Blogger Branding, Perlukah?

blogger branding
Blogger Branding, Perlukah? | Dalam istilah marketing branding bisa diartikan  merek sebagai nama , istilah, tanda, simbol atau desain, atau kombinasi dari semua itu yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi barang dan jasa dari satu perusahaan atau kelompok perusahaan dan untuk membedakan mereka dari perusahaan lain.

Tiap produk jasa atau apapun pastinya punya ciri masing-masing. Ciri yang kuat biasanya akan menjadi sebuah icon merek yang akan terus dikenal walaupun ternyata berbeda produksi. Sebagai contoh, jika kita memebeli air mineral, tidak sedikit orang menyebutnya membeli Aqua, dan si penjualpun ternyata menyodorkan merek lain. Ini membuktikan bahwa merek Aqua sudah menjadi branding air mineral dan sampai kapanpun orang akan terus mengingatnya.  Dan masih banyak contoh-contoh yang lainnya.

Dalam dunia blogger perlukah yang namanya branding tersebut?  Branding dalam ngeblog juga disebut sebagai niche blog. Apa itu Niche?

Niche adalah suatu frase kata untuk topik atau subjek bahasan tertentu yang terpusat / terfokus dan diminati oleh kalangan tertentu (popular). Wikipedia mendefinisikan niche sebagai ‘bagian dari sektor pasar yang terfokus dan dapat ditargetkan’.

Dan Niche Blogging sendiri bisa diartikan sebagai  aktivitas blogging yang secara khusus dilakukan dengan cara membuat blog dengan topik tertentu.

Kata “Olahraga”, “Tutorial”, “Berita”, adalah subjek dan bukanlah sebuah contoh pengertian niche  karena masih merupakan topik bahasan umum. Sedangkan “Sepak Bola”, “Tutorial Blog”, “Berita Ekonomi”, merupakan contoh-contoh niche, karena lebih terfokus dan ada segmen pembaca tertentu saja.

Contohnya, bila kita mengetikkan kata “Olah raga” di search engine, maka banyak sekali yang membahas tentang olah raga ini. Namun apakah kita menemukan yang kita minati? Walaupun mungkin orang yang mengetikkan kata “Olah raga” mencapai jutaan tiap bulan, mereka pastinya akan mengulangi pencarian dengan mengubahnya menjadi lebih spesifik, misalnya “Sepak bola”. Frase spesifik ini salah satu contoh niche. Dari niche “Sepak Bola” ini kita bisa asumsikan bahwa orang yang mengetikkan kata ini di search engine kemungkinan besar adalah penyuaka sepak bola dan bukan olah raga yang lainnya.

Baik niche blog ataupun blog gado-gado atawa blog campur sari punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Diantara kelebihan niche blog adalah sebagai berikut :

  • Membahas satu topik khusus, sehingga akan makin sempit topik bahasan yang kita bahas di blog. Dengan begitu kita tidak akan bingung ketika mencari ide-ide posting, sebab topik bahasan cuma satu. ya itu saja. Namun syaratnya harus betul-betul menguasainya agar tidak kehabisan ide.
  • Lebih mudah untuk menjadi blog otoritas, jika kita konsisten  dan terus bekerja keras maka niche blog kita bukan tidak mungkin menjadi blog rujukan dan otoritas.
  • Lebih mudah dioptimasi, sebab kata kunci yang kita bidik hanya berfokus pada niche kita. Contoh blog yang niche nya tentang sepak bola maka pasti kata kunci yang dibidik seputar “sepak bola” saja tidak yang lainnya.

Meski punya beberapa kelebihan, niche blog juga punya kekurangan, yakni dari segi trafik karena niche blog harus punya segmen tertentu. Lain halnya dengan blog gado-gado seperti blog Muro’i El-Barezy ini jika dioptimasi maksimal akan lebih banyak traffiknya dibanding niche blog, sebab dari segi jumlah posting blog gado-gado pasti punya lebih banyak posting dan lebih variatif.

Nah kalo sobat milih yang mana? Itu tergantung selera masing-masing. Jika sobat punya keahlian yang spesifik alangkah baiknya jika beralih menjadi niche blog tadi agar blognya punya branding tersendiri. Semoga bermanfaat, happy blogging….

Post a Comment

50 Comments

  1. sebaiknya memang begitu. lebih afdhal kali ya, hehe.. tapi kalo bisa brandnya yang tetap memiliki fleksibilitas.

    kalo saya sih cuek aja. biarkan nggak ada merk dagangnya, yang penting nulis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener sobat, yang penting memberikan sesuatu yang bermafaat sudah cukup sepertinya

      Delete
  2. Saya juga mempunyai topik tersendiri yaitu keperawatan dan juga kesehatan sahabat, tetapi seringkali pula postingannya sedikit nyleneh dari tema blog hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. terus pertahankan sobat walau memang kadang kalo abis ide juga bisa posting yang lain topik, sepertinya sah sah saja kok

      Delete
  3. sebenarnya pengennya sih yang niche sob, tapi karena kemungkinan tidak bisa mengisi materi dengan tepat waktu. Jadi, saya lebih suka yang gado-gado, kayak Blog Muro'i El-Barezy ini nih.

    ReplyDelete
  4. blog ane blog gado-gado sob, soalnya g terlalu menguasai satu topik aja, hahaha

    ReplyDelete
  5. saya sih tidak terlalu memperhatikan tentang yang beginian sob, yang jelasnya posting apa yang bisa saya posting...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sederhana ya sob, yang penting memang bagaimana kita memberikan yang bermanfaat sudah cukuplah

      Delete
  6. setuju sob, aku lbh suka yg gado2. tp konsisten dgn kategori yg disajikan itu jg udh lbh baik kok.

    ReplyDelete
  7. saya belum berpikir sampai segini sob, yang jelas blog saya alirannya sama gado-gadonya dengan Muro'i El Barezy hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang penting memberikan sesuatu yang bermanfaat ya sob, sukses terus deh

      Delete
  8. kalau sayamah kang blog gado-gado saja lah jadi lebih rame apa saja pasti masuk hi...hi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mungkin kang, yang gado gado lebih rame sepertinya hehe...

      Delete
  9. saya juga suka yang gado-gado sob, yang ada di benak langsung saya tulis :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener sob, semuanya memang punya kekurangan dan kelebihan masing-masing

      Delete
  10. kalo aku sih suka semuanya, baik satu topik maupun gado-gado yang penting isinya bermanfaat....

    ReplyDelete
  11. Maunya sih tdk memfokuskan 1 niche sja ttpi kalau menjadi blog gado" itu sngt slit sperti yg d'ktakan di atas serta pengetahuan yg pas"

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan sobat, masing2 tergantung mood dan selera juga kok

      Delete
  12. wah blog niche ya, blogku masuk kemana ya ?? bingung udah mulai berkurang jadwal untuk ngeblog, jadi lebih banyak artikel campuran + copas lagi hehehe,

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya ga papa sobat, yang penting etika tetap dijaga kan

      Delete
  13. saya termasuk yg gado2 bang :D ga pake niche2an.. makanya ada kategori di blogku, kadang bahas hukum, kadang curhat atau skedar coret2 ga penting :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang penting sudah berkreasi da memberikan yang manfaat yah mba, okelah semoga sukses

      Delete
  14. blog saya juga gado gado gan, ga papa lah namanya juga lagi belajar. tapi saya juga punya blog niche, walau ga niche niche amat. hehehe, jadi biar dapat ilmu dari keduanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah blog yang satu lagi apa tuh, pengin maen juga kesana...

      Delete
    2. ente ud pernah maen gan. meski ente ga sadar aja kalau itu punya ane. heheheh. pis ya..

      Delete
    3. tambah penasaran yang mana yah?

      Delete
  15. Punya aku juga GADO-GADO lho bang tapi gado-gado buatan BANJARMASIN lho bangggggg hahhayyyy..mantef nih artikelnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah gado-gado banjarmasin kayanya mantep tuh bang hahayyy

      Delete
  16. waduh, mumet gan..., nggak ngerti masalah ginian.! yang saya tahu dunia blog itu, posting, dilanjutkan dengan blogwalking. hehe.

    #salam terhangat dari Mr.DHI

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga papa sobat, marri kita sama sama belajar saja, salam juga buat sobat

      Delete
  17. kalo sya mas lebih milih blog gado-gado :D

    ReplyDelete
  18. eeemmmm izin menyimak dulu ya mas...

    ReplyDelete
  19. ditunggu postingan bermanfaat berikutnya.. hehe

    ReplyDelete
  20. Ya tergantung pribadi bloggernya sob.Da perlunya ada tidaknya.Karena sebagian orang ngeblog karena hobinya gak lain-lain. :)

    ReplyDelete
  21. waduh ketinggalan infotmasi nih,sama kang saya juga pilih gado-gado.

    ReplyDelete
  22. dulu saya juga suka gado2 buat website. sekarang website saya agak terfokus pada 1 niche :)

    ReplyDelete
  23. niat awalnya sih desa cilembu juga fokusnya ke"Ubi Cilembu" tapi dalam perjalanannya rada susah cari ide yang selalu dapat fokus, jadi biarin deh fleksibel azh.
    nice share kang
    salam sehat selalu

    ReplyDelete
  24. kalau blog-ku apakah bisa juga dikatakan blog gado-gado ya :)

    ReplyDelete
  25. Wah, kalo saya sendiri sih cukup "menuhankan" branding karena cukup mempengaruhi kepercayaan masyarakat. makanya walau kata teropongku dianggap nggak SEO Friendly, tapi tetep saya pake di blog2 personal maupun bisnis untuk kepercayaan konsumen. Bukannya sombong sih, tapi Teropongku kayaknya sudah sedikit punya nama dan alhamdulillah namanya cukup bersih.

    ReplyDelete
  26. Tidak banyak blogger yang mengkhususkan diri dengan tema spesifik dan khusus. Seperti blog tentang kuliner, wisata , teknik dan ilmu komputer dan lain sebagainya. Justru yang spesifik itulah yang paling dicari dan mudah diindex oleh Google. Tapi ini sudah selera tentunya

    ReplyDelete
  27. This is my first time I visit here. I found so many interesting stuff in your blog especially its discussion. From the tons of comments on your articles, I guess I am not the only one having all the enjoyment here! Keep up the good work.Pakistan marriage

    ReplyDelete