19 Feb 2012

Ternyata WI-FI Mengurangi Kesuburan

·   33


Bagi sobat yang sering online mungkin sebaiknya menghindari hal seperti ini, karena ternyata pria yang menempatkan laptop di pangkuan mereka dengan WI-FI aktif memiliki risiko lebih besar pada berkurangnya motilitas tingkat kesuburan  dan dapat mengalami fragmentasi DNA sperma,  yang dapat merusak kesempatan mereka menjadi seorang ayah.

Para peneliti dari Medicina Nascentis Reproductiva, Argentina, dan Eastern Virginia Medical School, Amerika Serikat, melaporkan dalam jurnal Fertility and Sterility.

Penelitian ini dilakukan dengan mengambil beberapa sampel sperma para peserta laki-laki dengan menempatkan sampel dibawah laptop yang dipangku selama empat jam yang kemudian dilakukan dianalisa atas sampel tersebut.

Dalam penelitian telah menunjukkan bahwa menempatkan laptop di pangkuan pria berpotensi dapat mempengaruhi tingkat kesuburan, terutama jika ini sering dilakukan untuk waktu yang lama. Laptop dapat menyebabkan hipertermia skrotum (suhu testis meningkat), yang sangat mempengaruhi kualitas sperma

Dalam studi baru ini, ternyata tidak hanya laptop-di-pangkuan yang dapat merusak kualitas sperma, tetapi juga keberadaan Wi-Fi yang aktif juga dapat memperburuk kesuburan seorang pria.

Whammy ganda dari sinyal Wi-Fi dan suhu pada laptop dapat menyebabkan:
  • Penurunan motilitas sperma priaFragmentasi sperma DNA - perubahan ireversibel dalam kode genetik
  • Para ilmuwan menyatakan bahwa radiasi elektromagnetik yang dipancarkan oleh Wi-Fi dapat mempengaruhi kualitas sperma.
Wi-Fi singkatan dari "Wireless fidelity" atau sambungan tanpa kabel. merupakan istilah standar teknis yang memungkinkan transmisi data melalui jaringan nirkabel. Sederhananya: Wi-Fi  dapat berarti koneksi internet nirkabel.


Subscribe to this Blog via Email :