Yang Terbaru

Subscribe Here!

Dapatkan Update Informasi Terbaru dari KANG MUROI Melalui Email

Blog Stats

Memasang Tag Alt Agar Gambar Lebih SEO

By On 10.12.12

alt tag
Memasang Tag Alt Agar Gambar Lebih SEO | Sobat Muro’i El-Barezy, lagi-lagi saya harus memposting yang memang bukan kapasitas saya mengenai tutorial. Sebenarnya tutorial ini sobat sudah pada maklum dan sudah banyak sobat blogger dan para master yang membahasnya. Namun demi menjawab pertanyaan sobat Sari Jeruk, saya sedikit mengulas bagaimana cara memasang fungsi tag alt pada image alias gambar.
Sebelum kita bahas lebih jauh, buat sobat yang mungkin belum mengenal apa sih fungsi dari Tag Alt pada gambar, berikut penjelasannya.

Fungsi Tag Alt pada gambar, berfungsi sebagai penanda. Hal ini untuk memberitahukan kepada mesin pencari semisal google, bing, dan lain sebagainya mengenai identitas gambar. Dikarenakan mesin pencari tidak akan bisa membaca sebuah gambar. Mesin pencari hanya mengetahui ektensi dari sebuah gambar semisal jpg, gif, png tanpa bisa membaca "gambar apakah itu sebenarnya". Untuk itu di buatlah tag alt agar mesin pencari dapat mengetahui identitas gambar yang kita masukan pada postingan.

Selain fungsi diatas tag alt juga berfungsi untuk mengurangi error / warning valid HTML blog sobat dan juga bisa untuk menyisipkan keyword, entah itu keyword judul artikel, turunan target keyword, ataupun deskripsi gambar.

Okelah daripada panjang lebar ngalor ngidul ga karuan mending langsung saja kita ke tutorial bagaimana membuat fungsi tag alt ini. Untuk pengguna blogspot, sekarang sudah disediakan tools-nya. Caranya setelah sobat mengupload gambar, klik gambar dan pilih menu proprties. Silakan isikan judul dan tag alt pada image tersebut.
tag alt

Tapi bagi sobat yang tidak ingin repot memakai cara manual diatas, sobat bisa juga memasang fungsi tag alt ini secara otomatis sehingga judul gambar akan terindeks secara otomatis. Tapi perlu diperhatkan sebelum mengupload gambar pastikan dahulu sobat sudah memberi judul gambar tersebut.
Caranya cukuplah mudah. Pada edit HTML, sobat cari kode </body> dan letakkan script berikut persis diatasnya :
<script src='https://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.6.2/jquery.min.js' type='text/javascript'/>
<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
$(document).ready(function() {
$('img').each(function(){
var $img = $(this);
var filename = $img.attr('src')
$img.attr('alt', filename.substring((filename.lastIndexOf('/'))+1, filename.lastIndexOf('.')));
});
});
//]]>
</script>
<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
$(document).ready(function() {
$('img').each(function(){
var $img = $(this);
var filename = $img.attr('src')
$img.attr('title', filename.substring((filename.lastIndexOf('/'))+1, filename.lastIndexOf('.')));
});
});
//]]>
</script>
Nah untuk mengetahui apakan fungsi tag alt ini berjalan secara otomatis, sobat bisa menggunakan SEO Quake, jika terdapat tanda centang pada alt tag berarti misi ini sukses. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat…..



41 komentar

praktek dulu gan ...
dan thanks artikelnnya :)

iya ya sob, kayaaknya repot kalau pasang tagnya satu per satu...
apa blog ini sudah menerapkannya???

SUper sekali Gan :-) terima Kasih ya Gan... mohon kunjungnnya ke http://bit.ly/Energi131
.
matur nuwun

super infox sob! sy baru tau ni, maklum klo SEO sy oon *smile

Kang, hatur tengkyu tutorialnya. Saya coba langsung praktek niy. Semoga blog saya semakin dikenal ya hehehhehe ngarep.com

saya hanya menggunakan title pada gambar yang ada di blog-ku sobat :-)

Info yang bermanfaat sekali, karena ini sering terlupakan, dan dengan script di atas jadi lebih mudah sekali.

