30 May 2012

Tips Tetap Sehat Walau di Depan Komputer

·   19

Sobat Muro'i El-Barezy, beraktifitas di depan komputer hingga berjam-jam kini sudah menjadi hal yang umum dilakukan oleh banyak orang. Apalagi buat sobat blogger, pasti tidak cukup sejam atau dua jam buat melototin layar monitor.
Hal tersebut sudah kita ketahui bersama akan membawa efek yang buruk bagi kesehatan, namun menghindar dari hal itu kadang sangat sulit. Tuntutan pekerjaan dan kesenangan berlama lama depan komputer membuat kita harus selalu memanfaatkannya sebagai penunjang pekerjaannya.
Berikut kiat agar bisa tetap sehat, walau sobat harus bekerja seharian di depan komputer;
  • Olahraga. Olahraga tak berarti sobat harus meninggalkan komputer. Bisa pula dilakukan di depan komputer. Melakukan gerakan memutar leher ke kanan dan kiri sebanyak beberapa puluh hitungan, atau memutar leher searah jarum jam, peregangan tangan dengan menarik ke atas, ke belakang hingga terasa ototnya tertarik, peregangan otot kaki, juga memutar pinggang dapat sobat lakukan di tempat duduk. Ini menghindarkan sobat dari kram, dan melancarkan kembali peredaran darah.
  • Jalan. Jalan dapat sobat lakukan dalam perjalanan ke kantor jika dekat, di sekitar tempat duduk, atau di kantor. Manfaat jalan ini selain baik untuk jantung dan tulang, pinggang pun terhindar dari kekakuan.
  • Duduk tegak. Kadang letak layar komputer yang terlalu rendah membuat Anda harus membungkuk. Ini tak baik bagi kesehatan dan perkembangan tulang punggung. Duduklah dengan posisi tegak dan rileks untuk mencegah cepat lelah.
  • Jangan makan di meja kerja. Dengan makan di meja kerja sobat, berarti sobat tidak berpindah sama sekali dari tempat itu. Dan hal tersebut berakibat buruk bagi peredaran darah. Pilihlah tempat yang lain untuk menikmati makanan sobat. Makan makanan yang kaya serat, serta rendah kalori.
Semoga bermanfaat, happy blogging…..



Subscribe to this Blog via Email :