Yang Terbaru

Subscribe Here!

Dapatkan Update Informasi Terbaru dari KANG MUROI Melalui Email

Blog Stats

Hikmah Tidur Dalam Keadaan Gelap

By On 2.4.13

matikan lampu saat tidurHikmah Tidur Dalam Keadaan Gelap | Assalamu ‘alaikum Sobat Muro’i El-Barezy, langsung saja deh saya mau nanya, masih ingatkan dengan lirik-lirik lagu berikut, kalo tidak salah dan pasti bener, lagu ini dinyanyikan oleh Tasya feat Duta Sheila on 7, kalo tidak salah lagi judul lagunya “Jangan Takut Gelap”, dan kalo tidak salah juga lirikya begini :

Hai kawan jangan takut, jangan resah
Bila lampu kamar mulai dipadamkan
Ku kan s’lalu menyanyikan lagu ini
Hingga nanti kau tidur bers’limut mimpi
..................
Jangan takut akan gelap
Kar’na gelap melindungi diri kita dari kelelahan

Bait lagu diatas sepertinya tidak punya makna dan mungkin asumsi kita yang penting enak didengar. Tapi tahukah sobat, ternyata jika kita bicara soal gelap-gelapan ini, ada mengandung hikmah didalamnya. Terutama jika kita tidur dalam keadaan gelap alias lampu dimatikan. Dan ternyata juga, tidur dalam keadaan gelap ini baik loh buat kesehatan.

Riset ilmiyah terbaru menegaskan bahwa tetap menyalanya lampu pada saat tidur akan mempengaruhi proses vital yang ada di dalam otak manusia, dan hal tersebut akan menyebabkan gangguan berakibat kegemukan. Oleh karena itu para ilmuwan menasihatan untuk senantiasa mematikan lampu pada malam hari guna memelihara kesehatan tubuh dan otak. Tuh kan, ada yang baru tahu tentang ini? Saya juga baru tahu hehe....

Ahli biologi Joan Robert mengatakan tubuh baru bisa memproduksi hormon melatonin ketika tidak ada cahaya. Hormon ini adalah salah satu hormon kekebalan tubuh yang mampu memerangi dan mencegah berbagai penyakit termasuk kanker payudara dan kanker prostat.

Sayangnya, hormon melatonin ini tidak akan muncul jika orang tidur malam hari dengan lampu menyala. Adanya cahaya atau sinar membuat produksi hormon melatonin akan berhenti.
Dengan mematikan lampu ketika tidur malam hari, bukan hanya menghemat energi tapi juga meningkatkan kesehatan tubuh. Maka itu tidur malam sambil nonton TV juga sangat tidak disarankan karena jelas merugikan kesehatan.

Peneliti juga menemukan ketika cahaya dihidupkan pada malam hari, bisa memicu ekspresi berlebihan dari sel-sel yang dikaitkan dengan pembentukan sel kanker. Para ilmuwan mengklaim jika seseorang terbangun di malam hari dan menyalakan lampu selama beberapa detik, maka bisa menyebabkan perubahan biologis yang mungkin mengarah ke kanker.

Jika pada penelitian sebelumnya tidur malam dengan lampu terang dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker payudara dan kanker prostat. Maka pada penelitian terbaru ini menunjukkan paparan jangka pendek juga bisa dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker.

Dan masya Allah, nasihat ini yang disampaikan pada abad 21, sebelumnya telah disampaikan oleh Nabi shalallahu ‘alaihi wasalam sejak 14 abad yang lalu, dalam banyak hadits Nabi shalallahu ‘alaihi wasalam bersabda:

 “Matikanlah lampu-lampu pada malam hari ketika engkau hendak tidur dan tutuplah pintu-pintu,” [HR. Bukhari, Muslim, Ahmad dll] Dan dalam satu riwayat: “Tutuplah pintu-pintu dan matikanlah lampu-lampu, karena sesungguhnya al-fuwaisaqah – tikus- bisa jadi akan mneyenggol sumbu lampu yang masih menyala dan membakar rumah  penghuninya.” [Terdapat pada Shahih Al-Bukhari dalam Kitab Al-Isti`dzan no. hadits: 6259.]

