22 Oct 2012

Membuat Permalink Manual di Blogger

·   37

permalink blogger
Membuat Permalink Manual di Blogger | Sobat Muro’i El-Barezy, Bagi yang baru terjerumus di dunia blogging permalink tentunya adalah hal yang cukup asing ditelinga, tapi lain halnya dengan para suhu alias master blog dan ahli SEO. Sudah barang tentu sangat akrab dengan hal yang satu ini. Permalink katanya sih mempunyai kedudukan yang lumayan penting dalam meningkatkan kedudukan artikel kita di SERP.

Permalink yang merupakan singkatan dari 'Permanent Link' merupakan alamat URL atau link yang permanen tentang suatu postingan. Karena saya sendiri pengguna blogger tentunya yang akan kita bicarakan adalah permalink blogger bukan WP atawa yang lainnya, karena masing-masing platform pasti berbeda-beda; meskipun pada prinsipnya tetap saja permalink namanya.
Jika ada yang masih bingung dengan permalink perhatikan contoh berikut, mana yang permalink?


  • http://muroi-elbarezy.blogspot.com/
  • http://muroi-elbarezy.blogspot.com/2012/10/membuat-permalink-manual-di-blogger.html

Nah yang dimaksud permalink adalah yang berada pada point ke dua. Karena pada point kedua tersebut terdapat alamat URL dan judul postingan kita. Sementara yang point pertama  merupakan alamat URL (Uniform Resource Locator) saja, URL adalah sebuah alamat web yang unik dan tidak sama antara satu URL dengan URL lainnya.

Permalink blogger sedikit berbeda dengan di WP. Jika permalink WP bisa dikostumisasi sedangkan di blogger tidak. Itu saja. Juga tidak sama persis dengan judul postingan yang panjang. Karena blogger akan 'menyunat' judul tersebut. Permalink blogger hanya akan mengambil kata-kata dari judul maksimal rata-rata  5 sampai 6 kata pendek. Jadi, ada baiknya memberi judul yang singkat, padat, jelas, kok kaya pidato hehe…

Baiklah sobat Muro’i El-Barezy, sharing kali ini saya khususkan buat sobat yang belum paham saja, buat para master mohon minggir dulu yah. Nah berikut ini bagaimana membuat permalink secara manual di blogger. Berikut cara mudahnya :

Langkah pertama adalah silakan sobat mengetikkan artikel dahulu, kemudian berilah judulnya. Setelah diberi judul, lihatlah disebelah kanan halaman postingan, klik link dan silakan copy.
gambar permalink 1
Langkah yang kedua adalah sobat mem-paste-kan link tersebut pada kotak  berikut, namun pastikan terlebih dahulu sobat sudah meletakkan judul artikel dan membloknya, boleh di awal boleh juga di akhir paragraph.
gambar permalink 2

Yang terakhir adalah klik SAVE. Maka hasilnya akan seperti ini :

permalink 3

Selamat mencoba….





Subscribe to this Blog via Email :