Yang Terbaru

Subscribe Here!

Dapatkan Update Informasi Terbaru dari KANG MUROI Melalui Email

Blog Stats

Perhatikan Hal Sepele Sebelum Menerbitkan Artikel

By On 7.12.12

Up date postinganPerhatikan Hal Sepele Sebelum Menerbitkan Artikel | Sepertinya ini masalah yang sepele. Namun sesuatu yang besarpun ternyata dimulai dari hal yang sepele pula. Jadi kali ini saya mengulas hal yang mungkin dianggap sedikit tidak bermanfaat bagi blogger yang sudah malang melintang di dunia perbloggeran, namun inipun masih saya lakukan karena lupa.

Okelah langsung saja pembicaraan kali ini adalah bagaimana atau hal apa saja yang sebaiknya kita lakukan sebelum mem-publish atau menerbitkan artikel pada blog. Hal-hal tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

Sesuikan Bentuk Tulisan /Font
Bentuk font sangat sedikit banyak mempengaruhi gairah pembaca blog. Jadi jika font yang kita gunakan tidak enak dipandang mata, otomatis akan segera ditinggalkan alias tidak dibaca. Gunakan font yang jelas dan mudah dibaca. Font yang sebaiknya di gunakan adalah biasanya arial, verdana atau yang lainnya.

Perhatikan Ejaan
Sebenarnya ini tidaklah mutlak, yang penting tulisan kita enak dibaca sepertinya sudah cukup. Namun bagi yang memposting hal yang sedikit serius, ejaan dalam tulisan sangatlah penting. Pembaca blog kita adalah beragam dan dari mereka sudah dapat dipastikan pernah belajar bahasa Indonesia jadi sedikit banyak tahu mana ejaan yang benar dan mana yang tidak. Jadi pergunakanlah ejaan yang benar sesuai dengan kaidah bahasa. Namun pengecualian jika menggunakan bahasa gaul itu mungkin sah-sah saja sebagai daya tarik. Jadi sebelum mem-publish pastikan tidak ada ejaan yang salah.

Perhatikan Huruf
Nah inipun hal yang mungkin dianggap sepele juga, tapi sebaiknya gunakan ini sebisa atau setahu kita mana yang menggunakan huruf besar dan mana yang menggunakan huruf kecil. Dan perhatikan pula apakah ada huruf yang salah dalam penulisannya.

Periksa Tautan / Link
Yang ini mungkin buat artikel yang buat nyedot-nyedot software alias ngedownload. Pastikan jika memasang link, link tersebut tidak rusak atau broken.

Memasang ALT tag Pada Gambar
Alt tag pada gambar menurut para master sangat berpengaruh terhadap seo. Kenapa demikian, karena ternyata mesin pencari seperti google, bing dan yang lainnya tidak bisa mendeteksi gambar, sehingga kita harus membubuhi tag alt pada gambar tersebut sebagai penanda gambar apa itu. Ada cara otomatis dengan memasang script  dan ada juga cara yang manual. Jadi teserah mau pake yang mana yang jelas gunakan tag alt ini untuk mengoptimalkan seo.

Pilih Judul Yang Sesuai
Judul artikel adalah nyawa dari sebuah tulisan. Walaupun isi artikelnya kadang ngalor ngidul ga tahu kemana tapi kalo judulnya menarik mungkin pembaca jadi penasaran ingin membacanya. Jadi perhatikan betul dan pastikan sobat membuat judul yang tepat sebelum mempublishnya. Jangan sampai merubah judul yang sudah diterbitkan karena akibatnya kurang baik juga terhadap blog karena bisa menjadi "Broken Link".

Biasakan Untuk Mereview Dahulu
Berikutnya adalah biasakan untuk mereview terlebih dahulu sebelum mempublish. Karena bisa saja apa yang terlihat di area postingan tidak sama dengan apa yang muncul di halaman postingan. Baik itu bentuk dan letak huruf-hurufnya. Baca kembali apa yang sudah ditulis. Nah jika dirasa sudah klop dan tidak ada kekurangan barulah mempublih postingan sobat.

Demikian hal-hal yang harus diperhatikan sebelum kita mempublish sebuah postingan atau artikel blog. Namun demikian kesalahan pastilah ada, kita hanya meminimalisir kesalahan tersebut. Sama seperti postingan ini masih jauh dari kesempurnaan. Saya sendiri kadang sering mengedit artikel yang sudah diterbitkan dan inipun sebenarnya kurang baik pula. Semoga bermanfaat dan happy blogging...



62 komentar

kadang ane gak memperhatikan itu dan langsung publish artikel, dan hasilnya banyak yg ane edit.. wkwkwkwkwk

eh di blogroll juga bisa gan..:) kan sama dengan reciprocal link..:)

sama, saya suka lupa, kayak postingan terbaru tuh prinsip aja kurang n hehe...
yasudahlah sudah di edit dua kali eh ttp kelupaan.
Mesti jangan buru2

seperti di postingan terbaru saya sob, maksud saya mau tulis kambing tapi malah jadi kamping.. mesti lebih teliti nih..

tips yang pas buat blogger.. :)

Wah,,,,kalau saya memang seperti yang Mas posting ini hehehe :)

Wah Kang, saya minta tips yang memasang ALT tag pada gambarnya dong. Secara saya ngeblog lebih banyak menampilkan gambar daripada kata-kata. Hatur nuhun

tips yg bermanfaat bang, lanjutkan.

