Petunjuk Pelaksanaan Bantuan Revitalisasi UKS SMK Tahun 2019

Petunjuk Pelaksanaan Bantuan Revitalisasi UKS SMK Tahun 2019
Salah satu misi Direkorat Pembinaan SMK adalah menghasilkan lulusan yang siap kerja, salah satu persyaratan untuk kemudahan kebekerjaan bagi tamatan SMK adalah kesehatan untuk itu sebagai salah satu upaya mewujudkan Peserta Didik yang sehat sejak memasuki jenjang Pendidikan SMK maka perlu diadakan Program UKS di Sekolah.

Kegiatan UKS meliputi 3 pilar UKS yang biasa disebut Trias UKS yang meliputi, pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan pembinaan lingkungan sekolah sehat. Trias UKS bertujuan untuk membina, mengembangkan, dan meningkatkan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik yang dilaksanakan melalui berbagai kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler.

Salah satu upaya strategis yang dilakukan untuk mencapai derajat kesehatan Peserta Didik adalah melalui pembinaan dan pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) melalui revitalisasi UKS SMK.

Tantangan global dalam bentuk persaingan tenaga kerja, mendorong setiap negara untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal secara kompetensi tapi juga sehat jasmani dan rohani agar memiliki keunggulan kompetitif, baik pada saat ini maupun pada masa yang akan datang.

Sejalan dengan tantangan dimaksud, dengan mempertimbangkan berbagai potensi dan sumber daya yang dimiliki serta kecenderungan perubahan lingkungan strategis khususnya berkaitan dengan pertumbuhan sektor ekonomi, industri, dan perkembangan IPTEK, Direktorat Pembinaan SMK sebagai sub sistem dalam sistem pendidikan nasional berketetapan mengembangkan visi untuk mewujudkan lembaga pendidikan kejuruan yang menghasilkan sumber daya manusia yang sehat secara fisik dan mental sehingga berkelas dunia (standar internasional), serta perluasan layanan pendidikan berbasis keunggulan lokal (standar nasional).

Pemberian Bantuan Revitalisasi UKS SMK pada tahun 2019 diberikan kepada sekolah yang dipilih oleh pihak Direktorat Pembinaan SMK dengan memenuhi persyaratan penerima bantuan.

Tujuan
Tujuan dari pemberian bantuan ini adalah untuk mendukung pembinaan dan pengembangan UKS melalui Revitalisasi UKS SMK:
  1. Memiliki fasilitas (a.l. bed, alat, kotak obat, lemari obat dan obat-obatan) untuk melayani kesehatan siswa dan guru;
  2. Memiliki toilet yang bersih, sehat, dan nyaman;
  3. Memiliki fasilitas mencuci tangan (wastafel) di tempat-tempat yang diperlukan;
  4. Memiliki program dan fasilitas pengolahan sampah;
  5. Memiliki lingkungan yang bersih, sehat, rapi dan indah;
  6. Warga sekolah memiliki kesadaran dan budaya untuk hidup sehat dalam lingkungan yang bersih, segar dan nyaman;
  7. Warga sekolah memiliki pemahaman tentang kesehatan reproduksi remaja.
Pemberi Bantuan Pemerintah
Pemberi Bantuan Pemerintah Beasiswa Prestasi dan/atau Khusus Bencana Tahun 2019 adalah Direktorat Pembinaan SMK melalui Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Satuan Kerja Direktorat Pembinaan SMK Tahun Anggaran 2019 No. SP DIPA-023.03.1.419515/2019 tanggal 5 Desember 2018.
Rincian Jumlah Bantuan

Rincian jumlah bantuan adalah Rp25.000.000,00/paket untuk 250 paket dengan total bantuan Rp6.250.000.000,00.

Hasil yang Diharapkan

Terlaksananya program Revitalisasi UKS di SMK yang diberi bantuan, antara lain:
  1. Sekolah memiliki fasilitas (a.l. bed, alat, kotak obat, lemari obat dan obat-obatan) untuk melayani kesehatan siswa dan guru;
  2. Sekolah memiliki toilet yang bersih, sehat, dan rapi;
  3. Sekolah memiliki fasilitas mencuci tangan (wastafel) di tempat-tempat yang diperlukan;
  4. Sekolah memiliki program dan fasilitas pengolahan sampah;
  5. Sekolah memiliki lingkungan yang bersih, sehat,rapi dan indah;
  6. Warga sekolah memiliki kesadaran dan budaya untuk hidup sehat dalam lingkungan yang bersih, segar dan nyaman;
  7. Warga sekolah memiliki pemahaman tentang kesehatan reproduksi remaja.

    Download Juklak Bantuan Revitalisasi UKS SMK 2019

    Selengkapnya mengenai Juklak (Petunjuk Pelaksanaan) Bantuan Revitalisasi UKS SMK 2019 ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

    Download File:

    Bantuan Revitalisasi UKS SMK Tahun 2019

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai Juklak (Petunjuk Pelaksanaan) Bantuan Revitalisasi UKS SMK 2019. Semoga bisa bermanfaat.

    sumber: http://psmk.kemdikbud.go.id

    Post a Comment

    0 Comments