Rahasia Dibalik Bersin

bersin
Rahasia Dibalik Bersin | Setiap kali bersin, dianjurkan mengucapkan ”Alhamdulillah” sebagai ucapan syukur kepada Allah SWT. Sedangkan orang yang mendengarnya  mendo’akan: "Yarhamukallah” semoga Allah merahmatimu" (God Bless You). Dan Orang yg bersin kembali membalas doa’ tersebut dengan ucapan: “Yahdikumullah wa Yuslibaahakum”,  Semoga Allah memberi petunjuk kepadamu dan perbaiki keadaanmu". Hal ini senada dengan sabda Rasulullah Saw :
Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam,  beliau bersabda,

إِذَا عَطَسَ أَحَدُكُمْ فَلْيَقُلْ الْحَمْدُ لِلَّهِ وَلْيَقُلْ لَهُ أَخُوهُ أَوْ صَاحِبُهُ يَرْحَمُكَ اللَّهُ فَإِذَا قَالَ لَهُ يَرْحَمُكَ اللَّهُ فَلْيَقُلْ يَهْدِيكُمُ اللَّهُ وَيُصْلِحُ بَالَكُمْ
“Ababila salah seorang dari kalian bersin, hendaknya dia mengucapkan, “alhamdulillah” sedangkan saudaranya atau temannya hendaklah mengucapkan, “yarhamukallah (Semoga Allah merahmatimu). Jika saudaranya berkata ‘yarhamukallah’ maka hendaknya dia berkata, “yahdikumullah wa yushlih baalakum (Semoga Allah memberimu petunjuk dan memperbaiki hatimu).” (HR. Bukhari no. 6224 dan Muslim no. 5033)

Sobat Muro’i El-Barezy,ternyata ada 2 hal yang menarik dibalik bersin..
Yang pertama, saat bersin kuman dan kotoran terlempar bahkan sampai kecepatan 250 km per jam. 
Kenapa mengucap "Alhamdulillah" (bersyukur)? Ternyata saat bersin jantung BERHENTI selama “nol koma sekian detik” walaupun tidak berhenti sama sekali. Nah kalau keterusan berhenti berdetak selamanya gimana tuh? Bisa dibayangkan kan?  Oleh karena itu kita bersyukur dengan mengucap ”Alhamdulillah”.
Dan yang kedua adalah, JANGAN MENCEGAH BERSIN 
Dr Michael Roizen, kepala Wellness Officer Clevelend Clinics, seperti dikutip dari Doctoroz.com. mengungkapkan ada beberapa hal berbahaya yang bisa ditimbulkan jika seseorang menahan bersin, yaitu;

  • Menyebabkan patah tulang di tulang rawan hidung
  • Mimisan
  • Pecah gendang telinga
  • Gangguan pendengaran
  • Vertigo
  • Retina yg terlepas atau mengalami emfisema.

Semua itu disebabkan karena  tubuh telah dipaksa menahan kecepatan dari bersin yang tinggi. Cedera yang timbul umumnya pengaruhi struktur bagian dalam kepala. Nah jadi sekarang jelas kan kenapa bila kita bersin harus mengucap syukur!

So, kalau terasa mau bersin, lepaskan saja dan segera bersyukur. Tentu saja, bila disekitar kita banyak orang usahakan tutup hidung dengan saputangan atau tisu agar virus yang mungkin ikut tersembur, tidak masuk diudara dan terhisap orang lain.

Semoga bermanfaat dan happy blogging….

32 Responses to "Rahasia Dibalik Bersin"

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah, semua yang terjadi didiri kita ini mempunyai hikmah yang luar biasa, begitu pula dengan bersin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sobat, jadi apapun perintah rosulullah haruslah kit aikuti, ternyata setelah diteliti secara ilmiah, banyak hikmah terkandung didalamnya, trims

      Delete
  3. wadh sklinya ada manfaat ua yah ...

