Yang Terbaru

Subscribe Here!

Dapatkan Update Informasi Terbaru dari KANG MUROI Melalui Email

Blog Stats

3 Golongan Manusia Yang Pertama Kali Diadili di Akherat

By On 3.7.12


Sobat Muro’i El-Barezy, adakalanya kita merasa berbangga diri dengan segala amal perbuatan kita, seakan-akan ia akan menuntun kita ke arah surga. Namun sebenarnya segala amal perbuatan kita tergantung niat dan tujuannya. Sambil mengingat kealfaan diri dan mudah mudahan bisa bermanfaat buat sobat semua, disini ane sampaikan sebuah hadits panjang yang diriwayatkan oleh imam Muslim, yang beliau sendiri selalu bercucuran air mata jika membaca hadits ini. Berikut hadits tersebut :

Muslim meriwayatkan dari Abu Hurairah ra, dia berkata: “Rasulullah SAW bersabda:’Allah berfirman: ‘Golongan manusia yang pertama kali akan diadili kelak pada hari Kiamat adalah : 

Pertama, orang yang secara zhahirnya mati syahid, Orang tersebut disidangkan lalu diperlihatkan kepadanya kenikmatan yang bakal diterimanya dan diapun melihatnya. Akan tetapi, dia lalu ditanya:’Apa yang telah engkau perbuat?’ Dia menjawab:’Aku telah berperang karena-Mu hingga terbunuh sebagai syahid.’ Allah berfirman:’Engkau dusta. yang benar adalah engkau berperang dengan niat supaya disebut sebagai jagoan dan engkaupun sudah mendapatkannya. ‘Selanjutnya, Allah memerintahkan (kepada malaikat) agar orang tersebut diseret pada mukanya hingga akhirnya dicemplungkan ke dalam neraka. 

Kedua, orang yang mempelajari ilmu Islam dan mengajarkannya kepada orang lain dan selalu membaca Al Qur’an. Orang inipun disidangkan, lalu diperlihatkan kepadanya kenikmatan yang akan diterimanya dan diapun melihatnya. Akan tetai, dia lalu ditanya:”Apa yang telah engkau perbuat?’ Dia menjawab:’Aku telah mempelajari ilmu Islam dan mengajarkannya kepada orang lain serta selalu membaca Al-Quran karena-Mu. ‘Allah berfirman: ‘Engaku dusta. Yang benar adalah engkau mempelajarinya supaya engkau disebut sebagai qari’(orang yang lihai dalam membaca) dan engkau sudah mendapatkan semua itu.’ Selanjutnya, Allah memerintahkan (kepada malaikat) agar orang tersebut diseret pada mukanya hingga akhirnya dicemplungkan ke dalam neraka. 

Ketiga, orang yanag diberi kekayaan melimpah oleh Allah, yang digunakan untuk banyak bershadaqah. Orang ini pun disidangkan, lalu diperlihatkan kepadanya kenikmatan yang bakal diterimanya dan diapun melihatnya. Akan tetapi, dia lalu ditanya: ‘Apa yang telah engkau perbuat dengan hartamu?’ Dia menjawab:’Tiada satu kesempatan pun yang didalamnya Engkau suka agar seseorang mengeluarkan shadaqah padanya, melainkan aku bershadaqah di dalamnya karena-Mu.’ Allah berfirman:’Engkau dusta, Yang benar, engkau mengeluarkan shadaqah di dalamnya Engkau suka agar seseorang mengeluarkan shadaqah tersebut dengan niat agar engkau dikatakan sebagai dermawan dan engkau sudah mendapatkan julukan itu.’ Selanjutnya, Allah memerintahkan (kepada malaikat) agar orang tersebut diseret pada mukanya hingga akhirnya dicempungkan ke dalam neraka.

Na’udzu billah min dzalik. Semoga kita terhindar dari ketiga golongan tadi, yang secara dzahir terpuji dihadapan manusia, tapi menurut Allah sungguh sangat tercela. Niat adalah kunci segala amal kita. Semoga bermanfaat……


33 komentar

biar ngantrinya gak lama kali yah yg pertama dan kedua..

