Yang Terbaru

Subscribe Here!

Dapatkan Update Informasi Terbaru dari KANG MUROI Melalui Email

Blog Stats

Efek Kenaikan BBM, Mencoba Beralih Mengkonsumsi Pertamax

By On 27.11.14

pertamax
Mencoba Berailih Mengkonsumsi Pertamax | Beberapa waktu yang lalu pemrintah Jokowi-JK benar-benar telah menaikkan harga premium dari 6,500 menjadi 8,500 rupiah. Kelihatan kecil memang karena uang segitu saat ini hanya bisa beli kerupuk 2 biji saja. Namun kita tidak sesederhana itu cara berfikirnya, naiknya BBM walaupun hanya 2 ribu rupiah saja namun efek alias dampak dari kenaikan itulah yang tidak bisa terhindarkan. Bagi yang berfikir singkat mungkin tidak begitu menghiraukannya, mereka berfikir yang penting masih bisa kebeli lah wong rokok yang belasan ribu saja bisa kebeli.

Dampak kenaikan BBM mau tidak mau harus dirasakan oleh sebagian masyarakat Indonesia termasuk saya karena saya merasa menjadi dari bagian rakyat Indonesia. Bahkan beberapa hari sebelum pengumuman kenaikan BBM, harga-harga kebutuhan pokok mulai merangkak naik duluan dari mulai bawang, beras, daging dan macam-macam yang lainnya.

Oke deh saat ini nasi sudah menjadi bubur, segalanya sudah diputuskan dan sangat sulit untuk diturunkan kembali. Mau tidak mau kita harus mengikuti ritme perubahan pasca perubahan kenaikan BBM ini termasuk saya sendiri. Kembali ke judul postingan ini yaitu mencoba beralih mengkonsumsi pertamax, tapi bukan minum pertamax loh hehe...

Seperti diketahui bahwa sebelum kenaikan BBM harga pertamax dan premium terpaut cukup jauh, pertamax sudah mencapai 10 ribuan sedangkan premium seharga 6,500, lumayan kan bedanya,sehingga saya lebih memilih premium dibanding pertmax yang mahal. Lagian saya masih pake roda dua, sayang kalo pake pertamax hehe.

Namun saat ini harga pertamax dan bensin tidak terpaut begitu jauh sehingga dipikir-pikir mending segera beralih menggunakan pertamax karena ternyata dan memang pada kenyataannya pertamax lebih unggul dari bensin premium. Menurut beberapa sumber yang saya dapatkan ada bebrapa kelebihan pertamax daripada bensin premium, berikut beberapa kelebihannya :

  1. Pertamax memiliki nilai oktan(tingkat bakar) 92, sementara premium memiliki angka oktan 88. Dengan demikian lebih mudah terbakar daripada premium, sehingga mesin lebih responsif bertenaga dan bebas ngelitik.
  2. Pertamax juga diberikan aditif generasi terbaru yang akan memastikan ruang bakar dan sistem bahan bakar tetap bersih. Hal ini sangat penting terutama untuk mesin yang mengunakan sistem injeksi atau EFI, dimana sedikit saja adanya kotoran yang menyumbat, maka akibatnya bisa sangat mengganggu kinerja mesin.
  3. Pertamax tidak mengandung timbal atau logam berat lain, sehingga akan menghasilkan gas buang yang lebih ramah lingkungan dan lebih aman bagi kesehatan manusia. Selain itu, bensin tanpa timbal akan menjaga ruang bakar dari deposit yang bisa menurunkan performa mesin.
Nah mengingat banyak kelebihan dan keunggulan dari pertamax ini apa salahnya saya mencoba untuk mengkonsumsi pertamax untuk kendaraan. Pertimbangan lain adalah ketika saya merubah pola konsumtif dengan beralih dari preimum ke pertamax tidak ada pengaruhnya juga terhadap tatanan kehidupan. Tidak seperti pemerintah yang hanya menaikkan dua ribu tapi gonjang-ganjingnya luar biasa seperti terjadi perang dunia ke tiga saja hehe. Bagaimana dengan sodara-sodara?

Semoga bermanfaat dan happy blogging..


