9 Apr 2013

Mengapa Tidak Komentar Balik

·   105

comment
Mengapa Tidak Komentar Balik | Sekedar sebuah catatan ngeblog, saya angkat artikel ini seperti judul diatas. Pertanyaan ini mungkin pernah muncul pada saya atau juga sobat blogger. Karena tidak dipungkiri lagi, salah satu aktifitas ngeblog adalah blog walking atau silaturrahim saling berkomentar antara satu blog dan yang lainnya. Tentunya dengan harapan bahwa blog yang kita kunjungi dan kita meninggalkan jejak dengan berkomentar, adminnya akan berkomentar pula di blog kita. Sehingga timbullah yang namanya simbiosis mutualisme, hadeh... kok nyrempet-nyrempet pelajaran biologi. Bagi yang ngga tahu artinya silakan tanya guru biologi atau tanya sama mbah google hehehe…

Kembali ke pokok masalah komentar tadi. Jadi diantara tujuan kita blog walking adalah agar blog yang kita kunjungi juga berkunjung kembali. Namun kadang-kadang harapan tinggal harapan, bagaikan pungguk merindukan bulan hehe…. Sang admin yang kita kunjungi tidak juga berkunjung balik dan komeng-komeng di postingan kita. Tanya kenapa? Ya saya ngga tahu hehehe….

Tapi dari pengalaman, kemungkinan sang admin tidak ada datang berkunjung balik juga, ada beberapa kemungkinan. Yang jelas kita kita jangan berburuk sangka, negative thinking atau berhusnudzan dahulu kenapa tidak dikunjungi balik. Diantara kemungkinannya adalah :

Komentar di postingan lama
Kalo sobat berkomentar, saya sarankan berkomentarlah pada postingan yang terbaru di samping berkomentar pada postingan lama yang mungkin kita nyasar menemukannya.  Apalagi blognya tidak memasang recent comment di blognya. Nah, jika ragu apakah itu postingan lama atau baru bisa dilihat pada tanggal di terbitkannya artikel atau bisa dilihat di menu home. Dari situ bisa ketahuan mana postingan barunya. Berkomentarlah disitu, insya Allah admin juga akan cepat merespon…

Admin sibuk menjawab komentar di blognya sendiri
Kalau yang ini mungkin buat blogger yang sudah bejibun pengunjungnya. Jangankan buat berkunjung balik, melayani dan menjawab pengunjungpun mungkin kerepotan dibuatnya. Sehingga maklumlah jika tidak langsung berkunjung balik. Tapi masih ada juga blogger yang sesibuk apapun masih bisa blog waking-an walaupun mungkin tidak rutin. Yang ini namanya blogger baik hati hehe….

Koneksi lagi lemot alias lola
Nah ini mungkin menjadi banyak alasan dari para blogger kenapa tidak segera berkunjung balik ketika ada komentar yang masuk. Boro-boro bisa berkunjung balik, buka blognya sendiri juga sampe bikin sakit perut saking leletnya hehe…dan kalo yang ini mungkin maklum yah jika sekiranya tidak berkunjung untuk berkomentar. Sambil menunggu keajaiban datang agar koneksi lencar kembali.

Mendadak sibuk off line
Alasan yang lain adalah sang admin mendadak sibuk dengan kegiatan darat alias off line. Karena tidak dipungkiri buat sebagian blogger, ngeblog hanyalah sekedar hoby dan bukan untuk mencari recehan agar dapurnya tetap ngebul. Makanya jika ada kesibukan di luar ngeblog itulah yang lebih di utamakan daripada ngeblog. Kecuali pengunjung mau pada nyumbang buat adminnya, jadi lain masalahnya hehe….

Mungkin masuk komentar spam
Ini yang mungkin tanpa kita sadari, kadang komentar kita masuk kotak spam. Padahal sebenarnya tidak ada maksud untuk nyepam. Untuk kasus ini admin mungkin tidak mendeteksi kita sudah berkomentar di blognya. Apalagi kita buru-buru kabur setelah koment.

Komentar tidak sopan
Pernah ngga di blog sobat ada yang komentar nyleneh dan tidak sopan, bahkan mungkin menyinggung sang admin? Jika pernah saya rasa sobat juga enggan akan berkunjung balik kepada blog sang komentar nyleneh tadi. Maka dari itu berkomentarlah yang sopan. Termasuk juga tidak nyepam dengan sengaja. Misalnya meninggalkan link hidup pada komentar dan lain sebaginya.

Admin punya mainan baru
Mainan baru, mainan apaan yah? Ya mungkin bisa saja admin sedang meniti karir di bisnis online. Entah itu forex, afiliasi, PPC dan entah itu namanya. Jadi mungkin boro-boro bisa blog walking, ngurusi yang satu ini juga mungkin sibuknya setengah mati.

Sibuk up date postingan
Ini juga mungkin salah satu penyebab kenapa admin tidak berkunjung balik kepada yang sudah berkomentar di blognya. Sibuk dengan up date postingan. Sehari bisa jadi 5 sampai 10 postingan. Sehingga waktunya habis hanya untuk posting saja. Bisa jadi ia menganggap BW itu tidak penting, yang penting adalah up date dan up date saja hehe...

Kira-kira apalagi yah yang membuat admin tidak kunjung balik komentar. Masih banyak sebenarnya sebab-sebab dari mengapa jika kita berkomentar di blog tidak segera direspon oleh admin blog. Saya juga merasa demikian. Ada beberapa sobat yang mungkin sudah komentar di blog ini tapi tidak atau belum juga saya berkunjung balik. Mungkin ada salah satu sebab-sebab yang diatas tadi. Mengenai sebab-sebab yang lain bisa sobat rasakan dan cari sendiri hehehe…… Jadi jangan su’udzan dahulu yah.

Semoga manfaat dan happy blogging……


Subscribe to this Blog via Email :