Yang Terbaru

Subscribe Here!

Dapatkan Update Informasi Terbaru dari KANG MUROI Melalui Email

Blog Stats

Sambal... Oh Sambal...

By On 9.3.13

sambal
Sambal…oh Sambal.. | Entah mengapa hari ini saya pengin posting mahluk yang satu ini. Mahluk yang tidak asing lagi sebagai pelengkap makan penggugah selera. Apalagi kalau bukan sambal atau sambel. Sudah tidak asing lagi kan namanya. Kalau yang doyan pedes pasti nama ini tiap hari deh dengarnya..sambal…mana sambal…

Tidak dipungkiri lagi, sambal adalah adalah pelengkap wajib buat sebagian orang ketika menyantap makanan. Mungkin jika makan tanpa sambal ibarat sayur tanpa garam, sambal membuat nafsu makan bertambah dan menciptakan sensansi tersendiri diantaranya adalah keluarnya keringat akibat pedasnya sambal. Yang anehnya walaupun mulut sampe jontor karena pedas, sambal tetap dihajar sampai ludes hehe…makanya ada istilah tobat sambel kan, yang artinya tobat ya tobat, tapi tetep aja maksiat.

Bicara masalah sambal menyambal, banyak sekali ragamnya. Tentunya masing-masing orang punya cita rasa yang berbeda-beda dan mungkin punya sensasi tersendiri ketika menyruputnya hehe..kaya kopi aja yah. Disamping membuatnya mudah, bahan-bahan sambal juga tidak terlalu susah mencarinya. Nah berikut ini diantara beberapa sambal yang mungkin juga kesukaan sobat.

Pertama sambal tomat , sambal tomat ini biasanya berbahan cabai hijau ataupun merah dan tambahan tomat yang direbus setengah matang membuat sambal ini sedikit asam karena rasa tomat tetapi pedas. Sambal tomat ini sangat cocok menemani ketika memakan ikan bakar maupun ayam bakar.

Kedua sambal rawit , kalau yang ini jangan dilawan, soalnya kecil-kecil cabe rawit. Sambal rawit ini biasanya cocok untuk menemai telur ayam kampung yang direbus. Cabai rawit yang pedas yang mendominasi sambal ini dipastikan keringat akan bercucuran ketika memakan sambal ini.

Ketiga sambal ijo, sambal yang satu ini adalah sambal khas dari masakan padang. Kalo sobat biasa mampir di warung Padang sudah pasti akan menemukannya.  Dibuat dengan bahan utama cabai hijau yang dikukus sebelum di ditumbuk kasar dan disangrai. Pokoke sambal ini mak nyus deh rasanya…

Keempat sambal kacang, sambal jenis ini terus terang saya ngga suka, alasannya ngga tahu kenapa, pokoke ngga suka aja sih, tapi mungkin karena manisnya kali yah. Sambal kacang berbahan utama kacang, biasa dipakai untuk sambal sate maupun sambal untuk nasi pecel. Rasanya manis tidak begitu pedas karena memang berbahan utama kacang.

Kelima sambal terasi, nah ini nih sambal yang nikmat. Sambal yang satu ini sepertinya banyak fans-nya, termasuk saya hehe….. Sambal terasi adalah sambal yang berbahan utama cabe merah namun ditambah terasi yang berbau menyengat sehingga manambah aroma maupun rasa dari sambal. Sebelum dicampur dalam penumbuk, terasi biasanya di bakar atau di goreng  terlebih dahulu agar ketika ditumbuk dalam adonan mengeluarkan bau harum. Sambal ini adalah sambal khas daerah di jawa, orang jaman dulu ketika makan cukup ditemani sambal ini dan krupuk sebagai lauk. Tapi jangan salah walau hanya pake kerupuk tapi nasi sebakul habis karena saking nikmatnya, mertua lewat juga ngga ditawarin hihi....

Nah itulah beberapa macam sambal yang mungkin masih ada puluhan nama sambal yang lainnya, kalau sobat suka sambal yang mana? Tapi jangan bilang SAMBAL JEPIT yah, yang ini keras banget soalnya hehe…..

Semoga bermanfaat, happy blogging…..



84 komentar

Mudah2an dapat pertamax,amin!!!ngomong2 soal smen,eh sambal saya jadi laper nh he he

paling suka sambal ijo... masakan padang yahud dah pokonya...

kalo sulawesi sambal dabu2

ngomong2 perut jadi keroncongan,ni mas setelah lihat sambal hehehe. wah pastu minumnya kopi panas langsung D" megap2 ya mang xixixi

ayo makan mas!trimakasih script daftar isi nya.sudah saya pasang

yah saya setujuu.sambil penamba nafsu makan memang. dan semua sambal yg disebutkan semuanya saya suka..
eh tapi jangan kepedasan, ntar mules terus..hehe

sambal tomat dan sambal terasi itu kesukaan saya, kalau sambal kacang agak tidak cocok dengan metabolisme dalam perutku :-)

Paling suka ya sambal kacang. :v

minta dikit mas sambalnya, mau sarapan nih :d

alhamdulullah sob dapat pertamax...(h)

mak nyus yah, apalagi ga pake nasi :d

mantap...habis makan sambal ngopi..jontor mas :d

wah rakus yah :d iya sih nanti kalo pedes malah ga enak sob

wah sama dong mas, metobolisme perut kita :)

iyalah dari Madura..biasanya sambal kacang, sama sate :d

silakan mba, 2 piring juga ngga apa-apa..oya makannya jangan pake nasi yah :-)

disini, sebuah keharusan disetiap sesi makan harus selalu ada sambel, daun daunan, syukur syukur kalau ada petey...sesi makan jadi sebuah fatamorgana yang mesra dan seksi kang...bener suwer

wah, ini postingan bikin ngiler aja ya, jadi pengen sambel kan.... Emang dah nih sambel bisa jadi penambah nafsu makan... Mantep deh kalo makan make sambel.... Hahahhaha, sambal = makhluk???

paling mantep itu sambel rawit, sama sambel kacang trus dikasih ikan mujaer sob ... hehehe

wah...wah...mantap nih sambalnya,resepnya juga komplit,tapi sayang saya kalau makan sambal nggak ku..ku.. deh.pasti b-( he...he...

Yang sayang paling suka sambal terasi Mas,wanginya aja udah buat ngiler.Apalagi kalau sambal terasi dilahap dengan daun rebusan, bakalan nambah haha :)

gue suka sambel! Suka bgt! Paling suka sambel ati! Hehehe

sambel,, makanan pelengkap indonesia banget,, enak sob,, =p~

sambal rawit dan sambal tomat favorit banget deh

Wah bahasa tingkat tinggi nih kang, yang penting makan pake sambel mak nyus ya kang

segalanya pake sambal, tapi sambal itu bukan segalanya sob hehe...

Hmmm ...kayanya nikmat banget tuh

Wah sayang yah ga doyan sambel, padahal mantep kang..

Wah sama ya sob, sambal terasi memang bikin ngiler tuh hehe...

Wah apalagi sambal ati sob, mantep deh

Di Amerika ada sambal ga sob hehe...

Sambal paling saya suka sambal cabe Kang,enak banget tuh apalagi kalau ikan bakarnya bikin gak tahan lidah :)

siang ini, saya rada ngambek sama ibuna...sambelnya klewat pedes, sehah pisan sampe ngga bisa nikmatin daun cocolan dan si pete yang saya bawa dari kebon jadi merana tak termakan...tuh..masih 2 papan deui.

#maafkan aku wahai pete...besok pasti kau kan kumakan..sabar y

Kalo yang di Pecel Lele itu namanya sambal apa sob, saya jadi pengen nich, haha

kalau gertak sambel pasti ngga enak kan?

Iya kang, sambal yang ini siapapun ga suka kayanya

Tapi. Jangan kebanyakan yah, mengganggu metabolisme perut..

saya mau semua. tapi ada satu yang kurang Mas: sambel jelantah. itu sambel surga lho!!

Sambel ijo klo dimakan pakek ayam penyet.. hmmm.. makyusssss..

paling enak sambal pecel lele.. orang indonesia makan tanpa sambal itu rasanya kaya mandi tanpa air..

pte nya buat saya saja kang.kirim ke rumah saya/di sms in aja xixi

hahaha,,,makan ga boleh milih2 mas, itu prinsip saya. selagi halal, bantai ajaa =))

Wih, lengkap banget nih menu sambelnya..
Sambel terasi mantap banget tuh
Jadi ngiler & laper..

Memang nggak lengkap menu makanan jika nggak ada sambelnya..

pagi sobat,,,hehehe,,,kebetulan saya juga pecinta yang namanya sambal....makan tanpa sambal sepertinya ada yang kurang memang Kang Muroi...

HIhihi.... Itu mah lebay namanya Bang, wkwkwkkw

Mampir lagi bang, menyimak postingan sambal yg lagi-lagi bikin ngiler (kejadian yg kedua kalinya nih ngiler)

sambal bisa lebay juga yah :d

memnag ada sambal selain cabe sob, sambal apa yah...oh iya ada sambal goreng :-d

sepertinya sambal tomat bisa sambal kacang juga bisa sob, soalnya keduanya dominan pada sambal ini, cabenya dikit makanya ga pedes, apalagi biasanya pake gula yang banyak...

jelantah...itukan minyak bekas goreng kan mas? emang enak gitu...

wah ada lagi nih istilah, mandi tanpa air, berarti ga mandi dong :-d

kalo sambal jepit suka ga sob?

sambal terasi...semua suka, kecuali yang ga suka :-d

iya sob, laki-laki memang harus suka yang pedes-pedes :D

pgi mas mau ngantrin
gelas kopi kemarin mas mksh'y.

bahahahaha seperti itulah kira2 :))

Ah, saya nggak terlalu doyan ama sambal

wah makasih nih sob, sudah mampir lagi...

saya pernah dnger dri temen. Klo sambelnya pedes bgd nih orang judes and galak hihii...

eh diriku klo bikin sambel gak pernah enak. rasanya masih standar :D

hati-hati yang punya mah dan wasir ya sob

Saya paling suka sambal terasi sambil makan dengan sayur daun pepaya mas..
Pait2 .. pedes ... Huhh hahh huhh hahh..

jadi merinding kalo bicara soal sambel

Sambal balado masih tetap dihati *ups

hmmmmm.............. udah ah, bikin posting yg baru, bikin orang jd laper mulu :>)

makasih sob udah absen lagi, murid yang rajin memang :d

wah wis dikumbah durung mas :-d

waduh sayang tuh sob, padahal nikmat :)

wah harus banyak belajar tuh cara bikin sambel yang enak :d

bener mas, jangan liat enaknya yah

wuih mantep tuh kayanya, jadi ngiler :-d

mantap pokoknya kalau ngak ada sambal ngak mantap :)