Yang Terbaru

Subscribe Here!

Dapatkan Update Informasi Terbaru dari KANG MUROI Melalui Email

Blog Stats

Mengenal Tanda Lingkaran Pada Kemasan Obat

By On 12.6.12

Mengenal Tanda Lingkaran Pada Kemasan Obat
Mengenal Tanda Lingkaran Pada Kemasan ObatSobat Muro'i El-Barezy,kemarin seharian terbaring sakit sehingga sampai tidak masuk kerja. Biasa...kalau sudah sakit begini, obat warung adalah yang pertama ane konsumsi. Berobat ke dokter biasanya kalau sudah tidak ada perubahan sakitnya. Memang tidak baik juga sih, kalau kita sering mengkonsumsi obat dari warung atau apotek yang tanpa resep dokter. Nah agar kita aman mengkonsumsi obat-obatan ini, ada baiknya kita mengenal penggolongan dan tanda-tanda dari kemasan obat tersebut.
Penggolongan obat itu dimaksudkan untuk peningkatan keamanan dan ketepatan penggunaan serta pengamanan distribusi. Berikut penggolongan dan tanda-tanda kemasan dalam obat :

1. OBAT BEBAS
Obat bebas adalah obat yang boleh digunakan tanpa resep dokter (disebut obat OTC = Over The Counter), terdiri atas obat bebas dan obat bebas terbatas.
1.1. Obat Bebas
Ini merupakan tanda obat yang paling "aman" .
Obat bebas, yaitu obat yang bisa dibeli bebas di apotek, bahkan di warung, tanpa resep dokter, ditandai dengan lingkaran hijau bergaris tepi hitam. Obat bebas ini digunakan untuk mengobati gejala penyakit yang ringan. Misalnya : vitamin/multi vitamin (Livron B Plex,)
Tanda Obat Bebas
1.2. Obat Bebas Terbatas
Obat bebas terbatas (dulu disebut daftar W). yakni obat-obatan yang dalam jumlah tertentu masih bisa dibeli di apotek, tanpa resep dokter, memakai tanda lingkaran biru bergaris tepi hitam. Contohnya, obat anti mabuk (Antimo), anti flu (Noza). Pada kemasan obat seperti ini biasanya tertera peringatan yang bertanda kotak kecil berdasar warna gelap atau kotak putih bergaris tepi hitam, dengan tulisan sebagai berikut :
P.No. 1: Awas! Obat keras. Bacalah aturan pemakaiannya.
P.No. 2: Awas! Obat keras. Hanya untuk bagian luar dari badan.
P.No. 3: Awas! Obat keras. Tidak boleh ditelan.
P.No. 4: Awas! Obat keras. Hanya untuk dibakar.
P.No. 5: Awas! Obat keras. Obat wasir, jangan ditelan
Tanda Obat Bebas Terbatas
Memang, dalam keadaaan dan batas-batas tertentu; sakit yang ringan masih dibenarkan untuk melakukan pengobatan sendiri, yang tentunya juga obat yang dipergunakan adalah golongan obat bebas dan bebas terbatas yang dengan mudah diperoleh masyarakat. Namun apabila kondisi penyakit semakin serius sebaiknya memeriksakan ke dokter. Dianjurkan untuk tidak sekali-kalipun melakukan uji coba obat sendiri terhadap obat - obat yang seharusnya diperoleh dengan mempergunakan resep dokter.

2. OBAT KERAS
Obat keras (dulu disebut obat daftar G = gevaarlijk = berbahaya) yaitu obat berkhasiat keras yang untuk memperolehnya harus dengan resep dokter,memakai tanda lingkaran merah bergaris tepi hitam dengan tulisan huruf K di dalamnya. Obat-obatan yang termasuk dalam golongan ini adalah antibiotik (tetrasiklin, penisilin, dan sebagainya), serta obat-obatan yang mengandung hormon (obat kencing manis, obat penenang, dan lain-lain). Obat ini biasanya ditandai dengan.
Tanda Obat Keras
Obat-obat ini berkhasiat keras dan bila dipakai sembarangan bisa berbahaya bahkan meracuni tubuh, memperparah penyakit atau menyebabkan mematikan. Semoga bermanfaat..[sumber]



26 komentar

ini dia ilmu yang sering luput dari perhatian orang awam seperti clb, pokoknya sejak hari ini saya bakal ngasih tau istri soal tanda yang ada di kemasan obat, kan kesannya saya jadi suami yang serba tau, padahal ilmunya dapet dari sini.
makasih ilmuna kang.
sejak dikompres, tulisan desa jadi segede-gede menel...ilmunya dong kang

baru tahu nih .. maksih sobat ntar lw obat keras biar gk asal telan aja

Untuk masyarakat umum memang tanda-tanda seperti ini harus dimengerti serta dipahami benar sahabat.
kalau memang belum paham, bisa ditanyakan di apotik tempat membeli obatnya.

Terima kasih sharenya sahabat

mangga kang, sami sami...wah coba diutak atik lagi kang, dikompres sebenarnya tidak berubah, cuma letak scriptnya jadi rapat, butuh ketelitian lagi jika mau di edit..

sama sama sob, trims kunjungannya

wah untuk keperawatan sih hal ini sudah biasa yah hehe..

semoga bermanfaat buat yang belum tahu, trims kunjungannya sahabat

Baru tau nih saya. Jazakallah sharenya akh..

sama sama, semoga bermanfaat

oow bgtu toh *manggut2

bang,, ajarin cara rubah warna font di kolom komentar dooong.... cz msh bngung sm kode2nya,, mksh ya bang,,

wahhh akhirnya bisa blogwalking lagi ke tempat sobat nih :)

begitu yah sobat, saya baru tau nih apa maksud dari tanda yang bulat-bulat itu, sebelumnya saya cuman nganggap itu sebagai variasi aja :D

oya sobat, bagaimana cara buat menu sign seperti di atas header blog sobat ini :)

Ternyata ada perbedaan nya yah 0_- kirain hanya logo doank tuh
hiihih :)

mantapp bangg.. memang kalau obat itu anda tandanya ada yang merah, biru, dan seperti yang agan post,,


dan sangat membantu untuk sahabat lainnya,,

wwoow ... info yang bermanfaat untuk semua orang ,,,
saya pernah mengetahui tentang hal ini dari seminar kesehatan dan dari buku ...

selamat malam ,, ^_^

spele tapi banyak org yg blm mengetahui nya.. thx for info..

wah wah saya mah tahunya cuma minum obat dari resep dokter aja sob gak tahu akan hal-hal seperti ini. tapi sekrang jadi bisa tahu sobat...

terima kasih banyak untuk informasinya sobat...

Sering beli obat tapi baru tahu sekarang tanda tanda pada obat sob. Makasih info nya.

jadi ngerti beginian nih sob, terima kasih informasinya

tiap template kayanya sih beda kode, coba deh googling cara merubah font komentar, cari yg cocok yang mana.

makasih kunjungannya sob..

oke nanti ane share deh:}

ya ada sob, semoga bisa bermanfaat

makasih bang ubay kunjunganya
happy blogging

ya sob semoga bisa bermanfaat, asal mampir ke sini hehe..

makasih kunjungannya

Xixixi... suer baru tahu saya sob. Thanks ya sharingnya.

Trims untuk info tentang obatnya.
Saya memang sering perhatiin itu lingkaran merah, biru, dll. Ternyata ini artinya toh :)

Kunjungan balik yah gan ke Kemasan Makanan