7 May 2013

Batu Baterai

·   103

batu baterai
Batu Baterai | Sobat Muro’i El-Barezy, ternyata ada banyak hikmah disekeliling kita jika kita mau mencermati dan mentadaburi apa-apa yang ada. Hikmah adalah sebuah hak bagi kita untuk mendapatkannya. Dan hikmah itu bukan hanya ada di  tempat-tempat tertentu, tapi hikmah ada di mana-mana.

Salah satu benda yang dapat kita ambil hikmahnya adalah dari sebuah batu baterai. Sobat pasti tahu kan seperti apa batu baterai itu. Batu baterai adalah sebuah kapasitor atau sebuah komponen elektronik yang memiliki fungsi menampung listrik. Banyak benda yang menggunakan jasa batu baterai ini, sebut saja mobil-mobilan anak, lampu senter, mouse, jam dinding dan masih banyak lagi.

Lalu hikmah apa yang dapat kita ambil dari sebuah batu baterai ini. Sebelum kita mengetahui hikmah yang terkandung dalam sebuah batu baterai ini, berikut ini adalah ciri atau sifat dari batu baterai :

  • Batu baterai adalah berfungsi untuk menampung listrik dan menyalurkannya kembali.
  • Jika ia tidak menyalurkan atau menampung listrik berlebih maka ia akan membengkak dan rusak, dan;
  • Jika batu baterai di rangkai secara paralel maka akan semakin besar kemampuan menampungnya.
Itulah beberapa sifat atau ciri dari batu baterai yang sering kita pakai untuk keperluan keseharian kita. Dan Masya Allah, ternyata ada hikmah dibalik sifat-sifat tadi. Kita di ibaratkan dengan sebuah batu baterai tadi dan otak kita adalah sebagai penampung daya alias ilmu.

Dan begitulah seharusnya Ilmu diperlakukkan. Jika kita menampung begitu banyak ilmu, tanpa kita berbagi dengan orang lain, maka ilmu itu ternyata tidak akan semakin bertambah tapi sebaliknya. Bukan semakin membuat si pemiliknya berkualitas akan tetapi bisa menjadi rusak. Lihatlah juga bagaimana comberan yang bau dan kotor, itu semua karena ia hanya menampung air tanpa mau mengalirkannya kembali.

Itulah sekelumit hikmah yang ada disekeliling kita. Dari sebuah batu baterai yang kadang teronggok tidak berguna. Ada pelajaran yang mungkin berharga didalamnya.

Dan kita semakin tahu, ternyata banyak hal hikmah yang tercecer di sekitar kita. Semoga ini menjadi pengingat diri saya pribadi untuk selalu belajar dari apa yang kita dengar, kita lihat dan kita rasakan di sekeliling kita agar selalu bersyukur kepada-Nya.

Semoga bermanfaat dan happy blogging…..



Subscribe to this Blog via Email :