Berapa Lamakah Sampah Bisa Terurai?


Pernahkah sobat membuang sampah setiap harinya? Kira kira berapa ratus ton yah sampah yang dihasilkan milyaran manusia di dunia ini? Kadang kita tidak menyadari bahwa sekecil apapun sampah yang kita buang ternyata berdampak cukup untuk membuat bumi ini semakin kotor dengan limbah sampah. Karena ada beberapa sampah yang sampai ratusan tahun akan bisa hancur dengan sendirinya. 

Sampah yang kita buang akan mengalami hancur dengan sendirinya akan tergantung dengan jenis sampah itu sendiri dan waktunya pun berbeda beda. Nah bagi yang belum tahu, kapan sampah sampah iru mengalami penguraian, berikut ini adalah daftar penguraian sampah berdasarkan jenis dan waktunya:
  1. Kertas, lama penguraian 6 bulan
  2. Kulit buah, lama penguraian 6 bulan
  3. Kardus/karton, terurai 5 bulan
  4. Filter rokok, terurai 10-12 tahun
  5. Kantong plastic, 10-12 tahun
  6. Benda-benda kulit, 25-40 tahun
  7. Kain nilon, 30-40 tahun
  8. Jaring ikan, 30-40 tahun
  9. Alumunium, 80-100 tahun
  10. Baterai bekas, 100 tahun
  11. Plastik, 50-80 tahun
  12. Batu baterai, 100 tahun
  13. Botol kaca, perlu 1 juta tahun untuk hancur tanpa bekas
  14. Botol plastic, tidak dapat diperkirakan waktu hancurnya.
  15. Styrofoam, tidak dapat hancur




18 Responses to "Berapa Lamakah Sampah Bisa Terurai?"

  1. wah. stayrofoam jadi masalah yang besar banget nih. Ada satu yang dapat menghancurkan stayrofoam sob, yaitu kiamat. hehe bener kan?

    ReplyDelete
  2. sampah emang masalah no satu yg harus dituntaskan :)

    ReplyDelete
  3. karena hal tersebut, sebaiknya mulailah dari sekarang mendaur ulang sampah-sampah yang ada. saya pikir ini solusi terbaik mengatasi sampah-sampah ini.

    ReplyDelete
  4. setahu saya tryrofoam itu paling gak bisa terurai sobat, meskipun sudah di bakar...

    ReplyDelete
  5. masalah sampah ini memang sedikit susah dalam mengatasinya. karena kalo dibakar akan menimbulkan asap yang.menyesakkan. memang diperlukan krearifitas untuk mengolah sampah ini agar tidak mengganggu

    ReplyDelete
  6. Seakan menjadi dilema. Bila sampah tetap dibiarkan, maka yang ada mengotori bumi. jika mereka dibakar, akan menimbulkan polusi udara dan Global Warming. Tetapi tidak semua sampah dibutuhkan utk keperluan daur ulang.

    ReplyDelete
  7. wew sterofom ga hancur tapi malah banyak pedagang yang pakai ginian yah,
    kantong plastik juga lumayan lama tuh sampe 12 tahunan. jadi harus bisa memanfaatkan biar ga makin banyak nih

    ReplyDelete
  8. waduh, serem amat ...
    Apalagi jumlah seharinya bisa sampai puluhan ton bahkan lebih
    jadi apa bumi ini nanti

    ReplyDelete
  9. Makanya kita bisa melihat di Tempat Pembuangan Sampah tumpukan sampah yang semakin menggunung saja karena memang waktu mengurainya yang terbilang membutuhkan waktu yang tidak sebentar

    ReplyDelete
  10. Itu botol kaca lama jg terurainya ya, perlu wktu 1 juta tahun.

    ReplyDelete
  11. Yg namanya sampah memang sudah jadi permasalahan di mana2..

    ReplyDelete
  12. duh sbeenarny yg bikin sampah kita, yg buat sampah kita... sampah emang masalah. Seharusnya kita memang jeli dan pandai2 mengatur sammpah itu sndiri., ke paasar bawa tas sendiri tanpa perLU PLAStik harusnya diindahkan yah. hehehe

    Ke swalayan bawa tas khusus jadi klo bolak balik ehhe.. kLo jaman rosul mngkin ndak ada plastik adanya kantong pake sarung ya? hehehe

    aku baru tw maksih infonya nih.

    ReplyDelete
  13. wah, botol kaca ternyata sampai selama itu,,,, wah tak terbayangkan dah...

    ReplyDelete
  14. Saya gak bisa ngebayangin berapa lama sampah yang ada di bantar gebang bisa terurai semua,,,hadeuuhhh

    ReplyDelete
  15. sungguh lama ternyata waktu yang diperlukan untuk menguraikan sampah....

    mari cintai alam...

    ReplyDelete
  16. wah sampah yg non organik ya bang... yg susah n bakal makan wajtu lama buat terurainya... :)
    trima ksh.. bang jadi dpt ibfo yg bermanfaat :)

    ReplyDelete
  17. sampai ada yang bermanfaat, tapi banyak pula yang bisa timbulkan bencana, info yang bermanfaat

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel