Yang Terbaru

Subscribe Here!

Dapatkan Update Informasi Terbaru dari KANG MUROI Melalui Email

Blog Stats

Cacar Air;Lagi Mewabah Disini

By On 1.11.12

cacar air
Gambar Illustrasi
Assalamu ‘alaikum sobat Muro’i El-Barezy, semoga sehat selalu dan tidak kena penyakit cacar seperti di tempatku. Kenapa ngomong-ngomong penyakit cacar ini? Yah karena hampir dua minggu sudah penyakit ini banyak menyerang para siswa alias santri di Ibad Ar Rahman Islamic Boarding School. Hampir tiap hari ada saja yang izin pulang untuk berobat. Pulang ke rumah masing-masing adalah jalan yang terakhir demi meminimalisir banyaknya siswa yang tertular penyakit ini.

Penyakit cacar memang tidak pandang bulu bisa menyerang siapa saja. Disinipun juga demikian, dari mulai para siswa yang jumlahnya sudah ga ke hitung, ya maklum di boarding jadi cepat menular hehehe. Sampe ada beberapa guru juga ada yang terkena penyakit cacar ini. Dan yang lebih parah lagi Bapak tukang masak nasi juga kena, waduh jadi berabe masalahnya. Makanya beberapa hari ini makan nasinya kurang begitu enak akibat yang masak bukan yang ahlinya hehe…

Ngomong-ngomong soal penyakit ini, jadi penasaran apa sih cacar itu? Akhirnya saya searching di internet dan banyak menemukan ragam tulisan mengenai penyakit cacar. Ternyata Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus herpes varicella-zoster dan merupakan penyakit menular. Penularannya dapat melalui kontak langsung dan kontak tidak langsung. Kontak langsung dapat terjadi melalui cairan pernafasan dan kontak langsung dengan kulit penderita. Ruam pada kulit yang mulai merekah dan pecah sangat menular. Kontak tidak langsung terjadi melalui udara. Menghirup udara yang mengandung kuman virus herpes varicella-zoster dapat menyebabkan seseorang terserang cacar air. Tuh kan, pantesan disini banyak banget yang ketularan yah soalnya kan 24 jam para siswa berinteraksi satu sama lainnya.

Okelah kita lanjutkan mengenai cacar ini…..

Cacar air dapat membahayakan dan menimbulkan kematian pada penderita kanker dan orang yang mengalami defisiensi sistem imun (penurunan fungsi sistem imunitas/kekebalan tubuh). Turunnya fungsi sistem imunitas tubuh tersebut menyebabkan tubuh tidak mempunyai kekebalan dan sistem ketahanan untuk melawan serangan virus penyebab cacar, sehingga kondisi penderita melemah yang pada akhirnya dapat mengakibatkan sesuatu yang fatal. Pada anak yang diberi beberapa jenis obat yang berefek pada menurunnya sistem imunitas tubuh, cacar dapat menyebabkan kematian, sebab tubuh tidak mempunyai sistem pertahanan untuk menghancurkan virus penyebab cacar. Penyakit ini juga membahayakan seorang ibu dan bayi yang dikandungnya.
Wah-wah ternyata bahaya juga kan penyakit cacar ini, terutama cacar air. Nah terus gimana tuh gejala-gejala dari penyakit cacar air ini. Okedeh, berikut ini adalah gejalanya : 

  1. Munculnya ruam-ruam di kulit Cacar air ditandai dengan bintik-bintik merah berupa gelembung berisi gelembung cairan bening yang muncul setelah 24 jam terinfeksi virus herpes varicella-zoster.Bintik-bintik merah yang muncul di kulit penderita disebut dengan ruam. Ruam tersebut biasanya menimbulkan rasa gatal. Bekas ruam yang ditimbulkan itu pada umumnya akan hilang, tetapi ruam yang terkena infeksi dan merusak lapisan kulit biasanya membekas di kulit.Ruam yang terinfeksi akan bernanah. Lalu akan timbul lepuh kemerahan di punggung dan kepala, yang mudah pecah. Pecahnya ruam, menyebabkan cairan keluar dan terbentuklah keropeng. Ruam menyebar ke muka dan jarang ke tungkai dan lengan. Lepuh akan berlanjut 3-4 hari.Kadang-kadang dijumpai ulkus (luka) pada membran mukosa mulut, alat genital dan mata. Gatalnya ruam menyebabkan penderita menggaruknya yang menyebabkan infeksi, keropeng dan menimbulkan infeksi baru.
  2. Demam, kepala terasa agak sakit dan tidak enak badan
  3. Suhu badan meningkat
  4. Nafsu makan menghilang
  5. Dalam kondisi parah, ruam-ruam dapat muncul di wajah dan anggota gerak, tangan, lengan, kaki dan lain-lain.

