10 Dec 2012

Memasang Tag Alt Agar Gambar Lebih SEO

·   41

alt tag
Memasang Tag Alt Agar Gambar Lebih SEO | Sobat Muro’i El-Barezy, lagi-lagi saya harus memposting yang memang bukan kapasitas saya mengenai tutorial. Sebenarnya tutorial ini sobat sudah pada maklum dan sudah banyak sobat blogger dan para master yang membahasnya. Namun demi menjawab pertanyaan sobat Sari Jeruk, saya sedikit mengulas bagaimana cara memasang fungsi tag alt pada image alias gambar.
Sebelum kita bahas lebih jauh, buat sobat yang mungkin belum mengenal apa sih fungsi dari Tag Alt pada gambar, berikut penjelasannya.

Fungsi Tag Alt pada gambar, berfungsi sebagai penanda. Hal ini untuk memberitahukan kepada mesin pencari semisal google, bing, dan lain sebagainya mengenai identitas gambar. Dikarenakan mesin pencari tidak akan bisa membaca sebuah gambar. Mesin pencari hanya mengetahui ektensi dari sebuah gambar semisal jpg, gif, png tanpa bisa membaca "gambar apakah itu sebenarnya". Untuk itu di buatlah tag alt agar mesin pencari dapat mengetahui identitas gambar yang kita masukan pada postingan.

Selain fungsi diatas tag alt juga berfungsi untuk mengurangi error / warning valid HTML blog sobat dan juga bisa untuk menyisipkan keyword, entah itu keyword judul artikel, turunan target keyword, ataupun deskripsi gambar.

Okelah daripada panjang lebar ngalor ngidul ga karuan mending langsung saja kita ke tutorial bagaimana membuat fungsi tag alt ini. Untuk pengguna blogspot, sekarang sudah disediakan tools-nya. Caranya setelah sobat mengupload gambar, klik gambar dan pilih menu proprties. Silakan isikan judul dan tag alt pada image tersebut.
tag alt

Tapi bagi sobat yang tidak ingin repot memakai cara manual diatas, sobat bisa juga memasang fungsi tag alt ini secara otomatis sehingga judul gambar akan terindeks secara otomatis. Tapi perlu diperhatkan sebelum mengupload gambar pastikan dahulu sobat sudah memberi judul gambar tersebut.
Caranya cukuplah mudah. Pada edit HTML, sobat cari kode </body> dan letakkan script berikut persis diatasnya :
<script src='https://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.6.2/jquery.min.js' type='text/javascript'/>
<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
$(document).ready(function() {
$('img').each(function(){
var $img = $(this);
var filename = $img.attr('src')
$img.attr('alt', filename.substring((filename.lastIndexOf('/'))+1, filename.lastIndexOf('.')));
});
});
//]]>
</script>
<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
$(document).ready(function() {
$('img').each(function(){
var $img = $(this);
var filename = $img.attr('src')
$img.attr('title', filename.substring((filename.lastIndexOf('/'))+1, filename.lastIndexOf('.')));
});
});
//]]>
</script>
Nah untuk mengetahui apakan fungsi tag alt ini berjalan secara otomatis, sobat bisa menggunakan SEO Quake, jika terdapat tanda centang pada alt tag berarti misi ini sukses. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat…..



Subscribe to this Blog via Email :