Inilah Makanan Dan Minuman Perusak Gigi

Siapa yang tidak ingin punya gigi yang cantik? Putih, bersih dan rapi. Tentunya semua menginginkannya. Karena gigi merupakan salah satu anggota tubuh kita yang memperindah tampilan seseorang. Sobat bisa bayangkan jika ada wanita cantik, berkulit wajah putih dan mulus tapi giginya ompong. Hehe…kebayang deh lucunya. Oleh karena itu gigi mesti dijaga setiap saat. Tapi ternyata berbagai makanan dan minuman sekarang ini banyak yang menjadi sebab munculnya masalah di gigi. Misalnya gigi berlubang atau menjadi zat yang mengundang bakteri perusak.
Nah sobat Muro’i El-Barezy, berikut ini beberapa jenis makanan dan minuman perusak kesehatan gigi.
  • Produk minuman olahraga, minuman energi , susu, dan jus saat ini dikemas dengan kandungan gula yang cukup tinggi. Minuman manis ini seringkali luput dari perhatian untuk segera dibersihkan dari gigi usai diminum. Biasanya, anak-anak yang tidak peduli dengan kesehatan giginya setelah minum yang manis. Apalagi balita yang dibiasakan minum susu lewat botol dot untuk meninabobokannya, punya risiko tinggi mengalami kerusakan gigi. Balita ini langsung tertidur saat sedang minum susu.
  • Makan permen. Permen membuat kondisi gigi penuh dengan larutan gula. Kalau tidak dibersihkan, gula tersebut menjadi makanan bakteri yang hidup di mulut dan memberikan reaksi asam buat enamel gigi. Hanya butuh 20 menit bagi bakteri untuk membuat keasaman dari satu kali gigitan permen. Sering menyikat gigi diperlukan untuk sobat yang suka makan permen sepanjang hari.
  • Kurangi makanan dan minuman yang kaya karbohidrat. Makanan karbohidrat akan diubah menjadi gula dan pati. Makanan berkarbohidrat yang tertinggal di gigi akan menjadi gula yang menjadi makanan empuk bagi bakteri pembuat keasaman. Gigi rusak dan berlubang menjadi taruhannya. Oleh karena itu, penting untuk menggosok gigi usai makan dan mengurangi camilan di sela dua waktu makan.
  • Hindari minum lemon. Jeruk lemon punya keasaman tinggi. Saat mengenai gigi bisa merusak enamel. Jika ingin minum dari bahan lemon, sebaiknya pakai sedotan agar bisa langsung masuk tenggorokan tanpa mengenai gigi.
  • Obat-obatan berbentuk sirup juga membuat masalah pada gigi. Obat sirup biasa disertakan dengan kandungan gula yang tinggi. Sebaiknya, bersihkan gigi usai meneguk obat sirup yang manis. Semoga bermanfaat…[sumber]




Post a Comment

21 Comments

  1. Yang ngerusak yang enak enak, wkwkwk... :D

    ReplyDelete
  2. yang manis manis ngerusak gigi.

    thanks for share! luar biasa templatenya kinclong.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iye, mampir juga http://jadikanpinter.blogspot.com ;D

      Delete
    2. kinclong kaya abis dimandiin hehe...

      oke gan langsung ke TKP

      Delete
  3. Susu hampir tiap ahri minum, jus suka bangetttt...tapi tiap habis minum saya usahaka utk langsung minum air putih agar sisanya gak banyak yang menempel di gigi...

    ReplyDelete
  4. terima aksih banyak untuk artikel makanan dan minuman perusak giginya sobat sangat bermanfaat sekali sobat...

    ReplyDelete
  5. ane kalo minum dingin gigi suka linu sob, tenggorokan juga jadi sakit :D
    #laporan :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah berarti kena gigi sensitif tuh sob:}

      Delete
    2. terkadang otak juga sering sensitif sob, alias konslet :D

      Delete
  6. widiw, yang makanan minuman manis ternyata yang buat gigi rusak yah,,
    thx sob :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sob, sebenarnya udah pada tahu sih, kaya permen gitu

      Delete
  7. Obat2an sirup? Wah,adik gue perlu dikasih tau nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. obat2an asal ga keseringan kayanya ga papa sob, asal jangan tiap hari hehe..

      Delete
  8. trimkasi uat artikelnya gan :))

    berguna banget

    ReplyDelete
  9. Makanan yang manis-manis ya sob?

    ReplyDelete
  10. kalo makanan yang panas terus minumnya dingin? katanya bisa mrusak gigi juga ya

    ReplyDelete
  11. wah untung saya ga suka minuman kaya gitu gan, bukan karena saya sadar kesehatan gigi. tapi karena ga ada uang, maklum, anak kost

    ReplyDelete