Yang Terbaru

Subscribe Here!

Dapatkan Update Informasi Terbaru dari KANG MUROI Melalui Email

Blog Stats

Pesona Pantai Karang Bolong

By On 12.2.13

Pantai Karang Bolong
Pesona Pantai  Karang Bolong | Kalo dulu saya pernah posting tentang Pesona Pantai Carita, kali inipun saya masih mengenalkan sebuah pantai yang masih tetangga dengan pantai Carita, yaitu pantai Karang Bolong. Untuk lebih jelasnya, yuk kita simak seperti apa pantai Karang Bolong tersebut.

Pantai Karang Bolong berlokasi sekira 50 km dari Kota Serang Banten. Apabila mengendarai mobil atau motor, pantai ini berada di sisi kanan Jalan Raya Anyer dengan jalur menuju Pantai Carita dari Jakarta. Sesuai namanya yaitu karang bolong, pantai ini memiliki sebuah tebing karang yang bolong di tengahnya sehingga membuat pantai terlihat unik dan berbeda dari pantai-pantai lain.

Dahulu pantai ini dikenal dengan nama Pantai Karang Suraga, yaitu sebuah nama yang diambil dari seorang yang berlilmu tinggi yang bertapa di pantai ini sampai akhir hayatnya, nama orang tersebut adalah Suryadilaga. Seiring perkembangannya, pantai ini berubah nama menjadi Pantai Karang Bolong karena memiliki tebing karang besar di pantai yang bentuknya berlubang (Baca: bolong, dalam bahasa Sunda) di tengah. Satu ujung karangnya berada di tepi pantai sementara yang lain menghadap ke laut lepas. Para ahli geologi memperkirakan bahwa lubang pada batu karang ini terjadi akibat terkikis air laut dalam kurun waktu yang lama. Akan tetapi, ada juga yang berpendapat bahwa batu karang tersebut berlubang akibat dari letusan Gunung Krakatau tahun 1883. Hingga saat ini akibat pesisnya karang bolong ini belum diketahui secara pasti.

Akomodasi
Bagi yang ingin bermalam untuk menikmati keindahan pantai ini lebih lama, dapat menginap dihotel dan cottage yang tersedia di sekitar pantai. Harganya bervariasi dari yang murah sampai dengan yang mahal, disesuaikan dengan isi kantong masing-masing saja.
Selain hotel dan cottage, tersedia pula penginapan berupa villa dengan tarif antara Rp. 500.000,- sampai Rp. 900.000,- per malam tanpa makan. Jika menginginkan yang lebih murah, dapat menanyakannya kepada warga sekitar.

Transportasi
Untuk Menuju Pantai Karang Bolong dapat ditempuh dengan jalur melalui rute: Jalan Tol Jakarta Merak – Cilegon Barat – Anyer – Karang Bolong.
Dari Jakarta, Karangbolong hanya berjarak 140 km atau 50 km dari Kota Serang. Karang bolong bisa ditempuh kendaraan pribadi atau angkutan umum.
Bagi yang mengendarai kendaraan pribadi, dari Jakarta dapat langsung keluar melalui Pintu Tol Cilegon Timur, lalu ke arah selatan menyusuri Jalan Raya Anyer. Lokasi Pantai Karang Bolong tepatnya di Jl. Raya Karang Bolong Km 35 Anyer Lor Serang – Banten. Atau juga bisa melewati kota Pandeglang, Labuan dan Carita.
Harga tiket masuk Rp5.000 per orang atau Rp250.000 per bus (60 penumpang). Bagi yang membawa kendaraan pribadi dapat memarkir kendaraan di dalam areal kawasan ini.

