7 Dec 2012

Perhatikan Hal Sepele Sebelum Menerbitkan Artikel

·   62

Up date postinganPerhatikan Hal Sepele Sebelum Menerbitkan Artikel | Sepertinya ini masalah yang sepele. Namun sesuatu yang besarpun ternyata dimulai dari hal yang sepele pula. Jadi kali ini saya mengulas hal yang mungkin dianggap sedikit tidak bermanfaat bagi blogger yang sudah malang melintang di dunia perbloggeran, namun inipun masih saya lakukan karena lupa.

Okelah langsung saja pembicaraan kali ini adalah bagaimana atau hal apa saja yang sebaiknya kita lakukan sebelum mem-publish atau menerbitkan artikel pada blog. Hal-hal tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

Sesuikan Bentuk Tulisan /Font
Bentuk font sangat sedikit banyak mempengaruhi gairah pembaca blog. Jadi jika font yang kita gunakan tidak enak dipandang mata, otomatis akan segera ditinggalkan alias tidak dibaca. Gunakan font yang jelas dan mudah dibaca. Font yang sebaiknya di gunakan adalah biasanya arial, verdana atau yang lainnya.

Perhatikan Ejaan
Sebenarnya ini tidaklah mutlak, yang penting tulisan kita enak dibaca sepertinya sudah cukup. Namun bagi yang memposting hal yang sedikit serius, ejaan dalam tulisan sangatlah penting. Pembaca blog kita adalah beragam dan dari mereka sudah dapat dipastikan pernah belajar bahasa Indonesia jadi sedikit banyak tahu mana ejaan yang benar dan mana yang tidak. Jadi pergunakanlah ejaan yang benar sesuai dengan kaidah bahasa. Namun pengecualian jika menggunakan bahasa gaul itu mungkin sah-sah saja sebagai daya tarik. Jadi sebelum mem-publish pastikan tidak ada ejaan yang salah.

Perhatikan Huruf
Nah inipun hal yang mungkin dianggap sepele juga, tapi sebaiknya gunakan ini sebisa atau setahu kita mana yang menggunakan huruf besar dan mana yang menggunakan huruf kecil. Dan perhatikan pula apakah ada huruf yang salah dalam penulisannya.

Periksa Tautan / Link
Yang ini mungkin buat artikel yang buat nyedot-nyedot software alias ngedownload. Pastikan jika memasang link, link tersebut tidak rusak atau broken.

Memasang ALT tag Pada Gambar
Alt tag pada gambar menurut para master sangat berpengaruh terhadap seo. Kenapa demikian, karena ternyata mesin pencari seperti google, bing dan yang lainnya tidak bisa mendeteksi gambar, sehingga kita harus membubuhi tag alt pada gambar tersebut sebagai penanda gambar apa itu. Ada cara otomatis dengan memasang script  dan ada juga cara yang manual. Jadi teserah mau pake yang mana yang jelas gunakan tag alt ini untuk mengoptimalkan seo.

Pilih Judul Yang Sesuai
Judul artikel adalah nyawa dari sebuah tulisan. Walaupun isi artikelnya kadang ngalor ngidul ga tahu kemana tapi kalo judulnya menarik mungkin pembaca jadi penasaran ingin membacanya. Jadi perhatikan betul dan pastikan sobat membuat judul yang tepat sebelum mempublishnya. Jangan sampai merubah judul yang sudah diterbitkan karena akibatnya kurang baik juga terhadap blog karena bisa menjadi "Broken Link".

Biasakan Untuk Mereview Dahulu
Berikutnya adalah biasakan untuk mereview terlebih dahulu sebelum mempublish. Karena bisa saja apa yang terlihat di area postingan tidak sama dengan apa yang muncul di halaman postingan. Baik itu bentuk dan letak huruf-hurufnya. Baca kembali apa yang sudah ditulis. Nah jika dirasa sudah klop dan tidak ada kekurangan barulah mempublih postingan sobat.

Demikian hal-hal yang harus diperhatikan sebelum kita mempublish sebuah postingan atau artikel blog. Namun demikian kesalahan pastilah ada, kita hanya meminimalisir kesalahan tersebut. Sama seperti postingan ini masih jauh dari kesempurnaan. Saya sendiri kadang sering mengedit artikel yang sudah diterbitkan dan inipun sebenarnya kurang baik pula. Semoga bermanfaat dan happy blogging...



Subscribe to this Blog via Email :