Semoga bermanfaat dan happy blogging….[sumber]



49 komentar

ada mnfaatnya juga ya kng ,mematikan lampu dikala tidur juga enak ko,bisa cepet tidur,saya saja kalau mau tidur lampunya nyala terus susah pisan ek tidurna.hatur nuhun infona kang.

iya ada juga itu untuk penelitian hamster :D #baca di yahoo
tapi bener juga sih.. , tapi tapi tapi tapi katanya gadis gak boleh tidur dikegelapan, kata temenku loh.. entar di peluk setan hiiii.. tapi kalo baca doa dan wudhu terlebih dahulu ya insyaALLAH enggak ya bang.. bener gak sih. kayaknya enggak bener ya.. tuh temenku kayaknya cuma nakut nakutin doang >______<

eh kalo pake lampu tidur aja gimana. kan agak gelap gitu. :) .

sebenarnya banget sekali penemuan ataupun pendapat ilmiah pada masa kini, yang kalau ditelusuri itu sudah pernah disampaikan oleh Rasulullah SAW..hanya memang kita sebagai umat Islam terkadang mengabaikannya :-)

Iya kang, menurut penemuan memang begitu katanya, disamping ada manfaatnya, kita juga biasanya cepet tidur juga jika lampu dimatikan yah. :)

Ya mungkin itu cuma mitos yah, dengan berdoa insya Allah tidur lebih tenang..

Kalo pake lampu mungkin sudah dijelaskan diatas yah

subhanllah baru tau ane terima kasih banyak infonya ini gan

Kalau diteliti secara logika hikmahnya dari tidur dalam keadaan gelap yakni kita diajarin hemat arus listrik dan juga lebih cepat kita tidur maka akan lebih sehat pula pola tidur kita ,biasanya kalau gelap agak sedikit cepat tidur dibanding kalau terang.

selalu dimatikan jika tidur.. bisa lbh bkin nyenyak :)

ternyata ada hadits nya juga ya kang.saya pribadi klo mau tidur biasa nya matiin lampu,klo lampu nyala teh susah tidur

Ngomong2 soal matiin lampu ,kadang2 saya suka jengkel sama istri ,klo tidur pengen nya lampu tuh di nyalain.

wah ternyata banyak manfaat nya juga :D hehehe mksih info nya mas ;)

Dengan mematikan lampu paling tidak bisa menghemat rekening listrik bulanan.

waduh kade kang bisi pasea lantaran lampu doang, saling pengertian aja kang :d

Nggak bisa tidur kalo ada lampu nyala..

Dengan lampu sedikit gelap , mata akan lebih merasa nyaman.

iya bener mas, baik ayat al-Qur'an atau hadits Rosulullah sudah banyak di buktikan kebenarnnya dengan ilmiah untuk saat ini

sama-sama sob, semoga artikel ini bermanfaat dan trimakasih atas kunjungannya

iya sepertinya demikian ya sob, trimakasih sudah mampir lagi sob

iya tuh, sampe kesiangan bangunnya :d

Tapi sekarang pake lampu sobat. Nggak pake lilin lagi. Jadi nggak pernah kesenggol tikus deh :)

ya ada kang, baru terbukti secara ilmiah sekarang, ternyata tidur gelap itu ada manfaatnya

iya sob, sama-sama yah semoga manfaat :)

saya melaksanakannya, cuma saya ngasal dan tidak tau alasannya selain pengin cepetan merem. dan sekarang saya dapat ilmunya. top Mas, makasih yaaa

waduh.. saya salah satu orang yang nggak bisa gelap2an sob, karena trauma dg kegelapan, dulu sih suka tdr gelap, namun lama lama jadi nggak enk, maunya terang gt. pantesan saya jadi gemuk hehehe

waw,,
ternyata ada makna dibalik cerita,..
jujur,saya emang lebih nyenyak tidur dalam kondisi gelap2an gan,...
lebih nyaman tidurnya,..
:)

Saya malah gak bisa tidur kalau gelap gelapan gan... Wah keren tampilan mobile blognya dan ringan

saya ingat sekali potongan lirik lagu tasya itu sob..
wah ternyata lirik lagu itu memang ada dasarnya ya..bahkan saya baru tau kalau ada hadistnya..
untung deh tiap tidur saya matiin lampu :D
Makasi sharingnya mas muro'i :))

asalamualaikum
gitu ternyata hikmahnya
saya sekeluarga dari dulu tidak bisa tidur kalau lampu menyala
slalu dimatikan lampunya

tidak diragukan lagi kebenarannya.
Allahu Haq

yoi banget bang.. lagian sekarang gak bisa tidur kalo gak matiin lampu..

btw btw, izin copy yak :>)

boleh saja sih kita mengkiaskan seperti itu sob, tapi coba lihat hadits di riwaya tpertama mungkin sudah jelas, dan ternyata secara ilmiah juga bisa dibuktikan bahwa tidur dengan mematikan lampu itu ternyata baik buat kesehatan yah :)

sama sama mas, semoga setelah tahu ilmunya, sekarang tidurnya lebih mantep lagi dengan gelap-gelapan :d

ya mulai belajar lagi sob untuk mencintai kegelapan , gemuk mungkin sebab utamanya banyak makan sob :-d

Saya malah ga bisa tidur kalau lampu dimatikan mas ... ternyata, ada banyak manfaatnya ya bila dimatikan. Nanti saya coba ... mudah2an bisa tidur...

di kerjaan aku ga pernah matiin lampu kamar karena suka gedandapan saat ada emergency call. kalo di rumah sih emang selalu gelap gelapan. takut ketauan anak anak...

semua yg mengadung perintah baik perintah larangan dan perintah tuk mengerjakan pasti ada hikmanya..., happy blogging *smile

ya sob, tapi awas kesiangan :d

sebelum ilmu kesehatan menemukan bahwa tidur yang sehat itu tanpa lampu, ternyata Nabi muhammad jauh sebelumnya telah merekomendasikan hal ini ya kang,
informasi yang bermanfaat

OOh pantes saya jarang makan tapi gemuk gara"nya ini.
Kalo tidur siang hari berarti gak baik buat kesehatan yaah.

Lah sekarang kan tidak memakai lampu dari api, tapi hadist di atas ada benarnya juga ya. :D Semoga apa yang disebutkan di hadist di atas tidak terjadi pada kita.

Alhamdulillah, akhirnya bisa blogwalking lagi setelah beberapa hari "cuti" dari dunia blogging hiehiheiee. Menarik sekali artikelnya hari ini, dan saya sendiri memang suka dengan ruangan yang redup walau tidak pekat atau gelap sama sekali. Minimal lampunya temaram karena menambah kenyamanan dan membuat mata ini lekas terlelap.

Mungkin ekstra perhatian kepada kenyamanan tidur misalnya penangkal nyamuk dll. Karena konon nyamuk juga senang sama ruangan gelap. HIheiheiheiheiheihee. Sama seperti orang pacaran yang seneng sama main gelap gelapan. Jadi yang pada pacaran gelap gelapan ya sama dengan nyamuk la hiehiehiehiheee

manteb banget nih ilmunya :) makasih mas

kalau saya tidak bisa tidur jika gelap, lampu harus hidup dan

Kalo lampu nyala terus jadi gak bisa tidur. Bisa2 melanggar larangan bang Rhoma ntar kalo terang2.. :d

terimakasih artikelnya gan,