Kegiatan
Ada banyak aktivitas menarik dapat di lakukan di sekitar pantai ini. Berpiknik di tepi pantai ini layak untuk dicoba karena akan membuat sobat betah berlama-lama. Menyaksikan keindahan laut dan deburan obak yang menghantam batu karang beralaskan tikar akan menjadi pengalaman yang istimewa.
Beranjaklah dari tikar piknik dan jemputlah kesegaran air pantainya dengan berenang. Pantai di kawasan ini landai sehingga memungkinkan sobat berenang di tepi pantainya. Hanya saja jangan berenang terlalu jauh dan tetap memerhatikan keselamatan. Hal menarik yang sudah dilakukan wisatawan yang pernah berkunjung ke pantai ini adalah berkeliling dengan menyewa perahu motor atau banana boat.

Puncak KarangAktivitas wisata yang juga tak kalah menarik dilakukan adalah tracking menuju ke puncak karang. Anak tangga yang dinaiki sedikit sempit dan berkelok namun pemandangan hijau pepohonan di sekitar anak tangga akan menjadikan pendakian terasa ringan, mungkin inilah kekuatan dari sebuah keindahan. Mendekati akhir perjalanan, akan sedikit menuruni anak tangga. Di sini terdapat tempat yang cukup lapang untuk menikmati pemandangan pantai dari atas karang. Dari atas karang ini, pemandangan spektakuler siap menyambut. Keindahan birunya laut lepas tepat berada di hadapan. Sedikit ke arah kiri, sobat dapat melihat tebaran batu karang di tepi pantai yang dihantam ombak. Dari sini juga bisa menyaksikan Gunung Anak Krakatau sembari menghirup udara pantai dan merasakan lebutnya sentuhan angin membelai kulit.

Kuliner
Untuk urusan kuliner tidak perlu kawatir karena di Pantai Karang Bolong terdapat berbagai macam pilihan kulier. Beragam kuliner khas Banten bernuansa hidangan laut bisa dijumpai hampir di setiap rumah makan atau warung makan di sepanjang pantai ini. Tinggal kantongnya saa yang disiapkan, tentunya dengan isi kantongnya hehe…

Nah demikian sekilas tentang pesona pantai Karang Bolong Anyer Banten, kalo ada kesempatan dan kebetulan jaraknya tidak terlalu jauh, apa salahnya bisa dijadikan tempat alternative wisata keluarga.

Semoga bermanfaat dan happy blogging….

57 komentar

Saya pernah ke pantai ini dulu sekali .. ketika saya masih kecil.. diajak orang tua saya .. Setelah itu belum pernah sama sekali ..
Itu foto terbaru ya mas ..?
Kapan2 deh .. saya ajak 'pasukan' rumah ke sana ..

wah sering kesituh'y mas dulu aq di situh 9 Tahun mas kalu aq dulu di daerah kebun pas di sebelahnya nusakambangan. jadi inget dulu mas

Saya pernah ke Karangbolong yang di ujung Nusakambangan, juga pernah ke Karangbolong yang diceritakan Mas Muroi ini. Kedua Karangbolong ini terpisah 12 jam perjalanan naik bis.

kapan ajakin orang2 KPK kesana, biar remuk kolom komen yang ada disana.

awas mas, hati-hati sama pasukan KPK, tukang ngabisin kueh hihi..

ini bukan Karang Bolong deket nusakambangan loh, tapi yang di Anyer, Banten...eh ternyata ada Karang Bolong yang lain yah

Pesonanya gak kalah hebat Mas sama pesona Pulau Samosir saya Mas hehehe...Maaf Mas kalau saya promosi.

Memang masing-masing tempat mempunyai keindahan objek wisata masing-masing.

