Yang Terbaru

Subscribe Here!

Dapatkan Update Informasi Terbaru dari KANG MUROI Melalui Email

Blog Stats

Stres..? Pandanglah Alam Dibalik Jendela

By On 18.6.12

Sobat Muro’i El-Barezy, salah satu indikator sedang mengalami stres adalah semakin cepatnya jantung berdetak. Orang stres cenderung memiliki sikap tergesa-gesa yang memengaruhi kerja jantung lebih  cepat untuk memompa darah. Tekanan darah ikut menaik. Menghilangkan stress disamping dengan berwudhu kemudian sholat dan berdzikir, mungkin juga sobat perlu mencoba untuk menuju jendela dan melihat pemandangan di luar.

Ini adalah sebuah temuan dari University of Washington dalam mengurangi stres. Stres bisa diredakan dengan dengan melihat keluar jendela. Syaratnya, di luar jendela tersedia suatu objek yang bisa menetramkan hati kala dipandang. Misalnya pemandangan alam seperti rumput, pepohonan, tanaman hijau, atau air mancur. Suasana rileks di luar jendela memberikan efek untuk memperbaiki denyut jantung.

Untuk menguji hal ini, peneliti menempatkan relawan pada sebuah ruang kantor yang di dalamnya berisi teve plasma 50 inchi. Pada teve itu, diputar tayangan yang memperlihatkan gambar pemandangan alam. Di ruang tersebut turut dilengkapi jendela yang suasana luarnya berupa pemandangan alam yang asli. Relawan diminta untuk tinggal di situ selama 40 menit dan diberikan beberapa tugas.

Peneliti mencatat detak jantung relawan, sebelum, dan setelah melakukan tugas. Relawan juga dicatat waktunya saat melihat jendela, teve, dan dinding yang kosong. Hasilnya, jantung relawan lebih cepat berada pada posisi denyut normal ketika melihat pemandangan alam langsung dari balik jendela dibanding melihatnya lewat teve plasma. Semakin lama melihat pemandangan alam secara langsung, pemulihan diri dari stres juga akan berjalan efektif.
Melalui studi ini, peneliti mengingatkan orang untuk mencoba mengatasi stres yang ada di pikiran dengan meluangkan waktu menyatu dengan alam. So jika sobat merasa stress, boleh dicoba tips ini. Ternyata teknologi tidak selalu ampuh memberikan relaksasi pada pikiran kita yah. Semoga bermanfaat, happy blogging..[sumber]

26 komentar

Pengen, di rumahku menuju kota banyak sawah tapi yah sebalhnya jalan raya. udah gak sejuk lagi hehe..

harusnya yg enak yg jauh dari keramaian.. pasti aku senang bgd tuh pak.
bagus bgd..

weeh tenyata melihat pemandangan langsung bisa mengobati stres yah...
OK deh terimakasih nih infonya ... bisa saya coba deh .. ^_^

Hehehe pemandangan luar jendela fly over... Nambah stress liat kemacetan

wahhh, pemandangannya bikin pikiran jadi fresh lagi nih sobat :))

wah tivi plasma ternyata punya pengaruh berbeda walau terlihat sama dengan aslinya ya. ehm, pantesa orang desa ga pernah stres ya, mereka selalu lihat dan dekat dengan alam.

bener akh, liburannn otak sembari tadabbur alam :)

stres ?? minum paramex aja ,.

#korbaniklan

Ini emang yang sering saya lakukan sob,apalagi kerja seharian didepan PC. Tips ini juga sekaligus untuk kesehatan mata ,,,,

wilujeng ngeblog

be sejuk dimata nih gan. ijo ijo

hmmm.., pemandanganx Adem banget sob.., dikota emank org gampang stress.., jd perlu ni tuk jalan2 ke kampung.., nice post & happy blogging *smile

Jadi ingat film "rumah tanpa jendela" di mana di sana, diceritakan kalo seorang anak merindukan rumahnya memiliki sebuah jendela... mungkin itu tujuannya kalo... agar bisa lepas dari stress dengan memandang alam dibalik jendela... :D

Kalo lihat pemandangan seperti gambar diatas, kayaknya strss langsung ilang sob hehehee...
Makasih sob tipsnya. Sangat bermanfaat.

Kalo ane enakan duduk di teras Mas, menikmati pemandangan sawah di tengah komplek, syyuuuuurrr..... BTW, tuh foto di atas benar-benar memanjakan mata

Mwtode ini sudah tidak diragukan lagi! Bahkan sampai penelitiannya segala

untungnya rumah saya dekt dengan pengunungan sobat, jadi kalau stress sudah mulai menghampiri langsung melihat pegunungan yang hijau sobat...

keindahan alam emang ga ada duanya sob
ijo ijo seger ...

Betul banget kata bang Muro'i...terkadang aku juga begitu,kebetulan disamping rumahku banyak pohon-pohon yag masih asri..pemandangannya juga masih perawan semua..

betul sob dengan melihat pemandangan alam yang indah-indah bisa menentramkan pikiran

bener banget bang... kadang saat ane stress kebiasaan saya adalah memandangi alam, rasanya sejuk gimana gitu

aneh gan, kok bisa sama postingan kita, sama-sama membahas tentang stres.

jadi inget sm toto chan gadis di balik jendela.. hehee.. bang requestku kpn hari blm ditanggapi yah :(

alhamdulillah rumah saya deket pantai sob. kalo galau langsung deh ambil sepeda terus ke pantai.:D soalnya liat keluar jendela cuma bisa liat rumah tetangga.

wah belum di balesin ya, sepertinya sedang sibuk. yasudah, mampir lagi biar ada yang bales komentku. biar rame blog ini

ya sob bener, makasih ya kunjungannya