Yang Terbaru

Subscribe Here!

Dapatkan Update Informasi Terbaru dari KANG MUROI Melalui Email

Blog Stats

Fobia, Perasaan Takut Yang Berlebihan

By On 22.9.13

fobia
Illustrasi Fobia
Fobia, Perasaan Takut Yang Berlebihan | Pernahkah sobat melihat orang yang badannya gede, berotot namun ketika disodori kecoa lari terbirit-birit sambil menjerit-jerit? Sepertinya itu adalah kejadian yang lucu dan menggelikan. Tapi itulah kenyataannya, bahwa rasa takut seperti itu ternyata ada yang mengidapnya. Saya sendiri terus terang takut akan ketinggian, jangankan naik Monas yang tingginya puluhan meter, naik gedung lantai 3 saja dengkul rasanya nyut-nyutan dan jantung sepertinya deg-degan. Keadaan seperti ini dinamakan fobia. Mungkin banyak sobat blogger yang sudah tahu apa itu fobia. Atau jangan-jangan ada juga yang kena fobia hehe….

Menurut sumber yang terpercaya yaitu mba Wiki, Fobia adalah rasa ketakutan yang berlebihan pada sesuatu hal atau fenomena. Fobia bisa dikatakan dapat menghambat kehidupan orang yang mengidapnya. Bagi sebagian orang, perasaan takut seorang pengidap Fobia sulit dimengerti. Itu sebabnya, pengidap tersebut sering dijadikan bulan bulanan oleh teman sekitarnya. Sudah tahu ada yang takut sama kucing, tapi temannya justru menjadikannya bahan candaan dengan memberinya kucing dengan sengaja.

Disini katanya sih ada perbedaan "bahasa" antara pengamat fobia atau orang yang melihat orang ketakutan dengan seorang pengidap fobia itu sendiri. Biasanya orang yang melihat temannya ketakutan menggunakan bahasa logika. Tapi bagi pengidap fobia biasanya menggunakan bahasa rasa. Bagi yang normal dan melihat temannya ketakutan  dirasa lucu jika seseorang berbadan besar, takut dengan hewan kecil seperti kecoak atau tikus. Sementara di bayangan mental seorang pengidap fobia subjek tersebut menjadi benda yang sangat besar, berwarna, sangat menjijikkan ataupun menakutkan karena ia menggunakan perasaannya.

Dalam keadaan normal setiap orang memiliki kemampuan mengendalikan rasa takut. Akan tetapi bila seseorang terus menerus menghadapai subjek Fobia secara berlebihan, hal tersebut berpotensi menyebabkan terjadinya fiksasi. Fiksasi adalah suatu keadaan dimana mental seseorang menjadi terkunci, yang disebabkan oleh ketidak-mampuan orang yang bersangkutan dalam mengendalikan perasaan takutnya. Misalnya saja jika seseorang menjumpai seekor tikus dalam satu ruangan mungkin bisa mengendalikan perasaan takutnya. Tapi coba bayangkan jika seseorang bertemu dengan ribuan tikus dan tikus-tikus tersebut memburunya, bisa saja ia akan merasa ketakutan dan terus membayangkan hal tersebut. Penyebab lain terjadinya fiksasi dapat pula disebabkan oleh suatu keadaan yang sangat ekstrem yang lainnya seperti trauma bom, terjebak lift dan sebagainya.

Masih menurut mba Wiki yang baik hati, ternyata fobia itu bisa dikategorikan menjadi dua macam loh. Nah kira kira fobia apa saja yang bisa menyerang atau menghinggapi manusia. Berikut dua jenis fobia tersebut.

Fobia Sosial 
Fobia dikenal juga sebagai gangguan anxietas sosial, fobia sosial adalah ketakutan akan diamati dan dipermalukan di depan publik. Hal ini bermanifestasi sebagai rasa malu dan tidak nyaman yang sangat berlebihan di situasi sosial. Hal ini mendorong orang untuk mengindari situasi sosial dan ini tidak disebebabkan karena masalah fisik atau mental contohnya adalah gagap, jerawat atau gangguan kepribadian lainnya.

