Belajar Dari Sebatang Pohon Tua

Belajar Dari Sebatang Pohon Tua

pohon tuaAssalamu ‘alikum sobat blogger semua. Kisah inspirasi seakan tidak pernah habis untuk kita simak. Seperti kali inipun, Muro’i El-Barezy mencoba mengulas sebuah kisah yang mungkin sebagian sobat sudah pernah membaca atau mendengarnya. Namun tidak ada salahnya jika diketengahkan kembali sebagai bahan renungan bersama.

Diceritakan di sebuah bukit ada sebuah pohon yang sangat rindang. Daunnya lebat, akarnya sangat kuat dan ada yang timbul keluar. Pohon itu sangat kokoh. Pohon-pohon yang lain tidak ada yang dapat menandingi kekokohannya.

Burung-burung senang tinggal di pohon itu. Ada yang membuat sarang, ada yang membuat lubang pada batang pohon itu untuk menetaskan telurnya. Pohon itu merasa senang karena memiliki teman setiap hari. ia merasa tidak pernah kesepian.

Orang-orang pun sering memuji pohon itu. Saat matahari terasa terik, banyak orang yang bersistirahat di bawah pohon itu. Ada pula orang yang sengaja makan di bawah pohon itu. Sang pohon menjadi sangat bangga akan dirinya.

Beberapa tahun kemudian, seiring bertambahnya waktu, pohon itu menjadi tua dan sakit-sakitan. Daunnya mulai berguguran, ranting dan tubuhnya mulai kurus kering. Tak ada lagi burung-burung yang mau tinggal di sana. Orang-orang yang lewat pun tak mau berteduh di sana.

Sang pohon menjadi kehilangan dayanya. Dia merasa sudah tidak berguna lagi. Kini dia merasa tidak ada harapan dan dia ingin tubuhnya jatuh ke sungai dan hanyut berasama aliran sungai itu. Setiap malam dia hanya bisa menagis dan mengeluh. Dia pun bertanya kepada Tuhan, "Ya Allah… kenapa Kau ambil semua kekuatanku? Kau ambil semua teman-temanku. Kini aku tersiksa di dalam kesendirian." Waktupun terus berlalu dan sang pohon terus menagis dalam kesedihannya.

"Ciiit..ciiit..ciiiiit..."

"Suara apa itu?" tanya sang pohon.

Ohh…Ternyata ada anak burung yang baru menetas sehingga mengundang burung-burang lainnya untuk terbang kesana. Keesokkan harinya, pohon tua itu sudah dipenuhi oleh burung. Ternyata ada burung tertentu yang lebih menyukai bersarang di kayu yang kering karena itu akan membuatnya sangat hangat. Jumlah burung pun menjadi lebih banyak dan beragam. Pohon menjadi sangat senang karena merasa tidak kesepian lagi.

Saat dia melihat ke bawah, betapa terkejutnya dia, dilihatnya ada tunas yang baru tumbuh. Ternyata setiap tetes air matanya membasahi tanah dan menumbuhkan tunas baru.


"Terima kasih ya Allah, Kau telah mendengar dan menjawab semua doa-doaku"

Sobat, ternyata Allah menciptakan kita untuk tujuan tertentu. Allah tidak akan pernah membuat hidup kita sebagai makhluknya sia-sia. Allah akan selalu memberikan sesuatu yang kadang kala kita anggap tidak baik menurut kita. Jadi jangan kuatir akan hidupmu. Jangan kuatir untuk menjadi tidak berguna. Disana pasti ada sejuta hikmah dibaliknya.


Semoga bermanfaat, happy blogging…




Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

20 comments

aku ngikut aja deh.. mau cepet2 .. coz udah malem.. bgt :D hampir stengah 3 pagi nih.. :D

Balas

yang bisa kita lakukan adalah menjalani kehidupan dengan sebaik-baiknya. karena tuhanlah yang mempunyai maksud dan tujuan lain yang kita tidak mengetahui nya. motivasi yang baik gan.

Balas

terimakasih info nya, sangat bermanfaat. salam sukses untuk admin.

Balas

certa yang sangat mengharukan dari sebatang pohon tua sobat, sama halnya seperti kita jika sudah tua tidak dapat berguna lagi, tapi setidaknya bisa membuat diri kita berguna untuk orang lain...

Balas

Yang pasti kita selalu bersyukur atas nikmat yang Allah SWT berikan kepada kita dan semoga saja kita semua termasuk orang-orang yang selalu bersyukur atas nikmatnya serta termasuk golongan orang-orang yang mencintai baginda RASULLULAH SAW..amien.

Balas

Allah tidak mungkin menakdirkan sesuatu tanpa tujuan tertentu. . . Pasti ada hikmah dibalik kejadian.

Balas

silakan sobat, wah jam 3, begadang nih, met istirahat aja

Balas

bener banget sob, kadang memang kita tidak tahu apa dibalik ketentuan Allah, kita hany bisa menerima dan beroa, semoga menjadi yang terbaik buat kita

Balas

trimakasih, salam sukses juga buat sobat

Balas

trimakasih sob, semoga bisa diambil hikmahnya

Balas

bener bang, bersyukur adalah lebih baik daripada meratapi apa yang menimpa kita, mungkin masih banyak orang yang lebih mnederita daripada kita

Balas

bener sobat, pasti selalu ada hikmah dibalik semua kejadian yang kita alami, tengkyu dan salam sukses

Balas

Terima kasih sob ....

Memang sob Allah tdk pernah menciptak makhluk sia" smua itu ada tjuannya ... tpi makhluk x sja yg tdk bersyukur .....

Balas

iya ya, alloh ga pernah membuat diri kita sia sia atapun ciptaanya sia sia. kita aja kadang yang suka putus asa.

Balas

iya ya, alloh ga pernah membuat diri kita sia sia atapun ciptaanya sia sia. kita aja kadang yang suka putus asa.

Balas

ceritanya menyentuh banget,pada intinya memang doa ya

Balas

Bener banget tuh gan, doble jembolnya buat ente gan.

Balas

Bener juga ya, kita ini nggak sama sekali nggak sia-sia dan memiliki peran masing-masing dalam hidup kita

Balas