Sambal... Oh Sambal...

sambal
Sambal…oh Sambal.. | Entah mengapa hari ini saya pengin posting mahluk yang satu ini. Mahluk yang tidak asing lagi sebagai pelengkap makan penggugah selera. Apalagi kalau bukan sambal atau sambel. Sudah tidak asing lagi kan namanya. Kalau yang doyan pedes pasti nama ini tiap hari deh dengarnya..sambal…mana sambal…

Tidak dipungkiri lagi, sambal adalah adalah pelengkap wajib buat sebagian orang ketika menyantap makanan. Mungkin jika makan tanpa sambal ibarat sayur tanpa garam, sambal membuat nafsu makan bertambah dan menciptakan sensansi tersendiri diantaranya adalah keluarnya keringat akibat pedasnya sambal. Yang anehnya walaupun mulut sampe jontor karena pedas, sambal tetap dihajar sampai ludes hehe…makanya ada istilah tobat sambel kan, yang artinya tobat ya tobat, tapi tetep aja maksiat.

Bicara masalah sambal menyambal, banyak sekali ragamnya. Tentunya masing-masing orang punya cita rasa yang berbeda-beda dan mungkin punya sensasi tersendiri ketika menyruputnya hehe..kaya kopi aja yah. Disamping membuatnya mudah, bahan-bahan sambal juga tidak terlalu susah mencarinya. Nah berikut ini diantara beberapa sambal yang mungkin juga kesukaan sobat.

Pertama sambal tomat , sambal tomat ini biasanya berbahan cabai hijau ataupun merah dan tambahan tomat yang direbus setengah matang membuat sambal ini sedikit asam karena rasa tomat tetapi pedas. Sambal tomat ini sangat cocok menemani ketika memakan ikan bakar maupun ayam bakar.

Kedua sambal rawit , kalau yang ini jangan dilawan, soalnya kecil-kecil cabe rawit. Sambal rawit ini biasanya cocok untuk menemai telur ayam kampung yang direbus. Cabai rawit yang pedas yang mendominasi sambal ini dipastikan keringat akan bercucuran ketika memakan sambal ini.

Ketiga sambal ijo, sambal yang satu ini adalah sambal khas dari masakan padang. Kalo sobat biasa mampir di warung Padang sudah pasti akan menemukannya.  Dibuat dengan bahan utama cabai hijau yang dikukus sebelum di ditumbuk kasar dan disangrai. Pokoke sambal ini mak nyus deh rasanya…

Keempat sambal kacang, sambal jenis ini terus terang saya ngga suka, alasannya ngga tahu kenapa, pokoke ngga suka aja sih, tapi mungkin karena manisnya kali yah. Sambal kacang berbahan utama kacang, biasa dipakai untuk sambal sate maupun sambal untuk nasi pecel. Rasanya manis tidak begitu pedas karena memang berbahan utama kacang.

Kelima sambal terasi, nah ini nih sambal yang nikmat. Sambal yang satu ini sepertinya banyak fans-nya, termasuk saya hehe….. Sambal terasi adalah sambal yang berbahan utama cabe merah namun ditambah terasi yang berbau menyengat sehingga manambah aroma maupun rasa dari sambal. Sebelum dicampur dalam penumbuk, terasi biasanya di bakar atau di goreng  terlebih dahulu agar ketika ditumbuk dalam adonan mengeluarkan bau harum. Sambal ini adalah sambal khas daerah di jawa, orang jaman dulu ketika makan cukup ditemani sambal ini dan krupuk sebagai lauk. Tapi jangan salah walau hanya pake kerupuk tapi nasi sebakul habis karena saking nikmatnya, mertua lewat juga ngga ditawarin hihi....

Nah itulah beberapa macam sambal yang mungkin masih ada puluhan nama sambal yang lainnya, kalau sobat suka sambal yang mana? Tapi jangan bilang SAMBAL JEPIT yah, yang ini keras banget soalnya hehe…..

Semoga bermanfaat, happy blogging…..



Share this

Catatan Kang Muroi, adalah blog yang menyajikan berbagai macam info menarik, Kolom Tutorial, Blogger Template, Motivasi, Otomotif, Rubrik Islam, Tips dan Trik dan berbagai macam hal menarik lainnya

Related Posts

Previous
Next Post »