Fobia Spesifik 
Fobia ini ditandai oleh ketakutan yang tidak rasional akan objek atau situasi tertentu. Gangguan ini termasuk gangguan medik yang paling sering didapati, namun demikian sebagian kasus hanyalah ringan dan tidak perlu mendapatkan pengobatan. Apabila berhadapan dengan objek atau situasi tersebut, orang dengan fobia akan mengalami perasaan panik, berkeringat, berusaha menghindar, sulit untuk bernapas dan jantung berdebar. Sebagian besar orang dewasa yang menderita fobia menyadari bahwa ketakutannya tidak rasional dan banyak yang memilih untuk mencoba menahan perasaan ketajutan yang hebat daripada mengungkapkan ganguannya.

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai fobia ini. Jika sobat takut akan hal-hal yang mungkin menurut orang normal adalah hal yang wajar-wajar saja, maka bisa dipastikan sobat mengidap fobia juga. Tapi sepertinya itu hal yang wajar asal jangan fobia sama uang saja, bisa miskin terus nantinya hehe….

Semoga bermanfaat dan happy blogging….



55 komentar

kata orang sunda, Perasaan mah lain rasa :D
jadi perasaan itu sebenarnya tidak bisa dilihat dan dirasakan oleh orang lain. Kalo rasa bisa dicobain sama orang, orang bisa merasakannya juga :D
jadi jangan ganggu orang yang Fobia sob, kasian, tapi sekali2 boleh supaya gk sepi :D ckckck

Fobia ini memang bisa terjadi pada siapa saja...
Terima kasih atas berbagi pengetahuannya ini Kang Muroi

wah Pak El, saya fobia dengan ulat bulu. saking ngerinya melihat segala jenis ulat bulu, tanpa pandang rupa, pokoknya kalau sudah ulat, saya takut luar biasa. awalnya ketika usia saya 4 tahun, main di dekat pohon jambu, ulat bulu itu nempel di baju saya yang bercorak ramai bunga-bunga, saat saya raba, di pinggang saya menempel seekor ulat bulu yang cukup besar, jadi histeris, seisi rumah tak ada yang berani menolong saya, ibu saya, embah saya pun tak berani, waktu itu bapak kerja, akhirnya karena suara tangisan yang sangat kencang, tetangga berdatangan...sama tak ada yang menolong karena "gilo"...jalan satu-satunya, baju gaun saya digunting dari atas sampai bawah, kemudian dibuang. sampai sekarang saya nggak mau pakai baju yang bermotif bunga-bunga atau batik, soalnya rame banget, kalau ada serangga menempel kan nggak kelihatan...jadi ngeri.

Kalo sy punya fobia yg dari dulu ndak bisa ilang2 mas El..
Terutama fobia sama tanggung bulan...hehe :)

kalo soal ini sih memang ga bisa dipaksain. bisa sih disembuhin walau butuh waktu lama. padahal psikis itu ga keliatan tapi efeknya bisa lebih dahsyat ketimbang gangguan fisik. alasan ini pula yang bikin aku sering kesulitan cari tambahan staf, karena syarat utamanya tak boleh takut ketinggian. padahal yang ngelamar banyak yang berbadan tegap. tapi pas ujian manjat banyak yang ngeper :D

setuju sama master rawins, lebih cocok kalo disebut parno. ^^

ehmmm.,
ngomongi soal fobia.,

setiap orang pasti pernah / punya yang namanya fobia, walaupun mgkin tanpa ia sadari,.

kaya ane sendri fobia nya sama status lebay di fb.,

wkwkwkkw =))

ngga ada yang tak takuti kecuali ular....keren banget kan saya?

fobia bisa disembuhkan dengan memberi sugesti atau hipnoterapi.
alam bawah sadar yang permak total bisa menyembuhkan phobia.

Rasa itu kan yang merasakan perasaan juga kang, hadeuh jadi bingung :d

Wah nanti tanggung jawab nih katanya boleh godain yang fobia ...

Sama-sama mas Fery, semoga bisa bermanfaat, trims kunjungannya...

Fobia ini cuma dirasakan sama pegawai dan karyawan saja mas, yang megang uangnya sebulan sekali :d

Loh kok parno, dilihat dari sudut pandang yang mana nih sob :)

Wah itu kok fobia yang aneh yah, istilahnya mungkin hyperlebay :d

Kalo sama yang satu ini, hidih saya juga ngibbrit mang, tapi ga takut-takut amat sih :d

Kayanya memang harus seperti itu mas, diterapi dulu, kayanya cukup makan waktu lama tapi tergantung seberapa berat fobianya karena ini kan menyangkut masalah fsikis...

wah saya fobia apa ya . >>> agak takut dengan ketingggian

terus teramjg aku paling takut tiap kali dia
mau nyium saya
dan selalu menolaknya

apa saya mengidap fobia ?

hehe

saya juga takut ketinggian, kalo naik meja langsung limbung, tapi kalo dipaksa anehnya sanggup juga. saya pernah naik pohon tinggi dan diterpa angin karena diminta metik mangga, benar-benar mengagetkan saya tidak jatuh walau kaki gemeteran terus

saya boleh aza tanggung janab eh tanggung jawab, kang, asal jangan dituntut za :D

takut ketagihan ya mbak :))

fobia timbul karena tak terbiasa kali ya kang... kalau sudah biasa ya enjoy enjoy sajah walau tadinya fobia ketinggian ... :d

oke lah kang, ga bakalan ada yang nuntut kok :d

semua bisa diobati ya mas, biasanya dengan hipnoterapi

nah diacara tipi tentang hipnotis itu sepertinya kok mudah ya mas, membuang jauh perasaan psikis yang ada di dalam otak kita

Semua orang pasti memiliki fobia akan sesuatu mas ... Saya fobia anjing. Sebaik apapun anjingnya.. sy tetap saja takut ... :(

iya mas kayanya harus dipaksa biar terbiasa, tapi yang namanya fobia ya agak susah juga

mungkin juga mang seperti itu...

kayanya kebanyakan nonton film horor nih :d

hipnotis dengan hipnoterapi sepertinya beda mas, hipnoterapi lebih ke arah penyembuhan permanen, kalo hipnotis biasanya cuma sementara hilangnya

Kalau tidak diatasi bisa jadi salah satu penyakit yang sangat selalu menakutkan terhadap apa yang ditakutkan.

kang ucup pengalaman ... master cium :d :d

Hmmmm.. jujur saya jg penderitanya... takut ketinggian, wkwkwkwkwk

Perasaan takut ada dalam setiap diri kita. Bahkan orang yang badannya perkasa dan besar pun pasti punya rasa takut

iya bisa seperti itu mas, dengan hipnoterapi...

iihhh hehehe, awas tuh ada tokek.. :d

wah iya bener mas, saya jug apernah dikejar anjing, untung ada ilmu lempar batu :d

kalau perasaan takut gak punya duit itu masuk ke phobia yang mana ya, kang?

iya sob, biasanya ini menjadi penyakit akut dan sulit disembuhkan jika tidak segera diatasi.... wah saya sok tahu yah :d

weh takut ketinggian bang :d, saya juga gitu sih hehe...

kalo takut ga punya duit, semua orang kayanya mengidapnya gan :)

saya fobia sama laba2 yg besar plus sarangnya yg hitam tebal.ngerriiiii

pengalaman mengerikan yang tak terlupakan bisa jadi penyebab fobia juga

ah nanti dikasih kentut kalo gk dituntut :D

fobia bisa diilangin, saya dulu masih kecil fobia ketinggian, tapi sekarang udah nggak

ckckc pengalaman mbak KK ndak mau pakai baju yang bermotip bunga, mungkin ngiranya bunga beneran th ehheeh...

mengingatkan saya, kalau saya takut sama anak tikus yang masih merah... iiiiy... dulu pernah tiduran sebentar dirumah nenek gelap - gelapan ..eh ndak taunya yang ditidurin saya ada anak tikusnya... iiiiy

wah kalau saya sih aneh mas.. apakah termasuk fobia atau bukan , saya juga tidak tau...

saya memang takut sama kecoa, karena waktu saya masih kecil saya pernah di gigit kecoa di leher saya..

dan sampai sekarang saya masih takut dengan yang namanya kecoa.. namun ketakutan saya bukan membuat saya lari kalau melihat kecoa.. melainkan malah saya dekati dan saya matiin.. hehehehe

langkah dan caranya sama gak mas? soalnya bapak mertua saya juga pernah belajar hipno terapi.
langkahnya juga lewat alam bawah sadar

wah mungkin aku salah pilih kata katanya, om
istilah manjat terlalu generik dan ambigu, mudah terpeleset dalam pikiran beberapa teman, hehe :D

hii.. kalo saya takut sama ketinggian mas, geri membayangkan jika berada ditempat tinggi, darah serasa membeku. deyut jantung seperti drum, serem mas.

takut di ruangan tertutup seperti lift, kamar mandi, atau ruang2 biasa tapi tertututp saat melihat film2 yang ada adegan di dalam lorong atau bawah tanah juga rasanya sudah sesak napas,