Yang Terbaru

Subscribe Here!

Dapatkan Update Informasi Terbaru dari KANG MUROI Melalui Email

Blog Stats

Kematian Dini Akibat Terlalu Banyak Garam

By On 17.5.12

Tahukah sobat, jika kita makan makanan yang mengandung banyak garam dan kalium yang teralu sedikit dapat menyebabkan resiko kematian dini?
Studi ini dilakukan oleh sebuah tim di Pusat Kontrol dan Pencegahan Penyakit AS (US Centers for Disease Control and Prevention-CDC). Kebanyakan mengkonsumsi garam tidak baik untuk manusia; dan bahwa dengan mengurangi asupan garam dapat mengurangi tekanan darah tinggi, yang meningkatkan resiko serangan jantung dan stroke. Di Amerika, konsumsi garam telah meningkat sejak 1970, sementara warganya yang mengkonsumsi sekitar dua kali batas harian yang direkomendasikan.
Studi CDC yang diterbitkan dalam archieves of Internal Medicine, peneliti melihat efek jangka panjang natrium (berasal dari garam) dan asupan kalium sebagai bagian dari studi selama 15 tahun dengan sampel kurang dari 12.000 orang. Pada akhir masa studi, 2.270 peserta studi telah meninggal. 825 dari kematian ini berasal dari penyakit jantung dan 433 berasal dari bekuan darah dan stoke.
Mereka menemukan, bahawa orang yang memiliki asupan garam yang tinggi dan asupan kalium yang rendah adalah yang paling beresiko terhadap kematian dini. Kalium dapat didapat dari buah buahan segar dan sayuran seperti bayam, anggur, wortel, kentang manis, susu rendah lemak dan yogurt.
Nah, kalau begitu jangan makan terlalu banyak garam atau makanan yang mengandung kadar garam tinggi ya sob...

Semoga bermanfaat dan happy blogging...




26 komentar

wah sy baru tahu kalau garam itu bisa mengakitbatkan kematian dini sobat...

wah info bagus gan, saya baru tau. ehm.. saya kira ga boleh berlebihan, kurang jangan lebih juga jangann. ya ga gan?

itu istilah itu bukanya sama dengan gondok ya gan?

saya batu tau, ternyata bisa meyebabkan kematian ya. munkin di luar negri iya, klo di indonesia kan bayak bumbu, jadi garam juga banyak di masukin.

Padahal kalo makan kurang asin suka enggak enak.. Makasih infonya

berbagi Kata Kata Motivasi
Orang slalu bilang km perlu melakukan ini dan itu, tp km tahu yg terbaik ttg dirimu dan apa yg perlu km lakukan.

Tulus dalam menggali potensi diri. Meniru hanya membuatmu menjadi orang lain, tak ada yg bisa dibanggakan. Jadi dirimu sendiri.

Keikhlasan hati dan ketegasan sikap, akan menjadikan kamu lebih siap dan lebih berani dalam menyelesaikan setiap masalah.

Apapun yang kamu rencanakan, apapun yang kamu ingin lakukan, awalilah dengan doa.

Doaku hari ini: Tuhan, berikan aku keberanian, kesabaran dan keikhlasan untuk menghadapi sulitnya kehidupan. semoga dapat di terima gan, dan salam kenal :D

Sebuah korelasi yang masuk akal. Terlalu banyak asupan garam menyebabkan hipertensi yang bisa mengakibatkan stroke dan penyakit jantung. Yang berlebihan memang selalu memiliki dampak negatif oleh karena itu konsumsi garam secukupnya saja. Betul gak mas?

trimakasih kata-kata motivasinya...
salam kenal juga sob

betul banget bang

trims siaturrahimnya

bener sob, ane apalagi seneng yang asin-asin hehe..tapi sekarang mikir2 juga

ya memang susah sob, banyak masakan yang kurang sehat

bener sob, apapun memang ga boleh berlebihan, kalo gondok kan disebabkan karena kekurangan zat yodium dalam garam sob, tapi tidak semua garam mengandung yodium...

ya semoga bermanfaat sob

trims kunjungnnya..

nice info, mksih ya gan, artikelnya bagus bagus

Semua kalau terlalu banyak memang gak bagus ya sob :)
Thanks sharingnya sob.

emank dimana2 klo berlebihan pasti gk baik... thx infox sob *smile

sama sama gan, semoga bermanfaat dan trims kunjungannya:}

bener gan, sama sama, trims kunjungannya:}

bener, segala sesuatu yang berlebihan kuran baik juga,

trims silaturrahimnya

Wah! Bahayya! Cuma gimana kita ngecek kadar garam dan kalium dalam makanan yg kita makan?

weh weh...
ternyata bahaya juga ya makan garam kebanyakan..

wew, ane sukanya makan yg asin-asin tuh sob, perasaan kl gak asih gak mantab makannya, aduuh :D

aduh jadi seram nih baca infonya sob , soalnya saya kalo gi ngerujak selalu di no 1 garamnya , thanks for share sob :D



admin " variasi blogger "

jadi was was nih mengkonsumsi garam sobat...

Kunjungan pagi hari,,

wahh, baru tahu saya sobat.. Garam bisa menyebabkan kematian yah kalo berlebihan..
Thanks sobat..

alhamdulillah saya tidak terlalu suka yang asin sob

menyeramkan tapi hrs d control biar ga terlanjur... thx infonya :)