Sya sring pusing menentukan ejaan yg tepat untuk postingan sperti no.2 di atas ...

Memang klau ejaan ngga bnr jdnya mnk buruk dan tdk ad yg di baca, hehe ...

terima kasih bnyak

kunjungan sore genk setuju ane genk tit2 anda genk. trmks saran dan ilmunya genk.

bener banget itu sob, kalo boleh nambahin satu lagi sob, perhatikan keyword yang sedang musim biar artikel laris

hal yang kecil memang kadang suka terlupakan sob

iya sob, begitu kan kelihatan sepele tapi kayanya mengganggu...

ya semoga pas juga buat sobat hihi...

ya syukurlah, sukses selalu sob

okelah nanti bisa saya posting disini...

ejaan memang gampang gampang susah sih sob...

sama sama sob, matur kesuwun...

wah bener juga tuh, makasih sob...

Ejaan yang paling sering salah ya sob hehehe...
Betul sob, ALT pada gambar memang penting.
Thanks sharingnya :)

saya juga pake tag alt, masbro

soal EYD ane paling sembronoh tuh sob, sepele tp jadi patal kl keseringan ya ...

point pertama tuh yang paling ane suka.,

kladang banyak banget blogger yang pake font aneh, yang katanya sih bikin bagus tampilan artikel nya, padahal kan malah bikin rusak mata ngelihatnya.,

blog saya kadang kadang reviewnya error mas :(

oke sob, cuma sekedar sharing ringan saja hihi

bener tuh sob, alt baik buat seo soalnya

betul kang, kadang saya tanpa review langsung posting jadi harus edit setelah diposting dan ini sering, terima kasih telah mengingatkan

Aduh, saya malah sering bgt publish artikel buru2 sampe lupa gak dikasih judul. Hehehe.

ternyata, kadang aku langsung publis aja kak, makasih buat tipsnya

dapat ilmu baru lagi sobat di sini...
Hanya beberapa yang telah dilakukan dan beberapa lainnya belum dilaksanakan oleh saya sob...hehehe.
Harus bisa memperbaiki pelan-pelan tetapi pasti. Insya Allah

wah paling sering klo nulis artikel mungin dari ejaan sob, soalnya ngetiknya saya udah pake sebelas jari wkwkkw (1+1) :D

mantap tipsx gan..! syukran ya *smile
sy pribadi senangnya pake font Trubechet...

blognya makin kreatif sob, saya suka nih... makasih ya tipsnya :)

Setuju gan., tapi terkadang dalam menulis sring apa adanya dan spontan .....

Jalan-jalan sambil silaturrahmi.

Kalo saya sich sobbb sukanya COPAS sana sini jadi tidak tralu memperhatikan hal yank beginiannnn...

wah berhubung jatah main internetnya malam nati kalau koreksi dulu keburu kesiangan sob

Hemm.,.lama nggak berkunjung ke Mastah Muroy...ternyata artikelnya selalu hangat bercerita tentang " sesuatu"

Bagus Gentle banget ..jujur...banget.....ha,,ha,,ha,.,

yang penting nulis dan mengalir saja sob, ini tidak mutlak kok

ya mungkin maksidnya biar rame sob, tapi jadi ga kebaca sama pengunjung deh

itu berarti galat saat menerbitkan artikel sob, coba ngetik langsung di postingan atau pake notepad nulisnya, baru dicopy ke postingan, atau bisa juga dengan membersihkan chookie pada browsernya

wah ga pake judul hihi...saking buru2 mau sekolah ya

trimakasih sobat, saya rasa sudah dilakukan point2 diatas yah

font trebuchet memang enak dibaca sob, trims silaturrahimnya

ini memng tidak mutlak sob, yang penting enjoy nulis ajalah hihi..

trimakasih buat silaturrahimnya

wah saya suka nih sama yang jujur

silakan sob,
oya btw saya ga bisa buka blog sobat tuh, ga tahu kenapa yah?

makasih sob atas kunjungannya, salam sukses selalu...

waahhh makasih banget mas... oya ane selalu memperhatikan hal itu mas.. semoga aja tidak ada yang tersalah....

betul itu sobat, terkadang kita terlalu terburu2 mempublishhh artikel sampai lupa hal2 diatassss..

Betul sob infonya, yg jls sebelum di publish harus kudu di cek dulu atau istilah bahasa Bloggernya Pratinjau hahaha. bagian mana yg kurang. jangan main paste saja trus Publish hehehe.... Tips yang bermanfaat sekali sob. Nice

Saya banyak menimba ilmu dari artikel ini dan akan saya jadikan salah satu guide (pedoman) dalam menuliskan atau mempublish artikel di blog saya tentunya.

Banyak kesalaham yang saya buat setelah tulisan itu muncul atau publish, seperti pengulangan kata, pengutipan yang salah, namun yang lebih sering salahnya adalah kurang huruf seperti "perhatin" maksudnya perhatian

saya terkadang lupa untuk meneliti tulisan lagi. jadinya banyak yang salah...hehehe

terimakasih sudah berbagi.