Kantor Pos Yang Mulai Terlupakan

kantor pos
Kantor Pos Yang Mulai Terlupakan | Masih ingat dengan lagunya Vina Panduwianta, Surat Cinta, yang popular kira-kira tahun 80-an kalo tidak salah. Kalo salah ya tolong betulkan hehehe…. Saya sendiri lupa-lupa ingat lagunya, soalnya udah jadul banget itu lagu.
Dan bukan masalah lagu yang akan saya bahas pada postingan kali ini.

Sobat tahu kan, siapa yang membawa suratnya?  Yah betul, itulah pak Pos. Lembaga kantor pos pada waktu itu merupakan sebuah pengelola jasa pengiriman surat-menyurat milik pemerintah yang sedang jaya-jayanya. Karena pada waktu itu masih sangat sedikit pengguna surat elektronik alias email dan pengguna internet juga belum booming seperti sekarang ini. Sehingga penggunaan jasa layanan pos masih sangat diminati sebagai sarana satu-satunya untuk berkirim surat.

Tapi lain dulu lain pula sekarang. Fungsi dari kantor pos saat inipun semakin tersisihkan seiring perkembangan zaman dan teknologi. Hampir semua peran kantor pos saat ini tergantikan oleh layanan internet yang saat ini dengan mudah bisa diakses. Dimanapun kita saat  ini, kita bisa berkirim surat lewat surat elektronik atau email, bisa berfacebook ria dan jejaring social lainnya. Internet saat ini sepertinya bukan menjadi barang aneh lagi. Dan ini bukanlah pengaruh negative dari teknologi itu sendiri, namun lebih ke arah perbaikan hidup dalam masyarakat yang tidak dinamis namun akan terus berkembang.

Dan secara sadar pula bahwa kemajuan zaman dengan maraknya internet saat ini bisa menggantikan fungsi dan peran kantor pos saat ini. Namun demikian,peran dan fungsi kantorpos saat ini masihlah tetap optimal dengan adanya inovasi-inovasi dan adaptasi yang dilakukan oleh kantor pos itu sendiri dengan menjadikan pos bukan saja untuk tempat mengirim surat, tapi saat ini kantor pos bisa juga untuk tempat membayar tagihan listrik ataupun telepon, membayar air, membayar cicilan kendaraan bermotor dan lain sebagainya.

Fungsi Kantor Pos yang Tergantikan
Sobat Muro’i El-Barezy, jika dahulu mengirim berita harus melalui kantor pos, namun kini dengan mudahnya bisa kita lakukan hanya mungkin dengan duduk saja dirumah.  Dengan menggunakan layanan internet, ataupun dengan telepon, baik rumah ataupun selular dengan penawaran provider yang semakin memudahkan penggunanya menjadikan pengiriman berita bisa dengan mudah dan cepat.

Fungsi lain yang tergantikan adalah jika dahulu kita mengirim uang hanya dengan wesel melaui kantor pos, saat ini mengirim uangpun bisa dilakukan dengan mudah dan dapat dilakukan di bank-bank dengan berbagai program yang menarik lainnya. Apalagi munculnya Anjungan Tunai mandiri atau ATM, semakin mempermudah pengiriman uang. Sehingga kantor pos tidak menjadi satu-satunya tempat untuk pengiriman uang.

Itulah mungkin beberapa peran kantor pos yang diambil alih fungsinya oleh pelayanan jasa lainnya. Meskipun banyak juga tugas yang harus dilakukan oleh kantor pos, namun sedikit demi sedikit fungsinya saat ini semakin terlupakan.

Jasa Kantor Pos Masih Tetap Ada
Ditengah kemajuan teknologi yang tidak terbendung saat ini, ternyata masih banyak yang menggunakan layanan pos untuk melakukan berbagai kepentingan. Termasuk saya sendiri saat ini masih setia menggunakan layanan pos ini. Saya tiap bulan bisa membayar cicilan kendaraan disini, mengirim uang juga saya kadang masih menggunakan jasa layanan pos. Disamping saya sendiri masih banyak juga mereka yang memakai jasa pos ini. Pengiriman surat resmi, mengirim paket atau barang saat inipun masih banyak yang menggunakan jasa layanan pos ini.

Dan adalah pemandangan tiap awal bulan, kantor pos pasti akan ramai dengan para pensiunan yang mencairkan uang di kantor pos ini. Bagi para pensiunan, kantor pos tidak akan tergantikan oleh lembaga pelayanan jasa manapun.  Karena saat ini hanya kantor pos yang ditunjuk untuk menangani proses dana pensiunan.

Itulah beberapa bukti bahwa kantor pos sampai saat ini juga masih tetap berjasa dan belum bisa tergantikan untuk beberapa peran dan fungsinya. Melalui fungsi tersebut dapat diketahui adanya jasa kantor pos ini bagi sebagian besar masyarakat di Negara kita ini.

Mari Kita ke Kantor Pos!
Bagi saya pribadi yang tinggal di daerah masihlah sangat memerlukan jasa pelayanan kantor pos ini. Pelayanan jasa ini satu-satunya yang  di tiap kecamatan ada di seluruh Indonesia. Sehingga bisa lebih optimal melayani masyarkat di daerah yang mungkin belum terjangkau oleh kemajuan teknologi.
bayar di pos
Namun kesadaran untuk terus menggunakan layanan pos ini semakin berkurang peminatnya. Padahal menggunakan jasa layanan kantor pos ini kita ikut juga dalam membangun bangsa loh.
Dikatakan kita turut andil dalam membangun bangsa karena fungsinya dapat di optimalkan untuk mendekatkan masyarakat dengan kondisi sekitar melalui sarana ini. Pemanfaatan segala jenis jasa yang ada di kantor pos ini menunjukkan bahwa masyarakat kita masih mempunyai rasa kepedulian untuk mengoptimalkan keperluan hidupnya.

Nah itulah beberapa catatan kecil mengenai kantor pos yang saat ini sudah tergantikan fungsinya karena kemajuan zaman dan teknologi. Dan seyogyanya jasa kantor pos tidak boleh kita lupakan di tengah persaingan antar lembaga penyedia jasa lainnya. Yuk kita ke kantor pos.

Semoga bermanfaat dan happy blogging.....


Post a Comment

57 Comments

  1. klo dgr kata kantor pos jd ingat jaman SD dlu.... *smile

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang dulu punya kenangan apa sob waktu SD dengan kantor pos. :)

      Delete
  2. ya dizaman serba moder kayak sekarang ini mungkin orang lebih memilih yang simple ya sob, makanya kantor pos sudah jarang dipakai lagi. terutama dikota-kota besar..
    ternyata dibeberapa daerahmasih menerapkan itu, baguslah, jangan sampai hilang tradisi itu, hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sob, saya juga kan sering menggunakan jasa layanan pos sampai sekarang...makasih sob kunjungannya yah

      Delete
  3. kantor pos masih berguna untuk mengantarkan surat lamaran pekrjaan, dulu saya sering poskan lamaran lewaat kantor pos, gak tau kenapa mesti pakai jasa pos,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mungkin karena sudah terpercaya ya sob, kantor pos kan pelayanan pengiriman yang tua di Indonesia. :)

      Delete
  4. Sekarang udah banyak jasa pengiriman yg lain, kayak tiki atau jne.. Jd kntor pos mulai tenggelam..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya sih ya tidak tenggelam sob, masih akan eksis, cuma mungkin pelanggannya berkurang saja

      Delete
  5. Saya memang jarang menggunakan fasilitas kantor pos ini kang...hanya kalau mau mengirim berkas-berkas yang harus lewat pos aja ngirimnya dan juga kalau pas ambil hasil dari adsense saya juga pakai jasa kantor pos ini.
    Oh ya maaf membuat navigasinya belum tak praktekin, tetapi sudah tak bookmark postingannya. Nanti kalau ada waktu senggang saya pasang Kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya berarti masih banyak memberikan manfaat kantor pos itu ya sob..

