Sambal... Oh Sambal...

sambal
Sambal…oh Sambal.. | Entah mengapa hari ini saya pengin posting mahluk yang satu ini. Mahluk yang tidak asing lagi sebagai pelengkap makan penggugah selera. Apalagi kalau bukan sambal atau sambel. Sudah tidak asing lagi kan namanya. Kalau yang doyan pedes pasti nama ini tiap hari deh dengarnya..sambal…mana sambal…

Tidak dipungkiri lagi, sambal adalah adalah pelengkap wajib buat sebagian orang ketika menyantap makanan. Mungkin jika makan tanpa sambal ibarat sayur tanpa garam, sambal membuat nafsu makan bertambah dan menciptakan sensansi tersendiri diantaranya adalah keluarnya keringat akibat pedasnya sambal. Yang anehnya walaupun mulut sampe jontor karena pedas, sambal tetap dihajar sampai ludes hehe…makanya ada istilah tobat sambel kan, yang artinya tobat ya tobat, tapi tetep aja maksiat.

Bicara masalah sambal menyambal, banyak sekali ragamnya. Tentunya masing-masing orang punya cita rasa yang berbeda-beda dan mungkin punya sensasi tersendiri ketika menyruputnya hehe..kaya kopi aja yah. Disamping membuatnya mudah, bahan-bahan sambal juga tidak terlalu susah mencarinya. Nah berikut ini diantara beberapa sambal yang mungkin juga kesukaan sobat.

Pertama sambal tomat , sambal tomat ini biasanya berbahan cabai hijau ataupun merah dan tambahan tomat yang direbus setengah matang membuat sambal ini sedikit asam karena rasa tomat tetapi pedas. Sambal tomat ini sangat cocok menemani ketika memakan ikan bakar maupun ayam bakar.

Kedua sambal rawit , kalau yang ini jangan dilawan, soalnya kecil-kecil cabe rawit. Sambal rawit ini biasanya cocok untuk menemai telur ayam kampung yang direbus. Cabai rawit yang pedas yang mendominasi sambal ini dipastikan keringat akan bercucuran ketika memakan sambal ini.

Ketiga sambal ijo, sambal yang satu ini adalah sambal khas dari masakan padang. Kalo sobat biasa mampir di warung Padang sudah pasti akan menemukannya.  Dibuat dengan bahan utama cabai hijau yang dikukus sebelum di ditumbuk kasar dan disangrai. Pokoke sambal ini mak nyus deh rasanya…

Keempat sambal kacang, sambal jenis ini terus terang saya ngga suka, alasannya ngga tahu kenapa, pokoke ngga suka aja sih, tapi mungkin karena manisnya kali yah. Sambal kacang berbahan utama kacang, biasa dipakai untuk sambal sate maupun sambal untuk nasi pecel. Rasanya manis tidak begitu pedas karena memang berbahan utama kacang.

Kelima sambal terasi, nah ini nih sambal yang nikmat. Sambal yang satu ini sepertinya banyak fans-nya, termasuk saya hehe….. Sambal terasi adalah sambal yang berbahan utama cabe merah namun ditambah terasi yang berbau menyengat sehingga manambah aroma maupun rasa dari sambal. Sebelum dicampur dalam penumbuk, terasi biasanya di bakar atau di goreng  terlebih dahulu agar ketika ditumbuk dalam adonan mengeluarkan bau harum. Sambal ini adalah sambal khas daerah di jawa, orang jaman dulu ketika makan cukup ditemani sambal ini dan krupuk sebagai lauk. Tapi jangan salah walau hanya pake kerupuk tapi nasi sebakul habis karena saking nikmatnya, mertua lewat juga ngga ditawarin hihi....

Nah itulah beberapa macam sambal yang mungkin masih ada puluhan nama sambal yang lainnya, kalau sobat suka sambal yang mana? Tapi jangan bilang SAMBAL JEPIT yah, yang ini keras banget soalnya hehe…..

Semoga bermanfaat, happy blogging…..



Reaksi:
Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui Paypal atau dengan Pulsa Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk operasioanl Blog Kang Muroi - Terima kasih.

you might ALSO LIKE :

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

84 Responses to "Sambal... Oh Sambal..."

  1. Mudah2an dapat pertamax,amin!!!ngomong2 soal smen,eh sambal saya jadi laper nh he he

    ReplyDelete
  2. paling suka sambal ijo... masakan padang yahud dah pokonya...

    ReplyDelete
  3. kalo sulawesi sambal dabu2

    ReplyDelete
  4. ngomong2 perut jadi keroncongan,ni mas setelah lihat sambal hehehe. wah pastu minumnya kopi panas langsung D" megap2 ya mang xixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo makan mas!trimakasih script daftar isi nya.sudah saya pasang

      Delete
    2. mantap...habis makan sambal ngopi..jontor mas :d

      Delete
  5. yah saya setujuu.sambil penamba nafsu makan memang. dan semua sambal yg disebutkan semuanya saya suka..
    eh tapi jangan kepedasan, ntar mules terus..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah rakus yah :d iya sih nanti kalo pedes malah ga enak sob

      Delete
    2. hahaha,,,makan ga boleh milih2 mas, itu prinsip saya. selagi halal, bantai ajaa =))

      Delete
  6. sambal tomat dan sambal terasi itu kesukaan saya, kalau sambal kacang agak tidak cocok dengan metabolisme dalam perutku :-)

    ReplyDelete
  7. Paling suka ya sambal kacang. :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyalah dari Madura..biasanya sambal kacang, sama sate :d

      Delete
  8. minta dikit mas sambalnya, mau sarapan nih :d

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan mba, 2 piring juga ngga apa-apa..oya makannya jangan pake nasi yah :-)

      Delete
  9. disini, sebuah keharusan disetiap sesi makan harus selalu ada sambel, daun daunan, syukur syukur kalau ada petey...sesi makan jadi sebuah fatamorgana yang mesra dan seksi kang...bener suwer

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah bahasa tingkat tinggi nih kang, yang penting makan pake sambel mak nyus ya kang

      Delete
    2. siang ini, saya rada ngambek sama ibuna...sambelnya klewat pedes, sehah pisan sampe ngga bisa nikmatin daun cocolan dan si pete yang saya bawa dari kebon jadi merana tak termakan...tuh..masih 2 papan deui.

      #maafkan aku wahai pete...besok pasti kau kan kumakan..sabar y

      Delete
    3. pte nya buat saya saja kang.kirim ke rumah saya/di sms in aja xixi

      Delete
  10. wah, ini postingan bikin ngiler aja ya, jadi pengen sambel kan.... Emang dah nih sambel bisa jadi penambah nafsu makan... Mantep deh kalo makan make sambel.... Hahahhaha, sambal = makhluk???

    ReplyDelete
    Replies
    1. segalanya pake sambal, tapi sambal itu bukan segalanya sob hehe...

      Delete
    2. HIhihi.... Itu mah lebay namanya Bang, wkwkwkkw

      Delete
  11. paling mantep itu sambel rawit, sama sambel kacang trus dikasih ikan mujaer sob ... hehehe

    ReplyDelete
  12. wah...wah...mantap nih sambalnya,resepnya juga komplit,tapi sayang saya kalau makan sambal nggak ku..ku.. deh.pasti b-( he...he...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sayang yah ga doyan sambel, padahal mantep kang..

      Delete
  13. Yang sayang paling suka sambal terasi Mas,wanginya aja udah buat ngiler.Apalagi kalau sambal terasi dilahap dengan daun rebusan, bakalan nambah haha :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sama ya sob, sambal terasi memang bikin ngiler tuh hehe...

      Delete
  14. gue suka sambel! Suka bgt! Paling suka sambel ati! Hehehe

    ReplyDelete
  15. sambel,, makanan pelengkap indonesia banget,, enak sob,, =p~

    ReplyDelete
  16. sambal rawit dan sambal tomat favorit banget deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi. Jangan kebanyakan yah, mengganggu metabolisme perut..

      Delete
  17. Sambal paling saya suka sambal cabe Kang,enak banget tuh apalagi kalau ikan bakarnya bikin gak tahan lidah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. memnag ada sambal selain cabe sob, sambal apa yah...oh iya ada sambal goreng :-d

      Delete
  18. Kalo yang di Pecel Lele itu namanya sambal apa sob, saya jadi pengen nich, haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya sambal tomat bisa sambal kacang juga bisa sob, soalnya keduanya dominan pada sambal ini, cabenya dikit makanya ga pedes, apalagi biasanya pake gula yang banyak...

      Delete
  19. saya mau semua. tapi ada satu yang kurang Mas: sambel jelantah. itu sambel surga lho!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. jelantah...itukan minyak bekas goreng kan mas? emang enak gitu...

      Delete
  20. Sambel ijo klo dimakan pakek ayam penyet.. hmmm.. makyusssss..

    ReplyDelete
  21. paling enak sambal pecel lele.. orang indonesia makan tanpa sambal itu rasanya kaya mandi tanpa air..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ada lagi nih istilah, mandi tanpa air, berarti ga mandi dong :-d

      Delete
    2. bahahahaha seperti itulah kira2 :))

      Delete
  22. Wih, lengkap banget nih menu sambelnya..
    Sambel terasi mantap banget tuh
    Jadi ngiler & laper..

    Memang nggak lengkap menu makanan jika nggak ada sambelnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sambal terasi...semua suka, kecuali yang ga suka :-d

      Delete
  23. pagi sobat,,,hehehe,,,kebetulan saya juga pecinta yang namanya sambal....makan tanpa sambal sepertinya ada yang kurang memang Kang Muroi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sob, laki-laki memang harus suka yang pedes-pedes :D

      Delete
  24. Mampir lagi bang, menyimak postingan sambal yg lagi-lagi bikin ngiler (kejadian yg kedua kalinya nih ngiler)

    ReplyDelete
  25. Replies
    1. makasih sob udah absen lagi, murid yang rajin memang :d

      Delete
  26. pgi mas mau ngantrin
    gelas kopi kemarin mas mksh'y.

    ReplyDelete
  27. Ah, saya nggak terlalu doyan ama sambal

    ReplyDelete
  28. saya pernah dnger dri temen. Klo sambelnya pedes bgd nih orang judes and galak hihii...

    eh diriku klo bikin sambel gak pernah enak. rasanya masih standar :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah harus banyak belajar tuh cara bikin sambel yang enak :d

      Delete
  29. hati-hati yang punya mah dan wasir ya sob

    ReplyDelete
  30. Saya paling suka sambal terasi sambil makan dengan sayur daun pepaya mas..
    Pait2 .. pedes ... Huhh hahh huhh hahh..

    ReplyDelete
  31. jadi merinding kalo bicara soal sambel

    ReplyDelete
  32. Sambal balado masih tetap dihati *ups

    ReplyDelete
  33. hmmmmm.............. udah ah, bikin posting yg baru, bikin orang jd laper mulu :>)

    ReplyDelete
  34. mantap pokoknya kalau ngak ada sambal ngak mantap :)

    ReplyDelete
  35. wah enak banget :-d

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel