. saya pasti akan membalas kunjungan.

namun sering kita jumpai juga, ada beberapa sobat blogger yang menggunakan profile google +, namun sama sekali nggak ada tautan menuju ke blognya, jadi ya kita nggak bisa berkunjung balik dech..hehehe

maaf kang baru bisa mampir balik, komen di blog saya juga hampir gak saya balas komen.. lagi sibuk can capek aja sob... soalnya 5 hari belakangan ini saya di sibukkan dengan pelatihan plus ada keluarga yang meninggal dunia.. maaf baru bisa mmpir sekarang,, (p)

paling males ngunjungin balik kalau ada komentar "nice post" atau yang emang gak niat komentar :D

Cucok bgt tu mas,...
Jdi,,intinya,berkomentar lah yg sopan,,supaya dapat komentar balik ,..
:D

Banyak alasan sih kenapa, dan anaa masuk banyak kategori diatas atau yg ditambahkan lewat komentar. tapi yang paling sering karena jaringan yg lemot. Nih contohnya saja halaman ini dah beberapakali anaa refresh, mau posting komentar pesan ini yang muncul:

This webpage is not available
Google Chrome's connection attempt to www.blogger.com was rejected. The website may be down, or your network may not be properly configured.
Here are some suggestions:
Reload this webpage later.
Check your Internet connection. Restart any router, modem, or other network devices you may be using.
Add Google Chrome as a permitted program in your firewall's or antivirus software's settings. If it is already a permitted program, try deleting it from the list of permitted programs and adding it again.
If you use a proxy server, check your proxy settings or contact your network administrator to make sure the proxy server is working. If you don't believe you should be using a proxy server, adjust your proxy settings: Go to the Chrome menu > Settings > Show advanced settings... > Change proxy settings... > LAN Settings and deselect the "Use a proxy server for your LAN" checkbox.
Error 102 (net::ERR_CONNECTION_REFUSED): The server refused the connection.

Kalau bukan postingannya bahas hal diatas. Anaa pasti dah kabur tanpa tinggalin jejak. Maaf ya kalau kami diantar yang sering telat membalas kunjungan dan apresiasi berupa komentar balik!

Kalau bukan karena jaringan harusnya setelah komentar masnady, komentar anaa yg tampil tapi kedahuluan beberapa sahabat diatas. Huuf

hehehee saya disindir nih kyaknya..
maaf saya jarang ngeblog karena ada kesibukan, dan mulai sekarang akan mulai aktif ngeblog lagi..:) semangaattt gan!!

Salam,

Borisando Sayoga

Saya nambahin juga ah..:

1. LAGI MATI LAMPUNYA LISTRIKNYA.
2. BATERAI LAPTOP LAGI NGEDROP.
3. LAGI DITARIK BINI DISURUH TIDUR.
4. KEBETULAN LAGI PUSINK MIKIRIN UTANG.

sekian dan terima kasih..wassallam dari RHOMA IRAMA.
hahahahyyyyyyyyyyyy

kayak ini postingan banyak menyindir para blogger lain hehehe
betul juga si mass...

sering terjadi terutama pada blog saya sendiri.. sehari blogwalkinh/koment sekitar 30 blog.. tp yg balik komentar paling 7-10 orang aja.. hadeehhh

kadang-kadang bingung mau komentar apa terus kadang - kadang jaringan lagi lemot

wah itu sudah pasti ga bakal di kunjungi lagi kang, bisa aja nih :-d

ya itu yang sering jadi alasan, jadi harap maklum aja yah ...

lola ya mas, itulah penyakit jaringan seperti itu, trimakasih kunjungannya mas, berarti sekarang ngga lola lagi yah

Kalau saya karena koneksi biasanya Mas,dan kalau sebaliknya maka akan sering berkomentar di blog teman-teman lainnya :)

ya kayanya maksudnya gitu kang :d

kalo kulia sama bisnis itu lebih penting daripada jawabin koment sama kunjung-kunjungan, jadi maklum lah :)

berarti trimakasih sob atas waktunya sudah berkunjung disini lagi...

iya mas pekerjaan lebih penting sih daripada hoby ngeblog, ngga papa sementara ditinggalin dulu

saya juga masih belajar mba, salah dan khilaf itu manusiawi, blogger kan juga manusia jadi ya wajar kalo lupa :d

ya mungkin itu kang maksudnya, makasih kang sudah berkunjung

point-point yang di utarakan kang Ismet itu persis banget dengan saya juga kang, makanya kalo ada blog yang pake komeng pesbuk langsung saya tinggalin :d

iya karena mungkin sebab-sebab diatas tadi mba, trimakasih sudah berkunjung

kalau saya pribadi akan mencoba berkomentar balik walau pun tidak hari itu atau di lain hari pas ada waktu senggang karena memang pekerjaan kita juga tidak selalu di depan laptop dan blog.
Bersilaturahmi akan banyak juga mendapatkan ilmu dan pengetahuan yang baru karena masing-masing blog mempunyai ciri khas tersendiri

akur mas alias setuju lah
makasih mas sudah berkunjung dan komeng disini

ya mas, lagi ngopi terus ketiduran :d

iya sob, kadang kita menemukan hal-hal tersebut..makasih sudah berkunjung

ya itu slogan orang sudah sukses :d

iya soh mas, menjawab komen itu bukan wajib bukan sunnah ya itu sih terserah masing-masing :d
keduluan apa ini has?

gangguan koneksi itu alasan yang memang tidak bisa dihindari sob..trims kunjungannya

iya sob, maklum lah ngga pa-apa kok, pekerjaan itu lebih penting, innalillahi, turut berduka cita sob

iya sob, itu komentar cuma nyari backlink doang :d

iya sob, jangan lupa di postingan yang baru biar ketahuan sama adminnya :)

waduh panjang banget nih komeng...notifikasi seperti itu juga sering saya alami, sebenarnya bukan karena page blog yang berat tapi memang koneksi yang lagi sakit :d

wah saya ngga nyindir siapa-siapa sob, tapi ini kenyataan buat saya juga demikian adanya...jadi ya saling paham aja :d

setuju banget bang hahayy :-d

bukan nyindir siapa-siapa sob, saya juga mungkin bisa demikian..makasih kunjungannya

Biasanya yang tidak komentar balik yang banyak visitornya...tetapi tidak semuanya seperti itu. Ada blog yang visitornya sehari sampai 6-7 ribu juga menyempatkan diri untuk berkomentar balik.
Jadi sepertinya kembali pada diri blogger itu sendiri

Saya kembali bersilaturahmi sob, pasti kangen ya hehe :D

BW itu kan ibarat kita menjaring sob, tidak semua ikan bisa kita dapat, ada yang lolos juga kan. :d

Iya itu sob salah satu alasan mengapa tidak komentar lagi ya, trims sob sudah mampir kesini

wah kalo saya gak berkunjung balik ada 2 kemungkinan mas >.<

1. lagi males :p
2. bener2 lagi sibuk mas ... hehehe

kalo bisa bw kyak sekarang itu saya udah gak sibuk :D

Sama2 kang.ko saya berkunjung ke sini, ga di kasih minum ya

koneksinya ga sakit kang cuman ketiduran aja =p~

selamat Pagi Kang Muroi,,,dari beberapa point di atas terkadang saya tidak komentar balik karena kadang ada komentar yang masuk Komentar SPAM,,,waah Komentarnya KAng Icah bikin saya Ngakak Tuh Kang Muroi,,,hehehehehe

ane masih pelajar mas.. maaf kalau telat ;(

Kalo saya sih gara2 blog nya komen pake chaptcha. Males nulis chaptcha. :v

Oh gitu ya mas....oke deh kalau begichu :d

hai mas ..berkunjung pagi2. mudah2an adminnya sehat selalu

di minum dulu kopinya kang heheh

aku juga pendatang baru nih,, lagi semangat"nya buat mampir ke blog tetangga..
tujuannya biar dapet banyak temen dan minta pencerahan dari para sesepuh :-)

haha....ngakak nih...jadinya baca komentarnya bang icah... :)

setuju mas mur...dengan ulasannya di atas....
kaya nya memang no satu....trik bagus buat dapetin komen balik cepet ke blog kita ya mas....

