14 Jan 2013

Untung Rugi Award Blog

awardUntung Rugi Award Blog | Award buat para blogger sepertinya sudah tidak asing lagi didengar dan melihatnya. Dan sejak saya ngeblog beberapa bulan yang lalu, sepertinya sudah banyak award yang saya terima dari sobat blogger yang lain, entah berapa jumlahnya saya sendiri tidak mengingatnya. Tapi apa sih arti dari award yang sebenarnya?

Menurut kamus online wikipedia, award adalah sesuatu yang diberikan pada perorangan atau kelompok jika mereka melakukan suatu keunggulan di bidang tertentu. Tapi mungkin definisi ini sepertinya kurang cocok di dunia blogging, tapi entah kenapa muncul istilah ini saya sendiri kurang tahu, karena kadang-kadang yang terjadi adalah baru berkunjung sekali sudah diberi award, lucu kan, padahal belum memberi kontribusi apa-apa buat blognya hehe…
Yah mungkin siempunya blog bingung juga memberi awardnya, karena biasanya award yang diterima harus diestafetkan lagi, mending kalau satu atau dua, kalau 10 blogger ya meneketehen hehe…

Tapi ya sadar atau tidak sadar, pemberian award dalam dunia blogging ini ternyata ada juga untung ruginya. Berikut mungkin beberapa keuntungan dan kerugian dalam award ini :

APA SIH KEUNTUNGANNYA?

Sebuah Bentuk Penghargaan
Siapapun pasti ingin dihargai bukan, walupun hanya mungkin sekedar satu buah permen.  Award dalam blogging sendiri adalah sebagai sebuah bentuk penghargaan sesama blogger dengan tujuan untuk penyemangat dan mempererat keakraban.

Lumayan ada Bahan Postingan
Ditengah sepinya ide dalam otak kita, award mungkin salah satu solusinya buat bahan postingan. Hal ini akan dirasa wajar jika sekali-kali saja postinganya, tapi kalau seminggu bisa 4 kali bisa ngga wajar juga hihi…

Bisa Tukar Link
Dalam memposting award biasanya si penerima award akan memasang link si pemberi di postingannya. Ini juga berguna sebagai sarana saling bertukar link secara tidak langsung. Tapi sekedar saran jangan berlebihan bemberi linknya, mungkin cukup satu atau dua saja.

Mendatangkan Pengunjung Baru
Ini salah satu trik unuk menarik pengunjung baru juga. Apalagi jika kita memberi award kepada blog yang ramai pengunjung. Mungkin satu atau dua pengunjung akan penasaran, siapa sih sang pemberi awardnya, apakah orang ganteng apakah orang jelek hihi….

Sebuah Eksistensi
Ini sepertinya point penting dari award ini karena dengan award membuktikan bahwa blog kita ini eksis di dunia blogging.  

APA SIH KERUGIANNYA?

Sebenarnya kerugian ini relative sih, tergantung darimana kita melihatnya. Karena mungkin blogger satu dan yang lainnya berbeda dalam cara pandangnya. Namun dapat disimpulkan bahwa diantara kerugiannya adalah bisa memberatkan loading blog karena mungkin pendesain award tidak memperhatikan ukuran gambar. 

Kerugian lain bisa membuat iri pengunjung blog yang tidak kebagian award hihi…semoga tidak demikian sih. Tidak ada kamus iri dalam ngeblog iya ngga? 
Yang terakhir mungkin merusak tema postingan, misalnya ada blog yang niche-nya tentang software, eehh dapat award yang berantai, otomatis akan posting award juga kan? Ya Jaka Sembung bawa tahu namanya hehe…makanya sekedar saran lebih baik kita melihat dulu siapa yang mau kita beri award.

Nah itulah beberapa permasalahan dalam award blog. Dan mumpung lagi bahas tentang award, sekalian saja mau nunjukin award yang saya dapat dari sobat ZigZoor dan sobat Beni Iskandar yang punya Tutorial inBlogspot. Inilah awardnya :
sunshine award
Dari Sobat Beni Iskandar
top commentator award
Dari Sobat ZigZoor
Terimakasih yah buat sobat ZigZoor dan sobat Beni yang sudah sudi memberikan award ini. Maaf yah awardnya ga dibagi, saya simpan saja hehe...Semoga bisa lebih mempererat rasa persaudaraan kita sesama blogger. 

Semoga bermanfaat dan happy blogging….