Tips untuk mencegah cacar air, antara lain:
  1. Menjaga kebersihan badan, pakaian dan lingkungan.Pakaian dan lingkungan kotor merupakan sumber dari penyakit. Badan yang kotor akan mudah terinfeksi oleh kuman penyakit.
  2. Mengkonsumsi makanan bergizi, karena makanan bergizi membuat tubuh sehat dan berstamina kuat sehingga dapat menangkal serangan infeksi kuman penyakit
  3. Menghindari sumber penularan penyakit cacar air
  4. bagi yang belum Imunisasi vaksin cacar air, cepetan di imun yah.
Perawatan terhadap penderita cacar air:
  1. Mengganti baju penderita setiap hari
  2. Menaburkan bedak antigatal pada bagian tubuh yang terkena cacar air untuk mengurangi rasa gatal dan agar ruam menjadi lebih cepat kering.
  3. Memisahkan penderita dengan orang yang sehat agar cacar air tidak menular pada yang lain.
  4. Mandi dengan menggunakan air hangat yang telah dicampur dengan obat antigatal setiap hari.
  5. Memotong kuku agar tidak menggaruk ruam-ruam pada kulit, sehingga tidak timbul infeksi baru.
  6. Memberikan kondisi nyaman pada penderita agar dapat beristirahat dengan nyaman dan mempercepat proses kesembuhan.
  7. Jangan lupa bila sakit berlanjut segera hubungi dokter yah...
Yah begitulah sedikit mengenai masalah penyakit cacar air ini yang sedang mewabah di tempat saya. Apa mungkin juga di tempat sobat juga lagi musim ya hehehe…
Semoga tidak demikian, dengan selalu menjaga kesehatan dan kebersihan semoga bisa terhindar dari penyakit cacar ini. Semoga bermanfaat..sebagian sumber tulisan nyomot disini



42 komentar

met siang genk mksih infonya'y genk.,.,

huuu mudah2an wabah cacar airnya menghilang deh

Apa gue masih bisa tertular, bang? Katanya cacar air tuh skali seumur hidup? Secara wktu kecil gue udah pernah kena. Terbukti gue gk kenapa2 waktu kampung gue lagi mewabah cacar air itu! ;-) CMIIW...

hm.....
alhamdulillah belum pernah kena cacar, dan semoga selama hidup saya gak pernah kena..

menurut info, katanya orang terkena cacar air cuma sekali seumur hidup. Entah bener apa nggak ya secara medik ? Saya dulu terkena saat usia SD, dan setelah dewasa aman2 saja walau di lingkungan banyak yg terkena.

Tapi mudah2an wabah tersebut tidak nyampe ke sini ,,, aamiin

wilujeng ngeblog

sama sama gan, makasih kunjungannya

amin, ya semoga, sekarang udah baikan sih,udah banyak yg sembuh

sepertinya seperti itu sobat, cacar hanya menjangkiti orang sekali saja, jika sudah terkena dulunya, mungkin jika wabah lagi ga bakalan ketularan juga

amin, semoga sobat, makasih kunjungnnya

sepertinya bener kang, saya juga sering menemukan, jika orang sudah kena cacar kemungkinan sudah tidak kena lagi..

wah masa iya yah, makasih deh kunjungannya

alhamdulillah gw belum pernah alami..thanks infonya

pernah kena sekali sya... -_-

bukan hny dsanan sob disini jg gitu.., dirumaha aja korbanx sdh ada 2 org.., tp katax klo yg kena 1 kali biasax gk bakal kena lg.., alias sdh kebal... *smile

Iya mas...sekarang udah mulai musim penyakit juga,,terutama didaerah kami yakni pilek,demam,dan batuk...tapi disana cacar airnya Mas.Mungkin karena pengaruh hawa atau cuaca yang tak menentu saat sekrang ini.

alhamdulillah belom pernah kena, dan semoga jangan pernah kena.. makasih tipsnya bang :D

Cacar air mah tdk sberapa dri pd cacar Api ...

meski ada imunisasi untuk ini, tapi biasanya setiap orang mungkin kena kan Mas? saya sekeluarga juga udah kena semua. dan ahamdulillah setelah itu jadi resist.

semoga wabahnya berhenti sob, dan para siswa bisa belajar dengan sungguh-sungguh, amin

apa tuh o.O

cacar isinya api ya ??

Saya doakan wabahnya cepet hilang sobat.

mugo mugo gak sampai ke daerah ku.....

nyimak aja deh mas...semoga saja di daerahku g kena deh..

kalau sakit cacar dimandiin pake PK itu bisa juga katanya ya. Kalau dalam bahasa saya PK= kalium permanganat

harus lebih waspda sob.
gak mau deh kena caacar air.

ya mungkin seperti itu sobat, cacar hanya kena sekali saja

sedia payung sebelum hujan ya sob, makasih ya

ya sepertinya ini penyakit wajib yah hehe....

amin, alhamdulilah udah baikan sobat

wah bahasa apoteker nih hehe...makasih ya

iya sobat, sedia payung sebelum hujan

Semoga gak sampai ke jambi wabah cacarnya

Terima kasih sudah sharing infonya gan, semoga cacar air gak menyebarlebih luas lagi.