Kolom komen pasti sembunyi duluan bos .. kalo ada 'bau' nya .. xixixi...

tenang mas muro'i .. ntar pasukannya tak kasih kue 'Pothil' .. enak lho .. asli Magelang kaya nya .. rasanya .. asin, kemripik, dan rodo' atos2 gimana gitu .. he..he..

ya itu pasti awet mas, soalnya ga pada doyan hehe..

kala samosir itu sudah pasti indahnya sob, sangat terkenal, dari SD saya juga sudah tahu tentang samosir

wuih hebat pemandangannya ya kang,di tempat anda etateh.mantap-mantap.

wah indah ya kang,karang bolong itu di mana ya,banten atawa tanggerang.sama-sama banten ya ga tau ah.he..he...

habat si akang punya tempat wisata,kalau saya seringnya lewat merak saja,itu juga kalu mau ke palembang kang.

wah tempat wisata bukan punya saya kang hehe..
kalo ke Merak mah mungkin masih jauh kang, harus ke selatan

keren banget ya... jembatan yang trbuat dri batu alami itu,

kpan aku ksitu,, rumahku trlalu jauh :(

Btw udah pernah kesana sob :)

kalo ke samosir belum pernah sob hihi...

Pantai karang bolong setau saya adanya di deket nusakambangan mas, tapi gak tau deh kalau karang bolong yang satu ini, hehe.. ..

kapan-kapan saja sob, kalo ya ngga papa hihi...

karang bolong emang eksotik, ngga tau kenapa saya kurang suka laut...kenapa ya?tau beberapa wisata pantai itu karena harus jadi supir untuk menemani keluarga besar piknik, kebetulan ibuku suka banget dengan pantai/laut...suka ngga suka kalau ibu udah minta ikut..yaaa brangkat deh...hehehe.

apik e mas.... sangat apik....

Wah ternyata kang Desa itu anak yang berbakti sama orang tua, buktinya walau ga seneng, ya brangkat saja..

pantai yang indah dan eksotis, pengen foto2 disana :D

Pantai Karang Bolong,,,hmmm nama Pantai yang unik Kang Muroi,,,kapan kapan saya ingin jalan jalan ke pantai karang bolong kalau ada wakti dan rejeki....kalau nama pantai di daerah saya di Sulawesi ada namanya Pantau Ujung Batu...

wah pemandangannya indah banget, tapi jauh ada di banten :/

Pemandangan yg indah kawan. . . Cocok untuk refreshing. .

wah sepertinya pantai ini jadi list tempat wisata berikutnya nih

nama pantai paling pasaran tuh karangbolong
dimana mana ada...

silakan sob, kalo deket sih hehe..

wah pantai di Sulawesi pasti indah ya sob, kalo saya tahunya pantai losari

ya sob, liatin gambarnya saja ga papa hehe...

silakan sob, tapi kan jauh yah hehe..

bener mas, kirain di banten saja nama pantai ini hehe..

Waahhh, jadi ingat lagi.. karang bolong! Dulu waktu SD kelas 2 saya pernah kesana sob. Pantainya dulu masih virgin, keren banget. Teman saya dulu pernah ada yang hampir tenggelam karena dia terlalu menjorok ke pantai, bertapa diatas karang yang gede banget. Namanya juga anak SD, maksudnya mau jadi apa saya juga kurang ngerti :D

ya itu masalahnya sob, harus ke Barat terus beiar sampai

Nimbrung ahh, saya malah tahunya karang bolong itu d sandiwara radio jaman saya keciiiil. Tempat bertapanya tokoh pendekar tuh..

silakan mba, makasih kunjungannya, masa kecil memang masa penuh imajinasi yah

Berkunjung ke blog sobat...

Waktu ke sana saya ga boleh berenang gan..:D

jadi pengen berkunjung sobat

kunjungan malam sob :D walah kok cuma di suruh liatin gambarnya aja ... wkwkwk

Kunjungan pagi di blog sahabat. . .

wah berarti deket situ tinggalnya yah

karang bolong termasuk pantai yang sedikit bahaya sob, disamping banayak karang, juga ombak biasanya besar, tidak seperti di Carita

unik ya tebing karangnya..melihat fasilitas yg lengkap di sekitarnya pantai inii bisa menjadi rekomendasi rujukan buat tamasya bersma keluarga.