26 Nov 2012

Seperti Apa Wajah Masjidil Haram Tahun 2020

·   140

Seperti Apa Wajah Masjidil Haram Tahun 2020 | Berita tidak mengenakan datang dari donatur tetap Yayasan kami, beliaulah yang yang rutin memberikan donasi untuk operasional pesantren tiap bulannya. Disamping membiayayi beberapa puluh anak yatim dan dhuafa beliau juga memberikan dana untuk pembangunan fisik pesantren. Namun akhir-akhir ini dana yang seharusnya mengalir dengan lancar, tersendat karena ternyata hotel beliau yang di Makkah mengalami penggusuran karena ada perluasan Masjidil Haram yang otomatis menurunkan omset dengan sangat drastis.

Katanya ini adalah akibat dari adanya perluasan Masjidil haram. Saya sendiri belum pernah menunaikan ibadah haji dan juga umroh. Namun rasa pensaran timbul, kenapa sampai segitunya dampak perluasannya. Sebegitu hebatkan renovasi sehingga harus merobohkan hotel-hotel di sekeliling Masjid saat ini.
Hal ini juga berimbas kepada di kuranginya jatah para tamu Allah untuk menunaikan ibadah haji. Pada tahun 2011 saja, Indonesia mendapat quota 211 ribu jamaah, namun tahun 2012 hanya 194 ribu saja.

Akhirnya saya menemukan jawabannya, mengapa perluasan itu begitu luar biasa sampai berimbas kepada hotel-hotel di sekelilingnya dan tentu saja sangat merugikan pemiliknya, yang salah satunya adalah donatur tetap di Yayasan kami. Semoga Allah selalu memberikan ketabahan atas cobaan ini.
Masjidil HAram 2012
Masjidil Haram Saat ini (2012)
Sekitar tanggal 30 April 2007, Arab News  memaparkan sebuah tulisan berjudul “Further Expansion of Grand Mosque Planned”. Sebuah Master Plan telah dibuat untuk merubah kawasan di sebelah Masjidil Haram menjadi lebih luas sekitar 35%. Perluasan ini bertujuan untuk menampung pertambahan jumlah haji dan para jam’ah khususnya sepanjang puncak musim ibadah haji dan umrah.

Masjidil Haram Tahun 2020
Rencana Akhir Masjidil Haram tahun 2020
Renovasi besar-besaran itu atas perintah Raja Abdullah, selaku Penjaga Dua Kota Suci (Khadimul Haramain). Raja Abdullah ingin menambah 35% kapasitas Masjidil Haram. Pada saat ini, masjid seluas 356.000 meter persegi itu mampu menampung hingga 2 juta jamaah di dalam dan di halaman.

Proyek pengembangan keempat itu bisa dibilang yang terbesar. Menurut data dari Kementerian Urusan Kota dan Desa, yang dipublikasikan kantor berita KPA, Pemerintah Arab Saudi akan memperluas halaman masjid, membangun tempat parkir, dan memperluas lokasi sa'i antara Bukit Shafa dan Marwah menjadi tiga tingkat.


Pembangunan intensif juga terjadi di Mina, Musdalifah, dan Arafah, yang menjadi rangkaian tempat pelaksanaan ibadah haji. Tempat pelemparan jumrah ditata ulang demi keamanan jamaah. Jaringan transportasi subway juga akan dibangun mulai seputar Masjidil Haram hingga Arafah.


Proyek yang diperkirakan baru tuntas tahun 2020 itu bakal menyerap dana hingga US$ 100 milyar (Rp 920 trilyun). Gelontoran dana super banyak ini mencakup pembangunan gedung pencakar langit, pusat perbelanjaan, apartemen, dan hotel-hotel baru di Mekkah.[sumber]




Wah kalo begini berapa yah biaya haji nanti ketika sudah selesai renovasi, mungkin bisa mencapai ratusan juta rupiah perorang. Ayo mumpung masih murah, siapa yang mau naik haji sekarang??...

Semoga bermanfaat, happy blogging…



Subscribe to this Blog via Email :