kalo buat sibuk dg urusan di dunia nyata dan lola...semua blogger sdh paham dan ngertilah...jadi memang kesabaran perlu juga buat aktifitas ngeblog...apalagi kebanyakan yg di sini...para blogger aktif semua ya mas:)

kalau pagi nggak lola karena sudah sarapan, hehe

smua kndisi diatas prnah ane alami, btul bnget sob, mesti brprasangka baik ja..yg pnting bsa sllu silaturahim

Semua yg disampaikan menurut sobat itu benar semua, dan sebagai manusia kita harus berbaik sangka...
kalau selama ini saya tetap berusaha walaupun komentarnya di komentar lama tetap saja kembali komentar balik selagi saya tahu, tapi menurut saya, entah kalau menurut anda..hehe..
yg jelas postingannya bagus dan mengingatkan saya.
untuk akhir^ ini saya memang jarang membuat postingan mas, karena sibuk. jadi blogwalking santai saja.
terima kasih sudah berbagi

Ya tuh bang icah bisa aja hehe...

Mudah-mudahan sbisa seperti itu sob, selagi senggang mungkinn bisa yah nyempetin berkunjung balik

Ya ini alasan yang umum sob, kita memang sangat tergantung dengan hal ini, kalo saya biasanya pake hape hihi...

Iya sob, memang bukan suatu keharusan sih, kalo sempet ya berkunjung, kalo ngga mungkin ya ngga usah dipaksakan, trims silaturrahimnya

Wah luar biasa sob, siapa yah, mau ah main kesana. :d

Iya sob kangen, lama ngga nongol, kemana aja nih? Makasih sudah berkunjung lagi disini..

Makasih, okelah nanti tak mampir, dimana tinggalnya. :d

Oke juga, selamat beraktifitas dan trimakasih sudah mampir lagi...

Bener banget 2 point tambahannya...makasih sob

Minumnya ambil sendiri aja sob. :d

Ya itu salah satu point diatas sob..
Oke makasih sudah berkunjung, iya bang Icah emang ada-ada aja yah hehe...

Iya sob, lebih penting belajar kok, trims sudah berkunjung yah

Hahaha yg d'atas itu sob kemungkinan besar sob, klo sya sih ngga ada waktu buat komentar blik tpi sya usahakan spya bsa komentar blik k'blog" tman :)

Saya juga paling ga suka sob, tapi kalo udah komeng duluan ya terpaksa harus berkunjung juga walau sebel sama capcaynya sob. :d

Alhamdulillah sehat, makasih buat doanya..

Yah... Udah abis 2 gelas mas :d

Langkah yang tepat tuh buat yang baru-baru, biar blognya rame, makasih udah nyasar kesini. :d

Iya mas, ini berdasar pengamatan..hadeh :d
Makasih mas buat kunjungannya, semoga sehat dan sukses selalu

Iya sob, semua blogger juga mungkin pernah mengalaminya yah, keep blogging ya sob, trims silaturrahimnya

Sarapan klepon apa gemblong mas. :d

Setuju itu orang mana kang, kok diikuti. :-d

harus selalu sabar mas, maaf kalo saya sering telat mampir mas

kalau saya sich komenter balik atau tidak komentar balik tetap terimakasih,
postive thingking sajalah..yang penting keep happy blogging always :-)

saya cenderung suka membaca postingannya, trus karena ter-pending, misal:ngurusi cucian, masak,nggosok,nyuapi dlllllllll, kadang lupa nggak balik lagi, lupa nggak komen juga...

kalau saya, umunya kerena jatah kuato habis dan lemot loadingnya. Apalagi yang menggunakan profil google plus, toobaaaat....nunggunya lamaaa.

Kalo ane minggu2 gak aktif ngeblog maupun bewe coz jaringan inet yg lemot abis itu sibuk jd panitia UN, dan sekarang UN ditunda lagi, diulang lg bikin administrasinya..

komen balik dong bro http://guiltyghost.blogspot.com/