28 Nov 2012

Rahasia Dibalik Bersin

·   32

bersin
Rahasia Dibalik Bersin | Setiap kali bersin, dianjurkan mengucapkan ”Alhamdulillah” sebagai ucapan syukur kepada Allah SWT. Sedangkan orang yang mendengarnya  mendo’akan: "Yarhamukallah” semoga Allah merahmatimu" (God Bless You). Dan Orang yg bersin kembali membalas doa’ tersebut dengan ucapan: “Yahdikumullah wa Yuslibaahakum”,  Semoga Allah memberi petunjuk kepadamu dan perbaiki keadaanmu". Hal ini senada dengan sabda Rasulullah Saw :
Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam,  beliau bersabda,

إِذَا عَطَسَ أَحَدُكُمْ فَلْيَقُلْ الْحَمْدُ لِلَّهِ وَلْيَقُلْ لَهُ أَخُوهُ أَوْ صَاحِبُهُ يَرْحَمُكَ اللَّهُ فَإِذَا قَالَ لَهُ يَرْحَمُكَ اللَّهُ فَلْيَقُلْ يَهْدِيكُمُ اللَّهُ وَيُصْلِحُ بَالَكُمْ
“Ababila salah seorang dari kalian bersin, hendaknya dia mengucapkan, “alhamdulillah” sedangkan saudaranya atau temannya hendaklah mengucapkan, “yarhamukallah (Semoga Allah merahmatimu). Jika saudaranya berkata ‘yarhamukallah’ maka hendaknya dia berkata, “yahdikumullah wa yushlih baalakum (Semoga Allah memberimu petunjuk dan memperbaiki hatimu).” (HR. Bukhari no. 6224 dan Muslim no. 5033)

Sobat Muro’i El-Barezy,ternyata ada 2 hal yang menarik dibalik bersin..
Yang pertama, saat bersin kuman dan kotoran terlempar bahkan sampai kecepatan 250 km per jam. 
Kenapa mengucap "Alhamdulillah" (bersyukur)? Ternyata saat bersin jantung BERHENTI selama “nol koma sekian detik” walaupun tidak berhenti sama sekali. Nah kalau keterusan berhenti berdetak selamanya gimana tuh? Bisa dibayangkan kan?  Oleh karena itu kita bersyukur dengan mengucap ”Alhamdulillah”.
Dan yang kedua adalah, JANGAN MENCEGAH BERSIN 
Dr Michael Roizen, kepala Wellness Officer Clevelend Clinics, seperti dikutip dari Doctoroz.com. mengungkapkan ada beberapa hal berbahaya yang bisa ditimbulkan jika seseorang menahan bersin, yaitu;

  • Menyebabkan patah tulang di tulang rawan hidung
  • Mimisan
  • Pecah gendang telinga
  • Gangguan pendengaran
  • Vertigo
  • Retina yg terlepas atau mengalami emfisema.

Semua itu disebabkan karena  tubuh telah dipaksa menahan kecepatan dari bersin yang tinggi. Cedera yang timbul umumnya pengaruhi struktur bagian dalam kepala. Nah jadi sekarang jelas kan kenapa bila kita bersin harus mengucap syukur!

So, kalau terasa mau bersin, lepaskan saja dan segera bersyukur. Tentu saja, bila disekitar kita banyak orang usahakan tutup hidung dengan saputangan atau tisu agar virus yang mungkin ikut tersembur, tidak masuk diudara dan terhisap orang lain.

Semoga bermanfaat dan happy blogging….

Subscribe to this Blog via Email :