Yang Terbaru

Subscribe Here!

Dapatkan Update Informasi Terbaru dari KANG MUROI Melalui Email

Blog Stats

Batu Baterai

By On 7.5.13

batu baterai
Batu Baterai | Sobat Muro’i El-Barezy, ternyata ada banyak hikmah disekeliling kita jika kita mau mencermati dan mentadaburi apa-apa yang ada. Hikmah adalah sebuah hak bagi kita untuk mendapatkannya. Dan hikmah itu bukan hanya ada di  tempat-tempat tertentu, tapi hikmah ada di mana-mana.

Salah satu benda yang dapat kita ambil hikmahnya adalah dari sebuah batu baterai. Sobat pasti tahu kan seperti apa batu baterai itu. Batu baterai adalah sebuah kapasitor atau sebuah komponen elektronik yang memiliki fungsi menampung listrik. Banyak benda yang menggunakan jasa batu baterai ini, sebut saja mobil-mobilan anak, lampu senter, mouse, jam dinding dan masih banyak lagi.

Lalu hikmah apa yang dapat kita ambil dari sebuah batu baterai ini. Sebelum kita mengetahui hikmah yang terkandung dalam sebuah batu baterai ini, berikut ini adalah ciri atau sifat dari batu baterai :

  • Batu baterai adalah berfungsi untuk menampung listrik dan menyalurkannya kembali.
  • Jika ia tidak menyalurkan atau menampung listrik berlebih maka ia akan membengkak dan rusak, dan;
  • Jika batu baterai di rangkai secara paralel maka akan semakin besar kemampuan menampungnya.
Itulah beberapa sifat atau ciri dari batu baterai yang sering kita pakai untuk keperluan keseharian kita. Dan Masya Allah, ternyata ada hikmah dibalik sifat-sifat tadi. Kita di ibaratkan dengan sebuah batu baterai tadi dan otak kita adalah sebagai penampung daya alias ilmu.

Dan begitulah seharusnya Ilmu diperlakukkan. Jika kita menampung begitu banyak ilmu, tanpa kita berbagi dengan orang lain, maka ilmu itu ternyata tidak akan semakin bertambah tapi sebaliknya. Bukan semakin membuat si pemiliknya berkualitas akan tetapi bisa menjadi rusak. Lihatlah juga bagaimana comberan yang bau dan kotor, itu semua karena ia hanya menampung air tanpa mau mengalirkannya kembali.

Itulah sekelumit hikmah yang ada disekeliling kita. Dari sebuah batu baterai yang kadang teronggok tidak berguna. Ada pelajaran yang mungkin berharga didalamnya.

Dan kita semakin tahu, ternyata banyak hal hikmah yang tercecer di sekitar kita. Semoga ini menjadi pengingat diri saya pribadi untuk selalu belajar dari apa yang kita dengar, kita lihat dan kita rasakan di sekeliling kita agar selalu bersyukur kepada-Nya.

Semoga bermanfaat dan happy blogging…..



103 komentar

iya ya kang...selain ayat-ayat yang memang tertulis dalam kitab suci, ada juga ayat-ayat kauniah yang harus kita pelajari dan renungkan dari berbagai kejadian dan berbagai hal yang ada di dunia ini...
karena semuanya pasti mengandung hikmah dan pelajaran...
terima kasih telah mengingatkan...

ilmu yang dibagikan insya allah akan selalu membawa keberkahan...

analogi yang tepat Mas. asli tepat banget.
alangkah indah jika baterainya sangat2 tahan lama dan senantiasa bisa membantu menghidupkan mesin, menyalakan lampu,dan sebagainya.

bener banget Kang. top!

semoga kita bisa. aamiin

sesuatu yang ditahan itu juga tidak baik ya mas lebih baik di keluarkan sebagai penyeimbang antara input dan output. begitu juga ilmu yang disimpan sendiri alangkah baiknya jika diajarkan

Banyak belajar dari hikmah batu baterai ini kang...
Ilmu memang akan semakin banyak manfaatnya bila kita berbagi ilmu tersebut. Karena ilmu tidak akan hilang selama masih ada yang mau belajar dan membaginya kang...
Tetapi bila ilmu tidak dibagi, disimpan saja untuk kepentingan sendiri lambat laun akan rusak sama halnya dengan batu baterai.
Jempol buat kang Muroi untuk postingan ini. Singkat padat dan bermakna

Dari batubateraipun kita bisa mengambil suatu hikmah atau manfaat yang bisa di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari :)

saiia jadi teringat sama pilem sherlock holmes yang bukan versi layar lebarnya kang.. persis seperti yang akangnya bilang.. tapi saiia ada tambahan,, wadah.. knp gag memperbesar wadah kita masing2 supaya bisa menampung lebih banyak lagi (terutama yang baik2).. hmm... mantep juga

terima kasih artikelnya sangat bermanfaat dan menambah wawasan...

