Yang Terbaru

Subscribe Here!

Dapatkan Update Informasi Terbaru dari KANG MUROI Melalui Email

Blog Stats

Kunjungan Ke Bengkel Pesawat Garuda GMF AeroAsia dan GITC

By On 23.8.15

Garuda Indonesia Training Center (GITC)
Garuda GMF AeroAsia dan GITC | Pada tanggal 20 Agustus 2015 yang lalu, beberapa siswa MTs Ibad Ar Rahman, Cimanuk, Pandeglang tepatnya berjumlah 42 siswa dan 5 orang guru pembimbing berkesempatan untuk menimba ilmu dengan mengunjungi GMF AeroAsia dan GITC. Merupakan kesempatan langka karena tidak semua sekolah bisa mengunjunginya. Ibad Ar Rahman Islamic Boarding School, disamping bertujuan menciptakan generasi yang hafizh Qur'an juga membekali para santrinya dengan ilmu pengetahuan yang bisa mendorong untuk menguasai teknologi. Sehingga walaupun ilmu kedirgantaraan tidak masuk dalam kurikulum Pesantren, dengan kunjungan ini sedikit banyak akan memacu santrinya untuk dapat lebih giat belajar terutama ilmu teknologi.

Menempuh perjalanan sekitar 3 sampai 3 jam setengah, rombongan berangkat sekitar pukul 04.30 dan sampai di tujuan kurang lebih pukul pukul 08.00. Pada kesempatan ini kami mengenal lebih dekat maskapai penerbangan terbesar di Indonesia ini dengan jalan-jalan ke Hangar pesawat. Dan pada kunjungan sehari ini akan mengantarkan kami menilik dua anak perusahaan Garuda Indonesia Grup, yakni Garuda Maintenance Facility (GMF) Aero Asia dan Garuda Indonesia Training Center (GITC). GMF ini letaknya masih berada di kompleks Bandara International Soekarno Hatta. Sedangkan GITC terpisah di daerah Kosambi, Tangerang, Banten.

Mungkin kita sudah sering keluar masuk bengkel mobil atau motor dan ini merupakan hal yang sudah umum dilakukan. Apalagi ketika motor atau mobil kita baik butuh perawatan secara berkala atau perbaikan. Akan tetapi, masuk ke bengkel pesawat terbang seperti apa ya. Saya tak bisa membayangkan seperti apa besarnya bengkel ini, pesawatnya saja sebesar itu apalagi bengkelnya hehe....

Maka ketika menjejakkan kaki di kompleks GMF Aero Asia, saya dan rombongan berdecak kagum saking luasnya. Tak heran juga tempat ini merupakan bengkel pesawat terbesar se-Asia Tenggara karena luasnya mencapai kurang lebih 480,000 m2. Masuk ke bengkel burung besi ini tidak bisa sembarangan. Selain harus jelas maksud dan tujuan datang ke sini, sebelum lebih jauh berkeliling di dalamnya, maka perlu dilakukan pemeriksaan seperti halnya saat kita check-in di bandara. Barang-barang yang dibawa masukpun harus diperiksa dan dicatat keberadaannya.

Servis yang disediakan pun beragam, mulai dari engineering service, line maintenance, base maintenance, engine maintenance hingga component maintenance. Semuanya jelas untuk perbaikan si burung besi.

Kunjungan pertama kami adalah tempat workshop yang menjelaskan tentang black box pesawat. Anak-anak disuguhi dengan informasi yang mungkin sebagian mereka adalah hal yang baru. Dimana balck box hanya bisa dilihat di  surat kabar atau televisi, tapi saat ini mereka melihat langsung bentuk black box itu seperti apa. Penjelasan yang singkat namun cukup jelas bisa menambah perbendaharaan ilmu anak-anak. Tempat yang kedua namun masih di sekitar GMF AeroAsia adalah workshop seputar alat-alat yang digunakan ketika terjadi kecelakaan pesawat dan bersifat darurat atau emergency. Dipaparkan dengan gaya yang kocak oleh intstruktur sehingga waktu yang ada terasa begitu cepat berlalu.

Setelah sholat zuhur dan makan siang, rombongan melanjutkan perjalanan ke Garuda Indonesia Training Center atau GIMF yang beralamat di Jl. Duri Kosambi No. 125 Cengkareng. GITC merupakan tempat dimana para kru mulai dari pramugari sampai pilot di training agar menjadi tenaga yang terampil dan siap pakai.

