18 Jun 2012

Stres..? Pandanglah Alam Dibalik Jendela

·   26

Sobat Muro’i El-Barezy, salah satu indikator sedang mengalami stres adalah semakin cepatnya jantung berdetak. Orang stres cenderung memiliki sikap tergesa-gesa yang memengaruhi kerja jantung lebih  cepat untuk memompa darah. Tekanan darah ikut menaik. Menghilangkan stress disamping dengan berwudhu kemudian sholat dan berdzikir, mungkin juga sobat perlu mencoba untuk menuju jendela dan melihat pemandangan di luar.

Ini adalah sebuah temuan dari University of Washington dalam mengurangi stres. Stres bisa diredakan dengan dengan melihat keluar jendela. Syaratnya, di luar jendela tersedia suatu objek yang bisa menetramkan hati kala dipandang. Misalnya pemandangan alam seperti rumput, pepohonan, tanaman hijau, atau air mancur. Suasana rileks di luar jendela memberikan efek untuk memperbaiki denyut jantung.

Untuk menguji hal ini, peneliti menempatkan relawan pada sebuah ruang kantor yang di dalamnya berisi teve plasma 50 inchi. Pada teve itu, diputar tayangan yang memperlihatkan gambar pemandangan alam. Di ruang tersebut turut dilengkapi jendela yang suasana luarnya berupa pemandangan alam yang asli. Relawan diminta untuk tinggal di situ selama 40 menit dan diberikan beberapa tugas.

Peneliti mencatat detak jantung relawan, sebelum, dan setelah melakukan tugas. Relawan juga dicatat waktunya saat melihat jendela, teve, dan dinding yang kosong. Hasilnya, jantung relawan lebih cepat berada pada posisi denyut normal ketika melihat pemandangan alam langsung dari balik jendela dibanding melihatnya lewat teve plasma. Semakin lama melihat pemandangan alam secara langsung, pemulihan diri dari stres juga akan berjalan efektif.
Melalui studi ini, peneliti mengingatkan orang untuk mencoba mengatasi stres yang ada di pikiran dengan meluangkan waktu menyatu dengan alam. So jika sobat merasa stress, boleh dicoba tips ini. Ternyata teknologi tidak selalu ampuh memberikan relaksasi pada pikiran kita yah. Semoga bermanfaat, happy blogging..[sumber]

Subscribe to this Blog via Email :