Dari batu baterai saja kita bisa belajar sesuatu hikmah yang baik dan bermanfaat untuk kehidupan kita

analisanya tingkat tinggi.. ku malah ru nyadar.. hohohoho

Luar biasa..daya nalar mas admin patut diacungi jempol. Jarang banget org2 yg seperti mas admin.

tanpaa batu batre ane gak bisa OL nih mas ;))

Hebat ini Kang bisa ambil inspirasi dari batu baterai,ketemu dimana Kang hehe.

Subhanallah :) follow sukses mas ...

inspiratif sekali mas....memang kita tidak boleh pelit dengan orang disekitar kita yang membutuhkan, sebab bisa busuk bila ilmu itu tidak kita tuang dan bagikan kepada orang2 disekitar kita, seperti parit tadi ya pals....mantap

@kang wewengkon : bener kang asal kita mau berfikir semua ada hikmah dibaliknya
@mas Zach : top markotop kali mas :d
@pasnem : makasih gan

amiin ya robbal alamiin, makasih doanya

biar awet berarti kita harus sering mencash ya mas, dengan dzikir dan beramal kebaikan

iya mas itu sudah fitrah manusia memang demikian, ilmu semakin diajarkan akan semakin melekat

bener banget sob, top banget buat bang Ferry

iya sob sesuatu yang jarang terfikirkan oleh kita, makasih sob

Ilmu yangbermanfaat adalah ilmu yang bisa kita bagikan kepada orang lain dan bisa digunakan dengan sebaik baik nya..salut buat abang yang satu ini ..inpirasinya tingkat tinggi....dua jempol untuk postingan ini...

wah pilem sherlock holmes, saia malah belum pernah melihatnya :d

sama sama sob, semoga bermanfaat

iya sob, sederhana memang, tapi ada hikmah didalamnya, maaksih sob

berapa jempol nih :d makasih yah

ketemu dimana yah, di dunia maya kali :d

makasih follownya mas, kalo berkenan follow with Google Friend Connect juga yah :d

makasih mas sudah berkunjung disini kembali, semoga bisa mengispirasi saya pribadi dan juga pengunjung blog ini

makasih mas buat two thumb-nya :d salam sukse selalu buat mas Mahfid

wahhh...ajib sob...emang bener sob..sekecil apaun benda selalu mengandung hikmah dan ilmu bila kita mau merenunginya apalagi ciptaan ALLAH...

iya bener sob, asal kita mau berfikir yah, makasih yah sudah mampir lagi

ilmu pengetahuan ini bagus untuk perumpamaan kehidupan manusia ya kang.dari sebuah batre tertanam beberapa makna yang tanpa kita sadari hadir dan tidak terperhatikan oleh kita.

sip dech sobat, saya setuju dengan pendapat sobat.. setinggi apapun ilmu seseorang, bila tidak di turunkan maka ilmu tersebut tidak akan bermanfaat..

udah mau subuh...sementara bilang TOP juga deh kaya kang zach.. b-(

wow banget.. mario teguh kalahlah.. :D emang kalo kita punya pandangan yg unik.. semua kejadian disekitar walopun kelihatannya sepele justru bisa jadi pelajaran yg berharga.

Analisanya keren sobat. (y)

keren juga nih dalam mencari sinonim kalimatnya. Berbagi ilmu memang tidak membuat ilmu kita berkurang, justru semakin bisa berkembang.

wah nyubuh nih kang, makasih kang :)

kita memang bisa menjadikan batu baterai sebagai filosofi walaupun untuk yang jarang pulang kaya aku lebih sering itunya jadi batu akik..

ndak ada hubungannya dengan semakin berilmu semakin merunduk ya kang

contoh yang sangat bagus kak, namun baterainya juga perlu di rawat agar gak cepat soak (o), agar tenaganya gak berkurang

hari apa ini ya? ko' yo tumben komentar kang zach sarat dengan makna

dari isni, maka marilah kita bagikan semua yang ada pada diri kita pada dunia, agar apa yang kita miliki tidak cepat rusak

ini bisa juga sebagai tambahan mas, disamping ilmunya banyak, ya ilmu padi di pake, klop jadinya

iya kang bener apa yang disampaikan, makasih kang sudah hadir kembali

yup bener sob, ilmu yang tidak di amalkan bagaikan pohon yang tidak berbuah

wah saya malah banyak mengambil ilmu dari pak Mario Teguh sob :d makasih sob

wah kaya pengamat politik aja sob, pake analisa :d

bener sekali sob, trimakasih silaturrahimnya disini...

bener banget tuh, perlu dirawat dan diperbaiki agar awet yah

setuju kang, bagi ilmu ngga rugi kan...

akang batu bateri yang menampung kopi ada gak kang heheheh. trmksih kang infonya

sekarang udah jamannya aki kikiki

sekarang habis dhuhuran mas

alhamdulillah ada yang mengingatkan , sejuk lagi

saya belajar sama sumber nya ilmu ah, yaitu mas arif dan mas muro'i

kalo saya pencari ilmu mas :)

ada mas, batu baterai yang udah ga kepake, buang dalemnya, cangkangnya buat nampung bubuk sisa ngopi :d

ya sob bener, tapi jaman dulu aki masih muda, sekarang tudah tua, namanya jug aki-aki :-d

Bateray kering atau basah sob...karena mandangnya juga akan beda jika basah ama kering...top banget pemahamannya sob..

wah betul mas, walaupun ilmu di bagi ke semua orang nggak bakal habis yang ada malah bertambah :) maaf kang jarang berkunjung ...wkwkwkw

sekarang malah mau asaran

saya malah sering kopas mas :>)

berkunjung di sini waktu asar kang

ea, bner bnget mas. ilmu itu harus dibagikan...
stuju bnget, prcuma kalok disimpen utk diri sndiri...

sekarang mau maghrib mas hehe...

kopas kan kopi panas mas, ngga apa-apa itu sih :d

kalo baterai kering sama basah artinya apa mas, loh malah nanya lagi :d makasih mas sudah mampir kembali

iya bener sob, kang apa mas, ngga apa apa ding sob :d , makasih sudah mampir

alhamdulillah berarti mau sholat ashar dulu kan mas...

petuahnya simple tapi penuh makna,,

Bener sob kalau punya ilmu mending disalurkan disebarluaskan biar ilmu itu bisa manfaat,,,
Seperti baterei ya hehehe

Betul sekali kang... Top banget

meskipun ilmu dibagi bagi ndak akan habis malah bisa - bisa bertambak

kunjungan malam sob....kali ada kopi sob..

oke sob, makasih yah silaturrahimnya

makasih sob udah datang lagi

hehehe.. bisaan si Akang yg satu ini nyari bahan postingannyah.
abdi mah sangat suka dgn sifat yg ke 3 (sasarengan ngabagi elmu)
salam baktos

kebagian tengah malem nih mas sekalian nonton bukan 4 mata hehehe...

jadi ke salon mas muro'i

Sampaikan lah Ilmu walaupun hanya satu ayat. Ilmu yang tidak dibagikan bagai pohon yang tanpa akar. Kunjungan tengah malam Kang, ngajak ngopi ..

Benar bang, semakin kita menyalurkan ilmu kita maka semakin paham dengan ilmu tersebut, tapi jika dipendam bagaikan pohon tak berbuah.

selamat Pagi Kang Muroi...ternyata dari sebuah batu baterai kita dapat mengambil pelajaran juga ya Sob...hm makasih atas sharenya Kang...

wah nglebur nih sob hehe..

engga, mungkin di kirain ada 5 jempolnya mas :d

oke makasih ya sob, salam sukses

oya saya berkunjung ke blognya kok malah bingung yah nyari postingannya :d, maaf kalo belum berkunjung lagi

iya mang tidak seperti harta yah, kalo di bagi ya abis, makasih mang

udah dingin kopinya ge sob

wah bisa bae si akang teh, hatur nuhun kang

baktos oge kanggo kulawargi kang

ilmu yang tidak di ajarkan bagaikan pohon tak berbuah ya mas, makasih mas

begitu juga dengan manusia
Ilmu yang tidak disebarluaskan semakin lama akan semakin lupa si empu ilmu. lain hal kalau diberitahukan ke orang lain, makin ingat makin ingat dan ingat terus