      Oya ngga apa-apa sob, disimpan aja dulu scriptnya

      Delete
  6. Walau keberadaan kantor pos ini sepertinya sudah mulai mundur seiring dengan perkembangan jaman, tetapi jasa kantor pos tetap diminati oleh sabgaian besar masyarakat kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya bener sob, apalagi kantor pos itu bisa menjangkau pelosok tiap kecamatan, jadi banyak diakses oleh masyarakat daerah sampai saat ini, termasuk saya juga sob. :)

      Delete
  7. sekrang udah banyak sih jasa2 yang kaya POS gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. contohnya apa yah :) tapi yang jelas banyak yah

      Delete
  8. masih suka pake jasa pos tapi cuma pas ngirim paket doang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas saya juga sama, makasih kunjungannya yah...

      Delete
  9. nggak juga kang ,malahan saya akhir-akhirn ini sering banget ke kantor pos,bayar listrik,wesel sam dengan bayar pajak.malahan sebentar lagi aya maket.maklum orang kampung he...he...adanya cuman itu tapi pos juga masih bagus pelayanannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kang, saya juga tidak bilang kalo kalo kantor pos sudah terlupakan, samapi saat ini masih bisa eksis dan bersaing dengan pelayana jasa lainnya, saya juga sering pake layanan dari kantor pos ini kok kang... :)

      Delete
  10. aku masih sering ke kantor pos,, dulu waktu daftar kuliah di jakarta proposal tesisnya juga dikirim lewat kantor pos, kirim2 barang juga lewat kantor pos, sampe sekarang tetep setia dengan kantor pos, terutama bayar telpon :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti kantor pos tidak akan mengalami kemunduran ya mba, jika seperti ini berarti kita juga turut andil membangun bangsa kan ....

      Delete
    2. betuuulll... asal fasilitas di kantor pos memadai, ya kaya itu tadi, bisa buat bayar listrik, bayar telfon, trus kalo bisa siiih layanannya lebih bagus, harganya dimurahin gitu kalo kirim barang hehehe :D

      Delete
    3. bagus tapi murah...bisa ga yah :)

      Delete
  11. ijin jalan-jalan di blognya gan ...
    artikelnya mantap ..

    ReplyDelete
  12. wah.. kantor emang banyak banget membantu.. tapi aku sih lebih sering pake JNE.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya sob, buat sebagian kita kantor pos ,memang bisa dikatakan sangat membantu sampai saat ini...

      Delete
  13. Saya masih menggunakan jasa kantor pos kang,Bayar cicilan/kredit,beli token listrik,pulsa.klo kirim surat/transper sudah lama bgt bisa dibilang tidak pernah sejak punya HP

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kang, berarti sampai saat ini kantor pos juga masih baik melayani kita ya kang, hatur nuhun dan salam sehat selalu kang...

      Delete
  14. tapi tetap berkesan jaman dulu om
    kalo dengar suara kring kring di depan kos kosan
    seisi rumah berhamburan ke halaman dengan wajah penuh harap
    begitu masuk rumah lagi suasana beda
    ada yang ketawa ceria ada yang manyun
    *wesel belum nyampe padahal dompet kempes

    ReplyDelete
    Replies
    1. jaman taon berapa ya mas...
      kayanya seru banget yah, waktu itu surat sepertinya menjadi barang yang di tunggu-tunggu, pasti masih jarang hape apalagi ada internet yah :d

      Delete
  15. saya masih surat2an sama ibu saya Mas. karena beliau memang suka menulis surat, dan saya pun demikian. maka sampai saat ini, kantor pos masih akrab dengan saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan mungkin selamanya ya mas, selama ada orang yang suka nulis surat, kantor pos masih akan tetap menjadi pilihan...

      Delete
  16. wah boro2 ke kantor pos mang ke bank aja lom pernah jadi'y gimanah,ni heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh memang dimana gitu tinggalnya, sampai ga kenal peradaban hehe.. :-d

      Delete
  17. Kantor pos sampai saat ini di daerah saya masih rame, ada yg kirim surat atau barang, ngambil gaji pensiunan.. hmm... dan yg ga boleh ketinggalan buat ngambil earning adsense.. hihiihih

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah yang terakhir tuh mantep...cair terus nih :d

      Delete
  18. kantor pos di daerah saya boleh dikatakan hampir nggak ada, yah mungkin udah kalah sama hp2 yg banyak bertebaran mas ...hehehe

    ReplyDelete
  19. sepikiran dengan apa yang saya pikirkan setiap kali saya melewati kantor pos ditanjungsari, ramenya hanya pada saat awal bulan dengan para nenek dan kakek mencairkan uang pensiunnya, atau rame oleh temen temen yang membayar cicilan kendaraan, mungkin kedepan fungsinya harus disejajarkan dengan BRI plus, karena kantor pos bisa juga untuk paket barang...gituh kale y.
    salam sehat selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. nabung di kantor pos saat ini juga bisa kang, biasanya itu Bank Batara kalo ga salah, saat ini pos juga banyak melakukan inovasi untuk bisa bersaing ddengan pelayanan jasa publik yang lainnya kang :)

      amiin..salam sehat juga

      Delete
  20. tagihan listrik, air, speedy gue ke kantor pos mas bro :-d

    ReplyDelete
  21. saya masih akrab kok sama kantor pos... biasanya kirim2 paket aja sih. walau ada expedisi lain yang menawarkan waktu yang lebih singkat atau yang menawarkan harga yang lebih murah, saya tetap pilih kantor pos...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya gitu kalo sudah seneng, biasanya ga bisa pindah yah :)
      oya maaf yah saya ga bisa kunjung balik, soalnya di profil G+ ngga ada link blog, juga ga ada postingannya..bingung deh [-(

      Delete
  22. Tanpa kantor Pos mungkin kita berpikir bagaimanalah sebuah barang bisa sampai diluar kota untuk pengirimannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya itu dulu sob, tapi sekarang banyak layanan jasa yang serupa, sehingga mengirim barang tidak hanya melulu di kantor pos kan :)

      Delete
  23. betul juga ya, gan!
    dah bertahun2 ane malah gak pernah ke situ
    makasih infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya sob, sama-sama
      trimakasih buat kunjungan perdananya

      salam sehat sob

      Delete
  24. 'y adminnya kabur kemanah,ni mau di anterin kopi mlh gak ada xixixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. :-d sory sob, lagi sibuk di darat..eh kok dihabisin tuh kopi sob :-d

      Delete
  25. dulu, waktu sy masih SMA sampe kuliah semester 5 saya setiap bulan nya menggunakan jasa kantor pos.. Setiap bulan mesti ke kantor pos untk mengirim surat balasan buat sahabat penaku

    stiap bulanx skitar 15 sampe 20 surat... Uang jajan abis buat beli perangko doang, ckckck :)

    ReplyDelete
  26. Sejak kelas 1smp belum pernah ke kantor pos. Terakhir kelas 1smp. Itupun bukan ngirim surat. Tp ada tugas wawancara. Hehehe

    ReplyDelete
  27. wah kantornya masih buka kang ndurung tutup xixixi

    ReplyDelete
  28. kirim surat melaui pos perangkonya lebih kurang rp. 2000 yang biasa, sms paling rp 150 dan mms rp 1000 belum waktunya sekarang kirim sekarang terima ya sob,
    tapi terus terang sampai sekarang koleksi perangko ada dan lumayan banyak

    ReplyDelete
  29. Jadi inget juga...kantor pos...sangat berjasa buat sy pribadi..khususnya di 15 thn yg lalu..saat sy mengirim surat lamaran lewat kantor pos...
    Dan alhamdulillah sy di terima bekerja sampai saat ini...

    ReplyDelete
  30. Mungkin ini menarik...
    Lihat transformasi PT. Pos Indonesia...

    http://kickdahlan.wordpress.com/2013/06/30/mh83-cumlaude-melalui-clearing-house-model-ketut/

    ReplyDelete