1 Sep 2012

Ternyata Komputer Tablet Bisa Membuat Insomnia

·   3


Komputer tablet memang memberikan kemudahan dalam berkomunikasi dan mencari informasi. Sayangnya, kelamaan bermain tablet malah bikin Anda insomnia.

Pasalnya, tingkat keterangan cahaya di layar dan durasi lamanya pemakaian komputer tablet atau ponsel menyebabkan tingkat hormon melatonin menurun. Akibatnya, Anda kesulitan untuk tidur.

Melatonin merupakan hormon yang mengatur jam tubuh kita. Hormon ini diproduksi oleh kelenjar pineal di malam hari dan dalam kondisi gelap.

Hasil penelitian dari Lighting Research Center (LRC) di Rensselaer Polytechnic Institute menemukan, penggunaan tablet selama dua jam sudah mempengaruhi Anda untuk tetap melek. Apalagi, jika digunakan pada remaja.

"Penelitian ini menunjukkan, paparan cahaya dari tablet selama dua jam saja sudah dapat menekan melatonin sebanyak 22 persen," jelas peneliti Mariana Figueiro, dilansir Medicalnewstoday (30/8).

Penekanan melatonin akibat cahaya di malam hari tak hanya mengganggu jam tubuh (ritme sirkandian), namun juga menyebabkan risiko diabetes dan obesitas. Bahkan, dapat meningkatkan risiko penyakit serius, seperti kanker payudara.




Subscribe to this Blog via Email :