42 komentar

Banar Kang kalau untuk yang ngebul saja bisa kebeli, kenapa BBM yang harganya masih di bawah itu saja membuat bingung ya ? he,, he, he,,, Yang namanya perubahan itu pasti sokterapinya pada kaget saja, asal jangan pada panik. :D

Salam siang Kang Muroi apa kabarnya semoga baik dan sehat selalu. Sampai detik ini Effects dan dampak dari kenaikan BBM Di kampung saya masih seperti belum ada tanda tanda adanya masih mereda. seoalah Pemerintah yang di salahkan. saya mah orang kecil gimana yang diatas saja

Saya nyimak sambil duduk manis saja. saya manut saja deh sama Mas Indra sebagi Sepuh saya. dan sama Kang Muroi sebagai penasihat saya. Makasih Mas/Kang :)

Jam segini Kang Muroi nya ada gak ya. koq belum keluar juga padahal kan saya sama Mas Indra sudah Clegukan pengen ngopi deh.. hallo Kang Muroi.. hallo kulo nuwun.. assalam muallaikum :)

saya saja sebagai pengendara motor kang.. saya jadi lebih memilih pertamax kang... karena kelebihan pertamax itu sangat baik sekali mas...

terima kasih kang sudah memberikan informasi nei...

iya mas.. kang muroi lagi sibuk kerja mungkin mas.. makanya belum keluar tuk saat ne... :)

Numpang PERTAMAX, intinya jangan bergantung pada BBM meski hidup ini tidak terlepas dari BBM.

Aduh BBM lagi BBM lagi, emang lagi trending semua ngebahas BBM.

emangnya pertamax masih 10ribuan nggak ikut naik yakang?
soalnya saya nggak pernah beli pertamax semenjak harga BBM naik

untung pertamax saya masih banyak jadi belum mikir BBM.hehe

saya baik-baik saja mas saud.semoga kang muroi juga kek gitu

saya juga pengguna pertamax, lebih bagus kwalitasnya..

Kaya nya Elmu pertamax nya Mas Yanto sudah basah alias mlempem hehhehe :D

Hadir kembali Kang Moroi, di siang ini saya turut Prihatin saja atas Naiknya BBM ya Kang?

Ya Ndak Mungkin lah Mas Wong iku minum Pertamax Emange Sampean Mas Yanto..???? hkhkhk

Masih belum sempat lebih tepat sekalinya. hebat kan saya nebaknya. orang saya Teman Kang Moroi yang paling deket iya kan Kang? :-bd

selisih harga yang tipis dan keuntungan menggunakan pertamax..jadi penyebab peralihan itu....keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

Waaah bener banget kang hariyanto.. selisih harganya memang tipis banget..

gimana rasanya coba..nah betul tuh mas saud

yang buat rame disini mas yanto dan mas saud tambah satu lagi mas wong juga...

kenaikan BBM ini memang sudah di prediksi oleh saya(sebagai pengamat BBM) khususnya perubahan prilaku konsumen untuk menggunakan dan membeli barang yang lebih berkualitas untuk menjaga mesin dan performanya lebih awet dan mumpuni dengan menggunakan Pertamax...keren kan :D

weh saya mau pake pertamax juga nie

sama kang saya juga sekarang sedang mecoba beralih ke pertamax soalnya harganya beda tipis sih :v

Untuk saja hanya apel aja di sini mas, sambil mencoba yang pertamax di rumah yang ramai ini. he,, he, he,,

Amiiin,,,, walau kenaikan BBM sedng melanda, tapi kita semua akan baik-baik saja ya Kang.

Ijin ronda Pagi Kang Muroi,, kayanya dampak kenaikan BBM Di kampung saya mulai terasa. dengan semua hrga sembako pada ikut ikutan naek latah gara gara BBM Naik Kang

Saya heran nih.. Mas Ehwansah? Sama Mas Yanto+Mas Wong kemana aja saya pergi nguntit terus apa jangan jangan mereka itu Cinta saya yah..? hhhhhiiiyy bisa rempong deh booo hkhkh... Mas Indra Pertamax nya buat saya aja ya? Nanti Sampean pulangnya Tak Boncengin sama Sepedah Onthel saya deh.. oke kan? :D

Yu mari sama sama kita Bernyanyi.. eeeh maaf Berdo'a makasud nya hehhe

Bagusan mana sama yang Dua tamax coba Mas Ehwansah?

;S;alam malam ;K;ang ;M;uroi, semoga saja efek kenaikan BBM ;ini bisa diambil berkahnya ya ;Kang, saya biasanya campur aja ;K;ang ;P;remium dan ;Pertamx setelah bbm naik kayanya mendingan pakai Pertamak terus ni

sepakat dengan kang Indra, justru bagus dengan kenaikan BBM ini kita semakin menjadi dewasa untukkemudian mengambil hikmahnya, dengan beralih ke Pertamax tentu mesin kendaraan dan performanya menjadilebih bagus dan awet...hidup kenaikan BBM

benar tuh harga premium dan pertamax gak beda jauh mending mulai sekarang beralih aja ke pertamax, toh lebih bagus juga pertamax ketimbang premium

semoga pemerintah lebih bijak menanggapinya

thanks for sharing, i really love your post..
very good article, I am very happy to be able to visit and comment on this website