    ReplyDelete
  4. haaatching :D

    betul bang.. malah dl waktu msh kecil didongengin nenek katanya dl nabi adam waktu bersin, kepalanya lepas :D trus Allah menyuruh ngucap "alhamdulillah", biar ga lepas lagi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi sekarang tahu hikmah yang sebenarnya kan apa di balik perintah mengucapkan doa setelah bersin, semoga bermanfaat:}

      Delete
  5. Selama ini hanya mengenal dan mengetahui bilamana kita bersin maka ucapkanlah hamdalah...
    Dengan postingan sobat ini menjadi bertambah pengetahuan saya.
    Terima kasih atas pencerahannya sahabat

    ReplyDelete
  6. Maaf sobat mau nanya maaf oot...kalau membuat slot iklan di samping artikel terkait seperti punya sobat bagaimana yah..sekalian request nih..
    Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama sobat,
      oya nanti kapan2 saya sharekan sob:}

      Delete
  7. Baru tau pak soal manfaatnya, subhanallah semuannya telah diatur sedemikian rupa oleh Allah. Malahan menguap yang nggak boleh... terima kash sharingnya Pak.

    ReplyDelete
  8. Maha benar Allah, dengan segala firmanNya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Allah Masa Besar. Allah Maha Kuasa. Allah Maha Kuasa. Allah is My life, your life and Our life for the rest of the world

      Delete
  9. dari kecil smpk skarang besar nya. barutau kalu dari bersin
    terdapat rahasia ilahi. trmkasih genk.

    ReplyDelete
  10. ternyata bukan sekedar bersin biasa tapi ada manfaatnya juga, makasih infonya sob :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. segala sesuatu memnag mengandung hikmah sob, yang kadang kita tidak tahu..

      Delete
  11. Replies
    1. Vertigo itu kondisi dimana terjadi rasa pusing seperti berputar yang amat sangat mengganggu. Penderitanya bahkan bisa mual-mual dan muntah dan juga bisa terjatuh ketika serangan vertigo ini terjadi. Gejalanya biasanya adalah :
      1. Pusing seperti berputar
      2. Kepala terasa ringan
      3. Rasa terapung, terayun
      4. Mual-Muntah
      5. Keluar Keringat dingin
      6. Muka Pucat
      7. Sempoyongan waktu berdiri atau berjalan

      Delete
  12. Bahaya juga ya kalo sampe gendang telinga pecah. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sob akibat menahan bersin, itu kata dokter sih hihi...

      Delete
  13. Wah saya baru tau ada hikmah dan manfaat di balik bersin ini. Subhanallah. Artikel yang sangat mencerdaskan dan menambah wawasan kita semuanya. Saya pribadi baru mengetahuinya lebih dalam hari ini dari blog ini. Terima Kasih sudah berbagi

    ReplyDelete
  14. Aku pernah membaca sebuah artikel tentang bersin (lupa lagi sumbernya), dan senada dengan apa yang disampaikan oleh anda, bila kita berusaha mencegah bersin, maka akibatnya seperti yang Mas Muro sampikan diatas. Dan ada fakta lain yang menarik dari bersin ini, KATANYA...tak ada orang yang bisa membuka matanya saat bersin, aku sudah mencobanya dan memang tidak bisa hihi...

    ReplyDelete
  15. kadang kita bukanya mencegah bersin gan. tapi emang tau tau ga bisa bersin, kaya mampet aja ga tau dah itu kenapa. efeknya ternyata buruk juga ya kalau gitu.

    ReplyDelete
  16. sungguh luar biasa ya, kecepatannya bisa di adu dengan kecepatan rossi.. hhee

    ReplyDelete
  17. artikel yang sangat bermanfaat sob,saya jadi lebih tahu arti dari semua itu.hatur nuhun kang tos berbagi.

    ReplyDelete
  18. gue baca ini langsung pengen bilang 'Super Sekali!' kalo nahan bersin ternyata -____- bisa kayak gitu yak :O

    ReplyDelete
  19. sya sering ditahan mas tapi gak sengaja, refleknya itu loh haduehhh >.<

    ReplyDelete
  20. Benar Sekali karena kalau bersin terasa plong (pengeluaran virus) maka dari itu hendak membaca alhamdulillah. :)

    ReplyDelete
  21. Saran utk teman2 semua,kalau bersin mata harap dipejamkan,ketika bersin dgn keadaan mata terbuka ditakutkan mata akan beranjak dari tempatnya,.hehe

    trmksh, artikel yg informatif Mas

    ReplyDelete
  22. ternyata memang ada kaitannya dengan bacaan ALHAMDULILLAH

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel