Belajar Menjadi Seorang Ayah

Rahma Maulida
Teh Rahma Maulida mau narsis dulu yah depan kamera....
senyumnya mana..?
Belajar Menjadi Seorang Ayah | Sobat Muro'i El-Barezy, mengapa harus belajar menjadi seorang ayah judulnya? Dan kenapa harus belajar? Yah..karena ternyata tidak ada kursus atau pelatihan menjadi seorang ayah yang baik buat anak-anaknya. Semuanya adalah instink dan belajar dari pengalaman-pengalaman orang tua kita dan melihat perkembangan buah hati atau anak-anak kita. Karena sudah bisa dipastikan tumbuh kembang anak yang satu dengan yang lainnya pastilah akan berbeda-beda dan berbeda pula penanganannya.

Anak adalah anugerah dari Allah subhanahu wata'ala yang seyogyanya kita jaga dan sayangi. Saya bisa membayangkan betapa orang tua kita dulu merasakan apa yang saya alami terhadap anak-anak saat ini. Sebuah rasa kasih-sayang yang tidak bisa tergantikan oleh apapun. Perasaan itu silih berganti muncul manakala menyaksikan beberapa moment tertentu dari mereka.

Saat anak ceria
Ini saat-saat paling menyenangkan dan membahagiakan dalam hidup ini. Menyaksikan mereka tumbuh kembang dengan sehat dan ceria menjadi obat pelipur lara dikala duka dan menjadi penawar dikala gundah gulana. Saat-saat pulang kerja badan capai tapi ketika melihat senyum mereka, hilanglah rasa itu berganti dengan semangat untuk menjadikan mereka lebih bahagia dari orang tua.

Saat anak tertidur
Saat-saat mereka tidur adalah saat dimana timbul perasaan yang mendorong hati ini untuk selalu introspeksi. Memandangi wajah-wajah lugu mereka saat tertidur pulas adalah dorongan semangat untuk memeberikan yang terbaik buat mereka. Kamu harus lebih baik daripada abimu ini nak. Abi berjanji tidak akan menyia-nyiakan hidup kalian.
Sulthan Zaky Al-Fayyadh
Sulthan Zaky Al-Fayyadh....teduh rasanya memandang wajahnya saat
tertidur pulas, doakan abi bisa membahagiakanmu nak...
Saat anak sakit
Saat anak sakit adalah saat yang mencemaskan. Ingin rasannya penyakitnya dipindahkan, jangan mereka yang merasakan. Alhamdulilah mereka hanya sakit biasa, seperti panas dan demam. Namun demikian cukup membuat bingung dan cemas. Mungkin seperti itulah dulu orang tua kita mersakan hal yang sama seperti apa yang saya rasakan saat ini. Saat mereka sakit sepertinya apapun bisa dilakukan demi kesembuhannya. Semoga Allah akan menjaga mereka. Amiin.

Saat anak nakal
Usia balita adalah usia dimana anak-anakku butuh perhatian dan kasih sayang. Teruatama si sulung Rahma Maulida yang saat ini baru berusia 3 tahun 10 bulan. Mungkin karena secara psikologis yang tadinya semua kasih sayang tercurah hanya untuknya, sepertinya saat ini mereasa tersaingi dengan kehadiran adiknya hehe..
Kadang ia nakal tapi masih tahap wajar hanya mencari perhatian saja. Sabar adalah kunci menghadapinya walau kadang marah tak terbendung juga.

Masih banyak sepertinya saat-saat penuh makna yang tidak bisa diungkapkan pada kolom yang terbatas ini, namun semoga ini menjadi sebuah gambaran buat saya pribadi dan buat sobat blogger yang kebetulan mempunyai buah hati saat ini. Belajar menjadi ayah dari anak-anak mereka adalah sebuah pekerjaan berat yang harus dipikul bersama.

Terimakasih umi yang selama ini mau mendidik dan memperhatikan mereka. Semoga semua dimudahkan jalannya. Menjadikan keluarga saya dan sobat blogger semua, keluarga bahagia, amiin.

Semoga bermanfaat dan happy blogging....



55 Responses to "Belajar Menjadi Seorang Ayah"

  1. infonya sangat bermanfaat terutama bagi saya yang kelak kan menjadi seorang ayah...insya ALLAH..amiiinn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin, semoga dimudahkan sob, trimaksih silaturrahimnya:)

      Delete
  2. Setiap pria di dunia ini akan menjadi seorang ayah termasuk juga saya :D terimakasih telah berbagi pengalamannya sob :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama sob, ini cuma curcol tapi semoga manfaat:)

      Delete
  3. pengalaman yang penuh suka duka yang harus dijalani setiap laki-laki sob,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener sob, laki-laki insya Allah akan mengalaminya, trims silaturrahimnya:)

      Delete
  4. Sepertinya saya harus banyak belajar ini dari Mas,,,yang menjadi ayah sekaligus pendidik yang baik untuk anak-anaknya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trimakasih sob, saya juga masih lagi belajar menjadi ayah yang baik:)

      Delete
  5. Subhanallah... cantik sekali Teh Rahma :)

    Semoga selalu dikumpulkan Allah dalam ikatan keluarga yang harmonis, amin...

    ReplyDelete
  6. wah, lumayan ini buat saya... masih belum jadi ayah :D

    ReplyDelete
  7. Nanti insyaAllah,
    saya juga akan jadi seorang Ayah,..
    Pasti bahagia bgt rasanya,...
    :)

    ReplyDelete
  8. bermanfaat sekali infonya mas.
    saya belum jadi seorang Ayah..:D

    ReplyDelete
  9. selamat mlm mas. bermanfaat sekali mas artikelnya. wah perlu di bokmr sob buat nanti kalu udah punya anak hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan sob di bookmark dulu, trimakasih kunjungannya:)

      Delete
  10. ayah adalah cerminan bagi penerus,yaitu anak kita sob,sosok ayah sangatlah dibutuhkan oleh anak-anak.mungkin dari awal kita belajar.tapi jangan heran,karna hidup selamanya belajar dan belajar.terima kasih infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener sob, hidup memang selalu belajar dan belajar, terimaksih juga kunjungannya sob

      Delete
  11. katanya kalau sudah jadi seorang ayah. kalau anak sakit, rasa rasanya pengen sekali tukar posisi. biar kita aja yang sakit asal anak kita sehat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan, seperti pada point diatas saya smapikan juga begitu, rasa sakit yang diderita anak sepertinya inginnya orang tua yang merasakannya..
      Makasih gan kunjugannya:)

      Delete
  12. semuga menjadi tempat berlindung yang nyaman buat anak-anak tercinta

    ReplyDelete
  13. saya hanya berharap.. semoga kelak, saya jadi ayah yg baik buat anak-anak saya... :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin semoga bisa terkabul sobat, trimakasih silaturrahimnya

      Delete
  14. sejuk banget Mas Muroi. seger banget ada postingan kayak gini. bisa merasakan dan bisa menyelami. bahagia sekali ya Mas, beneran saya trenyuh campur ikut bahagia. takdoain, semoga Allah menganugerahi Mas Muroi sekeluarga dengan limpahan rezeki berlimpah, nikmat sehat yang terus menerus, dan ketenteraman yang abadi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiiin ya robbal alamin..makasih doanya mas, saya juga berdoa semoga keluarga mas Zach juga selalu dalam keberkahan...

      Delete
  15. setuju dan turut mendo'akan seperti halnya kang zach.

    hampir lewat setahun nunggu artikel soal anak anak, sulthan udah gede yah, pasti udah jahil sama tetehnya dan bawel y kang?
    teh rahma hiidungnya meni bangir pasti itu mah hidung uminya yah..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kang tapi ini bukan postingan khusus tentang Sulthan Zaky, iya kang sudah hampir 7 bulan, sudah bisa kokorondangan hehe..
      haturnuhun kang

      Delete
  16. Pagi Kang Muroi,,,semoga bisa menjadi keluarga yang SAMARA yaa sob,,,sepertinya saja juga harus banyak belajar bagaimana menjadi seorang Ayah yang baik.

    ReplyDelete
  17. Bayinya imut bgt sob. Hehehe

    ReplyDelete
  18. *sodorin tulisannya ke suami*

    somehow, this is so useful to me too.. semoga bisa jadi orang tua yg baik :)

    ReplyDelete
  19. berusaha yang terbaik untuk anaknya,
    semoga bisa jadi yang terbaik gan hehe :D

    ReplyDelete
  20. wah bahagia banget ya sob rasanya...? hmm.. jadi pengen cepet cepet nikah nih sob.. cariin pasangan donk sob. hwhwhwhw

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya cepetan sob, biar menyempurnakan kebahagiaan:}

      Delete
  21. Saat anak sakit. .. itu dia yg bikin bapak bingung ... saya ngerasa juga akan hal ini.. "jagoan" saya lagi sakit sekarang mas .. panas, batuk2.. yah .. moga aja cepet sembuh nak ..
    Artikel yang bagus bang ... membuat saya mengerti, bahwa terus belajar menjadi ayah yang baik adalah usaha yang tidak akan berakhir ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga lekas sembuh jagoannya mas...
      trimakasih kunjungannya, happy blogging

      Delete
  22. MUALIDA...seperti sepupu saya..cantik unyu2 fotonya ...hehe

    ReplyDelete
  23. SEmoga menjadi ayah yang baik sobat untuk anak dan istri serta keluarga aamiin..aamiin.
    Anaknya umur berapa sob...
    Saya juga sedang banyak belajar bagaimana menjadi seorang ayah yang baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin, makasih sobat..
      Rahma baru umur 3 tahun 10 bulan, yang adkiknya baru 7 bulan sob:}
      ya kita sama sama belajar sob, trims silaturrahimnya

      Delete
  24. apa yg kamu rasakan sama sob, aku jg kalo ngliat anakku tidur pulas tuh, teduh damai dan tenaaaang bgt rasanya..
    kyk ilang semua beban dipikiran tuh.. apalagi kalo udh ngliat dia senyum, wah, susah utk dilukiskan dgn kata2 deh.. pokoknya apapun akan aku lakukan demi anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua kita yang jadi ayah sepertinya akan merasakan hal yang sma ya sob, trimakasih kunjungannya:}

      Delete
  25. duuhh gak pernah datang kesini karena masih di sibukkan di kampus...

    eemm baik juga nih mas... bisalah disaatnya ane nanti jadi seorang ayah.. ane jadi lebih tau mau anak kita..

    makasih ya mas.. pengalamannya...

    ReplyDelete
  26. wah aku bingung neh kalo disuruh bilang tentang ayah
    rumangsa ga pernah di rumah ketemu anak anak tiap 3 bulan sekali
    hiks...

    ReplyDelete
  27. Benar sobat, untuk menjadi seorang ayah yg baik, bagus dan benar mesti harus belajar. karena ayah adalah sosok dan bisa menjadi contoh untuk putra putrinya.
    selamat dan sukses sobat

    ReplyDelete
  28. saya bukan (belum) jadi seorang ayah, tapi memang kalo liat anak kecil tidur pulas rasanya teduh gimana.... gitu

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel