Pulau Peucang, Pulau Eksotis Diujung Provinsi Banten

Pulau Peucang
Pulau Peucang, Pulau Eksotis Diujung Provinsi Banten | Jika bicara masalah pesona keindahan Banten sepertinya tidak akan ada habisnya. Banten tidak hanya memiliki destinasi wisata panatai Carita, Anyer, Karang Bolong dan Tanjung Lesung saja namun satu lagi destinasi wisata yang tersembunyi dari Provinsi Banten adalah Pulau Peucang nan eksotis. Keindahan yang tersembunyi karena letaknya di ujung kulon pulau jawa. Nah pada postingan kali ini saya sedikit mengulas keindahan dan potensi yang terdapat di pulau Peucang yang mungkin masih kalah pamor dengan wisata pantai di provinsi Banten yang lainnya.

Apabila sobat benar-benar mencintai keindahan alam maka harus menyambangi Pulau Peucang. Di sini telah menanti keindahan pasir putih dan terumbu karangnya, air lautnya yang biru jernih sempurna untuk berenang, menyelam, memancing, atausnorkeling.  Pulau ini juga ideal untuk pengamatan beragam satwa terutama rusa.

Bahkan hebatnya lagi ternyata UNESCO telah menganugerahi pulau ini sebagai salah satu dari situs alam warisan dunia karena memiliki keberagaman flora dan faunanya. Belum lagi panorama alamnya yang sangat indah sanggup menambatkan memori dalam hati untuk mengajak sobat datang kembali.
..pantai di Pulau Peucang adalah surga penikmat hobby mancing, snorkeling, dan diving.
Pulau Peucang berada di Selat Panaitan, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, lokasinya di sebelah timur Taman Nasional Ujung Kulon. Perjalanan ke pulai ini memang cukup jauh, Sobat harus menggunakan mobil lebih dari 8 jam dari Jakarta lalu menyeberang sekitar 1 jam untuk sampainya di sini.  Sobat perlu mengenakan jaket selama berperahu untuk menahan kuatnya angin laut. Lamanya perjalanan akan terbayar habis dengan hadiah panorama menakjubkan.
Nama peucang sendiri ada yang menyebut berasal nama siput yang bisa Sobat lihat jika menginjakan kaki di pantai ini. Penduduk setempat berkeyakinan lain dimana menurut mereka nama peucang itu adalah nama jenis menjangan yaitu spesies seperti rusa yang tinggal di kawasan ini.
..mata Sobat akan dimanjakan beragam flora dan fauna yang mengagumkan, saat berkeliling coba menerka-nerka mahkluk Apa yang mengintip Sobat dari kejauhan.
Pulau Peucang merupakan base camp dan tempat pendaftaran wisatawan yang akan menjelajahi Taman Nasional Ujung Kulon. Di Pulau kecil ini dapat Sobat temukan beberapa tipe akomodasi untuk beristirahat.

Pulau Peucang selalu ramai di kunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara dimana letaknya tidak jauh dari Taman Nasional Ujung Kulon sehingga mempermudah akses wisatawan yang akan berkunjung atau istirahat. Selain tersedia penginapan dan restaurant ada banyak kegiatan yang dapat Sobat lakukan di pulau yang indah ini.

Untuk masuk kawasan wisata ini Sobat perlu merogoh kocek cukup dalam yaitu harus membayar Rp2.500.000,00 per orang. Tempat wisata yang patut disambangi adalah Karang Copong dimana ada panorama Matahari terbit yang sangat menawan

Kegiatan Menarik Apa Saja di Pulau Peucang

Pulau hijau, pasir putih, jernihnya laut biru, dan sinar mentari yang tak malu-malu bersinar terang adalah hadiah sepadan utuk perjalanan jauh Sobat menuju ke pulau mengagumkan ini.
Pulau Peucang memiliki panorama yang indah dari pantai pasir putih terbentang panjang dan air laut yang biru memesona. Pulau Peucang adalah pulau yang paling banyak dikunjungi wisatawan karena di pulau ini terdapat fasilitas akomodasi yang memadai. Pulau Peucang letaknya berdekatan dengan beberapa tempat wisata di Semenanjung Ujung Kulon. Karenanya jika memungkinkan tinggallah beberapa hari di Pulau Peucang.
..lupakan sinyal ponsel Sobat di sini, jelasnya ini adalah keterasingan yang mengasyikkan.
Di sinilah Sobat akan melihat hutan primer dengan pohon-pohon besar berkanopi lebar. Amatilah betapa proses suksesi alam telah berlangsung dengan mengagumkan di sini. Di sini Sobat seakan berada di laboratorium hidup untuk belajar tentang suksesi alam, proses survival alam yang telah terjadi selama lebih dari 120 tahun.

Dari laut di Pulau Peucang akan terlihat pepohonan hijau, sementara di seberangnya nampak Semenanjung Ujung Kulon. Di pulau ini ada lutung (Trachypithecus auratus auratus) sebagai penghuni tetap pulau. Gerakan hewan ini lincah berpindah dari satu pohon ke pohon yang lain. Ada juga merak hijau, rusa, kijang, babi hutan, dan biawak.

Sobat dapat melakukan penjelajahan di Pulau ini dengan menggunakan rute perjalanan bernama Rute Karangcopong selama 2 jam. Berbekallah air minum yang cukup dan kenakan pakaian yang tepat juga alas kaki tertutup. Sobat nanti akan melihat pohon ara yang besar ukurannya. Butuh lebih dari 20 orang untuk mengukur kelilingnya dengan bergandengan dan membentangkan tangan. Pohon ini sejenis pohon yang tumbuh merambat dan melilit pohon yang menjadi indungnya. Sobat harus melihat cermat untuk mengetahui pohon induknya yang sudah tertutup. Dalam penjelajahan pulau ini Sobat juga akan melihat beragam serangga, burung, dan rusa yang telah membantu penyebaran biji-bijian tanaman di seluruh pulau.

Di Karang Copong yang merupakan salah satu titik tinggi di Pulau Peucang maka dapat Sobat lihat Pulau Panaitan dari kejauhan. Di sebelah kiri bawah terlihat formasi karang berlubang yang mungkin menyebabkan tempat ini disebut Karang Copong.

Transportasi yang Bisa Digunakan

Pulau Peucang berada di Selat Panaitan Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten atau sebelah timur Taman Nasional Ujung Kulon.  Pulau Peucang hanya dapat dicapai lewat laut melalui dermaga penyebrangan dari Kecamatan Sumur yang berjarak 9 jam perjalanan dari Jakarta dengan kendaraan pribadi atau sewaan.

Apabila Sobat menggunakan kendaraan sewaan dapat menggunakan bus dari Kalieders tujuan ke Labuan lalu menyewa mobil untuk menuju Dermaga Sumur. Penyewaan perahu nelayan ke Pulau Peucang sekitar Rp1.500.000,00 hingga Rp2.000.000,00 dengan lama perjalanan sekitar 3-4 jam tergantung kondisi cuaca dan ombak.

Tips Berkunjung Ke Pulau Peucang


  • Untuk perjalanan ke dalam hutan gunakan alas kaki yang tertutup dan celana panjang.
  • Sobat perlu berhati-hati terhadap lutung di pulau ini mengingat hewan ini kadang iseng mengambil barang bawaan Sobat seperti topi, kaca mata, atau kamera. Jadi, Sobat perlu berhati-hati dan memegang erat barang bawaan.
  • Elf Labuan - Sumur atau Sumur - Labuan haya beroperasi hingga pukul 3 sore. Jika Sobat terlalu sore tiba di  Desa Sumur ada warung makan dan penginapan sangat sederhana.
  • Pengunjung resort wisata Pulau Umang biasanya juga melakukan perjalanan ke Pulau Peucang dengan perahu cepat milik resort tersebut.
  • Informasi lebih dapat Sobat temukan di alamat berikut.

            Kantor : Jl. Perintis Kemerdekaan No. 51, Labuan, Pandeglang 42264
            Telp. (0253) 801731; Fax. (0253) 804651
            E-mail : btnuk@cilegon.wasantara.net.id

Nah itulah mengenai salah satu desitinasi wisata pantai di Provinsi Banten yang mungkin sedikit membantu buat sobat yang memerlukan tempat untuk berlibur akhir pekan atau mencari ketenangan untuk menghilangkan kepenatan setelah bekerja. Pulau Peucang ini mungkin bisa menjadi salah satu alternative tujuan wisata yang harus diunjungi. Semoga bermnfaat dan happy blogging……


Post a Comment

57 Comments

  1. pulau yang indah dan sangat eksotis melihat dan menikmati pemandangan lama di kawasan pulau peucang di ujung kulon ini.

    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kapan saya bisa berdarmawisata ke Pulau Peucang ini ya Mas Indra?
      Kang Muroi, kalau hajatan Undang saya ya? biar saya bisa mampir
      Ke pulau Peucang ini yang indah dan menajubkan :)

      Delete
    2. mas Indra terimakasih..
      kang Saud boleh kang di tunggu kapan-kapan kalo saya hajatan hehe....

      Delete
    3. Baik Kang Muroi, Insya Allah jika sikonya mendukung jika Akang
      Hajatan nanti ingin hadir sekalian bersilturrhim sama Sahabat blogging
      Jauh. Plus sambil ingin menyaksikan keindahanya pulau peucang
      Secara Langsung.. salam sukses dan ceria selalu ya Kang Muro'i

      Delete
    4. ok kang, salam sukses juga buat kang Saud, semoga sehat selalu

      Delete
    5. Oke deh Kang Muroi, Terima kasih atas doanya AMIN, Semoga doa Akang diterima yang maha kuasa. Dan Akang juga di berkahi nikmat sehat lahir bathin :)

      Delete
  2. wah pulaunya indah sekali kang...airnya bening pisan, terima kasih kang, bisa jadi referensi kunjungan ni kalau kapan2 ke banten :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh lah kang kalo kapan-kapan ke banten mampir kesitu hehe...

      Delete
  3. Sering say ke Kota Banten tapi saya belum pernah singgah ke
    Pulah Peucang yang sangat eksotis ini. Luar biasa ya Kang
    Kindahan pulau Peucang ini. makasih atas info Keidahanya Kang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya memang cukup jauh sih kang pulau Peucang ini dari pusat kota Propinsi Banten, bisa sampai 3 sampai 4 jam...

      Delete
  4. Provinsi Banten tidak hanya memiliki Pulau Peucang sebagai potensi wisata yang masih sangat terbuka luasuntuk lebih di kembangkan di promosikan seperti Raja Ampat, dan harusnya bisa melebihi pulau-pulau eksotik di belahan Indonesia manapun. hayo ah kita promosikan pulau peucang nya yu.

    salam sehat dan ceria selalu ya kang..jarang kita bisa berpelukan nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya betul kang, sebenarnya di Banten banyak destinsi wisata yang tidak kalah menarik, cuma karena itu tadi kurang promosinya makanya kalah pamor dengan tepat2 lain di Indonesia...maaf nih kang jarang posting jadinya jarang juga saling sapa....

      Delete
  5. Yang saya tau obyek wisata di Provinsi Banten hanya Karang bolong kalau gak salah
    Tapi Pulau Peucang ini termasuk Obyek wisata di Provinsi Banten juga gak Kang..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kang, letaknya dekat pulau umang di kec. Sumur, Pandeglang..ini sudah termasuk daerah ujung kulon..yang ada badaknya...

      Delete
    2. Ohhh begitu ya Kang..? kalau obyek wisata ujung kulon saya pernah mampir,, nah kalau pulau peucang itu, baru kali saya dengar nya. makasih Kang Muroi :)

      Delete
  6. Replies
    1. berbakat banget ya kang El teh ya mang?
      beda tipis lah sama saya mah :D
      setuju kan

      Delete
  7. saya itu bingung deh, kenapa posting mas El nggak pernah muncul di daftar bacaan saya ya. saya follow lagi deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin karena dulu say aganti domain mas, coba saja hapus link yang lama, trus ganti yang baru, insaa Allah nanti update deh...

      Delete
  8. 8 jam dari jakarta? wahh mantep lamanya. saya pasti ngantuk tuh nyetirnya, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. dibikin dua hari aja mas, 4 jam sampai malingping mampir di saudara saya, paginya baru ngelanjutin.. sekalian beli ikan di binuangeun hehehe

      Delete
    2. wah kalo ke malingping mah nyerah saya mang, jauh bingit hihihi... medannya juga mayan berat juga loh :D

      Delete
    3. kalo mo beli ikan mah ke sodara saya aja rada deketan di Panimbang Labuan :D

      Delete
  9. saya masih ingin ke Tanjung Lesung dulu Mas, lalu ke Krakatau kalo sempat. Cuma belum ada waktu luang nih. Kalo Pulau Peucang, saya masukin dalam daftar tunggu dulu, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sering juga ke Banten ya mas, ya semoga bisa berkunjung kembali deh...

      Delete
  10. saya belum sempat ke Pulau Peucang kang, baru sempat ke Binuangeun dan ujung kulon doang hehehe... menarik juga ya sepertinya kalau langsung wisata kepulau peucang ini....

    ReplyDelete
    Replies
    1. keduanya berlainan arah mang, jadi ya cukup jauh, Binuangeun itu termasuk Kabupaten Lebak,sedangkan pulau Peucang masuk daerah Pandeglang, itupun letaknya di ujung kulon...jauh kamana mendi hehe...

      Delete
  11. wahh kayaknya seru tuh kalo main ke pulau peucang ini tapi hmm .. bayarnya mahal bangett sesuai dengan keindan pulaunya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, mahal bayarnya, tapi bisa terbayar dengan suguhan alam nan eksotis

      Delete
  12. pulau eksotic...tapi butuh kocek yang dalam ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, soalnya jaraknya cukup jauh dan menggunakan kapal motor, mungkin transportasinya yang mahal...

      Delete
    2. masalah makanan kan bisa bawa bekal sendiri ya kang

      Delete
    3. iya mas, sesuai selera lagi hehe

      Delete
  13. yang sudah saya kunjungi dulu adalah Pantai Carita dan Karang bolong,,,kalau ke pulau Peucangmah belum Kang ,,,hadeuhhh jadi kepengen ke Banten lagi nih hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah masih llumayan jauh tuh kang kalo dari Carita ke pulau Peucang, masih 5 jaman hehe...

      Delete
  14. Saya tahunya cuma karang bolong sama tanjung lesung aja kang, kalo pulau peucang mah blom tahu saya... sebenernya banyak tempat wisata yang bagus dan indah di Banten, hanya saja pengelolaannya yang masih kurang diperhatikan sehingga banyak tempat wisata Banten yang kurang terekspose

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kang, sebenarnya banyak tempat indah di provinsi banten ini, cuma kalah pamor sama bali, padahal jaraknya ga jauh dari Jakarta yah...

      Delete
  15. 8 Jam perjalanan cukup lama juga ya, Banyak yang dikerjain selama 8 jam tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kang cukup lama juga, apalagi infrastruktur yang belum begitu bagus membuat perjalanan sedikit kurang nyaman jadinya...

      Delete
  16. obyek wisata seperti inilah yang bisa dinikmati untuk refresing ya mas, apalagi masih nampak perawan banget pantainya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, ini tempat kayanya cocok buat ngilangin stress selepas kerja...

      Delete
  17. Kunjungan pertama ke sini dan langsung disuguhi postingan yang cantik .... jadi pengen ke Pulau Peucang .... secara lokasinya juga gak jauh dari Jakarta :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sok atuh Mbak Astri silahkan segera berkunjung ke pulau Peucang, nanti mampir ke rumah saya ntar saya siapin kopi item warisan karuhun :D

      Delete
  18. Harga tiket masuknya sangat fantastik juga ya Mas 2,5jt

    ReplyDelete
  19. kocek yang dikuras lumayan dalam juga ya mas,.. 2.5 jt,, :D tapi, seperti nya sesuai dengan keindahannya!!! itu aja, airnya , jernih banget,.. pasti bakal ilang stresss, klau berlibur kesitu,.. ;D

    ReplyDelete
  20. wah,,terlihat biru dan bebas dari pencemaran ya mas, jadi pengen kesana :)

    ReplyDelete
  21. di lihat dari gambar aja sudah cantik bener ne pulau... kalau saya ada rezeky pengen jalan-jalan seluruh indonesia... makasih ne mas sudah memberikan informasi keindahan Pulau Peucang

    #Ngayal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya doakan semoga rezekinya makin melimpah ya mas, biar ngayalnya bisa jadi kenyataan :)

      Delete
  22. itu fotonya emang asli ya gan ???
    woowwww keren banget yaaa.. indah dan sejuk kayaknya

    ReplyDelete
  23. Kalau deket, aku dah mancing di sana kang hahaha...

    ReplyDelete
  24. Pengen banget snorkeling melihat kehindahan di dalam air hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. sok lah teh Ai, sumangga geura ngojay tar keliatan deh keindahan yang ada didalam air itu :D

      Delete
  25. Tempatnya jauh sekali dari tempat tnggal, jadi harus berpikir ulang kali hhee.. yg deket2 aja blum kejamah :D

    ReplyDelete
  26. Kunjungan sore Kang Muroi, kembali simak dan baca keindahan Pulau Peucang di ujung kulon ini. semoga kapan kapan saya bisa melancong kesana ya Kang? salam santun dan ceria :)

    ReplyDelete
  27. luar biasa pantai nya indah banget ya mas, cocok buat piknik tuh ;)

    ReplyDelete
  28. pantainya cantik banget, pantas saja tiket masuknya segitu ya
    tapi pulaunya benar benar indah
    tempatnya jauh hehe

    ReplyDelete
  29. banten mas ujung barat jawa, rumah saya diujung wetan. jauh sekali.. hehe

    ReplyDelete