Terima kasih kak, udah aku pasang di blog aku.

hehe, kalo soal ginian, saya hanya mengangguk-angguk saja Mas. teknologi isdebes.

sama sama sobat, oke langsung ke tekape

wah sobat ini merendah saja, ini sudah maklum sob hihi

silakan sob, mudah-mudahan mbah google makin ramah sama blognya, sukse selalu

itupun bisa bang, tapi lebih baik tah alt juga disini karena ini lebih penting sepertinya

iya dengan yang otomatis sepertiya jadi ga repot, trimakasih sob

silakan mas angguk-angguk semoga pahaam...amin

yang otomatis hasilnya kurang memuaskan mas :(

manual lah yang terbaik hehehe :D

Kalau yang ini memang udah saya sering lakukan Mas :)

Mantab mas informasinya.

selama ini saya juga pake yang namual sob, jadi gampang ngeditnya...

okeh mantaplah kalo gitu sobat, biar lebih seo

trimakasih sob atas kunjungannya

wah baru tahu harus ada tambahan...script nya ya mas..

sy sih cuma ngisi di kotak title n alt text..doang slama ini...hehe

trim ya mas mur..buat tutornya... :)

wah ini bukan menambhkan script mas, tapi boleh pilih mana yang lebih suka, kalo sudah pake cara yang pertama, berarti csriptnya ga usah dipasang..trimakasih

ohh, jadi gambar yg di upload alt tag nya sesuai nama file yg di upload tadi ya ? bukan sesuai judul artikel ?

wah mantap nih kang,terima kasih sudah berbagi ilmu.

ya sob diatas sudah dijelaskan bahwa fungsi tag alt juga bisa untuk menyisipkan keyword postingan, jadi bisa saja dalam gambar itu tag alt-nya adalah judul postingan, artinya tidak masalah jika tidak sesuai dengan gambar juga

sama sama kang semoga bermanfaat...

mantap tutor nya mas.. :)
Saya sendiri lebih suka pakai yang manual Mas.. Kalau pakai yang otomatis (Script) sering berantakan, karena yg di baca adalah nama file gambar saat di upload, jadi sebelum mengupload harus diberi nama sesuai keyword yg kta inginkan nantinya..

bener sob, saya juga masih pake yang manual..

asikan yg manual seh sob, tp sering lupa juga, hehehehe :D

bener sob, ane selalu pakai alt tag pada image tapi pake cara menual juga sih

saya lebih mementingkan kualitas sebuah tulisan mas dibanding apa pun,karena kalau tulisan bagus juga yang baca datang sendiri alias punya pembaca sendiri :)

Saya sering mendengar kalaw gambar atau imej website atau blog muncul teksnya akan meningkatkan performa di mata Google. Hmmm bener bener ada manfaatnya ya. Bole juga saya praktekkan ini, walau harus masuk ke EDIT HTML nya dulu hiehiheie. Manual soale hiheiheiee

tapi kalo browser javascript dimatiin gimana gan? ngaruh gak?

nah ini yang namanya asik sob. lebih gampang. jadi meringankan.. hihi

trimakasih mas.. Saya baru tau fungsi nya tag alt.. Artikenya sangat bermanfaat mas.. Artikel'e berkualitas kabeh mas...

TOKO HANDPHONE TERBESAR TERLENGKAP TERMURAH TERPERCAYA NABILA SHOP Produk dijamin asli orginal.Dapatkan harga promo meyambuk tahun baru Nabila Shop Barang yang Kami Tawarkan Semuanya Barang ASLI ORGINAL Ada Garansi Resmi Distributor dan Garansi TAM 2 bebas resiko bebas penipuan.
Semua Produk Kami Baru dan Msh Tersegel dLm BOX_nya.
BERMINAT HUB-SMS 085-757-299-675 ATAU KLIK WEBSET RESMI KAMI http://nabilashop77.blogspot.com
Ready Stock! Samsung Galaxy S4 Mini Rp.2,500.000
Ready Stock! Apple iPhone 5 Rp.2,700.000
Ready Stock! BlackBerry 9380 Orlando - Black.Rp.900.000,-
Ready Stock! BlackBerry Curve 8520 Gemini.Rp.500.000,-
Ready Stock! BlackBerry Bold 9780 Onyx 2.Rp.800.000,-
Ready Stock! Blackberry Curve 9320.Rp.700.000,-
Ready Stock! Samsung Galaxy Note 10.1.Rp.2,500.000.
Ready Stock! Samsung Galaxy Tab 2 (7.0).Rp. 1.000.000
Ready Stock! Samsung Galaxy S III Mini.Rp.1.800.000.
Ready Stock! Samsung Galaxy Nexus I9250 - Titanium Si.Rp.1.500.000,-
Ready Stock! Samsung Galaxy Note N7100.Rp.2.500.000.
Ready Stock! Samsung Galaxy Note N7000 - Pink.Rp.1.700.000.
Ready Stock! Samsung Galaxy Y S5360 GSM - Pure White.Rp.500.000
Ready Stock ! BlackBerry Curve 9360 Apollo Rp.950.000,-