17 May 2012

Kematian Dini Akibat Terlalu Banyak Garam

·   26

Tahukah sobat, jika kita makan makanan yang mengandung banyak garam dan kalium yang teralu sedikit dapat menyebabkan resiko kematian dini?
Studi ini dilakukan oleh sebuah tim di Pusat Kontrol dan Pencegahan Penyakit AS (US Centers for Disease Control and Prevention-CDC). Kebanyakan mengkonsumsi garam tidak baik untuk manusia; dan bahwa dengan mengurangi asupan garam dapat mengurangi tekanan darah tinggi, yang meningkatkan resiko serangan jantung dan stroke. Di Amerika, konsumsi garam telah meningkat sejak 1970, sementara warganya yang mengkonsumsi sekitar dua kali batas harian yang direkomendasikan.
Studi CDC yang diterbitkan dalam archieves of Internal Medicine, peneliti melihat efek jangka panjang natrium (berasal dari garam) dan asupan kalium sebagai bagian dari studi selama 15 tahun dengan sampel kurang dari 12.000 orang. Pada akhir masa studi, 2.270 peserta studi telah meninggal. 825 dari kematian ini berasal dari penyakit jantung dan 433 berasal dari bekuan darah dan stoke.
Mereka menemukan, bahawa orang yang memiliki asupan garam yang tinggi dan asupan kalium yang rendah adalah yang paling beresiko terhadap kematian dini. Kalium dapat didapat dari buah buahan segar dan sayuran seperti bayam, anggur, wortel, kentang manis, susu rendah lemak dan yogurt.
Nah, kalau begitu jangan makan terlalu banyak garam atau makanan yang mengandung kadar garam tinggi ya sob...

Semoga bermanfaat dan happy blogging...




Subscribe to this Blog via Email :