Subhanallah..

salam persahabatan.

please visit, i will visit back : JadikanPinter!

ralat : ternyata, setelah saya baca ulang. mereka semua dusta :'(

semua tergantung niat dalem hati seseorang..

Amiin.. Saya mengamini doa mas Muro'i, semoga kita tdk tergolong manusia yg rugi dunia akhirat ya, mas. Semoga Allah memberikan rahmat-Nya kpd kita untuk meraih ridha-Nya. amin

sejatix adalah hrs ikhlas.., cz walaupun scr lahiriah terlihat sungguh2 tp klo tdk cz Allah maka akan tertolak..., syukran tausiyahx sob...! *smile

ngeri ya gan, ga mudah ternyata. masih ada yang perlu di benahi terutama dari niat.

Kang Muro'i mungkin review alexanya gagal, saya lihat ga ada di list,, tapi saya sudah review blognya kang muro'i yang inspiratif ini dan sukses,, jika berkenan boleh di ulang lagi review.. klu ga jg gpp trims.. Dinsphotography


Untuk artikelnya selalu membuat saya suka membaca tulisannya,, informasi dan tulisan yang sangat membuat saya ingin selalu bolak bbalik kesini.. yang paling saya suka.. info iklan menggunakan mobil waktu itu.. hehe.. salam..

ALLAHU AKBAR, terima kasih sudah mengingatkan bang...
semoga kita semua di beri rahmad dan hidayah oleh ALlah, semoga kelak kita dapat diterima disisinya.. AMIN

ikhlas inside ... penting !!! ikutan sob :D

intinya mereka pada melakukan hanya untuk mendapatkan pujian dari orang lain, jadi mereka mengerjakan tanpa dengan keihklasan hanya karena Allah SWt. Naudzubillah mindzalik semoga saya bukan termasuk 3 orang tadi.

Nice share

Na’udzu billah tsumma Na’udzu billah,,, Seperti sabda Rasulullah "innamal a'malu bil niyat" (Semua amal perbuatan berasal dari niatnya)
semoga kita g seperti itu gan, semoga kelak amal kita diterima oleh Allah SWT.

=(( iya, jangan sampe deh masuk 3 golongan ini..

dari komennya ahsans, jadi inget lagu Ungu: Sesungguhnyaaaa manusia takkan bisaaa menikmati syurga tanpa ikhlaas di hatinya :)

*sambil nyanyi ^^v

betul sob, intinya ikhlas,,, saat tangan kanan memberi saja tangan kiri nggak boleh tahu ,,, yah,,, semua ibadah harus bersumber ikhlas,,,

wilujeng ngeblog

amiin ya Alloh emoga kita terhindar ....

ASTAGFIRRULLAHHALLAdZIM,mudah2an dosa2 kita di ampuni kang.laaillahaillallah,allah huakkbar.jadi takut dosa kang.

wah ternyata komentar saya menginspirasi y sob,, hahaha,, :D

Semoga kita tidak termasuk didalam ketiga golongan itu ya sob.

intinya harus ikhlas,
semoga gak termasuk yang seperti itu, amin,,

ruhul amal itu ikhlas, amal tanpa ikhlas bagai tubuh tanpa jasad:}

Amin juga, trimakasih atas silaturrahimnya:}

enabr sob, semoga menjadi renungan kita untuk menjadi lebih baik dan ikhlas dalam amal kita:}

bener gan, kata2 yang mudah diucapkan namum sangat berat untk dilaksanakan, semoga kita bisa, amin:}

oke gan nanti ane review lagi semoga berhasil...

trimakasih supportnya:}

sama sama sob, semoga kita terhindar dari sifat riya, amin

silakan sob, trims silaturrahmnya

amin, semoga Allah menerima amal kita kelak, trims.

bener pisan kang Asep, hatur nuhun

wilujeung ngeblog!

ya semoga sob, trims silaturrahimnya:}

amin, semoga ya gan, trimakasih silaturrahimnya:}

jangan sampai kita termasuk kedalam orang yang berbuat baik hanya untuk mendapatkan pujian..

tantangan yang sangat berat..

jalan2 sore.., happy blogging.. *smile

saya lagi mencari yang komplit dari hadits ini...