Banyak pengalaman yang kmi dapatkan walau hanya sehari kunjungan. Semoga hal ini bisa memacu anak-anak untuk tetap semangat belajar, apalagi jika ada yang bercita-cita ingin menjadi pilot. Tentunya adalah pilot yang didadanya ada ruh Al-Qur'an, pilot yang hafizh Qur'an.

Berikut beberapa galery photo kunjungan ke Garuda Maintenance Facility (GMF) Aero Asia dan Garuda Indonesia Training Center (GITC) :

Garuda Indonesia Training Center (GITC)

Garuda Indonesia Training Center (GITC)

Garuda Indonesia Training Center (GITC)

Garuda Maintenance Facility (GMF)

Garuda Maintenance Facility (GMF)

Garuda Maintenance Facility (GMF)



21 komentar

Keren jiga kayaknya ni bs lsng melihat2

Lumayan mas, nambah wawasan sambil jalan-jalan....

Weh keren kang bisa menikmati bengkel pesawat garuda ... Pasti menemukan hal2 baru saat masuk di dalamnya .. Nice experiance !!

alhamdulillah bisa jadi pengalaman yang menarik...

Enak banget mas kegiatannya bisa lihat langsung dari dekat bengkel pesawat Garuda, Jadi bisa nambah banyak pengalaman dan informasi pengetahuan ilmu penerbangan ya......?

pasti sangat mengesankan, bisa berkunjung langsung ke bengkel pesawat Garuda

Kunjungan yang sangat bermanfaat untuk para santri, mereka tidak hanya sekedar bergelut dengan buku dan kitab tapi wawasan mereka akan terbuka lebar. Cakrawala pemikiran mereka akan lebih terbuka. Bahwa ilmu itu sangat luas dan saling berkaitan. Anjung jempol.

wah, mantep kang, bisa melihat langsung Bengkel Pesawat terbesar se-Asia Tenggara. dengan berkunjung ke Bengkel pesawat Garuda Maintenance Facility akan menambah pengetahuan dan wawasan langsung untuk Siswa, terutama dalam bidang kedirgantaraan dan mungkin saja dari siswa-siswa tsb ada yg cita-cita nya menjadi pilot...

seumur-umur saya sekolah belum pernah ada study tour ke bengkel pesawat...sungguh suatu kesempatan yang sangat baik bisa belajar di bengkel pesawat garuda GMF....

yang jelas kita bisa banyak tau mengenai hal pesawat yang jarang didapatkan siswa seperti siswa mas muroi ini...kapan saya di ajak kunjungan mas muroi? #berharap

metode belajar seperti ini emang efektif menyerap ilmu dan sekaligus menyerap kas, hehehe, sukses sama pesantrennya kang :)

pengalaman yang luar biasa sepertinya susah mau datang ke bengkel garuda tujuanya pun mulia membekali santri paham teknologi

Wih keren tuh.., Sukses gan., Ditunggu kunbalnya.. :)

Selain jalan jalan juga ada edukasinya , sip dan sukses Mas?

iyah mbah, ini kesempatan langka bisa jalan2 di bengkel pesawat, kalo bengkel motor sama mobil kan sudah biasa hehe....

alhamdulillah mas, pengalaman yang berharga bisa melihat langsung pesawat yang ada dibengkel

iya mas, wawasan atau hal seperti ini tidak ada dalam kurikulum pesantren, sehingga menjadi wawasan tambahan buat anak2, siapa tahu mereka ada yang tertarik menjadi supir sama kernet pesawat terbang hehe...

iya bener pa, karena ini tidak ada dalam kurikulum, hanya sekedar menambah wawasan siswa..

semoga suatu saat bisa kesampaian mbah, bisa jalan2 ke bengkel pesawat :)

Pembelajaran harus seperti ini. biar mantap

Selamat siang mas, Perkenalkan nama saya kevin, mahasiswa dari PPM School of Management beralokasi di jakarta pusat. Setelah membaca artikel ini, saya termotivasi untuk membuat sebuah kegiatan mahasiswa kampus dimana kita mengunjungi Garuda Indonesia Group. Kalau boleh tau prosedur dan requirements nya untuk melakukan kegiatan ini gimana ya mas? Apakah mas punya contact person pihak garudanya?

Terima kasih atas waktunya, mohon kerjasamanya ya mas