12 Feb 2013

Pesona Pantai Karang Bolong

·   57

Pantai Karang Bolong
Pesona Pantai  Karang Bolong | Kalo dulu saya pernah posting tentang Pesona Pantai Carita, kali inipun saya masih mengenalkan sebuah pantai yang masih tetangga dengan pantai Carita, yaitu pantai Karang Bolong. Untuk lebih jelasnya, yuk kita simak seperti apa pantai Karang Bolong tersebut.

Pantai Karang Bolong berlokasi sekira 50 km dari Kota Serang Banten. Apabila mengendarai mobil atau motor, pantai ini berada di sisi kanan Jalan Raya Anyer dengan jalur menuju Pantai Carita dari Jakarta. Sesuai namanya yaitu karang bolong, pantai ini memiliki sebuah tebing karang yang bolong di tengahnya sehingga membuat pantai terlihat unik dan berbeda dari pantai-pantai lain.

Dahulu pantai ini dikenal dengan nama Pantai Karang Suraga, yaitu sebuah nama yang diambil dari seorang yang berlilmu tinggi yang bertapa di pantai ini sampai akhir hayatnya, nama orang tersebut adalah Suryadilaga. Seiring perkembangannya, pantai ini berubah nama menjadi Pantai Karang Bolong karena memiliki tebing karang besar di pantai yang bentuknya berlubang (Baca: bolong, dalam bahasa Sunda) di tengah. Satu ujung karangnya berada di tepi pantai sementara yang lain menghadap ke laut lepas. Para ahli geologi memperkirakan bahwa lubang pada batu karang ini terjadi akibat terkikis air laut dalam kurun waktu yang lama. Akan tetapi, ada juga yang berpendapat bahwa batu karang tersebut berlubang akibat dari letusan Gunung Krakatau tahun 1883. Hingga saat ini akibat pesisnya karang bolong ini belum diketahui secara pasti.

Akomodasi
Bagi yang ingin bermalam untuk menikmati keindahan pantai ini lebih lama, dapat menginap dihotel dan cottage yang tersedia di sekitar pantai. Harganya bervariasi dari yang murah sampai dengan yang mahal, disesuaikan dengan isi kantong masing-masing saja.
Selain hotel dan cottage, tersedia pula penginapan berupa villa dengan tarif antara Rp. 500.000,- sampai Rp. 900.000,- per malam tanpa makan. Jika menginginkan yang lebih murah, dapat menanyakannya kepada warga sekitar.

Transportasi
Untuk Menuju Pantai Karang Bolong dapat ditempuh dengan jalur melalui rute: Jalan Tol Jakarta Merak – Cilegon Barat – Anyer – Karang Bolong.
Dari Jakarta, Karangbolong hanya berjarak 140 km atau 50 km dari Kota Serang. Karang bolong bisa ditempuh kendaraan pribadi atau angkutan umum.
Bagi yang mengendarai kendaraan pribadi, dari Jakarta dapat langsung keluar melalui Pintu Tol Cilegon Timur, lalu ke arah selatan menyusuri Jalan Raya Anyer. Lokasi Pantai Karang Bolong tepatnya di Jl. Raya Karang Bolong Km 35 Anyer Lor Serang – Banten. Atau juga bisa melewati kota Pandeglang, Labuan dan Carita.
Harga tiket masuk Rp5.000 per orang atau Rp250.000 per bus (60 penumpang). Bagi yang membawa kendaraan pribadi dapat memarkir kendaraan di dalam areal kawasan ini.

Kegiatan
Ada banyak aktivitas menarik dapat di lakukan di sekitar pantai ini. Berpiknik di tepi pantai ini layak untuk dicoba karena akan membuat sobat betah berlama-lama. Menyaksikan keindahan laut dan deburan obak yang menghantam batu karang beralaskan tikar akan menjadi pengalaman yang istimewa.
Beranjaklah dari tikar piknik dan jemputlah kesegaran air pantainya dengan berenang. Pantai di kawasan ini landai sehingga memungkinkan sobat berenang di tepi pantainya. Hanya saja jangan berenang terlalu jauh dan tetap memerhatikan keselamatan. Hal menarik yang sudah dilakukan wisatawan yang pernah berkunjung ke pantai ini adalah berkeliling dengan menyewa perahu motor atau banana boat.

Puncak KarangAktivitas wisata yang juga tak kalah menarik dilakukan adalah tracking menuju ke puncak karang. Anak tangga yang dinaiki sedikit sempit dan berkelok namun pemandangan hijau pepohonan di sekitar anak tangga akan menjadikan pendakian terasa ringan, mungkin inilah kekuatan dari sebuah keindahan. Mendekati akhir perjalanan, akan sedikit menuruni anak tangga. Di sini terdapat tempat yang cukup lapang untuk menikmati pemandangan pantai dari atas karang. Dari atas karang ini, pemandangan spektakuler siap menyambut. Keindahan birunya laut lepas tepat berada di hadapan. Sedikit ke arah kiri, sobat dapat melihat tebaran batu karang di tepi pantai yang dihantam ombak. Dari sini juga bisa menyaksikan Gunung Anak Krakatau sembari menghirup udara pantai dan merasakan lebutnya sentuhan angin membelai kulit.

Kuliner
Untuk urusan kuliner tidak perlu kawatir karena di Pantai Karang Bolong terdapat berbagai macam pilihan kulier. Beragam kuliner khas Banten bernuansa hidangan laut bisa dijumpai hampir di setiap rumah makan atau warung makan di sepanjang pantai ini. Tinggal kantongnya saa yang disiapkan, tentunya dengan isi kantongnya hehe…

Nah demikian sekilas tentang pesona pantai Karang Bolong Anyer Banten, kalo ada kesempatan dan kebetulan jaraknya tidak terlalu jauh, apa salahnya bisa dijadikan tempat alternative wisata keluarga.

Semoga bermanfaat dan happy blogging….

Subscribe to this Blog via Email :