22 Sep 2013

Fobia, Perasaan Takut Yang Berlebihan

fobia
Illustrasi Fobia
Fobia, Perasaan Takut Yang Berlebihan | Pernahkah sobat melihat orang yang badannya gede, berotot namun ketika disodori kecoa lari terbirit-birit sambil menjerit-jerit? Sepertinya itu adalah kejadian yang lucu dan menggelikan. Tapi itulah kenyataannya, bahwa rasa takut seperti itu ternyata ada yang mengidapnya. Saya sendiri terus terang takut akan ketinggian, jangankan naik Monas yang tingginya puluhan meter, naik gedung lantai 3 saja dengkul rasanya nyut-nyutan dan jantung sepertinya deg-degan. Keadaan seperti ini dinamakan fobia. Mungkin banyak sobat blogger yang sudah tahu apa itu fobia. Atau jangan-jangan ada juga yang kena fobia hehe….

Menurut sumber yang terpercaya yaitu mba Wiki, Fobia adalah rasa ketakutan yang berlebihan pada sesuatu hal atau fenomena. Fobia bisa dikatakan dapat menghambat kehidupan orang yang mengidapnya. Bagi sebagian orang, perasaan takut seorang pengidap Fobia sulit dimengerti. Itu sebabnya, pengidap tersebut sering dijadikan bulan bulanan oleh teman sekitarnya. Sudah tahu ada yang takut sama kucing, tapi temannya justru menjadikannya bahan candaan dengan memberinya kucing dengan sengaja.

Disini katanya sih ada perbedaan "bahasa" antara pengamat fobia atau orang yang melihat orang ketakutan dengan seorang pengidap fobia itu sendiri. Biasanya orang yang melihat temannya ketakutan menggunakan bahasa logika. Tapi bagi pengidap fobia biasanya menggunakan bahasa rasa. Bagi yang normal dan melihat temannya ketakutan  dirasa lucu jika seseorang berbadan besar, takut dengan hewan kecil seperti kecoak atau tikus. Sementara di bayangan mental seorang pengidap fobia subjek tersebut menjadi benda yang sangat besar, berwarna, sangat menjijikkan ataupun menakutkan karena ia menggunakan perasaannya.

Dalam keadaan normal setiap orang memiliki kemampuan mengendalikan rasa takut. Akan tetapi bila seseorang terus menerus menghadapai subjek Fobia secara berlebihan, hal tersebut berpotensi menyebabkan terjadinya fiksasi. Fiksasi adalah suatu keadaan dimana mental seseorang menjadi terkunci, yang disebabkan oleh ketidak-mampuan orang yang bersangkutan dalam mengendalikan perasaan takutnya. Misalnya saja jika seseorang menjumpai seekor tikus dalam satu ruangan mungkin bisa mengendalikan perasaan takutnya. Tapi coba bayangkan jika seseorang bertemu dengan ribuan tikus dan tikus-tikus tersebut memburunya, bisa saja ia akan merasa ketakutan dan terus membayangkan hal tersebut. Penyebab lain terjadinya fiksasi dapat pula disebabkan oleh suatu keadaan yang sangat ekstrem yang lainnya seperti trauma bom, terjebak lift dan sebagainya.

Masih menurut mba Wiki yang baik hati, ternyata fobia itu bisa dikategorikan menjadi dua macam loh. Nah kira kira fobia apa saja yang bisa menyerang atau menghinggapi manusia. Berikut dua jenis fobia tersebut.

Fobia Sosial 
Fobia dikenal juga sebagai gangguan anxietas sosial, fobia sosial adalah ketakutan akan diamati dan dipermalukan di depan publik. Hal ini bermanifestasi sebagai rasa malu dan tidak nyaman yang sangat berlebihan di situasi sosial. Hal ini mendorong orang untuk mengindari situasi sosial dan ini tidak disebebabkan karena masalah fisik atau mental contohnya adalah gagap, jerawat atau gangguan kepribadian lainnya.

Fobia Spesifik 
Fobia ini ditandai oleh ketakutan yang tidak rasional akan objek atau situasi tertentu. Gangguan ini termasuk gangguan medik yang paling sering didapati, namun demikian sebagian kasus hanyalah ringan dan tidak perlu mendapatkan pengobatan. Apabila berhadapan dengan objek atau situasi tersebut, orang dengan fobia akan mengalami perasaan panik, berkeringat, berusaha menghindar, sulit untuk bernapas dan jantung berdebar. Sebagian besar orang dewasa yang menderita fobia menyadari bahwa ketakutannya tidak rasional dan banyak yang memilih untuk mencoba menahan perasaan ketajutan yang hebat daripada mengungkapkan ganguannya.

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai fobia ini. Jika sobat takut akan hal-hal yang mungkin menurut orang normal adalah hal yang wajar-wajar saja, maka bisa dipastikan sobat mengidap fobia juga. Tapi sepertinya itu hal yang wajar asal jangan fobia sama uang saja, bisa miskin terus nantinya hehe….

Semoga bermanfaat dan happy blogging….